Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/02/2024

Read

Benih Kangkung Yang Bagus Untuk Petani Tanam

Benih Kangkung Yang Bagus,benih,kangkung,bagus,lmga agro
Benih Kangkung
Yang Bagus

Benih Kangkung Yang Bagus Untuk Petani Tanam. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO ialah toko pertanian berbasis online yang menjual berbagai kebutuhan pertanian harga terjamin murah.

LMGA AGRO ialah toko pertanian berbasis online yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO merupakan agen, distributor, reseller, supplier, serta dropshipper produk pertanian paling lengkap.

Kami telah lama dikenal oleh konsumen dan memiliki pelanggan yang telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Jadi, tentunya Anda tidak perlu ragu dengan kualitas LMGA AGRO.

Tertarik ingin membeli & membuktikan sendiri kualitas produk pertanian yang LMGA AGRO jual ? Pesan segera melalui LMGA AGRO sekarang juga lalu buktikan sendiri kualitasnya !!

Benih kangkung yang berkualitas bagus bisa Anda dapatkan di LMGA AGRO. Toko pertanian terdekat LMGA AGRO jual beraneka benih kangkung yang bagus dari berbagai produsen rekanan LMGA AGRO. Dapatkan segera beraneka produk benih kangkung yang bagus harga terjangkau hanya di LMGA AGRO.

Indonesia merupakan salah satu negara agraris terkemuka di dunia. Dengan reputasinya sebagai negara agraris terkemuka di dunia, maka Indonesia sudah pasti menghasilkan beraneka produk hasil pertanian. 

Sebut saja hasil pertanian tersebut yakni contohnya cabe, sawi, melon, semangka, kangkung, dan lainnya. Hal itu tentunya sangat membuat potensi hasil panen hasil pertanian tersebut memberikan kontribusi besar untuk pendapatan Negara.

Dengan fakta tersebut, maka tidaklah salah jika Kementerian Pertanian terus berupaya agar sektor pertanian makin berkembang.

Berdasarkan data – data dari Kementerian Pertanian, sektor pertanian menjadi satu – satunya yang terus mengalami perkembangan ketika terjadi pandemi Covid 19.

Supaya perkembangan sektor pertanian terus berjalan, Kementan RI terus melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya tersebut ialah dengan memperbanyak pembudidayaan tanaman hortikultura.

Tanaman hortikultura sendiri dikenal memang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari – hari. Hal tersebut bisa terjadi karena tanaman hortikultura sudah banyak menjadi bahan konsumsi harian masyarakat Indonesia.

Maka sangatlah masuk akal apabila Kementerian Pertanian sangai ingin terus berusaha meningkatkan hasil produksi tanaman hortikultura.

Salah satu tanaman hortikultura yang sangat cocok untuk Anda budidayakan ialah tanaman sayuran. Sayuran sendiri pun jenisnya cukup bervariasi, semisal seperti sawi, kangkung, bayam, timun, wortel, kubis, dan sebagainya. 

Nah, dalam kesempatan kali ini LMGA AGRO ingin membahas mengenai salah satu jenis sayuran diatas, yakni kangkung. Tentunya pembaca sudah tidak asing, bukan ?

Kangkung Dan Beraneka Manfaatnya

tanaman,tanaman kangkung,manfaat,manfaat kangkung,lmga agro
Kangkung Dan Beraneka Manfaatnya

Tanaman kangkung (Ipomoea reptans) ialah sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tanaman sayur ini asalnya diperkirakan berasal dari India, kemudian menyebar ke berbagai Negara.

Tumbuhan ini masuk ke dalam golongan suku Convolvulaceae (keluarga kangkung – kangkungan). Biasanya, tumbuhan kangkung bisa tumbuh secara cepat dalam kurun waktu 4 sampai 6 minggu telah bisa menghasilkan hasil panen.

Nah, dalam kehidupan sehari – hari kita bisa mudah menjumpai beraneka olahan sayur yang berasal dari tanaman ini. Hal ini tidaklah terlepas dari beraneka nutrisi yang terdapat di dalam tanaman sayur satu ini.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi olahan dengan bahan dasar kangkung untuk tubuh kita ? Tumbuhan berdaun hijau ini memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh.

Beraneka kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi.

Contoh manfaat yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi kangkung yaitu seperti :

  • Menjaga sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh bisa berkurang dan menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit. Namun, Anda tak perlu khawatir sama sekali.

Kangkung kaya dengan beraneka vitamin yang sangat bagus untuk tubuh. Contohnya saja seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6.

Beraneka kandungan nutrisi tersebut mampu memperbaiki kerusakan sel tubuh serta menjaga sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terkena penyakit.

  • Menjaga kesehatan mata

Kondisi kesehatan mata bisa selalu terjaga dengan cara mengkonsumsi olahan kangkung. Kandungan vitamin A di dalamnya terbukti mampu menjaga kesehatan mata, sehingga dapat terhindar dari gangguan resiko terserang penyakit mata.

  • Memperlancar sistem pencernaan

Sayuran kangkung kaya dengan beraneka nutrisi, contohnya yaitu serat dan vitamin. Serat dan vitamin tersebut mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari gangguan sistem pencernaan.

Baca Juga : Sarana Pertanian Terlengkap Berkualitas Unggulan Bagi Petani

Benih Kangkung Yang Bagus Di Pasaran Untuk Petani

budidaya,budidaya kangkung,petani,budidaya tanaman kangkung,lmga agro
Benih Kangkung Yang Bagus Di Pasaran Untuk Petani

Sekarang, di pasaran sudah tersedia banyak benih kangkung berkualitas bagus namun harganya tetap murah. Salah satu toko online yang menjual beraneka produk benih kangkung berkualitas bagus tersebut adalah LMGA AGRO.

Nah, untuk itulah LMGA AGRO akan memberikan rekomendasi beraneka produk benih kangkung berkualitas bagus untuk Anda budidayakan.

Contoh beberapa produk rekomendasi benih kangkung berkualitas bagus yakni seperti :

  • Bangkok LP 1

Bangkok LP 1 ialah benih kangkung yang berkualitas bagus harga murah produksi dari PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bermerek dagang Cap Panah Merah. Benih berkualitas bagus Bangkok LP 1 sangat sesuai dibudidayakan pada musim kemarau di dataran rendah.

Keunggulan dari benih berkualitas bagus Bangkok LP 1 yaitu tekstur batangnya lentur, vigor tanaman kokoh, rasanya manis dan tidak berserat, serta memiliki nilai jual tinggi.

Proses pemanenannya sudah bisa dilakukan setelah tanaman Bangkok LP 1 berumur ± 30 hari setelah semai dengan potensi hasil terjamin bagus dalam kisaran ± 30 ton per ha. 

  • Serimpi

Serimpi ialah benih kangkung yang berkualitas bagus harga murah produksi dari PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bermerek dagang Cap Panah Merah. Benih berkualitas bagus Serimpi sangat sesuai dibudidayakan pada musim kemarau di dataran rendah.

Keunggulan dari benih berkualitas bagus Serimpi yaitu tekstur batangnya lentur, vigor tanaman kokoh, tahan penyakit layu fusarium dan bakteri, serta di pasaran memiliki nilai jual tinggi.

Proses pemanenannya sudah bisa dilakukan setelah tanaman Serimpi berumur ± 30 hari setelah semai dengan potensi hasil terjamin bagus dalam kisaran ± 27 ton per ha.

  • Tornado

Tornado ialah benih kangkung yang berkualitas bagus harga murah produksi dari PT Agri Makmur Pertiwi (AMP) bermerek dagang Benih Pertiwi. Benih berkualitas bagus Tornado sangat sesuai dibudidayakan pada musim kemarau di dataran rendah.

Keunggulan dari benih berkualitas bagus Tornado yaitu tekstur batangnya lentur, vigor tanaman kokoh, bisa dibudidayakan memanfaatkan metode tanam secara hidroponik, dan tahan penyakit layu bakteri dan layu fusarium.

Proses pemanennya sudah bisa dilakukan setelah tanaman Tornado berumur ± 25 sampai 35 hari setelah semai dengan potensi hasil terjamin bagus dalam kisaran ± 20 ton per ha.

Budidaya Kangkung Peluang Agribisnis Yang Bagus Untuk Petani

Manfaat yang terkandung di dalam tanaman sayur ini menjadi salah satu peluang yang bagus untuk petani dalam melakukan pembudidayaan kangkung sebagai peluang bisnis yang bagus dengan prospek menjanjikan.

LMGA AGRO akan memberikan cara budidaya kangkung secara tepat agar menghasilkan hasil produksi berkualitas bagus. Cara budidaya kangkung secara baik dan juga benar yaitu seperti :

  • Penyemaian Benih

Pilihlah benih kangkung yang bagus yang akan Anda budidayakan lebih dahulu. Siapkanlah pula wadah semai berupa tray semai. Lubangilah tray semai secukupnya sebagai tempat sirkulasi air.

Sehari sebelum benih Anda semai, isilah media semai sebanyak ¾ bagiannya. Media semai terbuat dari campuran 3 bahan utama, yakni pupuk kompos, pasir / sekam, serta tanah memakai perbandingan 1 : 1 : 1.

Sesudahnya, taburkan benih secara merata pada media semai yang telah dipersiapkan. Jangan lupa pula untuk menutupi benih dengan media tanam tips – tipis.

Pergunakan spray untuk menyiram air, lalu selanjutnya gunakan plastik bening agar tray semai tertutupi. Lubangilah bekas plastik tersebut secukupnya sebanyak 4 hingga 7 lubang, lalu letakkan di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Jika media semai terlihat terlalu kering, pakailah spray secukupnya untuk menyirami benih. Saat benih sudah mulai berkecambah, bukalah tutup plastik yang menutupi tray semai.

Pastikan agar media semai tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Apabila terlihat terlalu kering, semprotkan air memakai spray sebesar 1 sampai 2 kali sehari. Jika bibit telah memiliki 4 sampai 6 helai daun, maka bibit sudah bisa Anda pindahkan ke lahan tanam.

  • Pengolahan Lahan Tanam

Lakukanlah proses pengolahan lahan tanam terlebih dahulu sebelum Anda melakukan penanaman. Hal ini bertujuan agar tanah lahan tanam bersih dari gulma, kerikil, kotoran, dan sebagainya.

Selanjutnya, olahlah lahan tanam yakni dengan cara membajak tanah menggunakan traktor ataupun dicangkul sampai benar – benar gembur. Nah, apabila sudah gembur berikutnya lanjutkan dengan membuat bedengan pada lahan tanam.

Bedengan dibuat dengan rincian ukuran tinggi ± 20 – 30 cm, lebar ± 150 cm, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam. Berikan pula jarak antar bedengan sekitar ± 40 sampai 50 cm.

Baca Juga : Vitamin B1 Green World Hormon Akar Terbaik

  • Penanaman

Buatlah lubang tanam pada bedengan sampai sedalam ± 15 hingga 20 cm. Selanjutnya, masukkan sebanyak 2 sampai 3 benih untuk setiap lubang tanam.

Setelah dimasukkan benih, lubang tanam perlu Anda tutupi dengan tanah di sekitarnya. Proses penanaman ini baiknya Anda lakukan dengan menggunakan teknik larikan.

  • Pemeliharaan

Lakukan proses pemeliharaan agar tanaman kangkung tetap bisa hidup dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Contoh beberapa proses pemeliharaan dalam pembudidayaan tanaman kangkung yaitu seperti :

1. Pengairan / Penyiraman

Anda perlu melakukan penyiraman air secara teratur agar kebutuhan nutrisi tanaman tercukupi. Siramilah dengan air sebanyak 2 kali sehari setiap pagi serta sore hari.

2. Penyulaman Bibit

Apabila bibit mengalami kerusakan atau justru tumbuh secara tak sempurna, maka Anda perlu segera melakukan penyulaman bibit. Dengan melakukan penyulaman bibit, maka nantinya hasil panen yang didapatkan bisa tetap seragam.

3. Penyiangan Gulma

Lakukanlah proses penyiangan gulma sampai gulma pada lahan tanam benar – benar bersih. Selain mengakibatkan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik, melakukan penyiangan gulma juga dapat meminimalisir resiko tanaman terserang opt (organisme pengganggu tanaman) seperti hama dan penyakit.

4. Pemupukan Susulan

Untuk proses pemupukan susulan, berikan pupuk kandang yang telah dihaluskan. Namun, pupuk kandang bisa Anda gantikan dengan memanfaatkan pupuk urea atau NPK.

Untuk mengaplikasikannya yaitu Anda perlu melarutkan satu genggam pupuk urea atau NPK dengan 20 liter air, lalu siramkan pada tanaman sampai merata.

  • Pengendalian OPT

Ancaman serangan opt menjadi salah satu faktor utama kegagalan panen untuk petani. Oleh karena itu, pengendalian opt menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan agar tanaman tetap dapat menghasilkan hasil panen secara optimal.

Contoh beberapa opt yang seringkali menyerang tanaman kangkung yaitu seperti :

1. Karat Putih

Penyakit karat putih terjadi akibat infeksi cendawan Albugo Ipomoea-Reptans. Gejala tanaman terinfeksi penyakit karat putih yaitu terdapat bintik ataupun bercak berwarna putih pada bagian bawah dedaunan, lalu dedaunan berubah menjadi kecoklatan dan bagian batang menjadi membengkak.

Untuk mengendalikan penyakit karat putih, caranya yaitu dengan membuang & memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, dan mengaplikasikan fungisida dalam dosis tepat. 

2. Ulat Keket

Ulat keket (Acherontia lacheis f.) memiliki tubuh berwarna hijau muda dengan garis – garis menyilang berwarna kekuningan. Di bagian ujung kepalanya biasanya terdapat tanduk, sehingga kesannya cukup menyeramkan.

Ulat keket mampu tumbuh hingga sepanjang ± 95 milimeter. Semakin tinggi atau panas suhu udara lingkungan, maka semakin cepat pula tingkat perkembangannya.

Gejala tanaman kangkung terserang hama ulat keket yaitu daun yang terserang menjadi bolong – bolong / berlubang, serta dalam serangan berat hanya akan menyisakan bagian tangkai daunnya saja.

Untuk mengatasi serangan hama ulat keket, caranya yaitu dengan melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator alami, mengambil ulat keket secara langsung, mengaplikasikan insektisida dengan dosis tepat, dan sebagainya.

  • Pemanenan

Biasanya tanaman kangkung bisa dipanen setelah berumur ± 3 bulan setelah tanam. Namun, untuk potensi hasilnya tergantung dari varietas benih yang Anda budidayakan.

Ciri – ciri kangkung yang sudah siap untuk dipanen yakni memiliki batang berukuran besar dengan daun yang terlihat lebar. Cara pemanenannya yaitu dengan cara dicabut dan juga dipangkas.

Selanjutnya, kumpulkan kangkung yang telah dipanen dalam keranjang. Cuci hingga bersih dengan air mengalir supaya sisa – sisa tanah pada kangkung bisa hanyut bersama air.

Apabila sudah bersih, selanjutnya Anda harus menyimpannya di tempat yang bersih dan sejuk. Sayur kangkung pun sudah siap untuk dikemas dan dipasarkan kepada para pedagang.

Baca Juga : Fungisida Acrobat Untuk Cabe Produk Unggul Kualitas Terjamin

Jual Benih Kangkung Yang Bagus Harga Murah

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Benih Kangkung Yang Bagus Harga Murah

Apabila pembaca sedang mencari benih kangkung yang bagus, maka LMGA AGRO merupakan jawaban paling cocok untuk petani. LMGA AGRO jual benih kangkung yang bagus berkualitas bagus di pasaran.

Selain itu, kami pun juga memiliki beraneka macam tips & trik dalam upaya memaksimalkan budidaya kangkung memakai benih yang berkualitas bagus. Dengan begitu, maka hasil panen yang petani peroleh bisa menjadi lebih optimal.

Toko pertanian terdekat LMGA AGRO menjual berbagai macam benih kangkung yang bagus dengan jaminan harga murah. Kami menjual benih kangkung yang bagus dalam kemasan sachet dengan isi bersih yang cukup beragam.

Untuk memastikan seluruh pesanan benih kangkung yang bagus sampai ke alamat tujuan, tentunya LMGA AGRO menjalin hubungan kerjasama dengan banyak mitra pengiriman terpercaya di Indonesia.

Pos Indonesia, KI8, JNE, serta J&T ialah nama – nama mitra terpercaya rekanan LMGA AGRO dalam mengirimkan pesanan konsumen. Rekanan mitra pengiriman kami sudah beroperasi sedari lama, sehingga pesanan konsumen pastinya akan menuju ke alamat tujuan konsumen.

So, hubungi saja segera LMGA AGRO dan beli benih kangkung yang bagus pilihan Anda sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema bahasan benih kangkung yang bagus ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga artikel kali ini bisa berdampak positif dan baik untuk seluruh pembaca.

Apabila masih ada hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Benih Kangkung Yang Bagus Untuk Petani Tanam ini, hubungi segera LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Sukses selalu dan sampai bertemu kembali dalam artikel – artikel terbaru LMGA AGRO selanjutnya.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.