SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Kamis, 16 April 2015

JAGUNG MANIS SECADA HANDAL DI DATARAN MENENGAH DARI PANAH MERAH

Jagung Manis Secada, Tahan Bulai, Rendemen Tinggi, Dataran Menengah, Hama, Penyakit, Tahan
JAGUNG SECADA
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Jagung manis adalah salah satu komoditas pertanian yang banyak diminati konsumen karena beragamnya hasil olahan jagung manis. Misalnya sup jagung manis, bubur jagung manis, puding jagung manis, bakwan jagung manis dan sebagainya. Budidaya jagung manis saat ini merata dan hampir diseluruh wilayah Indonesia memiliki sentra budidaya jagung manis. Antusiasme petani menanam jagung manis tidak lepas dari tata niaga jagung manis yang semakin mudah dan semakin banyaknya pedagang pengepul jagung manis. Selain itu jagung manis semakin familiar dikalangan konsumen yang ditunjukkan dengan banyaknya ragam olahan jagung manis.



Permintaan jagung manis yang setiap tahun semakin meningkat, menjadikan jagung manis menjadi salah satu komoditas pertanian yang potensial. Ini adalah peluang yang bisa diraih petani dalam usaha taninya untuk menambah pendapatan keluarga. Untuk keberhasilan dalam budidayanya, maka petani harus pandai dalam memilih benih. Pemilihan benih yang tepat menjadi kunci sukses menanam jagung manis. Saat ini sudah banyak beredar benih jagung manis pabrikan seperti Jagung Manis F1 Bonanza, Jagung Manis F1 Talenta, Jagung Manis F1 Master Sweet, Jagung Manis F1 Secada, dan sebagainya.

Secara umum, jagung manis dibudidayakan di dataran rendah hingga menengah. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas budidaya jagung manis di dataran menengah. Budidaya jagung manis didataran memiliki tingkat kerawanan terserang penyakit yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan pada dataran menengah kelembabannya lebih tinggi, dimana kelembaban tinggi ini memudahkan munculnya penyakit pada tanaman jagung manis seperti bulai, karat daun dan hawar daun.

  1. Penyakit bulai (Downy mildew) disebabkan oleh cendawan atau jamur yang merajalela pada suhu udara 27' C serta udara lembab. Gejalanya daun runcing, kecil, kaku, pertumbuhan batang terhambat, warna menguning dan sisi bawah daun terdapat spora jamur
  2. Karat, gejalanya terdapat bercak-bercak bisul berwarna coklat sampai oranye pada permukaan daun bagian atas. Penyakit ini berkembang baik pada suhu 16-23' C dengan kelembaban tinggi
  3. Hawar daun (Curvularia sp.) disebabkan oleh cendawan atau jamur dengan gejala awal bercak tak beraturan di ujung daun. Pusat bercak berwarna coklat keputihan dan coklat tua pada bagian tepinya. Bercak meluas ke pangkal daun hingga membuat seluruh daun mengering. Penyakit ini juga cepat menyebar pada daerah dengan kelembaban tinggi.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu pencegahan dari penyakit tersebut adalah pemilihan benih yang memiliki ketahanan dan mampu beradaptasi dengan baik di dataran menengah yang memiliki kelembaban tinggi. Salah satu benih jagung manis yang mampu beradaptasi dengan baik didataran menengah adalah Jagung Manis Secada dari Panah Merah. Berdasarkan pengamatan, Jagung Manis Secada handal didataran menengah, dan lebih tahan penyakit bulai dibandingkan jagung manis yang lain.

Jagung Manis Secada memiliki karakeristik sebagai berikut
  1. Tanaman kokoh dengan tinggi tanaman 260-280 cm, dengan umur panen 70-73 HST.
  2. Buah mempunyai peluang dua sama besar dengan aturan jarak tanam tidak rapat, pemberian pupuk Kalium dan Phospat serta pengairan yang cukup
  3. Berat buah 475-550 Gram/tongkol
  4. Jumlah baris per tongkol 16-18 baris
  5. Potensi hasil 35 Ton/Ha dengan populasi 54.000 tanaman/Ha, dengan jarak tanam 80x20 cm, perlubang 1 tanaman
  6. Tahan terhadap serangan bulai, karat daun dan hawar daun
Dari karakteristik diatas, maka layak jika Jagung Manis Secada menjadi pilihan petani jagung manis terutama petani di dataran menengah. Selain itu keunggulan lain dari Jagung Manis Secada adalah ukuran tongkolnya yang besar sehingga hasil yang didapat per hektarnya menjadi lebih tinggi dibanding jagung manis yang lain. Jagung Manis Secada handal di dataran menengah dari Panah Merah dapat diandalkan petani jagung manis untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Demikian uraian singkat kami tentang Jagung Manis Secada handal didataran menengah dari Panah Merah. Untuk mendapatkan Jagung Manis Secada, dapat menghubungi LMGA AGRO Toko Pertanian On Line terpercaya. Kami siap melayani anda, memberikan pelayanan terbaik, benih yang asli dan mengirimkan ke berbagai tujuan di Indonesia. Untuk pemesanan benih dan konsultasi budidaya gratis hubungi CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...