BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

16/01/2024

Read

Benih Blewah Terbaik Potensi Hasil Terjamin Menguntungkan

Benih Blewah Terbaik,benih,blewah,terbaik,benih blewah,lmga agro
Benih Blewah
Terbaik

Benih Blewah Terbaik Potensi Hasil Terjamin Menguntungkan. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO.

LMGA AGRO ialah toko pertanian yang jual beraneka kebutuhan pertanian online yang jual beraneka kebutuhan pertanian online terbaik namun harga terjamin murah.

Toko pertanian LMGA AGRO merupakan toko pertanian online yang berlokasi di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami ialah distributor, agen, reseller, serta supplier yang mempunyai pelanggan di seluruh Indonesia.

Kami berani memberikan jaminan pesanan produk yang konsumen beli pastinya akan sampai ke alamat tujuan. So, tidak perlu ragu untuk membeli produk pertanian unggulan dari LMGA AGRO. Order segera dan buktikan kualitas produk pertanian tersebut dengan membelinya dari LMGA AGRO.

Benih blewah terbaik kini telah tersedia di LMGA AGRO. LMGA AGRO jual benih blewah terbaik dari banyak produsen dengan jaminan kualitas original. Segera dapatkan berbagai produk benih blewah terbaik hanya dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Blewah sangatlah baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain memiliki buah berukuran besar, tanaman ini buahnya juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan catatan sejarah, buah blewah diperkirakan asli berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan ini berbentuk semak dan tumbuh secara merambat.

Panjangnya berkisar ± 5 hingga 10 meter dengan sistem perakaran serabut serta mata tunasnya banyak. Sementara, untuk bagian batang berbentuk bulat dengan tekstur lentur dan terdapat bulu – bulu halus.

Buah blewah dari Asia Tenggara ini daging buahnya tebal, baunya wangi, dan memiliki rasa manis. Daging buahnya sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap es buah maupun minuman penyegar saat sedang berbuka puasa.

Selain banyak orang menyebut blewah sebagai garbis, blewah seringkali disebut pula sebagai semangka Belanda. Padahal, buah ini tidak memiliki kemiripan sama sekali dengan buah semangka. Sangat aneh sekali, bukan ?

Manfaat Mengkonsumsi Buah Blewah Untuk Tubuh

Buah garbis memiliki beraneka nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Rasanya yang unik dan juga menyegarkan tentunya akan semakin diminati oleh banyak orang. Contoh beberapa manfaat mengkonsumsi buah blewah untuk kesehatan tubuh yaitu seperti :

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan air dan vitamin C dalam buah garbis mampu membantu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal Anda. Dengan begitu, maka fungsi ginjal tidak akan terganggu serta kondisinya akan selalu fit.

  • Menyehatkan tulang

Salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam garbis adalah vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah bisa meningkatkan kekuatan tulang. Dengan begitu, maka resiko tubuh terkena penyakit osteoporosis bisa menjadi jauh lebih berkurang.

  • Mencegah dehidrasi

Garbis mengandung kandungan air dalam jumlah besar. Kandungan air ini mampu mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air, sehingga tubuh pun dapat terhindar dari dehidrasi.

  • Mengatasi insomnia

Garbis memiliki sifat sedatif yang sangat berguna untuk penderita insomnia. Sifat sedatif ini terbukti mampu membuat tubuh menjadi pulas setelah mengkonsumsi buah ini.

Baca Juga : Jual Beraneka Macam Produk Fungisida Cabai Musim Hujan

Cara Menanam Blewah Secara Tepat

cara menanam,budidaya,budidaya blewah,garbis,petani,lmga agro
Cara Menanam Blewah Secara Tepat

Apabila tertarik memanfaatkan peluang agribisnis ini, maka pembaca berada di tempat yang pas. Menanam blewah dengan potensi hasil panen besar ? Kenapa tidak ? LMGA AGRO akan memberikan kiat – kiat cara budidaya garbis dengan potensi hasil panen yang tinggi.

Namun, ada beberapa syarat tumbuh yang harus terpenuhi dulu sebelum melakukan budidaya garbis. Syarat tumbuh dalam budidaya blewah yang harus dipenuhi lebih dulu yaitu seperti :

  • Pemilihan Lahan Tanam

Secara umum, tanaman blewah bisa dibudidayakan pada lahan tanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Hal itu bisa terjadi karena tanaman ini memiliki tingkat adaptasi sangat bagus terhadap lingkungan dan cuaca.

Selain itu, tingkat keasaman tanah juga dapat ikut terpengaruh. Tingkat keasaman tanah paling sesuai untuk budidaya garbis yaitu sekitar ± 6 hingga 7.

  • Ketersediaan Unsur Hara

Tanaman garbis bisa dibudidayakan di berbagai tempat, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Namun, yang menjadi catatan yaitu asalkan lahan tanamnya memiliki ketersediaan unsur hara yang baik.

  • Cahaya Matahari

Tanaman blewah membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Lahan tanam yang tidak membutuhkan sinar matahari cukup akan membuat pertumbuhan tanaman garbis menjadi tidak maksimal.

Setelah syarat tumbuh blewah telah terpenuhi semua, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan budidaya tanaman garbis secara baik juga benar. Dengan melakukan budidaya garbis secara baik dan benar, maka tanaman garbis akan menghasilkan hasil panen berkualitas tinggi dan terbaik.

Tahapan budidaya blewah secara baik dan benar yaitu seperti :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Tahap pertama, lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dahulu. Pengolahan lahan tanam akan semakin membuat tanaman tumbuh dengan baik meskipun struktur tanah keras atau padat.

Pertama, bersihkan lahan tanam dari kerikil, sisa – sisa tanaman, dan sebagainya. Berikutnya, bajak atau cangkul tanah sampai kondisi tanah menjadi benar – benar gembur.

Gulma yang telah dibersihkan nantinya dapat dimanfaatkan kembali sebagai pupuk kompos. Buat bedengan diatas lahan tanam dengan ukuran lebar ± 40 cm, tinggi ± 60 – 80 cm, serta panjang menyesuaikan lahan tanam. Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 2 sampai 3 meter sebagai tempat menjalar untuk batang garbis.

Apabila pembuatan bedengan telah selesai, maka selanjutnya lakukan pengaplikasian pupuk dasar pada bedengan. Namun, sebelum itu berikan kapur pertanian / dolomit jika tingkat keasaman tanah masih belum sesuai.

Selanjutnya, aplikasikan pupuk kompos / kandang, NPK, ZA, TSP, KCL, dan SP – 36. Biarkan bedengan agar terkena air hujan, lalu aplikasikan pupuk NPK.

Dosis pengaplikasiannya yaitu sebesar ± 250 gram untuk setiap lubang tanam. Aplikasikan pupuk kandang juga dengan dosis sebanyak ± 1 kg untuk setiap lubang tanam.

Tutupilah bedengan dengan menggunakan mulsa plastik secara menyeluruh. Hal itu bertujuan untuk mencegah pertumbuhan gulma serta mengoptimalkan pertumbuhan tanaman garbis.

Kemudian, buatlah lubang tanam pada tanaman dengan kedalaman berkisar ± 5 centimeter. Berikan pula jarak antar setiap lubang tanam sekitar ± 60 sampai 70 centimeter.

Setelah lubang tanam selesai dibuat, maka proses penanaman bibit sudah siap dilakukan. Proses pemindahan bibit telah bisa dilakukan setelah 10 sampai 15 hari setelah pengaplikasian pupuk dasar.

  • Penyemaian Bibit

Rendamlah benih blewah terlebih dulu dalam air bersih dengan suhu kamar sekitar ± 20 sampai 26° C selama 12 jam. Sesudah 12 jam, cek kembali kondisi benih tersebut.

Apabila terdapat benih yang mengapung, segera buang benih tersebut. Benih yang mengapung tersebut mempunyai kualitas yang tergolong kurang baik, sehingga jika ditanam tidak akan baik hasilnya.

Sesudah itu, ambillah benih yang tersisa dan saring juga cuci dengan menggunakan air bersih. Berikutnya, tiriskan di tempat terbuka dengan udara terbuka sampai kondisinya menjadi kering.

Persiapkan wadah semai benih berupa tray semai, lalu buatkan lubang pada bagian bawah tray semai sebagai tempat sirkulasi air.

Isilah tray semai dengan media semai dari beberapa lahan. Bahan itu berupa campuran antara tanah, pupuk kompos, dan pasir (menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1) sebanyak ¾ bagian tray semai sehari sebelum penyemaian benih dilakukan.

Masukkan benih ke dalam media semai sedalam ± 1 hingga 1,2 centimeter, lalu semprotkan air dengan menggunakan spray. Lalu, tutupi tray semai dengan plastik bening dan lubangi sebanyak 4 hingga 8 lubang.

Letakkan tray semai di tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Apabila dirasa media semai terlihat kering, bukalah tray semai lalu semprot dengan memakai spray. Tutupilah kembali jika sudah selesai.

Saat mulai muncul kecambah, bukalah tutup plastik media semai. Jaga selalu kondisi media semai agar tidak terlalu kering maupun terlalu basah.

Jika kecambah telah memiliki 4 sampai 7 helaian daun, maka bibit / kecambah telah siap untuk Anda pindahkan ke lahan tanam.

  • Penanaman

Bibit yang sudah memiliki 4 sampai 7 helaian daun, masukkan bibit segera ke dalam lubang tanam. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara hati – hati, lalu tutupi dengan tanah sekitarnya.

Agar tingkat kelembaban tanaman bisa selalu terjaga, selalu siramilah dengan air secukupnya. Lakukanlah proses penanaman saat sore hari supaya terhindar dari terik sinar matahari.

  • Perawatan

Untuk bisa mendapatkan hasil budidaya garbis terbaik, maka perlu melakukan proses perawatan menjadi sebuah hal wajib. Dengan melakukan perawatan secara tepat, maka blewah dapat menghasilkan hasil panen berkualitas terbaik.

Contoh beberapa proses perawatan yang harus dilakukan dalam pembudidayaan yakni seperti :

1. Penyiraman

Anda harus melakukan proses penyiraman secara rutin. Apabila tidak, maka tanaman akan mengalami kekeringan karena tidak tercukupinya kebutuhan air yang diperlukan.

Lakukanlah proses penyiraman sebanyak 2 kali sehari saat musim kemarau. Saat musim hujan, tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering karena kebutuhan airnya telah tercukupi oleh air hujan.

2. Penyulaman Bibit

Jika ada bibit mati ataupun tumbuh secara tidak sempurna, maka segera lakukan proses penyulaman bibit. Lakukanlah penyulaman bibit sampai bibit berumur sekitar ± 21 hari setelah tanam (hst).

3. Penyiangan Gulma

Siangilah gulma secara rutin agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman blewah. Selain itu, garbis juga tergolong lebih mudah dalam menyerap nutrisi karena tidak mengalami persaingan dengan gulma.

4. Pemupukan Susulan

Aplikasikan pupuk susulan pada tumbuhan garbis. Pengaplikasian pupuk susulan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara dan menghasilkan hasil panen berjumlah besar.

Aplikasikan pupuk susulan dengan cara dikocorkan ataupun ditaburkan pada tanaman. Gunakan pupuk ZA, KCL, SP – 36, TSP, dan NPK. Aplikasikan dalam dosis rendah saat tanaman sudah berumur ± 15 hari setelah tanam (hst).

  • Pengendalian OPT

Kerusakan karena serangan opt selalu mengakibatkan kerugian pada petani. Oleh karena itu, melakukan pengendalian opt menjadi salah satu cara tepat dalam mengatasi hal tersebut.

Dalam melakukan budidaya tanaman blewah, ada beberapa opt yang dapat menjadi ancaman serius apabila tidak segera tertangani. Contoh beberapa opt pengganggu dalam budidaya tanaman garbis contohnya seperti :

1. Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) biasanya bersembunyi di dalam tanah dan dibalik mulsa. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada tumbuhan inang biasanya terjadi di bagian akar serta pangkal batang tanaman.

Ketika siang hari, mereka bersembunyi dalam mulsa dan tanah, lalu akan mulai aktif saat malam hari untuk menyerang tanaman.

Gejala serangan hama ulat tanah ada beberapa. Gejala tersebut contohnya seperti terlihat lubang kecil tak beraturan pada daun, batang menjadi terpotong, dan lama – lama tumbuhan akan mati.

Untuk mengendalikan serangan hama ulat tanah, caranya yaitu dengan melakukan penyiangan gulma, mengambil dan memusnahkan ulat tanah secara langsung, serta melakukan pengaplikasian insektisida dalam dosis yang tepat.

2. Rebah Kecambah

Infeksi jamur Phytium spp. merupakan penyebab terjadinya penyakit rebah kecambah. Penyakit rebah kecambah menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bagi pertumbuhan maupun perkembangan tanaman.

Selain menyebabkan kerusakan pada tanaman blewah, penyakit rebah kecambah juga mampu menyebabkan kerusakan pada tanaman lainnya. Tanaman tersebut contohnya seperti mentimun, buncis, jagung, jahe, mangga, kubis, dan sebagainya.

Cendawan Phytium spp. mampu bertahan hidup selama beberapa tahun pada sisa – sisa tumbuhan atau permukaan tanah. Patogen cendawan ini bisa tumbuh subur pada daerah berkondisi lembab dengan jarak tanaman yang cukup dekat ataupun padat.

Penyebaran spora dapat melalui beraneka macam media seperti peralatan kerja yang telah terkontaminasi lumpur pada sepatu atau pakaian kerja.

Gejala serangan penyakit rebah kecambah pada blewah yaitu benih menjadi busuk, pangkal batang membusuk, bibit terlihat kuning dan mulai layu, serta muncul pada cendawan putih ataupun abu – abu pada tanaman mati atau permukaan tanah.

Cara mengendalikan penyakit rebah kecambah yaitu membuang dan memusnahkan tumbuhan yang terinfeksi, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan pengaplikasian fungisida dalam dosis yang sesuai.

  • Pemanenan

Proses pemanenan biasanya sudah dapat dilakukan saat garbis sudah berumur ± 50 hari. Dalam sekali masa tanam, proses pemanenan buah blewah ini dapat dilakukan hingga 2 kali.

Baca Juga : Katalog Bibit Pepaya Terlengkap Kualitas Terjamin

Benih Blewah Terbaik Cocok Petani Budidayakan

bibit,bibit garbis,unggul,unggulan,indonesia,lmga agro
Benih Blewah Terbaik Cocok Petani Budidayakan

Untuk mendapatkan hasil panen berkualitas terbaik, maka Anda harus menggunakan benih ataupun bibit dengan kualitas terbaik. Dengan memanfaatkan benih berkualitas terbaik, maka nantinya hasil panen akan terjamin sempurna.

Di pasaran Indonesia sendiri telah banyak beredar benih blewah terbaik. Untuk memudahkan memperoleh benih blewah terbaik, maka LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi produk benih garbis berkualitas terbaik.

Contoh beberapa benih blewah terbaik rekomendasi LMGA AGRO yaitu seperti :

  • Bisma

Bisma ialah benih blewah terbaik hasil produksi PT Bisi International, Tbk. Garbis Bisma merupakan produk unggulan Cap Kapal Terbang dan terjamin memiliki kualitas terbaik dengan beraneka keunggulan yang dimiliki di kelasnya.

Beberapa karakteristik dan keunggulan yang dimiliki oleh benih blewah Bisma yakni seperti :

  1. Bisma sangat cocok dan direkomendasikan dibudidayakan di daerah dataran rendah saat musim kemarau.
  2. Jual benih blewah terbaik Bisma bisa Anda dapatkan secara praktis & mudah melalui toko pertanian terdekat LMGA AGRO.
  3. Benih blewah terbaik Bisma penanamannya lebih aman karena sudah tahan serangan hama penyakit.
  4. Kulit buah blewah terbaik Bisma berwarna kuning muda dengan bercak berwarna hijau keabu – abuan.
  5. Buah blewah terbaik Bisma berbentuk oval dengan daging buah berwarna orange.
  6. Tanaman buah blewah terbaik Bisma mampu menghasilkan 4 buah per tanaman dengan berat masing – masing ± 4 kg.
  7. Rasa blewah terbaik Bisma cukup manis karena mempunyai kadar gula mencapai ± 13 % (Brix).
  8. Cara menanam blewah Bisma Cap Kapal Terbang tergolong mudah serta mampu dilakukan oleh petani hortikultura.
  9. Garbis Bisma sudah bisa panen setelah berumur ± 50 hari setelah pindah tanam.
  10. Peluang bisnis budidaya blewah Bisma Cap Kapal Terbang tergolong menjanjikan saat panen di bulan Ramadhan.
  11. Peluang agribisnis jual blewah terbaik Bisma juga bisa dijalankan melalui online shop dengan cara dropship serta reseller.
  12. Jual online benih blewah terbaik Bisma di online shop LMGA AGRO melayani sistem reseller dan dropship.
  13. Jual benih blewah terbaik Bisma Cap Kapal Terbang tersedia dalam kemasan sachet berisi bersih 15 gram.

Benih blewah terbaik Bisma Cap Kapal Terbang kini telah banyak beredar di pasaran, sehingga konsumen mudah memperolehnya. Benih Bisma kualitasnya sudah teruji terbaik, sehingga petani tidak perlu ragu memilih produk Bisma.

Apabila pembaca merasa tertarik, hubungi LMGA AGRO sekarang juga dan pesan benih Bisma Cap Kapal Terbang sebelum kehabisan !!

  • Aruna

Aruna ialah benih blewah terbaik hasil produksi PT Tunas Agro Persada (Tunas Agro). Garbis Aruna merupakan produk unggulan Tunas Agro dan terjamin memiliki kualitas terbaik dengan beraneka keunggulan yang dimiliki di kelasnya.

Beberapa karakteristik dan keunggulan yang dimiliki oleh benih blewah Aruna yakni seperti :

  1. Blewah Tunas Agro Aruna bisa tumbuh secara kokoh serta kuat.
  2. Blewah terbaik Aruna cocok dibudidayakan di dataran rendah, terutama saat musim kemarau.
  3. Pembudidayaan blewah terbaik Aruna tergolong aman dan mudah karena sudah tahan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (opt).
  4. Tanaman blewah Aruna mampu menghasilkan 4 buah per tanaman dengan berat masing – masing sekitar ± 2 kg.
  5. Garbis Aruna sudah memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit kresek (Downy mildew).
  6. Rasa buah blewah Aruna tergolong cukup manis karena memiliki kadar gula sebesar ± 13 % (Brix).
  7. Buah blewah Aruna sudah bisa dipanen saat sudah berumur ± 55 hari setelah pindah tanam.
  8. Potensi hasil panen blewah terbaik Aruna tergolong cukup besar, yakni mencapai ± 24 ton per ha.
  9. Peluang agribisnis budidaya blewah terbaik Aruna bisa menjadi prospek usaha menjanjikan di bulan Ramadhan.
  10. Peluang agrobisnis Aruna juga bisa dijalankan di bisnis online shop dengan sistem reseller dan dropship.
  11. Jual benih blewah terbaik Aruna tersedia di LMGA AGRO dalam kemasan sachet berisi bersih 15 gram.

Benih blewah terbaik Aruna Tunas Agro kini telah banyak beredar di pasaran, sehingga konsumen mudah memperolehnya. Benih Aruna kualitasnya sudah teruji terbaik, sehingga petani tidak perlu ragu memilih produk Aruna.

Apabila pembaca merasa tertarik, hubungi LMGA AGRO sekarang juga dan pesan benih Aruna Tunas Agro sebelum kehabisan !!

Baca Juga : Pupuk Ultradap Pak Tani Cocok Petani Aplikasikan

Jual Benih Blewah Terbaik Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Blewah Terbaik Harga Murah

Apabila pembaca sedang mencari produk benih blewah terbaik, maka LMGA AGRO ialah jawabannya. LMGA AGRO jual beraneka produk benih blewah terbaik berkualitas unggulan.

Toko pertanian LMGA AGRO juga menyediakan berbagai macam tips dan trik dalam mengoptimalkan budidaya blewah menggunakan benih berkualitas terbaik. Dengan begitu, maka hasil panen yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Selain itu, LMGA AGRO juga menjual berbagai macam kebutuhan pertanian lain selain benih blewah terbaik. Anda bisa memperoleh berbagai kebutuhan pertanian lengkap seperti alat pertanian, pupuk, zpt, pestisida, benih, dan lainnya.

Untuk mengirimkan pesanan benih blewah terbaik maupun pesanan lainnya, LMGA AGRO memanfaatkan jasa pengiriman logistik bereputasi terpercaya. Contoh beberapa mitra pengiriman rekanan LMGA AGRO yakni seperti JNE, Pos Indonesia, KI8, dan J&T.

Reputasi mitra pengiriman kami telah teruji, sehingga pesanan benih blewah terbaik telah terjamin pasti sampai ke alamat tujuan. 

Jadi, segera order benih blewah terbaik hanya dari toko pertanian terdekat LMGA AGRO.

Nah, itulah dia artikel bertema benih blewah terbaik ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel LMGA AGRO kali ini bisa memberikan banyak manfaat untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Blewah Terbaik Potensi Hasil Terjamin Menguntungkan ini, segera hubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai berjumpa kembali dalam artikel – artikel baru kami berikutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.