Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/01/2023

Read

Daconil Untuk Cabe Fungisida Ampuh Bagi Tanaman Cabai - LMGA AGRO

daconil untuk cabe,daconil,fungisida,cabe,toko pertanian terdekat
Daconil Untuk Cabe
Daconil Untuk Cabe Fungisida Ampuh Bagi Tanaman Cabai. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian terdekat yang menjual berbagai kebutuhan pertanian lengkap harga terjamin terjangkau.

Produk fungisida Daconil untuk cabe sekarang telah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual Daconil 75 WP original produksi Exindo yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan tumbuhnya tanaman cabe. 

Dapatkan produk Daconil untuk cabe hanya melalui LMGA AGRO.  Sebagai salah satu penyumbang pemasukan terbesar untuk Indonesia, tentu saja sektor pertanian menjadi sangat vital peranannya.

Terlebih lagi, sebagian besar penduduk Indonesia menggantungkan penghasilannya pada sektor ini. Maka tidaklah mengherankan jika sektor pertanian menjadi salah satu indikator penting tingkat kesejahteraan di Indonesia.

Segera dapatkan Daconil untuk cabe guna keperluan beli fungisida ampuh bagi tanaman cabai anda. Olshop Lmga Agro siap kirim ke seluruh Indonesia jaminan barang pasti datang.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik per Agustus 2020, penduduk berusia produktif yang telah bekerja jumlahnya sekitar ± 128,45 juta orang. Dari jumlah itu, hampir sekitar 30% diantaranya merupakan pekerja dari sektor pertanian.

Aneka komoditas dihasilkan dari sektor pertanian dengan nilai jual menjanjikan. Komoditas dari sektor pertanian ini sangatlah beragam, salah satunya adalah komoditas hortikultura.

Komoditas hortikultura sendiri pun terbagi kembali menjadi beberapa jenis, 2 diantaranya yakni sayur – sayuran dan buah – buahan.

Baca Juga : Jual Benih Semangka Jumbo Nani F1 Tampilan Baru

Cabai Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Berbagai daerah Nusantara sudah banyak menjadi sentra pembudidayaan buah – buahan dan sayuran. Salah satu tanaman umum yang banyak petani tanam dari komoditas hortikultura adalah tanaman cabe. Bukankah faktanya seperti itu, kan ??

Tanaman ini asalnya bukanlah dari Indonesia, tetapi asalnya dari Amerika Selatan. Tanaman cabai menyebar secara luas melalui pengaruh Christopher Columbus dan juga anak buahnya.

Saat Columbus serta anak buahnya baru saja kembali ke Eropa dari Amerika Selatan, mereka lalu membawa benih cabai dan juga mulai membudidayakannya.

Cabe sudah lama menjadi komoditas pertanian dengan prospek hasil panen menguntungkan. Alasannya, karena jumlah penduduk Indonesia yang menggemari rasa pedas dari cabe termasuk sangat besar.

Kurun waktu yang diperlukan cabai dalam menghasilkan buah pun relatif cukup singkat. Umumnya, ketika sudah berumur ± 3 bulan cabai sudah bisa dipanen. Hasil panennya sendiri juga tergolong cukup melimpah dan pemasarannya sendiri pun juga sangat mudah.

Petani Indonesia biasanya membudidayakan 3 tipe cabe, yaitu cabe merah besar, cabe rawit, dan juga cabe merah keriting. Mulai dari daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pun bisa dimanfaatkan menjadi tempat pembudidayaannya.

Anda hanya harus menyesuaikan dengan karakteristik benih cabai yang akan Anda tanam. Tetapi, bila terdukung dengan banyak faktor pendukung maka proses pembudidayaannya bisa berjalan dengan baik.

Nah, bila telah dalam masa panen hasil buah cabe dapat segera langsung dipasarkan kepada pedagang. Sebagian lainnya juga dapat Anda manfaatkan di rumah untuk bumbu dapur ataupun olahan lainnya.

Selain bisa menjadi penambah cita rasa pedas untuk masakan, mengkonsumsi cabai termasuk cukup dianjurkan. Asal, dengan catatan bahwa dikonsumsi dalam jumlah secukupnya saja. Karena, jika dikonsumsi berlebihan maka justru berefek negatif pada tubuh.

Mengkonsumsi cabai dalam jumlah cukup telah terbukti bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa contoh manfaat tersebut yaitu seperti :

·         Membantu proses pembentukan sel darah merah

Cabai kaya dengan beraneka ragam nutrisi, contohnya ialah asam folat, tembaga, serta zat besi. Kombinasi dari nutrisi – nutrisi tersebut mampu membantu tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah.

Dengan begitu, maka sel darah merah bisa terproduksi serta terhindar dari penyakit seperti anemia.

·         Meredakan nyeri

Senyawa capsaicin dalam cabai terbukti mampu meredakan rasa sakit pada tubuh, sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar salep / krim pereda nyeri otot serta sendi.

Anda mungkin saja akan merasakan sensasi panas ketika mengoleskan salep ataupun krim yang mengandung senyawa capsaicin, namun nyeri otot serta sendi yang Anda rasakan bisa lebih berkurang.

·         Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dan capsaicin di dalam cabai juga mempunyai efek antioksidan serta antiradang dalam tubuh. Efek ini bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel karena radikal bebas berlebih yang bisa memicu penyakit kronis, contohnya seperti penyakit jantung.

·         Meningkatkan daya imun tubuh

Cabe mempunyai kandungan vitamin C berlimpah, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat dalam buah jeruk.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam cabai ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh tak mudah terkena infeksi ataupun penyakit tertentu.

·         Mengatasi hidung tersumbat

Salah satu manfaat cabai yang dapat langsung dirasakan ialah melegakan hidung tersumbat. Karena sensasi pedasnya, konsumsi masakan yang mengandung capsaicin mampu meredakan pembengkakan dalam saluran pernafasan serta mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

·         Memperlancar peredaran darah

Banyak dokter dari Eropa hingga sekarang memanfaatkan bubuk cabai sebagai salah satu bahan dasar pembuatan ramuan obat tradisional.

Bubuk cabe teruji secara klinis serta empiris berguna dalam melancarkan sistem peredaran darah tubuh. Efek tersebut menjadikan simplisia bubuk cabe untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah, hingga mengatasi penyakit jantung koroner.

Peluang Bisnis Menjanjikan Budidaya Cabai

Dengan berbagai manfaat dari cabe maka tidaklah salah jika petani, hobbies, hingga masyarakat awam sekalipun tertarik membudidayakannya.

Besarnya jumlah permintaan pasar juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. Budidaya cabe sendiri pun jadi sangat sesuai untuk menjadi pilihan utama untuk dibudidayakan.

Mengapa ? Karena proses budidayanya sendiri tergolong cukup mudah dan potensi hasilnya sendiri berprospek menjanjikan.

Peluang agrobisnis berprospek menjanjikan dari budidaya cabe kini bisa berjalan secara mudah. Namun, dengan catatan jika pembudidayaannya dilakukan secara tepat mulai awal hingga akhir.

Agar dapat berjalan dengan baik mulai awal sampai akhir, maka pertama syarat tumbuhnya perlu terpenuhi terlebih dahulu. Syarat tumbuh budidaya cabe secara umum cenderung sama dengan budidaya tanaman lainnya.

Contohnya yakni pH tanah 6 – 7, curah hujan ± 1000 mm/tahun, kondisi tanah gembur serta kaya unsur hara, daerah tanam dataran rendah hingga tinggi, dan lain sebagainya.

Selain memenuhi syarat tumbuh, pemilihan benih yang akan dipakai tentunya sangat vital. Pemilihan benih sangatlah berpengaruh dalam produksi buah cabe, sehingga harus memakai benih berkualitas terbaik. Selain itu, jangan lupa pula untuk melakukan proses perawatan secara berkelanjutan.

Baca Juga : Pohon Timun Sembada F1 Royal Seed Kualitas Original

Ancaman Serangan Penyakit Cabe Karena Infeksi Jamur

ancaman,serangan,penyakit,cabai,jamur
Ancaman Serangan Penyakit Cabe Karena Infeksi Jamur

Seringkali tanaman cabe pertumbuhannya terganggu karena banyak faktor penyebab. Salah satu penyebab utamanya ialah infeksi cendawan.

Ada cukup banyak penyakit pada cabe yang dapat terjadi karena infeksi jamur. Oleh karena itu, petani harus mewaspadai serangan jamur ketika melakukan budidaya tanaman cabe.

Beberapa contoh penyakit cabe yang harus diwaspadai serangannya yaitu :

·         Bercak Serkospora

Bercak serkospora terjadi karena infeksi patogen jamur, yakni jamur Cercospora capsici. Jamur ini sangat tahan di daerah tropis dan mampu mempengaruhi tanaman baik di persemaian maupun lahan tanam.

Cendawan Cercospora capsici bertahan dari 1 musim ke musim lainnya di dalam ataupun di sekitar biji, di tanah, serta juga pada sisa – sisa tanaman yang terinfeksi.

Cendawan ini menyebar melalui percikan air, curah hujan, angin, serta melalui kontak antara daun ke daun serta melalui peralatan kerja.

Infeksi pada daun terjadi lewat penetrasi secara langsung ke daun serta lebih mudah terjadi pada daun yang basah secara berkepanjangan. Kondisi optimal untuk infeksi ialah suhu hangat ± 23° C serta kelembaban relatif ≥ 77 – 85 %.

Bila kondisi tersebut terpenuhi, maka hasil panen bisa terpengaruh secara signifikan, terutama bila infeksi terjadi ketika awal musim.

Selama tahap awal infeksi, bercak menyerupai lingkaran kecoklatan bertitik pusat abu – abu muda serta tepian berwarna coklat muncul pada daun. Kemudian, bercak tersebut berkembang menjadi bercak coklat bundar besar sampai berukuran ± 1,5 cm.

Cincin gelap tebal dan lingkaran berwarna kuning memberikan tampilan layaknya seperti mata katak. Bercak – bercak itu selanjutnya bergabung menjadi 1 membentuk luka daun berukuran lebih besar.

Titik pusat berwarna putih terkadang terlihat pecah serta kering, meninggalkan bekas berbentuk seperti lubang tembakan. Pada tahap infeksi berikutnya, daun menguning serta layu atau rontok, menyebabkan buah menjadi terpapar cahaya matahari secara langsung.

Dalam kasus berat, bercak – bercak ini juga bisa dijumpai pada tangkai buah serta kelopak, seringkali menyebabkan busuk pada ujung batang.

·         Antraknosa

Penyakit antraknosa sebenarnya disebabkan oleh sekelompok cendawan dari genus Colletotrichum, antara lain C. capsici serta C. gloeosporioides.

Patogen jamur ini mampu menginfeksi tanaman cabai pada semua tahapan pertumbuhan tanaman. Mulai dari fase vegetatif, generatif, hingga pascapanen.

Mereka mampu bertahan hidup di sekitar dan dalam biji, sisa – sisa tanaman ataupun inang alternatif. Cendawan tumbuh subur selama periode hangat serta basah, dan bisa menyebar melalui media hujan ataupun air irigasi.

Infeksi buah bisa terjadi pada suhu dari 10 sampai 30° C, sementara suhu 23 sampai 27° C merupakan suhu optimal untuk perkembangan penyakit antraknosa. Basahnya permukaan buah dapat meningkatkan penyakit antraknosa semakin parah.

Luka melingkar ataupun bersudut yang basah pada buah yang kemudian menjadi lunak serta sedikit cekung. Bagian tengah luka memiliki warnanya oranye ataupun coklat dan berubah menjadi berwarna hitam, sementara jaringan di sekitarnya punya warna lebih terang.

Luka bisa saja banyak terjadi dan menutupi sebagian besar permukaan buah. Buah hijau mengalami infeksi secara tersembunyi serta tak memperlihatkan gejala apapun sampai matang.

Gejala pada daun serta batang muncul sebagai bintik berukuran kecil berwarna abu – abu kecoklatan dengan tepian coklat tua. Ketika akhir musim, buah yang matang menjadi membusuk serta cabang mengalami mati pucuk.

Daconil Untuk Cabe Cara Ampuh Atasi Penyakit Cabai

daconil,daconil 75 wp,exindo,daconil exindo,fungisida
Daconil Untuk Cabe Cara Ampuh Atasi Penyakit Cabai

Dengan ancaman – ancaman dari penyakit karena infeksi jamur tersebut, tentu petani harus melakukan tindakan pengendalian secara tepat supaya bisa teratasi.

Ada beberapa cara efektif yang dapat mengatasi masalah itu, salah satunya ialah memakai produk fungisida unggul untuk tanaman cabe.

Nah, agar petani lebih mudah memperoleh fungisida untuk tanaman cabe LMGA AGRO akan merekomendasikan produk pestisida jenis fungisida berkualitas terbaik.

Produk fungisida yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan ialah Daconil 75 WP. Daconil 75 WP ialah produk fungisida unggul hasil produksi PT Exindo Raharja Pratama.

Pestisida Daconil memiliki bentuk formulasi berupa butiran tepung putih berbahan aktif klorotanil 75 %. Daconil bekerja sebagai fungisida kontak, sehingga langsung bekerja pada bagian tanaman yang sudah terinfeksi.

Obat jamur Daconil memiliki fungisida kualitas terbaik yang menjadi favorit petani Indonesia dalam usaha agribisnis berkebun. Kualitasn Daconil telah terjamin dan reputasinya pun tak usah diragukan lagi.

Beberapa contoh kelebihan dari produk Daconil 75 WP yakni seperti :

·         Daconil efektif mengatasi penyakit cabe karena infeksi jamur

·         Daconil mudah larut dalam air

·         Daconil 75 WP mudah diserap oleh semua bagian tanaman yang terinfeksi

Kelebihan – kelebihan Daconil itu tentu akan semakin mempermudah kerja petani dalam membasmi penyakit cabe karena infeksi jamur. Jadi, tertarik menggunakan Daconil untuk tanaman cabe Anda ??

Petunjuk Pengaplikasian Daconil 75 WP Secara Tepat

Untuk memakai fungisida Daconil pada tanaman cabai tentu perlu memakai cara pengaplikasian serta dosis yang tepat. Dengan cara aplikasi serta dosis yang tepat, maka tentu saja penyakit karena infeksi jamur bisa segera teratasi.

Pengaplikasian fungisida Daconil untuk cabe bisa dilakukan dengan cara penyemprotan volume tinggi. Dosis pengaplikasiannya yaitu sebanyak 0,75 – 1,5 g/l untuk penyakit antraknosa dan 0,5 – 1 g/l untuk penyakit bercak daun serkospora.

Catatan Tentang Pengaplikasian Daconil Untuk Cabe

Saat akan mengaplikasikan Daconil untuk cabe, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Beberapa contoh catatan penting tentang pengaplikasian fungisida Daconil untuk cabe yakni seperti :

·   Baca petunjuk pengaplikasian fungisida Daconil untuk cabe sebelum diaplikasikan pada tanaman

·   Aplikasikan Daconil dengan cara yang sesuai, yakni dengan cara penyemprotan volume tinggi

·  Daconil mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya, sehingga pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak kecil

·   Pakai APD lengkap (masker, sarung tangan, kacamata, sepatu boot, dan lainnya) ketika mengaplikasikan fungisida Daconil untuk cabe

Dengan memperhatikan hal – hal penting diatas, maka petani terjamin bisa mendapatkan hasil maksimal dari pengaplikasian Daconil. Selain itu, pertumbuhan cabe pun menjadi sempurna serta kualitas hasil panen pun terjamin lebih baik.

Baca Juga : Bibit Tomat Mutiara Bibit Terbaik Cocok Petani Tanam

Jual Daconil Untuk Cabe Harga Murah Di LMGA AGRO

jual,murah,terjangkau,jual fungisida daconil,lmga agro
Jual Daconil Untuk Cabe Harga Murah Di LMGA AGRO

Bila pembaca sedang mencari produk Daconil untuk cabe, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO menjual fungisida Daconil untuk membasmi ancaman patogen jamur penyebab penyakit cabe.

Selain itu, LMGA AGRO juga memiliki berbagai solusi terbaik dalam memaksimalkan penggunaan fungisida Daconil untuk cabe. Dengan begitu, maka hasil pengaplikasian Daconil untuk cabe dapat menjadi lebih optimal.

Produk Daconil untuk cabe yang LMGA AGRO jual sudah terjamin berkualitas unggul serta original dari Exindo. Sehingga, baik konsumen awam sampai petani ahli sekalipun tidak usah lagi meragukan kualitasnya.

Harga fungisida Daconil untuk cabe yang LMGA AGRO jual terjamin murah untuk kalangan bawah maupun untuk kalangan atas. Konsumen pun pasti tidak akan merasa bila harga jualnya terlalu sulit dijangkau.

Jadi, sekarang tunggu apalagi ? Langsung saja meluncur ke laman lmgaagro.web.id lalu beli Daconil untuk cabe dan buktikan sendiri kualitasnya.

Untuk memastikan pesanan Daconil untuk cabe sampai ke alamat tujuan, LMGA AGRO bekerjasama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya. Beberapa contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan Daconil untuk cabe adalah KI8, Pos Indonesia, JNT, serta JNE.

Dengan memanfaatkan jasa mitra pengiriman terpercaya, pesanan fungisida produksi Exindo untuk cabe ini terjamin pasti sampai ke alamat tujuan.

Nah, itulah dia artikel bertema Daconil untuk cabe ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat dan memberi banyak dampak positif untuk seluruh pembaca.

Jika masih ada hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Daconil Untuk Cabe Fungisida Ampuh BagiTanaman Cabai ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang sudah tertera sebelumnya. Salam sukses selalu.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.