TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/10/22

Bibit Melon Amanda Tavi F1 Benih Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Melon Amanda Tavi F1
Bibit Melon Amanda Tavi F1 Benih Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih bibit melon Amanda Tavi F1. 

Benih bibit melon Amanda Tavi F1 cap Kapal Terbang. Benih hibrida melon terbaik dan berkualitas produk PT BISI International. 

Jual benih bibit melon Amanda Tavi F1 di Toko pertanian online LMGA Agro. Jual benih bibit melon terdekat harga murah dan grosir. 

Promo menarik beli benih bibit melon terdekat dan berkualitas harga murah. Tersedia beragam varietas benih buah dan sayuran. 

Harga murah produk pertanian lengkap di Toko pertanian LMGA Agro. Belanja online cepat dan praktis benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian sarana prasarana. 

Bibit melon terbaik menjadi kunci awal keberhasilan budidaya melon sampai saat pemetikan buah. Bibit melon harus tumbuh sehat dan kuat sampai siap tanam di lahan tetap. 

Bibit melon Amanda Tavi F1 cap Kapal Terbang bobot buah rata-rata 2 kg/buah. Keunggulan bibit melon tahan virus dan rasa buah manis. Daging buah tebal dan net kulit buah tebal. Arroma buah sangat harum. 

Bibit melon terbaik benih melon Amanda Tavi F1 cocok tumbuh untuk dataran rendah. Benih tahan virus sehingga mampu meminimalisisr serangan penyakit akibat cendawan, bakteri hingga virus. 

Melon Amanda Tavi F1 Cap Kapal Terbang rekomendasi untuk dataran rendah. Keunggulan utama bibit melon Amanda Tavi yaitu tahan virus. 

Buah melon berbentuk bulat dengan net yang tebal. Berat buah rerata 2 kg/buah. Daging buah sangat tebal dan rasa sangat manis. 

Bibit Melon dari Benih Berkualitas Amanda Tavi F1

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Tanaamn Melon Siap Panen

Amanda Tavi F1 benih melon berkualitas produk PT BISI International. Tanaman tahan virus dan rekomendasi untuk penananaman pada dataran rendah. 

Bentuk buah melon Amanda Tavi F1 bulat dengan berat rerata 2 kg/buah. Permukaan kulit buah melon Amanda Tavi F1 terdapat net yang tebal. 

Daging buah tebal dan warna hijau kekuningan. Rasa sangat manis dengan kadar gula 12 - 13% Brix. Bibit melon menghendaki suhu ideal yaitu 25 - 30 derajat Celcius. 

Ketinggian tempat menyukai yaitu pada 300 - 900 m dpl. Menghendaki sinar matahari penuh dan curah hujan relatif rendah. 

Menyukai media tanam dengan tanah liat berpasir. Tanah tidak terlalu basah dan nilai pH tanah 5,8 - 7,2 dengan kaya kandungan organik.

Cocok pada tanah Andosol, Latosol, Regosol dan Grumosol. Tanaman melon tumbuh buah yang kaya serat. Serat baik untuk tubuh sehingga buah melon baik kaya manfaat untuk layak konsumsi. 

Buah melon mengandung segudang nutrisi yaitu buah yang rendah sodium, lemak jenih dan kolesterol. Buah melon kaya vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kaya kalium dan tembaga. 

Kandunga lengkap buah melon tentunya juga memiliki manfaat penting bagi tubuh. Akan dapat kita rasakan saat mengkonsumsi buah melon secara rutin. 

Manfaat Buah Melon 

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Manfaat Buah Melon

1. Manfaat Buah Melon Menurunkan Tekanan Darah

Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan makanan baik untuk tubuh karena mampu membuat stabil tekanan darah. Bagi yang memiliki hipertensi juga mampu menurunkan resiko tensi tinggi. 

Bila tekanan darah stabil dan tidak tinggi maka dapat mencegah penyakit jantung. Buah melon dengan rendah sodium mampu bekerja baik dalam tubuh menjaga kesehatan jantung. 

Buah melon kaya kalsium dan cukup untuk tubuh serta berpengaruh baik terhadap regulasi tekanan darah. Kaya akan Potasium mampu menjaga stabilnya tekanan darah. 

2. Manfaat Buah Melon Menjaga Kesehatan Tulang

Buah melon mengandung kaya nutrisi penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang agar kuat. Antara lain buah melon mengandung Folat, vitamin K dan Magnesium. 

Folat dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang yaitu dengan memastikan kadar homosistein tetap dalam kisaran normal. 

Namun demikian masih butuh penelitian lebih lanjut hubungan antara Folat dan kesehatan tulang.  

3. Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi rutin buah-buahan termasuk buah melon dapat menjaga kadar gua darah dan tubuh tetap sehat. 

Buah melon mengandung karbohidrat yang juga dapat meningkatkan gula darah, namun juga mengandung serat dan nutrisi lain. Serat dapat membantu mengontrol kadar gula darah tubuh. 

4. Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Kulit

Buah melon baik untuk kesehatan kulit karena melon kaya vitamin C. Asupan teratur vitamin C memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen. 

Selain itu juga berperan dalam memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Vitamin C merupakan antioksidan kuat dan terbukti mampu melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.  

Baca Juga : Benih Melon Stella Produk Premium Tahan Virus

Bibit Tanaman Melon

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Tray Seai Bibit Melon

Tanaman melon tumbuh baik pada daerah suhu mulai 20 derajat Celcius dan suhu < 18 derajat Celcius kurang cocok untuk budidaya melon. 

Suhu terlalu rendah bagi melon menyebabkan pertumbuhannya kurang optimal. Hal sama juga apabila suhu udara terlalu tinggi. 

Bibit tanaman melon tumbuh baik pada ketinggian mulai 300 - 900 m dpl. Ketinggian lebih dari 900 m dpl, tanaman tidak dapat berproduksi secara maksimal. 

Tanaman melon sehat dan berproduksi optimal berasal dari bibit melon sehat, kuat dan menjalani pemeliharaan baik sejak awal. 

Tanamlah bibit melon pada dataran menengah mulai ketinggian 500 - 1000 m dpl. Pada ketinggian tersebut, tanaman melon tumbuh secara optimal. 

Beberapa varietas melon juga dapat tumbuh pada dataran rendah dan dataran tinggi. Buah melon juga dapat terjadi rasa yang kurang manis. 

Beberapa hal dapat mempengaruhi tingkat kemanisan buah melon. Salah satu unsur hara yang dapat meningkatkan rasa manis buah adalah kalium. 

Unsur Kalium dapat dari pupuk organik/kandang dan pupuk kimia. Bila perlu, untuk menambah rasa manis buah, gunakan pupuk pemanis buah. 

Budidaya melon pada musim hujan juga dapat mempengaruhi kemanisan buah. Hal ini berkaitan dengan lingkungan kelembaban tinggi, curah hujan tinggi dan ketersediaan air. 

Bibit melon siap pindah tanam saat berumur 10 HST. Jarak tanam ideal melon adalah 70 x 60 cm. Lubang tanam pada permukaan mulsa plastik yang menutup bedengan dan telah siap sebelumnya.

Budidaya Tanaman Melon 

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
NPK 16-16-16

Budidaya melon tidak terlepas dari gangguan selama pelaksanaannya. Yaitu gangguan hama dan penyakit dan pasti mempengaruhi hasil panen melon. 

Organisme pengganggu tanaman melon antara lain adalah virus dan serangga vektornya mampu menurunkan hasil panen. 

Beberapa virus ini menyebabkan penyakit mozaik dan menginfeksi tanaman dari famili Cucurbitaceae ( timun-timunan. Tanaman melon mempunyai nama ilmiah Cucumis melo. 

Variasi gejala akibat virus mosaik buah melon yaitu pola mosaik berwarna hijau tua. Penularan virus ke tanaman melon biasanya penularannya melalui serangga vektornya. 

Salah satu serangga vektor pembawa penyakit adalah kutu daun. Kutu daun sebagai hama vektor virus dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah besar. 

Kualitas buah melon juga akan menurun akibat serangan virus. Kerusakan bila terjadi serangan virus yaitu karena adanya nimfa dan imago kutu daun yang memakan daun secara bergerombolan. 

Kutu daun memakan daun, tunas dan bunga tanaman melon. Salah satu virus pada tanaman melon yaitu Cucumber Mosaic Virus ( CMV ). 

Hasil buah semakin baik saat menanam di musim kemarau. Harga buah melon termasuk kategori mahal untuk dalam negeri. Terutama saat bulan Puasa, buah melon banyak pembelinya. 

Kualitas buah harus bagus dan tidak cacat agar harga jual buah melon tinggi. Begitu juga untuk penjualan di pasar swalayan. 

Baca Juga : Melon Dhona Benih Tahan Virus

Buah Melon Amanda Tavi F1 Tahan Penyakit 

Benih bibit melon Amanda tavi F1 tahan penyakit. Penyakit tanaman utama pada buah melon, antara lain : 

jual benih, bibit melon, melon Amanda Tavi F1, manfaat buah melon, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Buah Melon 

 Penyakit Virus Kuning

Virus kuning atau virus Gemini gejalanya adalah ada bercak kuning pada daun dan beberapa daun mengalami keriting. 

Penularan virus Gemini berasal dari benih, alat pertanian dan kupu-kupu sebagai serangga vektornya. Bila serangan semakin parah, perkembangan buah akan lambat. 

Pertumbuhan buah tidak sempurna terutama pada bentuk buah  dan rasa buah melon. Pengendalian virug gemini ada 3 cara yaitu cara kultur teknis, mekanis dan kimiawi. 

Cara kultur teknis yaitu menggunakan varietas benih tahan virus. Cara mekanis atau fisik yaitu dengan menjaga kebersihan lahan dari gulma dan perbaikan drainase. 

Cara kimiawi yaitu penyemprotan insektisida terhadap serangga vektornya. Lakukan penyemprotan secara tepat dan benar. Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis. 

Penyakit Layu Bakteri

Penyebab layu bakteri yaitu Pseudomonas sp. Gejala serangan bekteri tersebut adalah perubahan warna pada daun muda menjadi berwarna coklat tua dan akhirnya mengering. 

Selanjutnya tanaman akan lambat berproduksi atau sampai terjadinya gagal panen. Pengendaliannya ada 2 cara yaitu mekanis dan kimia. Cara mekanis dengan melakukan sanitasi lahan. 

Cabut gulma, cabut tanaman yang mati dan besihkan kebun dari daun-daun yang berjatuhan. Cara kimia dengan perendaman benih dalam larutan fungisida sebelum penyemaian.  

Baca Juga : Jual Bibit Melon Monalisa Murah Cap Kapal Terbang

Penyakit Layu Fusarium

Penyebab Layu fusarium adalah Fusarium oxysporum gejala tampak saat tanaman masih muda atau saat persemaian. Tanaman menjadi busuk atau tumbuh kerdil. 

Layu fusarium pada tanaman dewasa, daun menjadi pucat, bagian atas tanaman layu sampai perlahan tanaman layu keseluruhan kemudian mati. 

Batang menjadi retak/nekrotik dan mengeluarkan cairan berwarna coklat. Pengendalian layu fusarium ada 4 cara yaitu cara kultur teknis melakukan rotasi tanaman dengan tanaman tidak rentan. 

Atau penanaman melon pada lahan baru. Gunakan jarak tanam yang lebar yaitu 50 x 50 cm atau 60 x 60 cm. Pengendalian fisik yaitu membersihkan lahan dari gulma dan tanaman sakit. 

Cara biologis yaitu pengendalian secara preventif dan berkala menggunakan agen hayati Trichoderma. Pengendalian cara kimiawi yaitu penyemprotan menggunakan fungisida mengendalikan cendawan.      

Penyakit Antraknosa

Penyebabnya adalah jamur Collectotrichum lagenarium dengan gejala tampak pada daun, batang muda, bunga dan buah terdapat bercak berwarna coklat. 

Bercak juga berwarna kehitaman dan lama kelamaan akan melekuk dan menyatu. Jaringan bagian bawahnya juga membusuk. 

Pengendalian antraknosa antara lain jarak tanam lebar 50 - 70 cm. Lakukan perendaman benih dalam fungisida sesuai anjuran kemasan. Bersihkan bagian-bagian tanaman yang mati. 

Tidak boleh banyak orang memasuki kebun karena kemungkinan dapat menularkan penyakit tanaman. 

Baca Juga : Budidaya Melon Pertiwi Anvi Potensi Panen Hingga 54 Ton

Penyakit Busuk Buah

Penyebabnya adalah jamur Phytophthora dan gejala yaitu pada batang terdapat bercak coklat basah dan memanjang. Serangan serius menyebabkan tanaman layu dan mati. 

Daun terserang tampak seperti tersiram air panas dan lama kelamaan akan meluas. Tanda serangan pada buah yaitu bercak yang basah menjadi berwarna coklat kehitaman dan lunak. 

Makin lama bercak menjadi berkerut dan mengendap. Sebagian busuk pada buah tertutup kumpulan cendawan putih.  

Pengendalian penyakit yaitu pangkas daun atau cabang bila rimbun untuk mengurangi kelembaban sekitar tanaman. Pergiliran tanaman dengan bukan satu famili. 

Cabutlah tanaman terserang lalu musnahkan dengan cara membakarnya. Tidak boleh sembarang orang memasuki kebun guna mengantisipasi penularan penyakit. 

Bibit Melon Amanda Tavi Tahan Virus

Bibit melon sehat dan kuat berasal dari benih terbaik kualitasnya. Persiapan agar mendapatkan bibit melon sehat yaitu rendam benih dalam air dan campur dengan ZPT. 

Berikan juga bakterisida + fungisida dan rendam selama kurang lebih 5 jam. Setelah selesai, letakkan dan tiriskan benih atas kain basah. Tutup benih dan biarkan sampai 2 hari. 

Benih nanti akan berkecambah dan sambil menunggu selama 2 hari, persiapkan wadah untuk menanam bibit melon. Wadah polybag kecil atau tray semai dengan media tanam tanah + pupuk kandang. 

Perendaman benih dalam air hangat bersuhu 40 - 50 derajat Celcius selama 2 jam hingga biarkan benih berkecambah. Semaikan benih pada tempat terkena sinar matahari langsung. 

Dalam waktu 3 - 9 hari, benih akan keluar tunas. Sebaiknya gunakan benih melon hibrida dengan tingkat kemurnian 95% dan daya kecambah minimal 80%. 

Benih bebas biji gulma, belum kadaluarsa, tidak cacat dan benih harus sehat. Terpenting adalah benih bebas hama dan penyakit. 

Bibit melon akan siap dalam setelah umur 10 dan dapat pindah tanam. Jarak tanam cara menanam melon yaitu 70 x 60 cm. Buat lubang tanam pada permukaan mulsa plastik 2 hari sebelum tanam. 

Pemupukan bibit melon adalah sebagai pupuk dasar berikan pupuk kandang 2,3 - 2,5 kg/tanaman. Tambahkan SP-36 sebanyak 30 - 50 gram/tanaman + KCl 30 - 50 gram/tanaman. 

Tambahkan juga Urea 10 gram/tanaman + ZA 20 gram/tanaman. Berikan pupuk dasar 3 - 5 hari sebelum tanam. 

Dosis pemupukan susulan I yaitu umur 14 HST berikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 10 gram/tanaman. Pupuk susulan II umur 24 HST tambahkan jumlah pupuk secara berkala. 

Baca Juga : Budidaya Tanaman : Cara Persemaian Benih yang Benar

Tanaman Melon Amanda Tavi F1 Benih Terbaik

Panen pertama pohon melon yaitu 68 - 105 HST dan akan panen berkali-kali. Tanaman melon tumbuh cukup baik pada ketinggian 300 - 900 m dpl. 

Penanaman pohon melon >900 m dpl, tanaman tidak berproduksi secara optimal. Bibit melon baik harus memiliki daun berwarna hijau cerah. Bagian pucuk daun hijau muda. 

Pilih bibit melon dengan batang yang kokoh. Batang akan tumbuh besar dengan daun yang rimbun. Daun sehat tidak kering, berjamur dan tidak kuning. 

Ranting tumbuh sejajar dan rimbunnya merata. Tanaman melon ( Cucumis melo ) famili sama dengan tanaman timun sehingga memiliki sifat yang sama. 

Sama dengan tanaman timun, pohon melon tumbuh merambat dan tidak bisa memanjat. Bila tanpa pemasangan ajir atau lanjaran, tanaman akan tumbuh menjalar dan buah tumbuh di atas tanah. 

Demikian artikel Kami judul : Bibit Melon Amanda Tavi F1 Benih Terbaik Cap Kapal Terbang - LMGA Agro. Toko Pertanian LMGA Agro online jual benih terbaik untuk bibit melon Amanda Tavi F1. 

Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Beli segera benih bibit melon berkualitas Amanda Tavi F1 cap Kapal Tebang. 

Harga murah produk pertanian lengkap tersedia di toko pertanian terdekat LMGA Agro. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. 

Tersedia lengkap mulai benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian terbaik. Semoga artikel Kami bermanfaat dan salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.