Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/01/2023

Read

Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Harga Murah - LMGA AGRO

bibit kacang panjang yang bagus,bibit,kacang,kacang panjang,bagus
Bibit Kacang Panjang Yang Bagus
Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Harga Murah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual berbagai macam kebutuhan pertanian online terlengkap harga terjangkau.

Bibit kacang panjang yang bagus telah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual aneka produk bibit kacang panjang yang bagus dengan jaminan original. 

Sebagai toko pertanian terdekat favorit  petani maka team online shop kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang. 

Dapatkan segera bibit kacang panjang yang bagus harga terjangkau lewat LMGA AGRO. Pastikan anda mendapatkan benih kacang panjang antivirus terbaik favorit petani lewat online shop kami.

Sektor pertanian hingga saat ini masih memegang peranan vital di Indonesia. Sektor ini sendiri didominasi oleh komoditas hortikultura.

Komoditas ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu tanaman buah, sayur, hias, serta obat – obatan. Dari data Pemerintah pada tahun 2004, tingkat produksi buah – buahan bisa mencapai ± 9,1 juta ton.

Berikutnya diikuti oleh sayuran (3,6 juta ton), biofarmaka (92,6 ribu ton), serta tanaman hias (52,4 juta tangkai). Potensi besar dari komoditas hortikultura tentu saja menjadikan banyak orang semakin tertarik menanam tanaman komoditas hortikultura.

Selain karena besarnya permintaan pasar, proses penanamannya sendiri tidak terlalu membutuhkan lahan tanam berukuran luas.

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu yang termasuk dalam golongan hortikultura ialah sayuran. Tanaman sayur atau sayuran merupakan sebutan untuk tanaman pokok yang dikonsumsi sebagai pendamping ataupun pengiring lauk bersama dengan makanan pokok.

Sebagian ataupun seluruh bagian – bagiannya bisa dikonsumsi secara langsung dalam kondisi segar maupun diolah terlebih dahulu dengan cara dimasak.

Di masa pandemi seperti sekarang, memiliki tanaman sayur tentu saja sangat bermanfaat. Selain nikmat, kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayuran mampu membuat kondisi tubuh tetap fit.

Kondisi tubuh yang fit tentu tidak akan mudah terinfeksi Coronavirus. Maka tidaklah salah jika kini budidaya sayuran banyak petani lirik sebagai salah satu peluang agrobisnis berprospek menjanjikan, terutama ketika masa pandemi seperti sekarang.

Beberapa contoh manfaat budidaya sayuran yaitu seperti :

Kondisi udara menjadi lebih bersih dan berkualitas bagi lingkungan sekitar

Kualitas hidup menjadi meningkat karena jumlah produksi sayuran berkualitas menjadi semakin banyak

Menjadi salah satu metode atau cara terbaik dalam pengelolaan sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan

Tingkat kesejahteraan masyarakat menjadi semakin meningkat karena makin banyak lapangan pekerjaan baru tercipta

Mendapatkan banyak keuntungan dari segi ekonomi serta bisa menjadi bahan konsumsi pangan bagi banyak orang

Itulah dia beberapa contoh manfaat yang bisa diperoleh dari budidaya sayuran. Nah, apakah sekarang Anda makin tertarik membudidayakan membudidayakan sayuran dengan melihat berbagai potensi diatas ?

Baca Juga : Cabe Ori 212 Aura Seed Terjangkau Berkualitas

Kacang Panjang Tanaman Sayur Banyak Manfaat

sayur,sayuran,tanaman,tanaman kacang panjang,tanaman sayur
Kacang Panjang Tanaman Sayur Banyak Manfaat

Ada cukup banyak sayuran yang cocok petani budidayakan di Indonesia, salah satunya adalah kacang panjang. Kacang panjang merupakan salah satu komoditas hortikultura dengan prospek menjanjikan di Indonesia.

Penanamannya sendiri telah banyak petani lakukan, walaupun tingkat kepopulerannya masih kalah dengan daripada tanaman lainnya (seperti padi).

Asal tumbuhan ini diperkirakan dari Afrika. Meskipun masih belum bisa dipastikan proses domestikasi tanaman kacang panjang pertama kali dilakukan dimana.

Kacang panjang umumnya banyak dikonsumsi dalam kondisi segar atau diolah terlebih dulu menjadi olahan sayur.

Kandungan nutrisi yang ada dalam tanaman sayur cukup lengkap dan juga beragam. Contohnya saja seperti kalsium, vitamin B, fosfor, lemak, karbohidrat, zat besi, dan sebagainya.

Beberapa contoh manfaat yang tubuh bisa dapatkan ketika mengkonsumsi kacang panjang yaitu :

Menurunkan resiko tubuh terkena asam urat

Menumpuknya radikal bebas mampu memicu komplikasi asam urat. Karena itu, mengkonsumsi kacang panjang yang kaya akan vitamin C bisa menjadi cara dalam menurunkan resiko tubuh terkena asam urat.

Meringankan nyeri haid

Ketika wanita tengah menstruasi, salah satu hal yang seringkali terjadi ialah nyeri haid. Mengkonsumsi kacang panjang yang mengandung mineral mampu meringankan tubuh saat sedang mengalami nyeri haid.

Kandungan mineral ini mampu mengurangi frekuensi maupun meringankan rasa sakit karena kram ketika menstruasi. Hal tersebut tentu saja akan membuat kondisi mood bagus walaupun sedang menstruasi.

Menyehatkan kondisi kulit

Jika tubuh kekurangan vitamin C, tubuh akan timbul keriput, kulit kering serta kemerahan, dan mempercepat proses penuaan. Karena itu, mengkonsumsi kacang panjang kaya nutrisi vitamin C bisa menjadi solusi atas masalah itu.

Potensi Bisnis Budidaya Kacang Panjang

Dengan berbagai penjelasan diatas, maka budidaya kacang panjang tergolong memiliki prospek bisnis menjanjikan. Budidaya tanaman kacang panjang tak memerlukan modal berjumlah besar. Kebutuhan modal yang dipakai biasanya untuk membeli alat, pupuk, bibit, serta pestisida.

Tanaman kacang panjang bisa tumbuh baik jika ditanam pada lahan latasol ataupun lempung berpasir, gembur, subur, kaya unsur hara, serta mempunyai sistem drainase yang bagus.

pH tanah yang bagus untuk tanaman kacang panjang berkisar antara 5 – 6. Bila tingkat pH tanah di bawah 5, maka direkomendasikan melakukan pengapuran dengan memakai dolomite.

Sementara bila pH tanah terlalu basa, maka harus dicampurkan dengan belerang untuk menetralkannya.

Suhu yang bagus untuk tanaman kacang panjang berkisar antara 25 sampai 30° C dengan curah hujan berkisar antara 700 hingga 1200 mm per tahun.

Cara penanaman lahan sebaiknya memperhatikan ketinggian lahan tanam. Jangan sampai lahan tanam melebihi ketinggian 800 meter dengan iklim kering.

Bibit kacang panjang sebaiknya harus memiliki kualitas yang bagus. Ciri – ciri bibit yang bagus yakni mempunyai penampilan yang bernas ataupun kusam.

Perkecambahan bibit kacang panjang juga harus ≥ 90 % dan tidak rusak ataupun cacat. Selain itu, bibit juga tak boleh mengandung opt, contohnya hama serta penyakit.

Lahan yang akan dipakai pertama harus dicangkul ataupun dibajak lebih dulu agar tanah gembur serta terbebas dari gulma maupun sisa – sisa tanaman.

Agar kandungan unsur hara semakin meningkat, maka Anda dapat menambahkan pupuk alami atau pupuk kandang. Biarkan lahan tanam selama 7 hari agar pupuk bisa tercampur sempurna dengan lahan tanam.

Buatlah bedengan berukuran lebar 80 cm serta tinggi 30 cm. Berikan pula jarak antar drainase kira – kira sebesar 40 cm sampai 50 cm. Lubang tanam pada bedengan sebaiknya mempunyai jarak tanam sebesar 30 cm x 40 cm.

Sesudah memperhatikan proses diatas, proses berikutnya yakni penanaman, penyulaman, penyiangan gulma, pengairan, pemupukan susulan, serta pemanenan.

Setelah melakukan pembudidayaan hingga proses pemanenan, maka Anda perlu memasarkan hasil panen kacang panjang. Anda bisa memasarkannya ke restoran, rumah makan, hotel, pasar tradisional, minimarket, supermarket, dan sebagainya.

Ancaman Gangguan OPT Pada Tanaman Kacang Panjang

Seringkali ketika membudidayakan tanaman kacang panjang muncul gangguan saat menjalankan bisnis budidaya ini. Jika tidak waspada, tentu gangguan tersebut akan menyebabkan kerugian.

Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah serangan opt (organisme pengganggu tanaman).  Mewaspadai serangan OPT ketika melakukan budidaya kacang panjang perlu selalu dilakukan walaupun benih memiliki ketahanan terhadap beberapa jenis opt.

Oleh karena itu, memiliki pengetahuan mengenai opt pengganggu kacang panjang jadi sangat vital. Selain itu, adanya opt pengganggu harus segera dibasmi supaya tak menimbulkan gangguan untuk pertumbuhan juga perkembangan kacang panjang.

Beberapa contoh opt yang seringkali menyerang tanaman kacang panjang yakni seperti :

Lalat Ophiomya

Lalat Ophiomya (Ophiomyia phaseoli) ialah salah satu hama berbahaya yang cukup banyak menyerang tanaman kacang panjang.

Hewan ini menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan jumlah populasi besar dan serangan intens terjadi ketika musim kemarau.

Dalam beberapa kasus, hama lalat Ophiomya bisa menyebabkan kerugian hasil panen hingga sebesar 30 sampai 50 %. Baik larva maupun lalat dewasa mampu mengakibatkan kerusakan, terutama pada bibit.

Lalat dewasa membuat lubang pada daun muda dan menghasilkan telur putih oval dekat dengan tangkai daun.

Larva yang sedang berkembang menggali ke bawah melalui batang ke akar batang dan kembali menjadi kepompong pada bagian pangkal batang.

Daun muda menunjukkan banyak lubang tusukan dan bintik kuning muda pada sisi atas daun, terutama pada bagian bawah daun.

Larva makan melalui bagian batang dan batang daun yang kemudian nampak sebagai garis melengkung perak.

Pada sisi atas daun hanya ada beberapa terowongan yang dapat terlihat, kemudian berubah menjadi coklat tua dan layu yang jelas terlihat. Dedaunan ini dapat mengering dan bahkan dapat mengalami kerontokan.

Pada tanaman dewasa yang terinfeksi, batang menjadi bengkak dan kadang daun mengalami kelayuan. Terowongan bekas aktivitas makan terlihat jelas pada bagian batangnya.

Intensnya aktivitas makan larva menyebabkan kerusakan jaringan internal di sekitar sambungan pucuk akar. Akibatnya, daun menjadi menguning, pertumbuhan tanaman terhambat, dan tanaman menjadi mati.

Dalam banyak kasus, seringkali tanaman dapat mati dalam kurun waktu 10 hingga 15 hari setelah tumbuh.

Baca Juga : Jual Benih Jagung Manis Berkualitas Unggul

Layu Bakteri

Infeksi bakteri bernama Ralstonia solanacearum ialah penyebab terjadinya penyakit layu bakteri. Patogen bakteri R. solanacearum ini bisa bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman ataupun inang alternatif.

Bakteri ini masuk ke dalam tanaman lewat luka dalam sistem perakaran ketika mulai muncul akar lateral. Peningkatan temperatur (dari 30 hingga 35° C), pH tanah alkali, dan tingginya kelembaban udara maupun tanah semakin membuat penyakit layu bakteri berkembang.

Tanah berat yang dapat mempertahankan kelembaban tanah dalam waktu lama cenderung lebih mudah terinfeksi. Daun paling muda mulai layu ketika siang hari dan akan kembali normal ketika kondisi suhu lebih dingin.

Dalam kondisi menguntungkan, gejala layu mampu mempengaruhi semua tanaman dan bersifat tetap permanen. Dedaunan yang layu warnanya tetap hijau dan masih menempel pada bagian batang.

Akar dan juga bagian bawah batang menunjukkan perubahan warna menjadi berwarna coklat gelap. Akar yang terinfeksi dapat membusuk karena infeksi akibat bakteri sekunder.

Ketika bagian batang dipotong, nantinya batang mampu mengeluarkan sekresi putih hingga kekuningan, mirip layaknya susu.

Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Cocok Petani Tanam

petani,budidaya,budidaya kacang panjang,peluang,agrobisnis,agribisnis
Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Cocok Petani Tanam

Untuk bisa mencegah ancaman – ancaman opt diatas, maka Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Salah satu cara efektif yakni dengan menggunakan bibit kacang panjang berkualitas bagus.

Dengan menggunakan bibit kacang panjang berkualitas bagus, maka Anda bisa terhindar dari ancaman opt – opt yang mengganggu.

Agar semakin mudah, LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi beberapa produk bibit kacang panjang yang bagus di pasaran. Beberapa contoh produk bibit kacang panjang yang berkualitas bagus dan cocok petani gunakan yaitu :

Parade Tavi F1

Parade Tavi F1 ialah bibit kacang panjang berkualitas bagus hasil produksi dari PT East West Seed Indonesia (Ewindo). Produk Parade Tavi bibit kacang panjang yang bagus Cap Panah Merah sekarang banyak beredar di pasaran, sehingga mudah konsumen dapatkan.

Parade Tavi punya banyak kelebihan, yaitu telah tahan virus, mudah terjual ke pedagang, polong buahnya tergolong produktif, dan sebagainya.

Bibit Parade Tavi kualitasnya sudah terjamin bagus, sehingga petani tak usah ragu memilih produk Parade Tavi. Bibit berkualitas bagus bernama Parade Tavi Cap Panah Merah dikemas dalam kemasan sachet berisi 200 butir dan kaleng netto 500 gram.

Bila tertarik, Anda bisa membeli bibit Parade Tavi F1 berkualitas bagus dari Panah Merah sekarang juga hanya lewat LMGA AGRO.

Jali Ireng

Jali Ireng ialah bibit kacang panjang berkualitas bagus hasil produksi dari PT Sekar Agro Lestari Seeds (SALS). Produk Jali Ireng bibit kacang panjang yang bagus SALS sekarang sudah banyak beredar di pasaran, sehingga mudah konsumen dapatkan.

Jali Ireng punya banyak kelebihan, yaitu daya adaptasinya bagus, tahan serangan penyakit layu bakteri, pembentukan polong mudah, dan sebagainya.

Bibit Jali Ireng kualitasnya sudah terjamin bagus, sehingga petani tak usah ragu memilih produk Jali Ireng. Bibit berkualitas bagus bernama Jali Ireng SALS dikemas dalam kemasan sachet netto 500 gram.

Bila tertarik, Anda bisa membeli bibit Jali Ireng berkualitas bagus dari SALS sekarang juga hanya lewat LMGA AGRO.

Kanton Tavi F1

Kanton Tavi F1 ialah bibit kacang panjang berkualitas bagus hasil produksi dari PT East West Seed Indonesia. Produk Kanton Tavi bibit kacang panjang yang bagus Cap Panah Merah sekarang banyak beredar di pasaran, sehingga mudah konsumen dapatkan.

Kanton Tavi punya banyak kelebihan, yaitu tahan hama thrips, pembentukan buah tetap mudah dalam kondisi cuaca buruk, daya adaptasi baik, dan sebagainya.

Bibit Kanton Tavi kualitasnya sudah terjamin bagus, sehingga petani tak usah ragu memilih produk Kanton Tavi. Bibit berkualitas bagus bernama Kanton Tavi Cap Panah Merah dikemas dalam kemasan sachet berisi 200 butir dan kaleng netto 500 gram.

Bila tertarik, Anda bisa membeli bibit Kanton Tavi F1 berkualitas bagus dari Panah Merah sekarang juga hanya lewat LMGA AGRO.

Baca Juga : Umur Panen Semangka Inul

Jual Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Harga Terjangkau

Bila pembaca tengah mencari produk bibit kacang panjang berkualitas bagus harga terjamin murah, LMGA AGRO merupakan jawabannya. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual aneka produk bibit kacang panjang yang bagus berkualitas terbaik.

LMGA AGRO menjamin bibit kacang panjang yang bagus yang dijual harganya terjamin murah. Kualitasnya pun terjamin asli produksi dari produsennya.

Selain itu, LMGA AGRO juga mempunyai berbagai macam tips dan trik dalam memaksimalkan budidaya bibit kacang panjang yang bagus.

Dengan begitu, maka hasil panen yang petani dapatkan dari budidaya memakai bibit kacang panjang yang bagus menjadi lebih maksimal.

LMGA AGRO pun juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian lain selain bibit kacang panjang yang berkualitas bagus. Kami berani memberikan jaminan seluruh produk yang LMGA AGRO jual harganya terjangkau kualitas terbaik dan unggulan.

Untuk menjamin pesanan produk bibit kacang panjang yang bagus terjamin sampai ke tujuan, maka LMGA AGRO bekerjasama dengan mitra pengiriman terbaik.

Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti JNT, JNE, KI8, serta Pos Indonesia. Reputasi mitra pengiriman kami telah teruji, sehingga konsumen tak perlu meragukan kualitasnya. Pesanan bibit kacang panjang yang bagus pun pasti akan sampai hingga ke alamat tujuan.

Jadi, sekarang tunggu apalagi ? Segera order produk bibit kacang panjang yang bagus ataupun produk lain dari LMGA AGRO sebelum Anda kehabisan stok !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit kacang yang bagus ini LMGA AGRO tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat dan berdampak bagus untuk seluruh pembaca.

Bila masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Bibit Kacang Panjang Yang Bagus Harga Murah ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa lagi dalam artikel – artikel kami selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.