Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/12/2022

Read

Trivia Fungisida Pestisida Ampuh Atasi Penyakit Akibat Jamur - LMGA AGRO

pestisida,obat cendawan,pestisida bayer,produk bayer untuk pertanian,fungisida bayer
Trivia Fungisida Pestisida Ampuh
Trivia Fungisida Pestisida Ampuh Atasi Penyakit Akibat Jamur. HP 082141747141 (Telepon) dan 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) LMGA AGRO. LMGA AGRO ialah toko pertanian yang menjual kebutuhan pertanian secara online dengan harga murah.

Trivia fungisida sekarang sudah banyak beredar di LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual fungisida unggul Trivia 73 WP produk Bayer. Order segera Trivia fungisida harga murah hanya melalui LMGA AGRO.

 Indonesia merupakan Negara agraris yang kaya akan berbagai hasil pertanian. Hasil pertanian itu contohnya adalah buah – buahan, sayur – sayuran, dan sebagainya. Dengan fakta tersebut, maka membuktikan bahwa sektor pertanian sangat penting untuk Indonesia.

Menurut laporan BPS (Badan Pusat Statistik), per Agustus 2020 penduduk berusia produktif yang sudah bekerja jumlahnya mencapai 128,45 juta orang. Dari jumlah tersebut, 29,76 % diantaranya (38,23 juta jiwa) merupakan penduduk yang bermata pencaharian di sektor pertanian.

Walaupun juga ikut terkena dampak pandemi virus Corona, namun dalam kurun waktu itu sektor pertanian malah justru lebih berkembang. Dari awal kuartal pertama sampai kuartal ketiga tahun 2020, sektor pertanian mencatatkan pertumbuhan secara positif.

Trivia fungisida sekarang sudah bisa anda beli cara online lewat toko pertanian LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual fungisida unggul Trivia 73 WP produk Bayer harga murah.

Berdasarkan hal tersebut, bisa diambil kesimpulan bila sektor pertanian menjadi salah satu penyelamat ekonomi nasional saat Covid19 melanda. Terlebih lagi, dalam kurun waktu tersebut sektor pertanian lain sedang mengalami kelesuan.

Salah satu kegiatan utama dalam menggerakkan sektor pertanian ialah budidaya tanaman. Hasil panen dari budidaya tanaman itulah yang diperjualbelikan ke banyak tujuan dengan nilai jual beragam.

Agar nilai jualnya tinggi, komoditi hasil panen tanaman perlu memiliki kualitas bagus. Kualitas bagus hanya dapat Anda peroleh dengan melakukan budidaya tanaman secara baik dan benar mulai awal hingga akhir.

Peluang Agrobisnis Pertanian Di Indonesia

Tak dapat disangkal jika pertanian merupakan bidang yang banyak dimanfaatkan sebagai mata pencaharian penduduk Indonesia. Sektor pertanian sangat memegang peranan vital bagi perekonomian Indonesia.

Selain berkontribusi secara konsisten terhadap pertumbuhan ekonomi serta pendapatan devisa, sektor pertanian juga bisa menyediakan lapangan kerja untuk lebih dari 13 juta masyarakat Indonesia.

Sampai sekarang pun sektor pertanian menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia. Sekarang ini sudah semakin banyak masyarakat Indonesia baik di pedesaan maupun di perkotaan yang menjalankan bisnis pertanian.

Berlimpahnya daya keanekaragaman hayati yang berlimpah serta tersebar di berbagai wilayah Indonesia ialah potensi usaha pertanian terhadap perekonomian Indonesia.

Dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, Indonesia mempunyai potensi tanah garapan yang sangat luas serta bisa menyerap tenaga kerja yang memiliki andil dalam meningkatkan pendapatan nasional.

Di masa sekarang, dengan permintaan pasar yang melonjak menjadikan peluang bisnis budidaya tanaman prospeknya makin menjanjikan. Maka tidaklah salah jika banyak orang sangat cocok untuk dimanfaatkan.

Nah, bila Anda ingin memulai usaha agrobisnis budidaya maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara membudidayakan tanaman supaya tumbuh dengan baik.

Namun, terkadang dalam melakukan usaha agrobisnis budidaya tanaman muncul gangguan yang bisa menghambat. Lalu, apa saja contoh gangguan itu ??

Ancaman Gangguan Penyakit Tanaman Karena Infeksi Jamur

Seringkali saat melakukan pembudidayaan tanaman muncul gangguan yang seringkali menghambat. Salah satu dari banyak gangguan itu contohnya adalah infeksi penyakit tanaman karena serangan jamur.

Akibat serangan penyakit ini, tanaman akan rusak bahkan sampai mengalami kematian. Selain itu, tingkat produktivitas pertanian dalam skala Nasional bisa turun sebesar ± 70 %.

Penyakit karena jamur yang menyerang tanaman dapat dipicu oleh banyak faktor, salah satunya seperti cuaca ekstrim. Akibat penyakit itu, banyak petani di berbagai daerah di Indonesia mengeluhkan kondisi tersebut.

Tak hanya menurunkan hasil panen saja, tetapi juga mengakibatkan kegagalan panen. Dengan fakta itu, maka petani perlu melakukan tindakan supaya tidak mengalami kerugian secara berkelanjutan.

Jamur atau cendawan ialah mikroorganisme yang mempunyai nucleus (inti sel), tidak berklorofil, berspora, dan umumnya bereproduksi secara seksual.

Tubuhnya berbentuk seperti pita dan bercabang – cabang, biasanya dibungkus dinding sel yang mengandung selulosa, atau khitin, ataupun kombinasi keduanya.

Seluruh bagian cendawan umumnya berpotensi untuk tumbuh. Bagian reproduksi terpisah dari bagian somatik dan menunjukkan bentuk berlainan yang dapat dipakai untuk klasifikasi.

Tiap pita jamur disebut sebagai hifa. Massa hifa membentuk tubuh cendawan yang disebut sebagai miselium. Miselium cendawan ada yang membentuk benang tebal yang disebut sebagai rhizomorfa. Miselia jamur yang hidup sebagai parasit tumbuh diatas maupun dalam inangnya.

Selama persediaan makanan masih ada, perkembangbiakan secara aseksual dapat terjadi secara berulang – ulang. Sementara, perkembangbiakan secara seksual hanya terjadi dalam 1 musim saja.

Perkembangbiakan secara aseksual meliputi pembelahan, pemucukan, fragmentasi, dan pembentukan konidiospora. Sementara, perkembangan secara seksual terbagi menjadi 3, yaitu kariogami, plasmogami, dan meiosis.

Trivia Fungisida Produk Ampuh Cocok Petani Gunakan

trivia 73 wp,obat jamur,jamur,cendawan,pestisida,trivia bayer
Trivia Fungisida Produk Ampuh Cocok Petani Gunakan

Agar dapat mengatasi ancaman penyakit karena jamur, maka petani harus melakukan tindakan penanganan secara tepat. Dengan melakukan tindakan penanganan secara tepat, maka nantinya petani mampu memperoleh hasil pembudidayaan tanaman secara maksimal.

Ada banyak cara penanganan yang dapat dilakukan, salah satunya yakni dengan pengaplikasian fungisida. Cara ini cukup banyak dipilih serta dipakai karena cukup praktis serta harganya pun cukup murah.

Di pasaran Indonesia sendiri sekarang telah banyak beredar produk pestisida jenis fungisida. Nah, agar lebih mudah LMGA AGRO akan memberi rekomendasi produk fungisida yang sesuai petani gunakan.

 Produk fungisida yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan kepada pembaca ialah Trivia 73 WP. Trivia 73 WP merupakan produk fungisida unggulan hasil produksi PT Bayer Indonesia.

Produk Trivia fungisida bentuk formulasinya berupa butiran tepung dengan 2 macam bahan aktif. 2 macam bahan aktif itu ialah propineb 66,7 % dan fluopikolid 6 %. Kandungan bahan – bahan aktif itu membuat Trivia fungisida makin membuktikan bila produk pestisida ini berkualitas terbaik.

Trivia fungisida sangat cocok dipakai karena memiliki berbagai keunggulan. Fungisida Trivia punya banyak karakteristik unggul, contohnya seperti :

·   Trivia 73 WP bekerja secara translaminar, sehingga mampu melindungi seluruh bagian permukaan tanaman

·    Trivia 73 WP memiliki kemampuan meningkatkan pertumbuhan tanaman serta kualitas umbi

·      Trivia 73 WP mempunyai kombinasi bahan aktif terbaik, sehingga ampuh dalam mengatasi banyak penyakit

·      Trivia 73 WP ampuh dalam mengendalikan penyakit embun bulu, antraknosa, busuk batang, dan busuk daun

·         Trivia 73 WP cocok dipakai petani sebagai fungisida untuk padi bunting

·         Harga fungisida Trivia terjamin lebih murah dengan kualitas terbaik

Dengan berbagai kelebihan tersebut, maka fungisida Trivia sangat cocok petani pakai. So, tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas dari Trivia fungisida ??

Penyakit Tanaman Sasaran Aplikasi Trivia Fungisida

Trivia fungisida cocok diaplikasikan untuk membasmi penyakit tanaman karena jamur. Tingkat efektifitas Trivia fungisida pun sudah terbukti, sehingga penyakit dapat segera teratasi.

Baca Juga : Pupuk Ultradap Pak Tani Kualitas Original

Untuk membuktikan tingkat efektifitasnya, Anda bisa mengaplikasikannya sendiri. Beberapa contoh penyakit yang dapat teratasi dengan memakai Trivia fungisida yaitu :

·         Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri merupakan penyakit yang banyak sekali membuat petani merugi. Layu bakteri pada tanaman terjadi karena infeksi bakteri Ralstonia solanacearum / Pseudomonas solanacearum.

Bakteri ini mampu hidup lama di dalam tanah, sisa – sisa tanaman, sampai inang alternatif. Patogen bakteri R. solanacearum masuk ke dalam tanaman melalui luka dalam sistem akar selama munculnya akar lateral.

Meningkatnya temperatur (dari 30 – 35° C), tingginya tingkat kelembaban udara dan kelembaban tanah, serta pH tanah alkali makin mendukung penyakit layu bakteri berkembang.

Tanah berat yang bisa mempertahankan kelembaban tanah dalam waktu lama lebih cenderung rentan terinfeksi. Daun yang layu warnanya tetap hijau dan masih menempel pada bagian batang. Akar dan bagian bawah batang pun menunjukkan perubahan warna menjadi gelap.

Akar terinfeksi dapat membusuk karena infeksi dari serangan bakteri sekunder. Ketika dipotong, batang dapat mengeluarkan kotoran berwarna putih hingga kekuningan seperti susu.

·         Akar Gada

Akar gada menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang tanaman kubis dan sawi. Penyakit ini jadi salah satu penyakit umum di Indonesia serta banyak menyebabkan kerugian signifikan pada hasil panen.

Penyakit akar gada terjadi karena infeksi cendawan Plasmodiophora brassicae. Tingkat produksi kubis – kubisan seringkali terpengaruh serangan cendawan P. brassicae yang menyebabkan akar bengkak.

Jaringan akar yang membengkak dapat mengganggu fungsi akar, seperti translokasi air dan zat hara dari dalam tanah ke bagian daun. Kondisi ini mengakibatkan tanaman menjadi layu, kerdil, mengering, hingga kemudian mati.

Jika tanah sudah terinfestasi oleh cendawan P. brassicaceae, maka patogen tersebut akan terus menjadi faktor pembatas dalam pembudidayaan tanaman famili Brassicaceae.

Kenapa ? Karena tumbuhan ini punya daya tahan tinggi terhadap perubahan lingkungan dari dalam tanah.

Gejala penyakit akar gada berawal dengan mulai layunya bibit ataupun tanaman. Hal itu menunjukkan jika bagian akar tanaman telah mengalami kerusakan.

Pembengkakan merupakan gejala awal yang nampak pada akar, kemudian berkembang menjadi distorsi besar maupun seperti gada. Tingkat keparahan penyakit akar gada bergantung pada akar tanaman dan waktu bersentuhan dengan penyakit itu.

Tumbuhan pun biasanya tumbuh kerdil. Pada tanaman di waktu – waktu berikutnya, gejala itu akan meluas hingga seluruh ladang terinfeksi.

Makin banyak spora yang ada dalam tanah, maka gejalanya pun akan makin parah. Bisa saja tanaman kubis pun tumbuh tanpa kepala.

Spora cendawan Plasmodiophora brassicae mampu bertahan hidup di dalam tanah hingga 20 tahun. Ini berarti jika penyakit akar gada berhasil masuk ke ladang hampir tak mungkin untuk benar – benar menyingkirkannya.

Spora bangun kemudian berkecambah dengan munculnya akar tanaman keluarga kubis. Mereka mengeluarkan spora berenang yang tertarik ke akar kubis dan berenang ke arah mereka ketika tanah sangatlah basah.

Spora melekat pada akar dimana mereka tumbuh dan menyebabkan pembengkakan. Penyakit akar gada akan memburuk dengan peningkatan kelembaban tanah serta naiknya suhu tanah di atas 20° C.

Situasi ideal untuk infeksi penyakit akar gada yakni tanah basah, asam (pH < 7), suhu hangat, serta tanaman inang rentan. Hewan herbivora, air permukaan, alat pertanian, serta bibit terinfeksi dapat menjadi media penyebaran spora untuk menginfeksi tanaman.

·         Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium bisa menjadi salah satu penyakit umum yang mampu menyerang berbagai tanaman. Layu fusarium terjadi karena serangan patogen jamur Fusarium oxysporum.

Jamur ini berkembang dalam jaringan transportasi tanaman, sehingga berpengaruh terhadap penyaluran pasokan air dan unsur hara.

Tanaman dapat terinfeksi secara langsung melewati ujung akar ataupun lewat ujung akar ataupun lewat luka di akar tanaman. Setelah berhasil masuk ke dalam suatu area, cendawan akan terus aktif selama beberapa tahun.

Jamur F. oxysporum memperlihatkan pola kerusakan secara spesifik pada tanaman terinfeksi. Sesudah berhasil masuk ke dalam suatu area tanaman, jamur akan terus aktif selama beberapa tahun.

Dalam beberapa kasus, tanaman memperlihatkan tanda – tanda kelayuan bahkan ketika tahap remaja dengan daun yang terlihat menguning.

Pada tanaman dewasa, sedikit tanda kelayuan seringkali muncul pada bagian tanaman. Hal ini umumnya terjadi saat siang hari. Daun kemudian menguning, meskipun seringkali hanya terjadi di 1 sisi saja.

Bagian membujur dari batang memperlihatkan perubahan warna menjadi berwarna merah kecoklatan pada jaringan internalnya. Awalnya hanya bagian pangkal saja, lalu berlanjut ke bagian batang tanaman.

Baca Juga : Jual Benih Pepaya Berkualitas Unggul

Dosis Pengaplikasian Fungisida Trivia Untuk Tanaman

dosis,aplikasi,fungisida,trivia,tanaman
Dosis Pengaplikasian Fungisida Trivia

Fungisida Trivia 73 WP dapat diaplikasikan pada berbagai tanaman, contohnya kubis, padi, melon, tembakau, cabe, kentang, terong, dan tomat. Dengan mengaplikasikan fungisida Trivia, maka penyakit tanaman karena infeksi jamur bisa segera teratasi.

Tetapi, supaya bisa memperoleh hasil optimal maka Anda perlu mengaplikasikan fungisida Trivia dengan dosis  serta cara aplikasi yang sesuai.

Bila tak diaplikasikan dengan dosis serta cara aplikasi yang sesuai, maka Anda bisa saja tak memperoleh hasil maksimal dari pengaplikasian Trivia fungisida.

Dosis dan cara aplikasi fungisida Trivia 73 WP secara tepat yaitu :

·    Apel : untuk mengatasi penyakit bercak daun dan embun tepung. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·       Tomat : untuk mengatasi penyakit hawar daun. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1,5 – 2,25 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·     Durian : untuk mengatasi penyakit kanker batang. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·    Kentang : untuk mengatasi penyakit busuk daun. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1 – 1,5 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·      Semangka : untuk mengatasi penyakit embun bulu. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1,5 – 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·   Lada : untuk mengatasi penyakit busuk pangkal batang. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 4kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·  Melon dan Timun : untuk mengatasi penyakit antraknosa dan embun bulu. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1 – 1,5 kg/ha  dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·       Kakao : untuk mengatasi penyakit busuk buah. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·  Kacang Panjang : untuk mengatasi penyakit bercak daun dan antraknosa. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·   Krisan : untuk mengatasi penyakit karat. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 4 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·   Bawang Daun : untuk mengatasi penyakit bercak ungu. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1 – 1,5 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·     Anggrek : untuk mengatasi penyakit bercak daun dan busuk hitam. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·       Kubis : untuk mengatasi penyakit bercak daun. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·   Jagung : untuk mengatasi penyakit hawar daun dan bulai. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 2 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

·       Padi : untuk mengatasi penyakit hawar daun, hawar pelepah, bercak coklat, blas, dan bercak bulir gabah. Dosis pengaplikasian Trivia fungisida yakni sebesar 1 – 1,5 kg/ha dengan cara penyemprotan volume tinggi / sesuai rekomendasi.

Hal – Hal Penting Tentang Pengaplikasian Trivia Fungisida

Tentu dalam pengaplikasian Trivia fungisida terdapat hal – hal penting yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan hal – hal penting tersebut, maka petani bisa memperoleh hasil pengaplikasian Trivia fungisida secara optimal.

Beberapa contoh hal – hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengaplikasikan fungisida Trivia 73 WP yaitu :

·    Bacalah petunjuk pengaplikasian fungisida Trivia produk Bayer untuk pertanian sebelum mulai mengaplikasikannya pada tanaman

·        Aplikasikan fungisida Trivia 73 WP dengan dosis dan cara aplikasi yang sesuai

·        Fungisida Trivia 73 WP mengandung bahan aktif berbahaya, sehingga harus dijauhkan dari anak – anak kecil agar tak menimbulkan hal – hal tak diinginkan

·    Distributor produk Bayer untuk pertanian LMGA AGRO jual fungisida Trivia 73 WP kemasan sachet netto 200 gram

·         Harga fungisida Trivia 73 WP yang LMGA AGRO jual terjamin murah

·        Fungisida Trivia 73 WP LMGA AGRO jual dengan harga murah dan kualitasnya terjamin original produksi Bayer

Baca Juga : Perbedaan Kubis Dan Selada Summer Autumn

Belanja Online Dan Jual Trivia Fungisida Harga Terjangkau

belanja,online,toko pertanian,lmga agro,bayer
Belanja Online Dan Jual Trivia Fungisida Harga Terjangkau

Belanja online dan jual fungisida Trivia bisa Anda beli melalui toko pertanian online terdekat LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan agen, distributor, reseller, supplier, dan distributor kebutuhan pertanian terlengkap dengan harga murah dan promo.

LMGA AGRO juga menjual produk pertanian seperti pupuk, benih, pestisida, zpt, alat pertanian dan spare part, dan lainnya. Seluruhnya tersedia lengkap melalui toko tani online LMGA AGRO.

Untuk mengirimkan pesanan produk itu, LMGA AGRO menggandeng mitra pengiriman terpercaya sebagai pilihan utama. Mitra pengiriman kami contohnya seperti JNE, JNT, KI8, Pos Indonesia, dan sebagainya. Seluruh pesanan konsumen dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO terjamin pasti sampai hingga ke alamat tujuan pesanan.

Konsultasi seputar masalah pertanian juga LMGA AGRO berikan untuk menambah kepuasan konsumen. Untuk Anda yang tertarik membeli produk pertanian yang kami jual ataupun berkonsultasi tentang masalah pertanian dapat langsung menghubungi LMGA AGRO lewat no. telepon 08125222117 ataupun 082141747141.

Nah, itulah dia artikel bertema Trivia fungisida ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan banyak manfaat positif bagi seluruh pembaca.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Trivia Fungisida Pestisida Ampuh Atasi Penyakit Akibat Jamur ini, hubungi segera lewat no. telepon yang tertera diatas. Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.