Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/02/2023

Read

Cabe Rawit Rawita F1 Produk Unggul Panah Merah - LMGA AGRO

cabe rawit rawita f1,cabe,cabe rawit,rawita,f1
Cabe Rawit Rawita F1

Cabe Rawit Rawita F1 Produk Unggul Panah Merah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang jual aneka macam kebutuhan pertanian lengkap harga terjangkau berkualitas unggul.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Kami telah lama berkecimpung di sektor pertanian dan mempunyai banyak konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia.

LMGA AGRO merupakan distributor, supplier, reseller, agen, dan distributor dengan reputasi terpercaya.

Kami berani memberikan jaminan bahwa pesanan produk pertanian yang dipesan dari LMGA AGRO terjamin sampai ke alamat tujuan.

Rawita F1 benih cabe rawit hibrida unggul berkualitas terbaik. Petani telah banyak memakai produk benih Rawita F1 ini untuk kegiatan bercocok tanam. Beli dan dapatkan segera benih cabai rawit Rawita F1 harga terjangkau di LMGA AGRO.

Cabai rawit. Siapa tak kenal mengenai tanaman satu ini ? Cabe rawit (Capsicum frutescens L.) ialah tumbuhan dari genus Capsicum yang buahnya tumbuh menjulang menghadap ke arah atas.

Buah tumbuhan ini ketika muda berukuran kecil dan berwarna hijau. Jika sudah matang, tekstur buahnya cenderung keras karena jumlah biji di dalamnya berjumlah sangat banyak.

Umumnya, buah cabe rawit akan mudah dijumpai ketika kita membeli kudapan, contohnya seperti gorengan. Di Indonesia sendiri, cabe rawit juga cukup populer sebagai bahan untuk bumbu masakan.

Masyarakat Indonesia sendiri cukup dikenal sebagai penggemar cita rasa pedas, sehingga cabe rawit punya hubungan cukup erat dengan masyarakat.

Meskipun ukuran buah cabai rawit lebih kecil ketimbang varietas lainnya, tetapi rasa buahnya justru lebih pedas daripada varietas lain. Tingkat kepedasannya sendiri yakni mencapai ± 50.000 – 100.000 SHU (Scoville Heat Unit).

Sejarah Cabe Rawit Dan Manfaat Mengkonsumsinya

Cabe rawit merupakan tanaman asli dari benua Amerika, tepatnya dari Amerika Selatan. Untuk penyebarannya sendiri dilakukan oleh sang penemu benua Amerika, yakni Christopher Columbus

Bersama dengan anak buahnya, Columbus mulai menyebarkannya ke Spanyol. Setelah itu, pedagang dari Spanyol dan Portugis mulai menyebarkan biji cabai serta masuk ke kawasan Asia yakni India pada tahun 1542 dan Indonesia di awal abad ke 16.

Cabe rawit ialah salah satu tanaman sayur yang cukup vital di Indonesia. Mengapa ? Karena banyak kalangan masyarakat bawah hingga atas yang perlu cabai untuk kebutuhan memasak sehari – hari.

Selain mampu menghasilkan cita rasa pedas pada makanan, cabe rawit juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Beberapa contoh manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi cabe rawit yaitu :

Menurunkan resiko terserang kanker

Kandungan capsaicin dalam cabai rawit punya banyak manfaat, salah satunya memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dengan begitu, maka penyakit kanker bisa dilawan.

Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan zat capsaicin dalam cabai rawit mampu memaksimalkan produksi cairan pencernaan, serta membantu proses pendistribusian enzim ke perut. Sehingga, sistem pencernaan tentunya jadi lebih lancar.

Meredakan nyeri

Zat capsaicin memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri bila langsung diaplikasikan ke kulit. Hal itu bisa terjadi karena zat capsaicin bisa mengurangi substansi P.

Substansi P ialah molekul protein kecil yang berfungsi sebagai pemberi sinyal rasa sakit ke otak. Bila jumlah substansi P yang dikirimkan ke otak sedikit, maka sinyal rasa sakit tak akan mampu mencapai ke otak.

Baca Juga : Katalog Benih Bunga Kol Serta Brokoli Lengkap

Peluang Bisnis Budidaya Cabe Rawit Rawita F1

rawita f1,peluang,bisnis,budidaya,budidaya cabe rawit
Peluang Bisnis Budidaya Cabe Rawit Rawita F1

Dengan berbagai manfaat yang dipunyai oleh cabai rawit, maka tentu peluang usaha budidaya cabe rawit mempunyai prospek menjanjikan. Selain untuk industri rumah tangga, aneka industri pangan juga menjadikannya sebagai bahan produksi.

Berbagai bumbu masakan sebagian besar memanfaatkan cabe rawit. Komoditi pertanian yang satu ini ialah bagian terpenting dari aneka macam masakan.

Rasanya pedas akan membuat selera makan bertambah, sehingga membuat makanan menjadi lebih nikmat ketika dikonsumsi.

Pada umumnya, masyarakat Indonesia menyukai masakan – masakan yang memiliki rasa pedas. Rasa pedas itu umumnya berasal dari penggunaan bahan berupa cabe rawit.

Beberapa contoh menu masakan bercita rasa pedas itu seperti soto, nasi pecel, siomay, soto, bakso, nasi goreng, dan lainnya.

Penyebaran dari produk – produk dari cabe rawit ini telah tersebar dimana – mana. Kita bisa memperolehnya di pasar, toko, hingga supermarket terdekat. Hal ini tentu memudahkan masyarakat sebagai konsumen untuk memperolehnya.

Tidak hanya industri pangan, sekarang bidang industri lain pun juga memanfaatkan cabe rawit sebagai bahan produksinya. Contohnya saja seperti bidang industri jamu serta obat – obatan.

Tentu pemanfaatan cabe rawit yang berbagai macam tentunya sangat menguntungkan. Terlebih, permintaannya juga akan meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuktikan bahwa peluang usaha budidaya cabe rawit berprospek menjanjikan.

Bila pemenuhan bahan komoditi cabe rawit tak terpenuhi, maka terpaksa perusahaan dalam dalam negeri akan mendatangkannya dari luar negeri.

Cabe rawit tergolong memiliki nilai jual tinggi. Pangsa pasarnya pun cukup luas serta terus mengalami kenaikan baik di dalam maupun luar negeri.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Rawit 

Dengan peluang bisnis yang terbilang menjanjikan, maka budidaya cabe tentunya bisa Anda tekuni. Namun, sebelum itu Anda perlu memenuhi syarat tumbuh tanaman cabe rawit. Jika syarat tumbuhnya terpenuhi, maka tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Cabe rawit bisa ditanam pada tanah gembur, memiliki bahan organik tinggi, serta pH netral (6 – 7) dan suhu 18 – 32° C. Kelembaban udara yang tepat untuk pertumbuhan cabai ini berkisar ± 60 – 80 %.

Jika tingkat kelembaban udara tinggi, maka bisa menyebabkan pemanfaatan unsur hara dalam tanah jadi tak seimbang. Unsur P bisa diserap, namun unsur N sulit diserap oleh akar tanaman sehingga mengganggu pertumbuhan cabai rawit.

Intensitas curah hujan yang cocok untuk pertumbuhan tanaman cabe rawit ialah 100 – 1200 mm/tahun. Tanaman cabe tak cocok dibudidayakan dengan curah hujan tinggi karena tanaman cabe rawit akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh bakteri atau jamur.

Tumbuhan cabe rawit perlu cahaya matahari yang cukup sebagai sumber energi untuk fotosintesis. Jika kekurangan cahaya matahari, maka tanaman terganggu proses pertumbuhannya (baik secara vegetatif maupun generatif.

Namun, jika cahaya matahari terlalu banyak maka bisa menyebabkan daun cabai rawit mengalami klorosis.

Ancaman Gangguan Budidaya Cabe Rawit 

Seringkali dalam pembudidayaan cabe rawit muncul gangguan yang membuat petani terhambat. Salah satu bentuk gangguan tersebut ialah gangguan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

Serangan OPT tentu merusak tanaman cabai dan merugikan untuk petani. Oleh karena itu, petani perlu mewaspadai serangan OPT supaya tak menyebabkan kerusakan terus – menerus.

Beberapa contoh opt yang perlu petani waspadai dalam budidaya cabe rawit yakni seperti :

Antraknosa

Antraknosa merupakan salah satu penyakit umum yang banyak terjadi dalam pembudidayaan cabai rawit.

Penyebab dari penyakit antraknosa yakni jamur dari genus Colletotrichum, yakni Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides.

Patogen ini bisa menginfeksi tanaman cabe dalam dalam seluruh tahap pertumbuhan tanaman, baik pada tanaman dewasa hingga pascapanen.

Mereka mampu bertahan hidup di sekitar serta juga dalam biji, sisa tanaman maupun inang alternatif. Selain itu, mereka mampu membuat lahirnya perkembangan baru pada transplantasi yang terinfeksi.

Cendawan mampu tumbuh subur dalam periode hangat serta basah, serta bisa menyebar lewat air hujan maupun irigasi. Infeksi pada buah bisa terjadi pada suhu 10° C sampai 30° C dengan suhu optimal 23 sampai 27° C.

Luka melingkar ataupun bersudut basah pada buah kemudian menjadi lunak serta juga sedikit cekung. Bagian tengah luka berwarna oranye / coklat kemudian berubah jadi berwarna hitam dengan jaringan sekitar berwarna terang.

Luka bisa menutupi sebagian besar permukaan buah. Cincin konsentris seringkali dijumpai pada bintik buah. Buah yang masih hijau bisa terinfeksi secara tersembunyi dan tak menunjukkan gejala apa – apa sampai matang.

Gejala pada daun juga batang ditandai dengan munculnya bintik kecil abu – abu kecoklatan dengan tepi berwarna coklat tua. Ketika akhir musim, buah yang sudah matang membusuk serta cabang mengalami mati pucuk.

Layu Bakteri

Layu bakteri terjadi karena infeksi bakteri bernama Pseudomonas solanacearum / Ralstonia solanacearum. Patogen bakteri ini memasuki tanaman lewat luka dalam sistem akar selama kemunculan akar lateral.

Peningkatan temperatur, tingginya kelembaban tanah serta udara, serta pH tanah alkali semakin mendukung penyakit layu bakteri berkembang.

Tanah berat yang mampu mempertahankan kelembaban tanah dalam waktu lama cenderung rentan terinfeksi.

Gejala penyakit layu bakteri terlihat dengan layunya daun termuda ketika siang hari dan sebagian akan kembali normal ketika malam hari.

Dalam kondisi menguntungkan, gejala kelayuan bisa mempengaruhi semua tanaman dan tetap permanen. Daun layu masih menempel pada daun serta warnanya tetap hijau.

Selain itu, akar serta bagian bawah batang memperlihatkan perubahan warna menjadi berwarna coklat gelap. Akar terinfeksi bisa membusuk karena infeksi dari bakteri sekunder.

Saat dipotong, batang bisa mengeluarkan sekresi putih sampai kekuningan layaknya seperti susu.

Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera dorsalis) merupakan salah satu serangga hama yang perlu petani waspadai. Warna tubuhnya bervariasi, namun sebagian besar berwarna coklat tua serta kuning.

Perkembangan dari telur sampai lalat dewasa dalam kondisi musim kemarau membutuhkan waktu selama 16 hari. Namun, periode waktu tersebut akan semakin lama jika kondisi cuaca sedang dingin.

Lalat buah betina mampu menghasilkan telur sebanyak 1200 hingga 1500 butir telur ke dalam buah matang selama masa hidupnya. Hal itu tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan cukup besar bila terus dibiarkan tak terkendali.

Sesudah memakan daging buah, larva dewasa akan muncul dari buah dan menjatuhkan diri ke tanah. Setelah itu, larva akan membentuk kepompong berwarna coklat sampai coklat tua.

Perlu waktu selama 9 hari untuk lalat buah dewasa untuk mencapai tingkat kematangan secara seksual. Pada buah matang, kerusakan umumnya terdiri atas rusaknya jaringan serta pembusukan internal yang terkait dengan infestasi belatung.

Sesudah oviposisi mungkin terdapat beberapa nekrosis di sekitar tanda sengatan (tusukan). Kerusakan secara mekanis pada buah – buahan (atau cara lainnya) membahayakan kekuatan kulit serta bisa mendukung oviposisi ke dalam daging buah.

Baca Juga : Pupuk MKP Untuk Pertumbuhan Tanaman

Cabe Rawit Rawita F1 Produk Unggul Dan Terbaik

panah merah,cap panah merah,eastwestseed,ewindo,east west seed
Benih Cabe Rawit Rawita F1 Produk Unggul Dan Terbaik

Tentu dengan ancaman – ancaman diatas maka perlu melakukan tindakan penanganan secara tepat. Ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya ialah dengan menggunakan benih cabe rawit tahan serangan opt.

Di pasaran sendiri, ada berbagai produk benih cabe rawit yang cocok petani gunakan. Nah, untuk mempermudah Anda LMGA AGRO akan membantu pembaca dalam memilih produk benih tahan serangan OPT.

Salah satu produk yang ingin LMGA AGRO rekomendasikan ialah benih cabe Rawita F1. Rawita F1 merupakan benih cabe rawit hibrida terbaru kualitas terbaik keluaran produsen PT East West Seed Indonesia bermerek dagang Cap Panah Merah.

Benih cabai Rawita F1 Cap Panah Merah sekarang mulai banyak dipakai petani dan menjadi trending, sehingga kabar mengenai produk Panah Merah ini makin banyak terdengar.

Mengapa produk Rawita F1 banyak dibicarakan oleh petani ? Karena benih cabe Rawita F1 Cap Panah Merah punya banyak karakteristik dan keunggulan yang membuatnya sangat digemari oleh petani.

Beberapa contoh karakteristik dan kelebihan dari benih cabai rawit Rawita F1 yakni seperti :

Rawita F1 cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi

Budidaya cabai rawit menggunakan benih Rawita F1 sudah tahan terhadap serangan hama thrips dan Aphid

Benih Rawita F1 toleran terhadap serangan penyakit antraknosa

Daya tumbuh Rawita F1 tergolong sangat tinggi, yakni mencapai ± 85 %

Tingkat kemurnian Rawita F1 sangat tinggi, yakni berkisar ± 99,5 %

Budidaya cabai Rawita F1 tergolong mudah, sehingga petani tak usah ragu untuk melakukan budidaya cabe rawit memakai benih ini

Buah cabe Rawita F1 bentuknya mengerucut tajam, panjang ± 4 cm, berdiameter ± 0,4 cm, dan beratnya berkisar ± 2,5 sampai 3 gram

Proses pembentukan buah cabai Rawita F1 tetap mudah walaupun cuaca tengah buruk

Buah cabai Rawita F1 tergolong lebat, sehingga sangat disukai petani dan mudah terjual ke pedagang

Proses pemanenan cabe Rawita F1 dapat dilakukan sesudah berumur ± 95 hingga 105 hari sesudah tanam

Potensi hasil panen cabai Rawita F1 tergolong tinggi, yakni mencapai ± 7 hingga 10 ton per ha

Produk benih cabe rawit Rawita F1 sudah berizin resmi lewat Kepmentan No. 120/Kpts/SR.120/D.2.7/4/2017 (CR 8873)

Dengan berbagai macam kelebihan – kelebihan tersebut, maka benih cabe rawit Rawita F1 telah terbukti kualitasnya. Jadi, tertarik menggunakan produk benih cabe Rawita F1 Cap Panah Merah ?

Baca Juga : Fungisida Trivia 73 WP Pestisida Berkualitas Terbaik

Jual Benih Cabe Rawit Rawita F1 Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat, lmga agro
Jual Benih Cabe Rawit Rawita F1 Murah

Bila pembaca tengah mencari produk benih cabe rawit Rawita F1, maka LMGA AGRO merupakan jawaban paling tepat. LMGA AGRO jual benih cabe rawit Rawita F1 berkualitas terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO juga punya tips dan trik dalam mengoptimalkan budidaya cabe rawit menggunakan benih Rawita F1. Dengan begitu, maka hasil budidaya cabe Rawita F1 bisa didapatkan secara maksimal.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO pun jual beraneka macam lainnya selain benih cabai Rawita F1. Kami jual produk pertanian lainnya, contohnya pestisida, zpt, pupuk, alat pertanian, dan lainnya.

Untuk mengirimkan pesanan benih cabe Rawita F1 Cap Panah Merah maupun produk lain, LMGA AGRO melakukan kerjasama dengan rekanan pengiriman terpercaya.

Beberapa contoh rekanan pengiriman LMGA AGRO yakni seperti Pos Indonesia, JNT, JNE, serta KI8. Nama – nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO sudah terbukti reputasinya, sehingga pesanan konsumen terjamin pasti sampai.

Ingin membeli produk benih cabe rawit Rawita F1 harga terjangkau ? Segera pesan produk benih cabe rawit Rawita F1 harga murah hanya di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Nah, itulah dia artikel bertema benih cabe rawit Rawita F1 ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat juga memberi banyak dampak positif untuk semua pembaca.

Jikalau masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Cabe Rawit Rawita F1 Produk Unggul Panah Merah ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai jumpa kembali dalam artikel – artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.