Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/05/2023

Read

Bibit Semangka Esteem Produk Unggul Berkualitas Terbaik - LMGA AGRO

Bibit Semangka Esteem,bibit,semangka,esteem,bisi,cap kapal terbang
Bibit Semangka Esteem

Bibit Semangka Esteem Produk Unggul Berkualitas Terbaik. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.
LMGA AGRO ialah toko pertanian online terdekat yang jual berbagai kebutuhan pertanian lengkap harga terjamin murah.

LMGA AGRO berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami ialah toko pertanian terpercaya yang memiliki konsumen di seluruh penjuru Indonesia.

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian Nasional sedari lama. Kami merupakan reseller, dropshipper, agen, supplier, dan distributor berbagai kebutuhan pertanian terlengkap.

Ingin merasakan sendiri kualitas produk pertanian yang LMGA AGRO sediakan ? Segera saja pesan produk pertanian dari LMGA AGRO dan buktikan sendiri kualitasnya !!

Bibit semangka Esteem bisa Anda beli melalui LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit semangka Esteem original produksi Bisi Cap Kapal Terbang. Dapatkan segera produk bibit semangka Esteem Cap Kapal Terbang harga murah di LMGA AGRO.

Semangka merupakan tanaman buah yang tergolong sebagai golongan hortikultura dan mudah dijumpai di Indonesia. Tumbuhan ini sendiri memiliki daerah sentra budidaya yang tersebar mulai ujung timur hingga ujung barat Indonesia.

Mendikai dan tembikai ialah nama sebutan lain bagi semangka. Berdasarkan catatan sejarahnya, tumbuhan ini sendiri sudah ada sejak jaman Mesir Kuno ribuan tahun lalu.

Hal tersebut tak mengagetkan karena buah semangka ialah buah yang sangat disukai oleh Fir’aun Mesir.

Petunjuk asal usul semangka sendiri mulai terkuak semenjak adanya petunjuk dari situs kompleks pemakaman Mesir Kuno. Lukisan dinding pada situs kompleks pemakaman itu memperlihatkan objek mirip seperti semangka.

Lalu, pada abad ke 19 fragmen daun mendikai ditemukan di samping mumi Fir’aun. Area pemakaman itu sendiri sudah berumur sekitar ± 3500 tahun.

Temuan itu menarik perhatian seorang Susanne Renner, ahli botani Jerman. Susanne Renner ialah seorang ahli botani dari University of Germany.

Dengan bantuan teman – temannya, Susanne menganalisa sampel fragmen daun tersebut. Fragmen daun semangka tersebut tersimpan baik dalam wadah yang terletak di samping mumi yang tak pernah dibuka sejak penemuan di tahun 1876.

Hasil penelitian dari sampel fragmen daun itu menunjukkan sekuens genom semangka. Walaupun masih belum, hal tersebut memberikan info terbaru tentang 2 gen yang mengungkapkan rasa dan rupa semangka.

Salah satunya merupakan gen pengendali produksi cucurbitacin, sebuah gen penyebab rasa pahit pada mendikai liar. Pada mendikai berumur 3500 tahun ini terjadi mutasi gen cucurbutacin.

Mutasi itu menyebabkan gen cucurbitacin menjadi nonaktif dan bisa menghasilkan daging buah dengan cita rasa manis.

Gen lainnya yang juga sangat penting ialah gen perubah pigmen merah likopen ke senyawa lain. Pada semangka ini gen perubah pigmen merah ini juga mengalami mutasi dan nonaktif.

Baca Juga : Starmyl Tanindo Fungisida Unggulan Petani

Peluang Agrobisnis Budidaya Semangka Inul

peluang,agrobisnis,budidaya,budidaya semangka,budidaya semangka inul
Peluang Agrobisnis Budidaya Semangka Inul

Hingga kini, budidaya semangka menjadi salah satu budidaya tanaman yang banyak petani manfaatkan. Salah satu jenis semangka berprospek baik yang cocok petani budidayakan adalah varietas inul.

Semangka inul merupakan nama yang diperkenalkan untuk jenis semangka berukuran kecil dengan bentuk lonjong. Tipe ini merupakan tipe hibrida dengan warna kulit buah berwarna hijau gelap. Sedangkan daging buahnya memiliki warna kuning serta merah dengan cita rasa yang manis.

Selama kurun waktu beberapa tahun terakhir banyak petani dari berbagai daerah mulai banyak membudidayakan semangka inul.

Mengapa ? Karena varietas ini memiliki berbagai kelebihan ketimbang tipe semangka lainnya. Tertarik untuk membudidayakannya ?

LMGA AGRO akan membagikan cara menanam semangka inul mulai awal hingga akhir secara berurutan. Lakukanlah dengan baik agar hasil produksi bisa menjadi lebih maksimal.

Cara budidaya semangka inul secara tepat mulai awal hingga akhir yaitu :

  • Persiapan Lahan Tanam

Pertama, siapkan lahan tanam yang sudah memenuhi syarat tumbuh semangka inul. Tumbuhan mendikai ini sangat cocok untuk dibudidayakan pada lahan tanam dengan ketinggian 0 hingga 500 mdpl.

Kondisi lahan tanam harus memiliki unsur hara tinggi, dekat dengan air, tekstur tanah gembur, dan memiliki pH 5,5 – 7,5. Selain itu, lahan tanam juga harus tersinari cahaya matahari secara langsung setiap hari selama ± 8 jam.

Pengolahan lahan tanam tersebut bertujuan agar kondisi tanah menjadi gembur dan unsur hara bisa tercampur seluruhnya sampai benar – benar merata.

Lakukanlah proses penggemburan tanah lahan tanam menggunakan cara dibajak ataupun dicangkul. Bajaklah atau cangkul tanah membentuk alur sedalam ± 20 sampai 30 centimeter.

Lalu, buatlah bedengan dari alur tersebut yang terbagi atas 1 pasang alur dengan jarak ± 2 meter. Selanjutnya, berikanlah jarak antar tiap pasangan bedengan untuk saluran drainase berkisar ± 30 cm.

Biarkan alur tersebut selama 3 hari matahari agar membunuh patogen jamur serta patogen bakteri dalam tanah. Berikutnya, bersihkanlah lahan tanam dari kotoran yang ada pada lahan tanam, contohnya sisa – sisa akar maupun kerikil.

Selanjutnya, aplikasikanlah pupuk dasar pada tanaman. Dengan pengaplikasian pupuk dasar, maka suplai nutrisi untuk tanaman dapat selalu terjaga.

Pupuk yang sesuai untuk pemupukan dasar bisa memanfaatkan pupuk organik maupun anorganik. Kemudian, selanjutnya periksa pH (tingkat keasaman) tanah.

Apabila pH tanah < 5,5, sifat tanah umumnya cenderung lebih masam. Untuk menetralkannya, aplikasikan kapur pertanian atau dolomite sesuai dosis.

Berikutnya, buatlah bedengan dengan ukuran tertentu diatas lahan tanam. Buatlah secara miring ke atas agar air tak meluap saat proses irigasi.

Agar gulma tidak tumbuh, tutupi bedengan menggunakan mulsa plastik perak pada permukaan bedengan.

  • Pembibitan

Pertama, rendam benih dalam air bersih selama 1 malam penuh. Lalu, buntal benih menggunakan kain basah hingga kecambah muncul (± 12 jam).

Untuk media semai, Anda bisa memanfaatkan tray semai supaya lebih praktis. Masukkan benih ke dalam tray semai, lalu ambil tanah secukupnya untuk menutupi benih.

Bibit akan mulai tumbuh dalam kurun waktu 2 hari. Selama kurun waktu itu, usahakan jangan membiarkan bibit terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah bibit berumur 5 – 7 hari, barulah bibit telah siap pindah tanam ke bedengan.

  • Penanaman

Sebelum mulai proses pemindahan bibit, buatlah lubang tanam pada bedengan terlebih dulu. Pakai alat pelubang mulsa untuk melubangi bedengan lahan tanam sedalam 10 centimeter dan berikan jarak sekitar ± 15 centimeter.

Berikutnya, larutkan insektisida, fungisida, dan juga NPK dalam air. Kemudian aplikasikan ke dalam setiap lubang tanam secara merata.

Lakukanlah proses pemindahan bibit saat sore hari. Sesudah pemindahan bibit pada lahan tanam sudah berhasil, jangan lupa juga untuk menyiraminya dengan air secukupnya.

  • Pemeliharaan

Proses perawatan atau pemeliharaan berguna untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman. Untuk itulah proses perawatan atau pemeliharaan harus dilakukan secara benar.

Contoh beberapa proses perawatan atau pemeliharaan dalam budidaya tembikai inul yakni seperti :

1. Penyulaman Bibit

Apabila ada bibit yang tumbuh abnormal atau justru mati, maka segera lakukan proses penyulaman bibit. Penyulaman bibit ini bisa Anda lakukan setelah 5 hari sesudah pindah tanam.

2. Penyiraman / Pengairan

Proses penyiraman ataupun pengairan punya peran vital dalam memenuhi kebutuhan air. Lakukanlah proses ini secara teratur dan berkelanjutan, yaitu yaitu sebanyak 2 kali (pagi serta sore hari).

3. Penyiangan Gulma

Apabila terdapat gulma pada lahan tanam, jangan lupa untuk melakukan proses penyiangan gulma. Gulma bisa mengambil nutrisi yang diberikan pada tanaman, sehingga sangat membuat petani merugi.

Selain itu, mereka pun juga dapat menjadi vektor penyebaran hama dan juga penyakit. Oleh karena itulah penting untuk teratur melakukan penyiangan gulma.

4. Pemupukan susulan

Proses pemupukan susulan bisa Anda lakukan saat berumur ± 7 hari setelah tanam. Pengaplikasian pupuk susulan selanjutnya bisa Anda lakukan dengan interval waktu ± 7 hari.

Aplikasikan pupuk NPK yang sudah dilarutkan dalam air. Dosisnya yakni air sebanyak 35 – 40 liter serta pupuk NPK 1 gelas.

Pada aplikasi pemupukan selanjutnya, tambahkan pula pupuk NPK menjadi sebanyak 2 – 3 gelas dengan diberikan interval waktu aplikasi sekitar 10 – 14 hari.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu

Serangan organisme pengganggu tanaman (opt) selalu mengakibatkan banyak kerugian untuk petani. Apabila mereka terus menyerang dan tidak segera dikendalikan, maka petani akan mengalami kerugian jauh lebih besar.

Oleh karena itu, mengenali opt pengganggu yang bisa menyerang mendikai inul pun menjadi sangat penting. Dengan begitu, maka upaya pencegahan serta pengendalian secara tepat bisa Anda jalankan.

Contoh beberapa organisme pengganggu yang harus diwaspadai dalam proses budidaya semangka inul yakni seperti :

1. Layu bakteri

Layu bakteri ialah penyakit yang terjadi karena infeksi patogen bakteri bernama Ralstonia solanacearum. Patogen bakteri ini mampu bertahan hidup lama dalam tanah, sisa – sisa tumbuhan, maupun inang alternatif.

Bakteri yang memiliki nama lain Pseudomonas solanacearum ini masuk ke dalam tanaman melalui luka dalam sistem akar lateral.

Peningkatan temperatur, kelembaban udara dan tanah yang tinggi, dan pH tanah alkali semakin mendukung penyakit berkembang.

Selama siang hari, daun termuda mulai mengalami gejala layu serta sebagian kembali normal saat suhu lingkungan cenderung lebih dingin.

Dalam kondisi menguntungkan, gejala kelayuan mampu mempengaruhi semua tanaman dan bisa bersifat permanen.

Daun yang layu warnanya tetap berwarna hijau dan tetap menempel pada bagian batang. Selain itu, baik akar maupun bagian bawah batang mengalami perubahan warna menjadi berwarna coklat gelap.

Akar yang telah terinfeksi dapat membusuk akibat infeksi dari bakteri sekunder. Ketika dipotong, batang dapat mengeluarkan kotoran dengan warna putih hingga kekuningan (mirip warna susu).

2. Thrips

Thrips ialah hama utama bagi berbagai jenis tanaman. Seekor thrips dewasa memiliki ukuran tubuh 1 mm dengan warna hitam, kuning pucat, sampai coklat.

Makin rendah suatu lingkungan, maka warna tubuh trips akan menjadi semakin gelap. Trips betina mempunyai 2 pasang sayap halus dan berumbai, sementara trips jantan tidak mempunyai sayap sama sekali.

Hama ini berkembang biak secara parthenogenesis, maksusnya ialah trips mampu menghasilkan telur tanpa perlu kawin terlebih dulu.

Telur yang dihasilkan jumlahnya mampu mencapai 80 hingga 120 butir telur. Imago hidup sampai berumur 20 hari. Siklus hidup hama trips umumnya berlangsung ± 3 minggu.

Pada daerah tropis, siklus hidup trips menjadi lebih cepat (7 – 12 hari). Hal itu menyebabkan dalam waktu 1 tahun hama serangga ini mampu mencapai 5 hingga 10 generasi.

Seekor trips dewasa mampu hidup sampai 20 hari. Telurnya oval serta diletakkan terpisah, baik pada permukaan bagian tanaman ataupun dalam jaringan tanaman.

Nimfa thrips memiliki warna kekuning – kuningan ataupun keputih – putihan. Penyebarannya dari 1 tempat ke tempat lainnya berlangsung secara cepat melalui media angin.

Pupa terbentuk setelah melewati beberapa instar nimfa. Pupa banyak dijumpai pada bagian daun maupun dalam tanah sekitar tanaman.

Serangan thrips dilakukan dengan cara menggaruk jaringan dedaunan serta menghisap cairan selnya, terutama pada dedaunan muda. Nimfa paling menggemari dedaunan muda maupun kuncup daun.

Gejala yang timbul yakni daun awalnya mempunyai noda berwarna putih mengkilat, lalu berubah kecoklatan dengan bintik berwarna hitam.

Biasanya serangan akan jadi lebih parah apabila hujan rintik – rintik disertai oleh suhu melebihi normal dengan tingkat kelembaban > 70 persen.

  • Pemanenan

Umumnya, masa panen budidaya semangka inul yakni ketika tanaman sudah berumur 50 hari. Tanda – tanda mendikai yang sudah matang yaitu terlihat dengan gagang mendikai yang mengering.

Setelah panen tumbuhan ini akan mati, karena semangka merupakan tumbuhan sekali panen.

Baca Juga : Bibit Cabe Rawit Kaliber Berkualitas Unggul Hasil Terjamin

Bibit Semangka Esteem Varietas Terbaik Cocok Petani Tanam

tanaman,tanaman semangka,esteem f1,f1,esteem cap kapal terbang
Bibit Semangka Esteem Varietas Terbaik Cocok Petani Tanam

Untuk membudidayakan mendikai inul, tentunya Anda membutuhkan bibit berkualitas unggulan. Bibit mendikai inul berkualitas unggul pun kini mudah sekali konsumen peroleh. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari kisaran puluhan ribu sampai ratusan ribu.

Salah satu bibit semangka inul berkualitas terbaik yang bisa menjadi pilihan utama ialah Esteem F1. Esteem F1 merupakan bibit semangka inul hibrida yang dikeluarkan oleh PT Bisi International, Tbk (Cap Kapal Terbang).

Bibit semangka Esteem punya banyak karakteristik unggul, sehingga bisa menjadi pilihan tepat. Contoh beberapa karakteristik unggul dari varietas bibit semangka Esteem F1 yakni seperti :

  1. Bibit semangka Esteem terbaru punya vigor yang kokoh dengan percabangan dan sama besar
  2. Daya tumbuh bibit semangka Esteem termasuk relatif tinggi, yaitu mencapai ± 85 %
  3. Tingkat kemurnian bibit semangka Esteem sangatlah tinggi, yakni mencapai ± 99,8 persen
  4. Varietas bibit semangka Esteem tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri, layu fusarium, dan toleran kekurangan kalsium
  5. Proses pembentukan buah semangka Esteem tetap mudah walaupun kondisi cuaca tengah buruk, sehingga pembudidayaannya menjadi lebih mudah
  6. Bentuk buah semangka inul Esteem memiliki bentuk lonjong, berdaging kuning dengan berat 3 kg, serta bisa dibuahkan hingga 4 buah per tanaman
  7. Buah semangka Esteem lebih tahan simpan serta pengangkutan jarak jauh
  8. Semangka Esteem sudah bisa panen saat sudah berumur ± 60 hari setelah pindah tanam
  9. Potensi hasil panen semangka Esteem sangat tinggi, yaitu berkisar ± 35 ton per ha
  10. Cara menanam semangka Esteem menjadi semakin mudah karena telah memiliki ketahanan terhadap hama penyakit
  11. Pohon semangka Esteem mampu menghasilkan hasil panen terbaik, sehingga permintaan pasar semakin bertambah
  12. Varietas bibit semangka Esteem menjadi produk bibit semangka unggulan yang banyak menjadi usaha mandiri bisnis bercocok tanam petani
  13. Bibit semangka Esteem bisa Anda beli secara online melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO 
  14. Bibit semangka Esteem sudah terdaftar legal di Kementerian Pertanian melalui Kepmentan No. 099/Kpts/SR.120/D.2.7/10/2013

Tentunya dengan berbagai macam karakteristik unggul dari bibit semangka Esteem menjadikannya sangat menguntungkan untuk petani. Tertarik untuk membudidayakan bibit semangka Esteem ??

Baca Juga : Katalog Benih Gambas & Paria Terlengkap Harga Terjangkau

Jual Bibit Semangka Esteem Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Semangka Esteem Harga Terjamin Murah

Apabila pembaca sedang mencari produk bibit semangka Esteem, LMGA AGRO ialah tempat paling pas. LMGA AGRO jual bibit semangka Esteem dengan kualitas terbaik.

Selain itu, LMGA AGRO mempunyai tips beserta trik dalam memaksimalkan budidaya mendikai inul Esteem. Dengan begitu, maka hasil budidaya tembikai inul Esteem bisa diperoleh secara lebih optimal.

Berbagai macam kelebihan dari bibit semangka Esteem tentu saja menjadikan bibit ini sangat cocok petani budidayakan. Jadi, tentunya kualitas dari Esteem F1 sudah tak usah lagi untuk Anda tanyakan.

Toko tani LMGA AGRO menjual bibit semangka Esteem Cap Kapal Terbang original produksi Bisi. Kami menjual bibit mendikai inul Esteem dalam kemasan sachet bernetto 20 gram.

Harga jual produk bibit semangka Esteem terjamin murah dengan kualitas unggul. Toko pertanian LMGA AGRO siap mengirimkan pesanan bibit semangka Esteem hingga sampai ke alamat tujuan.

Kami bekerja sama dengan mitra pengiriman terbaik, sehingga pesanan untuk konsumen pastinya akan sampai. Contoh beberapa nama mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti JNT, KI8, Pos Indonesia, serta JNE. Nama – nama mitra pengiriman tersebut tentunya sudah tak asing, bukan ??

So, segera saja order bibit semangka Esteem dari LMGA AGRO sebelum out of stock !! LMGA AGRO toko pertanian unggul jaminan kualitas terbaik !

Nah, itulah dia artikel bertema bibit semangka Esteem ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga bisa banyak memberikan manfaat juga berdampak positif untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Semangka Esteem Produk Unggul Berkualitas Terbaik ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel baru LMGA AGRO berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.