TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Minggu, 16 November 2014

HORISON DAN FLASH 750 JAGONYA CABAI MUSIM PENGHUJAN

Tanaman, Cabai, Cabe, Penghujan
CABAI PENGHUJAN
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID  -  Harga cabai saat saya menulis tulisan ini berada di puncak harga yang tinggi, seperti yang kita dengar di berita radio, surat kabar sampai berita elektronik Televisi semua membahas tentang harga cabai merah yang mahal. Cabai dengan harga mahal menjadi bahasan menarik karena di Indonesia hampir semua penduduknya mengkonsumsi cabai untuk kebutuhan bumbu masakan sehari - hari. 
   
    Seperti yang pernah terjadi di tahun 2010 puncak harga cabai di petani mencapai Rp. 100,000,- / Kg nya. Saat ini semua jenis cabai, yaitu cabai merah, cabai keriting sampai cabai rawit ( cabai kecil ) semua mempunyai harga yang mahal. Sehingga komoditi cabai saat itu jadi salah satu penyumbang Inflasi di Indonesia.  Saat ini harga cabai mahal menjelang musim penghujan karena itu apabila petani ingin Budidaya Tanaman cabai supaya mendapatkan hasil yang maximal saat tanam tentunya kita harus tahu tentang ciri - ciri dan Varietas tanaman cabai yang tahan dan cocok di Budidayakan di musim penghujan. Karena apabila kita salah cara Budidaya dan pemeliharaannya maka kegagalan akan selalu menyertai kita. 

      Saat ini sudah banyak benih cabai Hibrida yang di produksi oleh perusahaan benih di Indonesia baik yang jenisnya cabai merah keriting maupun cabai merah besar. Beberapa contoh untuk jenis benih  cabai merah besar antara lain adalah : Cabai F1 Imola, Cabai F1 Imperial 10, Cabai F1 Elegance, Cabai F1 Gada MK, Cabai Gada F1, Cabai F1 Profit, Cabai F1 Horison  DLL, sedangkan untuk jenis cabai merah keriting ada benih cabai F1 PM 999, Cabai F1 TM 999, Cabai F1 Lado, Cabai F1 Rimbun 3, Cabai F1 TM 007, Cabai F1 Kastilo, Cabai F1 Flash 750, Cabai F1 Kitaro, Cabai Kopay, Cabe F1 IGGO, Cabai F1 Djitu, Cabai F1 Very Well DLL.

     Pada kesempatan ini saya akan membahas ciri - ciri tanaman cabai yang cocok untuk di tanam di musim penghujan, dengan adanya bahasan ini di harapkan kita akan mengetahui jenis - jenis tanaman cabai yang di jual oleh pabrikan mana yang cocok di tanam di musim penghujan dan mana yang cocok untuk di Budidayakan di musim kemarau, sehingga kita bisa memperkecil proses kegagalan dalam Budidaya tanaman cabai

     
Cabai, Benih, Bibit, Tanaman, Cabai merah
Cabai musim kemarau
Ciri - ciri dari cabai yang cocok untuk di tanam di musim penghujan ini bisa di ketahui saat buah cabai   masih mudah ( hijau ) ataupun  saat cabai sudah masak ( merah ). Karena itu agar kita tidak salah memilih maka pelajaran memilah dan memilih Varietas tanaman cabai ini harus di pelajari berulang - ulang sehingga kita jadi memahami betul karakteristik ciri - ciri cabai tersebut.

  Beberapa ciri - ciri cabai yang cocok untuk di Budidayakan di saat musim penghujan antara lain adalah :
  • Buah cabai saat masak ( merah ) mempuyai postur cenderung ramping dengan sedikit kulit berkerut atau bergelombang
  • Buah cabai cenderung berbentuk ramping bukan justru gemuk ( gendut )
  • Buah saat merah ( saat panen ) apabila di tekan akan sedikit lunak dengan tektur kulit yang lemas 
  • Suara cabai apabila di patahkan cenderung tidak bersuara dengan kulit cabai yang tipis ( sehingga tidak banyak menyerap air )
  • Tangkai buah cabai cenderung besar dan menempel kuat di tubuh cabai
  • Warna cabai cenderung berwarna merah kelam ( merah tua )
  • Cabai yang cocok di budidayakan saat  musim penghujan cenderung mempunya ruas ( Internode ) yang panjang
  • Tanaman cabai cenderung tegak ( Erek ) dan mengarah keatas ( bukan tipe beringin )
  • Salah satu cabai yang cocok untuk di tanam di musim penghujan adalah cabai merah keriting F1 Flash 750 dan cabai merah F1 Horison.

     Dari data tentang ciri - ciri buah dan tanaman cabai tersebut di harapkan petani yang mau menaman cabai di musim penghujan akhir 2014 ini maka untuk segera melihat kembali ciri  - ciri benih cabai yang ada di lapangan dan di jual di toko pertanian setempat. Karena berdasarkan pengalaman kami di lapang saat Budidaya cabai  apabila pemeliharaan Varietas benih cabai yang akan di gunakan tidak benar yang akhirnya tidak cocok dengan cuaca maka akan berpengaruh terhadap hasil panen yang akan kita dapatkan. Bisa jadi kalau parah kita akan gagal panen dan kalau pun berhasil maka biaya yang kita keluarkan akan banyak membengkak karena untuk pembelian fungisida yang berlebih. 

    Beberapa penyebab kegagalan Budidaya tanaman cabai saat musim penghujan antara lain adalah adanya serangan : Cacar Buah ( Patek ), Busuk Buah, Busuk di daun ( Cescospora ), Busuk batang ( Phytoptora Infestans ), Tangkai buah cabai lepas, busuk pada akar karena fusarium maupun Bakteri. Maka dari itu diperlukan teknik-teknik khusus budidaya cabe untuk mencegah serangan penyakit pada tanaman cabai.

   Demikian pengalaman pemilihan cabai di musim penghujan ini kami sampaikan. Semoga akan membawa dan menambah wawasan kita dalam memilah dan memilih tanaman cabai yang cocok untuk di Budidaya di musim penghujan. Awal kesalahan memilih Varietas cabai yang salah akan membawa kerugian yang berkelanjutan. 

     Apabila ada pembaca yang kurang jelas dan ada yang membutuhkan cabai Hibrida ( F1 ) Keriting FLASH 750 dan Cabai besar hibrida ( F1 ) HORISON silakan nhubungi toko pertanian Online LMGA AGRO selaku ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) produk pertanian berupa benih, obat pertanian,pupuk serta peralatan pertanian. CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Kami siap mengirim keseluruh Indonesia dengan layanan cepat dan harga bersaing.


1 komentar:

  1. Strategi yang ampuh & efektif dalam Meningkatkan Penjualan Produk Barang bisa memakai berbagai cara, sistem dan inovasi. Mohon ijin share beberapa Cara Efektif Meningkatkan Penjualan

    BalasHapus

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...