BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/06/2024

Read

Bibit Tomat Servo Produk Terbaik Hasil Terjamin

Bibit Tomat Servo,bibit,tomat,servo,lmga agro
Bibit Tomat
Servo

Bibit Tomat Servo Produk Terbaik Hasil Terjamin. 08125222117 WA/SMS Lmga Agro.

Lmga Agro merupakan toko tani dengan basis online yang menjual beraneka macam kebutuhan pertanian terlengkap harga terjamin terjangkau.

Toko online Lmga Agro adalah pertanian berbasis online yang berlokasi fisik di Kota Kediri, Jawa Timur.

Kami sudah lama berkecimpung di dunia pertanian Nasional serta memiliki banyak konsumen yang tersebar di semua penjuru Nusantara.

Lmga Agro adalah agen, supplier, dropshipper, dan distributor kebutuhan tani paling lengkap dengan jaminan reputasi yang terjamin terpercaya.

Kami berani memberikan jaminan kepada konsumen jika produk pertanian yang dipesan melalui Lmga Agro pastinya terjamin pasti akan sampai hingga ke genggaman konsumen.

Bibit tomat Servo bisa Anda beli di Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit tomat Servo dengan jaminan kualitas original.

Segera dapatkan bibit tomat Servo berkualitas unggul harga murah hanya di Lmga Agro.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tanaman asli yang asalnya dari benua Amerika, yaitu Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman ini tergolong ke dalam golongan famili Solanaceae. Inisiasi budidaya tomat pertama kali dilakukan oleh suku Aztec dan Inca sejak tahun ± 700 SM.

Di benua Eropa, orang yang pertama kali memperkenalkan tomat ialah Christopher Columbus. Christopher Columbus beserta anak – anak buahnya membawa berbagai macam biji – bijian, tak terkecuali dengan tomat.

Di Asia, pertama kali tanaman tomat diperkenalkan oleh pedagang dari kebangsaan Portugis dan juga Spanyol. Hal tersebut terjadi saat abad ke 16 Masehi.

Di Indonesia sendiri, penyebaran tanaman ini dilakukan pertama kali terjadi lewat perantara pedagang Portugis hingga abad ke 18 Masehi.

Ukuran buah tomat pada awalnya tergolong relatif kecil. Tetapi, seiring waktu berjalan dan perkembangan zaman, ukuran buah tomat menjadi lebih besar dengan varietas yang ikut berkembang pula.

Umumnya, buah tomat banyak dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan (baik makanan ataupun lainnya), ataupun bisa pula dikonsumsi secara langsung.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tentu akan semakin membuat banyak orang tertarik dengan tanaman sayur atau buah satu ini. Beberapa contoh manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi tomat yaitu seperti :

  • Menurunkan berat badan

Jika program diet tengah Anda jalankan, maka Anda akan sangat cocok untuk mengkonsumsi buah tomat. Mengkonsumsi buah tomat yang kaya akan kandungan serat mampu menurunkan berat badan berlebih, sehingga program diet yang Anda jalani akan bisa sukses.

  • Mencegah peradangan pada wajah

Kandungan vitamin C, likopen, lutein, serta vitamin E memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mengantisipasi kulit wajah menjadi meradang, sehingga pada akhirnya peradangan pada wajah bisa Anda hindari.

Dari berbagai macam manfaat yang disebutkan diatas, maka tak terlalu mengherankan jika banyak petani mulai menanam tomat sebagai sumber mata pencaharian utamanya.

Dari data yang dihimpun melalui Direktorat Jenderal Hortikultura dan Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahunnya produksi tomat di Indonesia terus mengalami perkembangan.

Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah angin penyegar untuk petani karena punya prospek yang terbilang menjanjikan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman tomat ??

Baca Juga : Obat Hama Wereng Padi Paling Ampuh Cocok Petani Pergunakan

Bibit Tomat Servo Produk Unggul Untuk Petani

benih,benih servo,f1,hibrida,servo f1,lmga agro
Bibit Tomat Servo Produk Unggul Untuk Petani

Di Indonesia ada cukup banyak produk varietas bibit yang bisa petani pergunakan untuk budidaya tomat. Namun, kualitas dari produk – produk tersebut tidaklah sama, sehingga petani harus benar – benar jeli dalam memilih produk varietas bibit tomat berkualitas unggul.

Nah, supaya lebih mudah Lmga Agro akan memberikan rekomendasi produk varietas bibit tomat berkualitas unggulan untuk dibudidayakan.

Produk rekomendasi Lmga Agro tersebut itu ialah Servo F1. Mengapa perlu menggunakan Servo F1 ? Alasannya karena kualitas dari Servo F1 sudah teruji serta reputasi dari sang produsen sanatlah terpercaya.

Servo F1 merupakan varietas bibit tomat hibrida yang diproduksi secara resmi oleh PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah). Produk ini telah lama beredar di Indonesia sampai sekarang dan masih menjadi pilihan utama petani sampai hari ini.

Petani banyak menggunakan Servo F1 karena memiliki berbagai kelebihan serta karakteristik yang pastinya menjanjikan.

Beberapa contoh keunggulan utama serta karakteristik yang dimiliki oleh bibit Servo F1 yaitu seperti :

  1. Proses pembudidayaan bibit Servo cocok untuk daerah dataran rendah hingga dataran menengah.
  2. Bibit Servo memiliki vigor yang tergolong kokoh, bertipe determinate, dan cocok ditanam saat musim kemarau maupun musim hujan.
  3. Bibit Servo sudah mempunyai ketahanan terhadap penyakit layu bakteri, layu fusarium, serta tahan serangan Gemini virus.
  4. Bibit Servo Cap Panah Merah memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit layu serta bercak daun ketika musim hujan.
  5. Bibit Servo telah toleran terhadap iklim panas.
  6. Bibit Servo F1 toleran terhadap busuk ujung buah dan tahan cracking.
  7. Proses pembudidayaan tomat menggunakan bibit Servo tetap aman serta mudah karena sudah mempunyai ketahanan terhadap serangan organisme pengganggu.
  8. Buah tomat dari bibit Servo sudah bisa dipanen ketika berumur ± 70 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sekitar ± 60 ton per ha.
  9. Proses pembentukan buah dari bibit tomat Servo dalam kondisi buruk tergolong tetap mudah, sehingga banyak menjadi pilihan petani.
  10. Hasil panen buah tomat dari bibit Servo sebanyak ± 3 kg/batang dengan berat masing – masing buah berkisar ± 70 gram.
  11. Tekstur buah dari bibit tomat Servo cenderung padat serta keras.
  12. Hasil panen dari bibit tomat Servo tergolong mudah terjual kepada pedagang.
  13. Bibit tomat Servo sudah bisa dibudidayakan menggunakan sistem tanam hidroponik.
  14. Bibit Servo tersedia dalam kemasan sachet berisi 1.750 butir.
  15. Produk bibit Servo Cap Panah Merah sudah terdaftar lewat Kepmentan No. 093/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2013.

Dengan berbagai keunggulan – keunggulan diatas, maka tidaklah salah jika banyak petani masih memilih dan menggunakan bibit tomat Servo F1. So, tertarik ingin membudidayakan tomat menggunakan bibit Servo ?

Budidaya Tomat Memakai Bibit Servo Cap Panah Merah

budidaya,budidaya tomat,budidaya tomat servo,servo cap panah merah,panah merah,lmga agro
Budidaya Tomat Memakai Bibit Servo Cap Panah Merah

Dengan berbagai karakteristik serta keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, maka tentu saja banyak orang yang mulai banyak tertarik dalam membudidayakan tomat menggunakan bibit Servo.

Oleh karena itu, supaya lebih mudah maka Lmga Agro akan memberikan cara budidaya tomat memakai bibit Servo Cap Panah Merah mulai awal sampai masa panen.

Cara budidaya tomat memanfaatkan bibit Servo Cap Panah Merah secara baik dan benar yaitu :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Saat mengolah lahan tanam, cangkullah lebih dahulu tanah lahan tanam berkedalaman ± 30 hingga 40 cm, kemudian selanjutnya ratakan.

Setelah rata, buatlah bedengan diatas lahan tanam dengan panjang yang menyesuaikan kondisi lahan tanam, lebar berkisar ± 100 – 120 cm, serta tinggi berkisar ± 30 cm.

Jika pembuatan bedengan telah selesai, jangan lupa juga untuk membuat lubang tanam pada bedengan dengan diameter berukuran ± 5 hingga 7 cm. Dalam 1 bedengan Anda harus membuat sebanyak 2 lajur dalam 1 bedengan.

Jangan lupa juga untuk lajur Anda berikan jarak sekitar ± 70 hingga 80 cm serta jarak antar lubang tanam dalam 1 jalur antara ± 40 sampai 50 cm. Setelah itu, biarkan atau diamkan bedengan selama kurun waktu ± 1 minggu.

Sesudah 1 minggu, Anda bisa mengaplikasikan pupuk dasar. Proses pemupukan dasar direkomendasikan menggunakan pupuk organik (pupuk kandang / kompos). Hal itu bertujuan supaya nantinya lebih mudah terserap. Dosis pengaplikasiannya yaitu hanya secukupnya saja.

Periksa pula tingkat keasaman tanah. Apabila dirasa masih asam, untuk menetralkannya Anda dapat memanfaatkan kapur pertanian / dolomit.

Selanjutnya, biarkan lahan tanam selama kurun waktu selama ± 1 minggu sebelum proses penanaman selanjutnya Anda mulai.

  • Penyemaian Benih

Pertama, persiapkan wadah semainya (nampan, tray semai, dan sebagainya). Selanjutnya, bagian bawah wadah semai perlu Anda lubangi secukupnya sebagai tempat air bersirkulasi.

1 hari sebelum penyemaian dimulai, isi media semai sebanyak ¾ bagian wadah semai. Komposisi media semai yang dipergunakan yaitu pupuk kompos, arang sekam/pasir, dan tanah menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1.

Selanjutnya, taburkan biji Servo diatas media semai secara merata. Tutupi menggunakan media tanam, lalu semprotkan dengan air halus memakai spray. Kemudian, wadah semai ditutupi memakai plastik bening dan lubangi sebanyak 3 sampai 5 lubang.

Pastikan supaya Anda meletakkannya di bawah tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Apabila media semai terlihat kering, bukalah plastiknya lalu semprotkan menggunakan spray dan tutuplah kembali.

Jika kecambah telah mulai tumbuh, tutuplah plastik yang sudah bisa Anda buka. Pastikan Anda selalu menjaga kondisi medianya supaya tidak terlalu basah maupun tidak terlalu kering.

Dalam kurun waktu 5 hari, dari benih akan mulai tumbuh tunas. Jika bibit sudah memiliki daun sebanyak 3 sampai 5 helai daun, maka proses penyemaian sudah bisa Anda akhiri.

Baca Juga : Jual Bibit Wortel & Bawang Daun Terlengkap Berkualitas Terbaik

  • Penanaman

Ambillah bibit yang sudah siap tanam, lalu masukkan ke dalam lubang tanam secara hati – hati. Selain itu, tutupi menggunakan tanah di sekitarnya secara hati – hati.

Ratakan pula dan sirami air dalam jumlah secukupnya supaya tingkat kelembabannya bisa selalu terjaga.

  • Pemeliharaan

Perawatan atau pemeliharaan berperan cukup penting dalam menjaga keberlangsungan hidup tomat Servo F1 Ewindo. Dengan begitu, maka tanaman bisa lebih berkembang dan tumbuh maksimal sampai waktu pemanenan tiba.

Beberapa proses perawatan / pemeliharaan dalam melakukan budidaya tomat menggunakan bibit Servo yaitu seperti :

1. Penyulaman Bibit

Tentu bibit yang tumbuh tak sempurna dan mati menjadi sebuah masalah bagi petani. Oleh karena itu, jika terdapat bibit yang tumbuh tak sempurna ataupun mati maka Anda perlu segera melakukan penyulaman bibit.

2. Pemasangan ajir

Jika bibit tanaman tomat sudah tumbuh hingga setinggi ± 15 – 21 cm, maka Anda telah bisa untuk melakukan pemasangan lenjeran / ajir.

Ajir atau lenjeran dapat memanfaatkan bahan berupa bambu atau kayu dengan panjang berkisar ± 100 – 175 centimeter.

Selanjutnya, pasanglah lenjeran pada bedengan dengan diletakkan dekat tanaman tomat Servo Cap Panah Merah. Letakkan dengan jarak sekitar ± 5 sampai 11 centimeter dari tanaman.

Tancapkan lanjaran secara hati – hati, lalu ikatkan pada tomat menggunakan tali rafia.

3. Penyiangan Gulma

Gulma selalu menyebabkan pertumbuhan / perkembangan tanaman budidaya. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan penyiangan gulma.

Siangi gulma secara teratur tentunya akan mengakibatkan nutrisi yang dibutuhkan bisa terserap secara sempurna serta tumbuhan dapat tumbuh secara sempurna.

4. Pengairan / penyiraman

Apabila kondisi lahan tanam sedang kering, maka sirami sebanyak 2 kali sehari ketika pagi serta sore hari. Namun, apabila kondisinya lembab siramilah sebanyak sekali saja dalam sehari saat pagi maupun sore hari.

5. Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan memiliki tujuan utama supaya tanaman bisa mendapatkan nutrisi tambahan yang dibutuhkan. Pupuk yang dipergunakan dalam pemupukan susulan ini dapat memanfaatkan pupuk berupa TSP, ZA, serta KCl.

Dosisnya yaitu pada lahan tanam tomat Servo seluas 1 ha, maka perbandingannya yakni TSP sebesar 200 kg, ZA sebesar 200 kg, serta KCl sebesar 250 kg.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu

Walaupun sudah mempunyai ketahanan terhadap beberapa jenis organisme pengganggu, namun ancaman ini tetap terus mengintai jika Anda melakukan proses pembudidayaan secara asal – asalan.

Oleh karena itu, mewaspadai ancaman organisme pengganggu tentunya sudah menjadi kewajiban. Beberapa contoh organisme pengganggu yang harus diwaspadai serangannya yaitu seperti :

1. Busuk Bakteri

Infeksi bakteri Clavibacter michiganensis jadi penyebab utama dari terjadinya penyakit busuk bakteri. Patogen bakteri ini dapat bertahan hidup dalam biji, dalam tanah, maupun pada sisa – sisa tumbuhan.

Bakteri Clavibacter michiganensis berkembang biak pada pembuluh daun, sehingga penyaluran air serta nutrisi tanaman menjadi terganggu.

Akibatnya, tanaman pun mengalami kelayuan serta mengering. Suhu lingkungan berkisar ± 24 – 32° C serta tingkat kelembaban tanah yang tinggi akan semakin membuat penyakit busuk bakteri kian berkembang.

2. Kutu Kebul

Kutu kebul yang bernama latin Bemisia tabaci ini memiliki tubuh berukuran ± 0,8 hingga 1 mm serta sayapnya ditutupi oleh lapisan lilin berwarna putih sampai kekuningan (layaknya sebuah tepung).

Serangan hama ini dilakukan dengan cara menghisap getah tanaman serta menghasilkan embun madu pada beberapa bagian tanaman.

Bagian tanaman yang terserang yaitu seperti bagian batang, bagian buah, dan bagian daun. Selain itu, gejala berupa klorotik dan cendawan hitam terbentuk pada jaringan yang sebelumnya telah terinfeksi.

  • Pemanenan

Ketika proses pemanenan pertama, hasilnya seringkali masih tidak seragam. Tetapi, biasanya waktu pemanenan pertama sudah bisa dilakukan saat sudah berumur 65 hingga 70 hst.

Waktu pemanenan sendiri sebaiknya Anda lakukan ketika pagi atau sore hari. Pemanenan dilakukan dengan cara memuntir buah sampai terlepas tangkai buahnya, sesudah itu masukkan ke dalam keranjang.

Simpan buah hasil panen pada tempat kering yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Proses ini dapat Anda lakukan setiap jangka waktu 2 sampai 3 hari sekali.

Baca Juga : Manfaat Sayuran Brokoli Mudah Dibudidayakan Petani

Jual Bibit Tomat Servo F1 Harga Terjangkau

jual,murah,terjangkau,toko pertanian terdekat,lmga agro
Jual Bibit Tomat Servo F1 Harga Terjangkau

Apabila Anda tengah mencari produk bibit tomat Servo, maka jawabannya sudah pasti ialah Lmga Agro. Lmga Agro jual bibit tomat Servo original hasil keluaran Panah Merah.

Kami menjual bibit tomat varietas Servo berkualitas terbaik dan unggulan. Bibit tomat Servo Cap Panah Merah yang Lmga Agro jual dikemas dalam kemasan sachet berisi 1.750 butir.

Bagaimana cara membelinya ? Carilah produk bibit Servo F1. Apabila produknya telah ketemu, segera hubungi kami dan konfirmasikan kembali pesanan Anda. Pesanan Anda pun pastinya akan segera dikirim ke alamat Anda. Sangat mudah, kan ?

Nah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, Lmga Agro bekerja sama dengan banyak mitra pengiriman terpercaya agar tepat waktu diterima oleh konsumen.

Pos Indonesia, KI8, JNE, serta J&T adalah beberapa nama – nama mitra pengiriman rekanan untuk mengirimkan pesanan bibit tomat Servo. Jadi, tidak perlu ragu untuk memesan produk bibit tomat Servo F1 Cap Panah Merah maupun pesanan lainnya dari Lmga Agro.

So, segera hubungi Lmga Agro serta beli bibit tomat Servo Cap Panah Merah sekarang juga sebelum Anda kehabisan !!

Nah, itulah dia artikel bertema bibit tomat Servo ini kami tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Semoga semua pembaca artikel kali ini bisa mengambil manfaat dan dampak positifnya.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel berjudul Bibit Tomat Servo Produk Terbaik Hasil Terjamin ini, hubungi segera Lmga Agro melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai bertemu kembali.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.