TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/01/2023

Kixor Herbisida Unggulan Kualitas Terbaik - LMGA AGRO

kixor herbisida,kixor 70 wg,obat rumput,basf,herbisida
Kixor Herbisida Unggulan
Kixor Herbisida Unggulan Kualitas Terbaik. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO merupakan toko pertanian terdekat dari Anda yang beroperasi secara online dalam menjual kebutuhan pertanian terlengkap berkualitas unggul.

Herbisida Kixor 70 WG pestisida yang sudah teruji efektif dalam mengatasi serangan gulma. 

Aneka macam kelebihan dari Kixor herbisida membuatnya menjadi pestisida ampuh dalam membuat mati rumput liar. 

Dapatkan segera herbisida terbaik Kixor 70 WG harga terjangkau hanya melalui LMGA AGRO. 

Herbisida Kixor 70 WG pestisida yang sudah teruji efektif dalam mengatasi serangan gulma. Jika anda berminat belanja online herbisida Basf ini segera hubungi toko pertanian Lmga Agro.

Sampai detik ini, sektor pertanian masih menjadi salah satu tumpuan bagi perekonomian Indonesia. Hal itu dapat jelas terlihat dengan begitu besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan pemasukannya pada sektor pertanian.

Berdasarkan laporan BPS per Agustus 2020, data itu menunjukkan bila penduduk berumur produktif yang telah bekerja jumlahnya sekitar 128,45 juta jiwa.

Dari jumlah itu, 29,76 % diantaranya (38,23 juta orang) ialah penduduk yang berprofesi sebagai petani. Meskipun juga ikut terkena dampak dari pandemi virus Corona, tetapi dalam kurun waktu tersebut sektor pertanian tetap terus berkembang.

Dari kuartal awal hingga kuartal ketiga tahun 2020, sektor pertanian mencatat pertumbuhan yang positif. Dari hal tersebut, bisa diambil kesimpulan jika sektor pertanian menjadi salah satu penyelamat ekonomi ketika masa pandemi. Terlebih, di masa pandemi sektor lainnya tengah lesu.

Salah satu kegiatan utama dalam menggerakkan sektor pertanian adalah dengan melakukan pembudidayaan tanaman. Hasil panen dari budidaya tanaman itulah yang diperjualbelikan ke berbagai tempat pemasaran dengan nilai jual beragam.

Supaya nilai jualnya bisa tinggi, komoditas hasil panen tanaman harus mempunyai kualitas yang bagus. Kualitas bagus tersebut hanya bisa Anda dapatkan dengan melakukan budidaya tanaman secara baik dan benar mulai awal sampai dengan akhir.

Baca Juga : Kubis CR Ace Sakata Seed Membebaskan Petani Dari Akar Gada

Bentuk Ancaman Nyata Gulma Bagi Petani

bentuk,nyata,ancaman,gulma,rumput liar
Bentuk Ancaman Nyata Gulma Bagi Petani

Ada berbagai macam ancaman nyata yang sudah banyak petani ketika membudidayakan tanaman. Salah satunya adalah kemunculan gulma pengganggu saat menanam tanaman. Gulma atau rumput liar ialah tumbuhan liar yang keberadaannya tidak dikehendaki oleh petani.

Tanaman ini biasanya umumnya tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan petani. Contohnya saja gulma di sekitar tanaman cabe.

Lalu, kenapa petani tak mengharapkan keberadaan gulma ? Karena munculnya tanaman liar ini menyebabkan gangguan bagi proses tumbuh dan berkembangnya tanaman budidaya. Akibatnya, baik kualitas maupun kuantitas hasil panen pun menjadi menurun.

Beberapa contoh gulma yang sering menyebabkan gangguan itu seperti :

·         Commelina benghalensis

Commelina benghalensis merupakan gulma sejenis herba anggota dari suku Commelinaceae. Rumput liar bernama lain gewor ini umumnya banyak dijumpai di areal persawahan.

Gewor tumbuh serta berkembang biak dengan baik ketika musim kemarau dengan suhu optimal 30 sampai 35° C, namun bisa toleran pada suhu 20 sampai 40° C.

Gewor berasal dari Afrika lewat Semenanjung Arab sampai India, China, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, serta Indonesia.

Biasanya, gewor tumbuh di tepian hutan dengan ketinggian sampai 1600 mdpl dan curah hujan 100 – 2100 mm/tahun.

Pertumbuhan bunga optimal antara 30 sampai 35° C, namun tumbuh baik antara 20 – 40° C. Gewor menyukai tanah berpasir serta tahan terhadap kekeringan berkepanjangan.

Akar gewor yaitu akar serabut, bagian batang sukulen, beruas – ruas, sedikit menjalar, serta berwarna hijau. Daunnya tunggal, berwarna hijau, lonjong, dengan bagian tepi sedikit berombak, permukaan berbulu, tekstur berlendir, panjang ± 3 – 6 cm serta lebar ± 1 – 3 cm.

Bunga mejemuk berwarna biru, terletak di ujung cabang ataupun ketiak daun, kelopak berjumlah 3 helai, mahkota berbentuk jantung dengan panjang ± 0,7 hingga 0,9 cm.

Buahnya berbentuk bulat telur dengan panjang ± 5 – 7 mm serta berwarna hijau. Bijinya berbentuk bulat, kecil, serta berwarna hitam.

Penelitian lain mengatakan bahwa gewor banyak ditemukan di Florida, Georgia, serta Loisiana. Gewor tercatat sebagai gulma berbahaya sejak 1983, tapi paling sering dijumpai di persawahan, tanah lapang, dan lainnya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa dengan adanya irigasi yang baik, gewor bisa memproduksi 1 daun per minggu serta bertambah tinggi hingga 2,4 cm per minggu.

Gewor bisa bertahan dalam kondisi kritis serta perkembangbiakannya sangat baik dan termasuk sebagai spesies invasif.

·         Ziziphus mauritiana

Ziziphus maurutiana merupakan gulma dengan bentuk sejenis pohon kecil penghasil buah dan umumnya tumbuh pada daerah kering. Di Indonesia, tanaman liar ini cukup banyak orang kenal sebagai bidara (Makasar), widara (Sunda / Jawa), dan sebagainya.

Bidara tumbuh baik di wilayah dengan musim kering yang jelas. Kualitas buahnya paling baik bila tumbuh pada lingkungan panas, kaya sinar matahari, serta cukup kering.

Bidara berkembang secara luas pada wilayah dengan curah hujan dengan kisaran ± 300 – 500 mm per tahun.

Tanaman liar ini bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, seperti tanah laterit, tanah liat, tanah berpasir, tanah hitam, serta tanah alluvial yang berada di sepanjang aliran sungai.

Tanaman ini umumnya bengkok. Tingginya sendiri bisa mencapai ± 15 meter dan gemang batang berkisar ± 40 cm. Cabang – cabangnya menyebar serta sering menjuntai dengan ranting tumbuh simpang siur serta berambut pendek.

Daun – daun bidara penumpunya berupa duri, sendirian ataupun lurus (5 hingga 7 mm) ataupun berbentuk berupa pasangan dimorfis.

Walaupun sebagai gulma, namun bidara memiliki banyak kegunaan. Buahnya diperjual belikan sebagai buah segar untuk dimakan langsung ataupun diolah menjadi minuman segar.

Di beberapa tempat, buah bidara juga dikeringkan, disetup, ataupun dijadikan manisan. Buah dari pohon yang meliar kecil – kecil serta rasanya agak pahit.

Buah bidara ialah sumber vitamin A dan C, karoten, serta lemak. Daun – daun mudanya biasanya dijadikan sebagai sayuran.

Rebusan daunnya diminum sebagai olahan jamu. Daun – daun ini membusa seperti sabun jika diremas dengan air, serta dipakai untuk memandikan orang sakit demam.

·         Asystasia intrusa

Asystasia intrusa merupakan gulma yang termasuk dalam famili Acanthaceae dan dari genus Asystasia. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli dari benua Afrika.

Asystasia intrusa bisa dijumpai di daerah berketinggian hingga 500 meter diatas permukaan laut. Tanaman bernama lain ganda rusa ini tumbuh baik pada daerah ternaungi maupun daerah terbuka.

Ganda rusa merupakan rumput liar subur serta kompetitif serta membutuhkan unsur hara tinggi, terutama unsur P dan N. Gulma ini menghasilkan biji dengan baik dengan tingkat viabilitas sampai 85 % dimana bisa bertahan sampai 8 bulan di dalam tanah.

Akar ganda rusa melekat pada cabang. Sistem perakarannya tunggang, bercabang, serta mempunyai bulu – bulu akar. Akarnya sendiri berwarna putih kecoklatan.

Bagian batangnya lunak, berwarna hijau kecoklatan, serta bisa tumbuh dalam keadaan kurang baik. Untuk daunnya berbentuk bulu panjang, pangkal bulat, ujung runcing, serta pertulangan daun menyirip serta bertangkai.

Baca Juga : Benih Gambas Terbaik Untuk Petani Budidayakan

·         Digitaria sanguinalis

Digitaria sanguinalis merupakan spesies rumput yang dikenal berbagai nama. Nama – nama itu seperti rumput jari, crabgrass besar, crabgrass ungu, crabgrass besar, dan sebagainya.

Rumput liar ini merupakan salah satu spesies cukup terkenal dari genus Digitaria, dan salah satu yang dikenal hampir di seluruh dunia sebagai rumput biasa.

Hal ini dimanfaatkan sebagai pakan ternak, serta bijinya bisa dimakan serta sudah digunakan sebagai biji – bijian di Jerman serta Polandia.

Digitaria sanguinalis ialah gulma yang tumbuh merumpun, pada setiap pohon bisa memproduksi sekitar ratusan biji dimana mudah berkecambah sesudah matang.

Perkecambahan bisa terjadi pada daerah lembab atau kering. Bijinya dikenal mampu bertahan ketika lahan diolah ataupun dibersihkan, dimana biji segera berkecambah sesudah tanaman budidaya ditanam serta terus tumbuh sepanjang musim. Selain itu, juga bisa menyebar lewat angin karena memiliki biji relatif ringan.

Dampak Buruk Gulma Terhadap Tanaman Budidaya

Selama ini, tak semua orang mungkin terlalu peduli dengan keberadaan gulma pada lahan budidaya, serta lebih banyak terfokus pada tanaman budidayanya. Buktinya bisa terlihat dengan banyaknya gulma di berbagai lahan tanam.

Entah karena tak tau dampak gulma sehingga sengaja dibiarkan tumbuh ataupun mungkin tahu tetapi dibiarkan karena bila melakukan penyiangan biaya produksi dapat bertambah.

Tentu saja keberadaan rumput liar ini berefek sangat merugikan. Hanya saja efek kerugian karena gulma tersebut jarang disadari oleh petani.

Beberapa contoh efek buruk keberadaan gulma yaitu seperti :

·        Gulma menyebabkan persaingan dalam memperoleh air, unsur hara, serta cahaya

·        Menyebabkan pertumbuhan tanaman melambat

·        Kualitas produksi tanaman menjadi menurun karena terkontaminasi oleh benih rumput liar

·     Beberapa gulma tertentu bisa mengeluarkan senyawa alelopati. Senyawa alelopati bersifat racun untuk tanaman budidaya, sehingga menyebabkan matinya tanaman budidaya

·    Pekerjaan para petani menjadi terganggu serta tak lancar akibat adanya rumput liar yang mempunyai duri ataupun rambut – rambut halus yang gatal

·    Gulma dapat menjadi perantara bagi hama ataupun patogen virus, jamur, ataupun bakteri penyebab penyakit pada tanaman

·    Beberapa rumput liar bisa membahayakan kesehatan manusia karena memiliki tepung sari yang mampu menyebabkan alergi

·   Keberadaan rumput liar akan menyebabkan kenaikan ongkos usaha pertanian, termasuk tenaga maupun waktu

·  Gulma yang tumbuh di air bisa menyebabkan efisiensi sistem irigasi berkurang dan menyebabkan pemborosan air karena proses penguapan berlebih

Bisa dikatakan jika kerugian karena rumput liar ini jauh lebih berbahaya ketimbang serangan hama serta penyakit. Sebab dalam kurun waktu lama dampak kerugiannya cenderung akan sangat besar.

Kixor Herbisida Terbaik Cocok Petani Gunakan

herbisida kixor,petani,pestisida,tanaman liar,obat
Kixor Herbisida Terbaik Cocok Petani Gunakan

Agar ancaman gulma diatas bisa segera teratasi, petani tentu perlu mencari solusi tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Solusi tepat tersebut salah satunya adalah melakukan pengaplikasian herbisida unggul dalam dosis yang sesuai.

Sampai sekarang saja telah banyak beredar aneka produk herbisida unggul yang bisa petani manfaatkan. Nah, untuk itu LMGA AGRO akan mempermudah petani dalam memilih herbisida berkualitas terbaik.

LMGA AGRO punya rekomendasi herbisida unggul yang cocok petani gunakan. Produk herbisida yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan kali ini ialah Kixor 70 WG.

Kenapa LMGA AGRO merekomendasikan herbisida Kixor 70 WG ?? Tentu saja karena herbisida Kixor 70 WG telah terbukti kualitasnya.

Kixor 70 WG merupakan produk herbisida unggulan hasil produksi PT BASF Indonesia. Herbisida Kixor 70 WG bentuk formulasinya berupa butiran berwarna abu - abu berbahan aktif saflufenasil 70 %.

Produk herbisida produksi BASF ini sudah berijin resmi dari Kementerian Pertanian RI. Perijinan resmi herbisida Kixor tersebut tertuang lewat nomor pendaftaran RI. 01030120145078.

Dengan adanya nomor pendaftaran resmi dari Kementan tersebut, maka herbisida Kixor dapat beredar secara resmi.

Beberapa contoh kelebihan dari herbisida Kixor 70 WG yaitu :

·     Kixor herbisida mampu membantu kerja glisofat semakin cepat dalam mengendalikan gulma dari 7 hari sampai 3 hari

·       Kixor herbisida mampu memperluas spektrum pengendalian gulma baik daun lebar maupun beberapa daun sempit dari glisofat, glufosinat, serta parakuat

·        Herbisida Kixor mampu menghemat dosis glufosat hingga 25 %

·        Herbisida Kixor bermanfaat sebagai program anti resistensi gulma

Dengan berbagai macam kelebihan Kixor herbisisda tersebut, maka usaha petani saat menangani gulma akan menjadi makin lebih mudah. Selain itu, kualitas hasil produksi tanaman budidaya pun bisa selalu dalam kondisi bagus.

Cara Aplikasi Kixor 70 WG Herbisida Secara Tepat

Agar gulma bisa mati secara maksimal, maka Kixor herbisida harus diaplikasikan dengan cara dan dosis yang tepat. Jika cara dan dosis pengaplikasian Kixor tak sesuai, justru hasil panen dari budidaya tanaman menjadi tak bisa optimal.

Cara aplikasi beserta dosis pengaplikasian Kixor herbisida secara tepat yakni :

·     Jagung : untuk membasmi gulma Commelina banghalensis, Ipomoea sp., Stenochlaena sp., Ziziphus mauritiana, Rolandra fruticosa, Asystasia intrusa, Digitaria sanguinalis, dan Rottbelia sp.

Cara dan dosis pengaplikasian Kixor herbisida yakni dengan melakukan penyemprotan volume tinggi. Dosis / konsentrasi formulasinya yakni sebanyak 40 – 60 gram/ha. Aplikasi hanya dilakukan sebanyak 1 kali, yakni pada waktu 7 hari sebelum tanam.

·  Kelapa Sawit : untuk membasmi gulma Commelina banghalensis, Ipomoea sp., Stenochlaena sp., Ziziphus mauritiana, Rolandra fruticosa, Asystasia intrusi, Digitaria sanguinalis, dan Rottbelia sp.

Cara dan dosis pengaplikasian Kixor herbisida yakni dengan melakukan penyemprotan volume tinggi. Dosis / konsentrasi formulasinya yakni sebanyak 40 – 60 gram/ha. Aplikasi dilakukan ketika gulma telah mulai tumbuh (80 %) dari penutupan lahan.

Baca Juga : Sistem Penanaman Aquaponik

Jual Kixor Herbisida Terbaik Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,lmga agro,toko pertanian terdekat
Jual Kixor Herbisida Terbaik Harga Terjangkau

Bila pembaca tengah mencari Kixor sebagai herbisida unggul, LMGA AGRO ialah tempat paling tepat. LMGA AGRO jual Kixor herbisida terbaik kualitas unggul.

Kualitas Kixor herbisida yang LMGA AGRO jual sudah teruji memberikan hasil nyata kepada konsumen. Dengan begitu, maka konsumen tak usah ragu lagi bila ingin memakai produk herbisida Kixor 70 WG.

LMGA AGRO jual herbisida Kixor dalam kemasan sachet netto 15 gram dan botol 500 gram. Herbisida Kixor produk BASF yang LMGA AGRO jual terjamin asli dan menunjukkan bukti nyata.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO siap dalam mengirimkan pesanan herbisida Kixor terjamin sampai hingga ke alamat konsumen. Contoh mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan yaitu JNE, JNT, KI8, serta Pos Indonesia.

Dengan menggunakan jasa mitra pengiriman terpercaya, maka pesanan Kixor herbisida pasti terjamin hingga ke tujuan. So, tunggu apalagi sekarang ? Segera saja order herbisida Kixor 70 WG dari LMGA AGRO sebelum Anda tak kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema Kixor herbisida ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi Anda semua.

Bila masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Kixor Herbisida Unggulan Kualitas Terbaik ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Salam sukses selalu.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.