BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/12/2023

Read

Bibit Gambas Anggun Tavi Cocok Petani Budidayakan

Bibit Gambas Anggun Tavi,bibit,gambas,anggun tavi,anggun tavi f1,lmga agro
Bibit Gambas
Anggun Tavi

Bibit Gambas Anggun Tavi Cocok Petani Budidayakan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian terbaik harga terjamin murah.

LMGA AGRO merupakan toko tani berbasis online yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur. Kami ialah agen, reseller, distributor, serta supplier kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia

Kami telah lama berkecimpung di dunia pertanian serta mempunyai jaminan reputasi terpercaya. Konsumen di seluruh penjuru Indonesia pun juga telah toko pertanian online LMGA AGRO punyai.

Jadi, tentunya calon konsumen baru tidak usah ragu jika ingin membeli produk pertanian dari LMGA AGRO. So, tunggu apalagi ? Hubungi segera LMGA AGRO sekarang juga serta order kebutuhan pertanian Anda sebelum kehabisan !!

Bibit gambas Anggun Tavi sekarang sudah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual bibit gambas Anggun Tavi Cap Panah Merah original produksi Ewindo. Dapatkan segera bibit gambas Anggun Tavi Cap Panah Merah harga murah di toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Oyong, gambas, atau luffah merupakan tanaman sayur yang masih termasuk dalam keluarga suku labu – labuan / Cucurbitaceae.

Tanaman yang berasal dari India ini memiliki daya adaptasi sangat baik, sehingga kini dapat dijumpai di hampir semua tempat di dunia. Tumbuhan ini banyak dipergunakan bagian buahnya serta termasuk banyak dibudidayakan di Indonesia.

Selain dapat menambah pundi – pundi penghasilan, gambas pun juga bisa dikonsumsi sendiri. Cita rasanya pun cukup lezat serta mampu memberikan beraneka manfaat yang bagus untuk tubuh.

Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi gambas untuk tubuh yaitu :

  • Mencegah penyakit mata

Kandungan vitamin A dalam gambas mempunyai banyak manfaat, salah satunya bisa mencegah penyakit mata. Asupan vitamin A tersebut mampu mencegah mata dari degenerasi makula yang mampu menyebabkan kebutaan.

Penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute menunjukkan jika tubuh mengkonsumsi vitamin C, vitamin A, tembaga, seng, serta vitamin E memiliki resiko ± 25 % dari degenerasi makula selama ± 6 tahun.

  • Membantu proses penyembuhan luka

Kandungan vitamin C dalam gambas merupakan salah satu faktor penting dalam produksi protein untuk membangun kulit, otot, ligamen, serta pembuluh darah.

Gambas memiliki kandungan vitamin C sebanyak ± 10 mg, sehingga dengan mengkonsumsi gambas mampu membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

  • Mengatasi migrain

Kandungan zat magnesium pada gambas terbukti mampu meredakan sakit kepala sebelah / migrain. Hal itu dapat terjadi karena magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel – sel syaraf di dalam otak.

  • Menyehatkan kondisi kulit

Banyaknya kandungan vitamin C di dalam sayur gambas terbukti bisa menyehatkan kulit. Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin C bisa mencegah penuaan dini, mengurangi kulit kering, serta mencegah keriput.

Peluang Agribinis Budidaya Gambas

peluang,agribisnis,agrobisnis,budidaya,budidaya gambas,lmga agro
Peluang Agribinis Budidaya Gambas

Peluang agribisnis budidaya oyong memang terbilang sangat baik karena memiliki prospek menjanjikan. Prospek peluang bisnis ini akan menjanjikan apabila Anda jeli dalam memanfaatkan bisnis yang sudah ada. Terlebih lagi, harganya di pasaran pun terbilang sangat menguntungkan.

Agribisnis budidaya gambas ini bisa serta juga sangat sesuai dilakukan oleh semua orang. Asalkan memiliki minat dan kemauan tinggi untuk berhasil, maka Anda dapat menjalankan budidaya gambas secara mudah.

Untuk memulai usaha agrobisnis ini tak perlu modal terlalu besar dan lahan luas. Anda dapat memulainya dengan modal kecil dan lahan berukuran kecil.

Tentunya untuk melakukan budidaya oyong Anda membutuhkan berbagai peralatan unggul sebagai pendukung. Contoh beberapa peralatan pendukung tersebut yakni seperti timba, bibit, cangkul, gunting, golok, sabit, selang air, dan lainnya.

Dengan adanya berbagai peralatan penunjang tersebut, kegiatan budidaya gambas dapat berjalan semakin maksimal.

Lakukan pembudidayaan gambas secara baik dan benar sedari awal sampai akhir, yakni mulai dari pembibitan hingga proses pemanenan. Apabila budidaya gambas sudah selesai, maka Anda dapat memasarkan hasil panen ke berbagai tujuan.

Tujuan pemasaran hasil panen gambas bisa menyasar ke pasar, rumah makan, restoran, hotel, minimarket, dan juga supermaket.

Baca Juga : Cabai Ori 212 Harga Terjamin Terjangkau

Ancaman Gangguan OPT Tanaman Gambas

Seringkali saat menanam gambas terdapat ancaman yang bisa mengganggu proses pembudidayaannya. Apabila ancaman tersebut terus terjadi dan tak tertangani, maka hal tersebut bisa saja menyebabkan kerugian dalam jumlah besar.

Contoh beberapa ancaman gangguan yang harus petani waspadai saat membudidayakan oyong yakni seperti :

  • Antraknosa

Penyakit antraknosa atau patek terjadi karena infeksi cendawan / jamur Colletotrichum spp. Mereka bertahan hidup di tanah, berasosiasi dengan biji, atau pada sisa – sisa tanaman dan inang alternatif hingga 4 tahun.

Ada 2 cara penularan infeksi ke tanaman, yaitu infeksi secara primer dan sekunder. Infeksi secara primer terjadi ketika tanah ataupun benih yang mengandung spora menginfeksi bibit selama perkecambahan, serta tumbuh sistemik di dalam jaringan tanaman.

Dalam kasus lain, spora terciprat ke daun bagian bawah daun melalui percikan air hujan dan memulai infeksi dengan menyebar ke arah atas.

Sementara itu, infeksi sekunder bermula ketika spora dari dalam daun ataupun luka buah disebarkan oleh percikan air hujan, embun, maupun hama serangga vektor ke bagian atas tanaman atau tanaman lain.

Suhu dingin hingga hangat (optimal pada suhu 20 hingga 30° C), tanah ber pH tinggi, basah daun berkepanjangan, curah hujan tinggi, dan kanopi lebat mendukung perkembangan penyakit antraknosa.

  • Embun Tepung

Penyakit embun tepung terjadi karena infeksi cendawan bernama Oidium sp. Munculnya penyakit satu ini ditandai dengan adanya lapisan tepung berwarna putih pada bagian atas daun yang dapat menyebabkan malformasi daun atau mengering tetapi tidak rontok.

Biasanya fase kritis serangan terjadi ketika periode pertunasan dan daun muda yang sedang tumbuh. Hal tersebut menyebabkan buah muda yang terserang akan lebih mudah berguguran.

Serangan puncak pun biasanya terjadi saat musim hujan. Saat serangan mengenai buah, hal tersebut menyebabkan gejala burik kusam permanen pada bagian kulit, sehingga tentu saja akan membuat buah masuk ke dalam kategori rendah.

Serangan pada daun berusia 1 sampai 9 hari menyebabkan permukaan daun keriput, ujung daun mengering, dan akhirnya rontok.

Serangan berat menyebabkan tanaman menjadi gundul. Sementara itu, serangan pada daun berusia 10 sampai 15 hari ditandai dengan kemunculan bercak tembus cahaya atau transluscen. Selain itu, di bawah permukaan daun terdapat koloni bundar putih yang di dalamnya berisi spora.

  • Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) ialah bentuk larva dari ngengat berwarna coklat kelabu. Warna tubuhnya berwarna hijau muda yang tidak berambut menyebar secara cepat dan mulai memakan dedaunan.

Larva berumur lebih tua mempunyai warna hijau tua hingga coklat dengan bintik berwarna gelap di panggul dan perut yang berwarna agak lebih jernih.

2 pita kuning memanjang membentang di sepanjang sisi tubuhnya, diselingi oleh bintik berbentuk segitiga berwarna hitam. Pita berwarna oranye terlihat pada bagian punggung diantara titik – titik tersebut.

Larva makan saat malam hari dan berlindung di dalam tanah ketika siang hari. Larva dan ngengat dewasa berkembang secara pesat pada suhu berkisar ± 15 sampai 35° C dengan suhu optimal sekitar 25° C.

Larva yang baru menetas akan memakan daun, mengikis jaringan daun, dan benar – benar menyebabkan kerusakan pada tanaman. Sementara itu, larva berusia lebih tua tersebar dan memakan dedaunan secara rakus saat malam hari.

Ketika siang hari, mereka biasanya bersembunyi di sekitar bagian pangkal tanaman. Karena meluasnya bekas gigitan, maka hanya akan menyisakan bagian tangkai dan cabang.

Bibit Gambas Anggun Tavi Produk Unggul Cocok Petani Tanam

benih,oyong,hibrida,f1,panah merah,cap panah merah,lmga agro
Bibit Gambas Anggun Tavi Produk Unggul Cocok Petani Tanam

Dengan ancaman – ancaman gangguan diatas, maka petani benar – benar perlu mewaspadainya. Selain itu, petani pun juga perlu mengantisipasi serta mengendalikan ancaman serangan hama dan penyakit.

Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan adalah menggunakan bibit gambas berkualitas terbaik. Dengan memanfaatkan bibit berkualitas terbaik, maka ancaman – ancaman gangguan tersebut dapat meminimalisir dan hasil panen pun menjadi lebih maksimal.

Di pasaran sendiri ada salah satu produk bibit gambas berkualitas terbaik yang cocok petani pergunakan. Produk tersebut adalah Anggun Tavi F1.

Anggun Tavi F1 merupakan produk bibit gambas hibrida hasil produksi PT Eatwestseed Indonesia (Cap Panah Merah). Bibit gambas Anggun Tavi sangat cocok petani manfaatkan karena kualitasnya telah teruji.

Produk bibit Anggun Tavi memiliki banyak keunggulan untuk petani. Contoh kelebihan tersebut yatu seperti memiliki daya adaptasi sangat bagus serta potensi hasil panen Anggun Tavi termasuk cukup besar.

Dengan beraneka keunggulan – keunggulan – keunggulan tersebut, tentunya pedagang gambas akan sangat senang karena hal tersebut. Tertarik ingin membeli produk Anggun Tavi Cap Panah Merah ?

Tidak perlu khawatir lagi. LMGA AGRO menjual bibit unggul Anggun Tavi F1 original produksi Panah Merah. Kami jual bibit unggul Anggun Tavi dalam kemasan sachet berisikan 75 butir. Segera order produknya lalu buktikan sendiri kualitasnya.

Baca Juga : Pegasus Obat Cabe Terbaik Untuk Petani

Budidaya Anggun Tavi Secara Tepat

Apabila Anda tertarik melakukan budidaya gambas Anggun Tavi, maka toko pertanian terdekat LMGA AGRO siap untuk membantu. Kami akan memberikan panduan dalam membudidayakan gambas Anggun Tavi secara tepat mulai awal hingga akhir.

Tahapan budidaya gambas Anggun Tavi secara tepat mulai awal sampai akhir yaitu :

  • Persiapan & Penyemaian Benih

Pertama, rendamlah benih Anggun Tavi sebelum mulai Anda semai. Rendam dalam air selama ± 6 sampai 8 jam sebelum dikeringkan serta siap dipergunakan. 

Benih Anggun Tavi dapat disemai pada lahan tanam dengan menggunakan para – para (lanjaran) atau teralis sebagai jalur merambatnya.

Apabila rambatan belum siap dan persediaan benih terbatas, maka benih dapat disemai terlebih dulu dengan menggunakan kantong plastik hitam berdiameter ± 5 cm yang diisi sebanyak 2 benih per kantung.

  • Persiapan Lahan Tanam

Agar produksi tanaman oyong Anggun Tavi dapat lebih maksimal, maka sebaiknya Anda membersihkan lahan tanam terlebih dulu. 

Persiapkan dengan cara yang tepat agar membantu pertumbuhan oyong Anggun Tavi dengan sempurna, sehingga bisa menghasilkan buah yang lebat.

Bersihkan lahan tanam dari kotoran seperti gulma, sampah anorganik, batu – batuan, dan lainnya. Sesudah itu, gemburkan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul.

Berikutnya, buatlah bedengan dengan tinggi ± 20 cm, lebar ± 80 – 100 cm, serta panjang bedengan menyesuaikan kondisi lahan tanam. Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 2,5 meter.

Apabila menggunakan sistem lubang tanam, buatlah ukuran lubang tanam sebesar 200 cm x 60 cm atau 200 cm x 100 cm, kemudian tebarkan pupuk. Pupuk yang dipergunakan saat pengolahan lahan tanam dapat memanfaatkan pupuk organik atau anorganik.

  • Penanaman

Langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Sebaiknya, bedengan atau media tanam ditutupi oleh mulsa plastik. Tujuannya agar menghambat gulma serta menjaga kelembaban tanah tetap stabil saat musim hujan.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan jarak 70 sampai 80 cm. Jika budidaya oyong Anggun Tavi dilakukan saat musim hujan, jarak antar tanaman sebaiknya sekitar ± 80 cm.

Benih atau bibit yang akan ditanam sebaiknya dikecambahkan terlebih dulu agar tanaman oyong dapat tumbuh secara bersamaan. Caranya yaitu dengan meretakkan kulit benih atau bibit pada bagian tunas tumbuh.

Berikutnya, tanamlah 1 benih atau bibit Anggun Tavi untuk setiap 1 lubang tanam. Benih Anggun Tavi yang ditanam perlu Anda posisikan dengan tunas atau calon akar menghadap ke arah bawah. Tutupilah dengan tanah tipis – tipis, lalu sirami sampai basah jika tanah dalam kondisi kering.

  • Pemeliharaan

Proses pemeliharaan atau perawatan harus dilakukan secara rutin serta berkelanjutan. Kenapa ? Karena apabila tanaman gambas Anggun Tavi tidak terpelihara maka tentunya tanaman oyong Anggun Tavi tidak bisa tumbuh secara sempurna.

Dalam proses perawatan sendiri terbagi menjadi beberapa proses lagi. Beberapa contohnya yaitu seperti :

1. Pemasangan Para – Para / Lanjaran

Lanjaran perlu segera dipasang setelah proses penanaman benih Anggun Tavi selesai. Tanaman oyong Anggun Tavi membutuhkan banyak lanjaran / para – para, sehingga nantinya cabang atau tunas tidak tumpang tindih.

Untuk membuat lanjaran, persiapkan kayu / bambu, tali rafia, dan benang obras. Lanjaran yang letaknya di ujung bedengan perlu diberikan penopang agar lebih kuat.

Pasanglah tali rafia sebanyak 3 baris, yaitu di atas, tengah, serta bawah. Bagian atas tiang lanjaran juga harus dipasangkan kayu secara melintang.

Pasangkan juga benang obras pada tali tersebut secara zig zag. Pasangkan tali rafia di bagian atas lanjaran, sebanyak 1 baris atau 2 baris saja.

Lalu, pasangkan benang pula secara zig zag. Terakhir, rambatkan tanaman gambas pada lanjaran yang telah dibuat sebelumnya. 

2. Penyulaman

Setelah tanaman gambas atau oyong Anggun Tavi F1 berusia 1 minggu setelah tanam, jangan lupa untuk mengecek kondisi tanaman. Jika terdapat tanaman mati atau tidak tumbuh dengan baik, maka segera gantikan dengan bibit baru.

3. Penyiraman

Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan tanaman oyong Anggun Tavi agar tidak kekurangan air atau mengering. Jika gambas Anggun Tavi kekurangan air, bunga dan buah gambas Anggun Tavi dapat rontok ketika mereka tumbuh memiliki bentuk buah tidak normal.

4. Penyiangan Gulma

Lakukanlah proses penyiangan gulma atau tanaman pengganggu lainnya di sekitar tanaman oyong atau gambas Anggun Tavi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perebutan nutrisi oleh gulma.

  • Pemanenan

Proses pemanenan oyong atau gambas menggunakan bibit Anggun Tavi dapat dilakukan sampai berulang – ulang. Masa panen pertama yaitu setelah tanaman gambas atau oyong Anggun Tavi berusia 40 sampai 70 hari setelah tanam.

Produksi oyong per tanaman dari bibit Cap Panah Merah ini dapat mencapai sekitar 15 sampai 20 buah dan 8 sampai 12 ton per hektar.

Waktu pemanenan paling ideal untuk budidaya gambas atau oyong Anggun Tavi yaitu saat pagi ataupun sore hari agar tidak mudah rusak.

Saat pengangkutan maka lakukan pengemasan dengan menggunakan keranjang bambu yang mempunyai ventilasi udara cukup.

Baca Juga : Katalog Bibit Terong Terlengkap Kualitas Unggulan

Jual Bibit Gambas Anggun Tavi Harga Terjamin Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Gambas Anggun Tavi Harga Terjamin Murah

Jika Anda sedang mencari produk bibit gambas Anggun Tavi berkualitas unggul, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO jual produk bibit oyong Anggun Tavi berkualitas terbaik.

Bibit gambas Anggun Tavi yang LMGA AGRO jual sudah teruji kualitasnya, sehingga petani tidak perlu ragu dengan kualitas bibit produk Panah Merah ini.

Produk bibit gambas Anggun Tavi Cap Panah Merah sudah lama beredar, sehingga hasilnya tentu saja terjamin menjanjikan.

LMGA AGRO jual berbagai macam bibit gambas Anggun Tavi produksi Panah Merah dengan jaminan reputasi terpercaya. Harga bibit ini pun tergolong terjangkau dengan netto serta kemasan bervariasi.

Kami siap mengirimkan pesanan produk bibit gambas unggul ke konsumen serta berani menjamin pesanan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Jaminan tersebut berani kami berikan karena LMGA AGRO bekerja sama dengan mitra pengiriman bereputasi terpercaya. Contoh beberapa mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti JNE, Pos Indonesia, serta J&T.

Nama – nama mitra pengiriman LMGA AGRO sudah teruji kualitasnya, sehingga pesanan bibit gambas Anggun Tavi maupun produk pertanian lainnya terjamin pasti sampai.

Jadi, tunggu apalagi ? Hubungi segera LMGA AGRO serta order produk bibit gambas Anggun Tavi Cap Panah Merah harga murah kualitas unggulan hanya dari LMGA AGRO.

Nah, itulah dia artikel bertema bibit gambas Anggun Tavi ini kami tulis juga sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kali ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Gambas Anggun Tavi Cocok Petani Budidayakan ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.