TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/02/17

CABAI PANEX 100 F1

benih cabai merah besar, cabai panex, panex f1, panah merah, cabai panex 100 f1
LMGAAGRO.WEB.ID - Cabai merupakan salah satu komuditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi paling tinggi di pasaran. Setiap hari, permintaannya hampir tak pernah surut. Masyarakat terus memburunya baik digunakan sebagai sayur maupun yang paling sering sebagai bumbu masakan. Cabai memang cocok jika digunakan sebagai bumbu masakan. Rasanya yang pedas akan menguatkan cita rasa dalam masakan tersebut sehingga siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan.

Selain memberi rasa nikmat pada masakan, cabai juga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya ada protein, kalori, kalsium, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, dan vitamin C. Tak kalah penting kandungan utamanya, zat capsaicin sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dan sebagai zat anti kanker.

Kepopuleran cabai sebagai bumbu masakan tidak hanya di negara kita saja tetapi juga di manca negara. Negara-negara terutama di Asia Tenggara sangat menyukai makanan dengan cita rasa pedas dari cabai ini. Apalagi kini olahan produk industri dari cabai banyak kita jumpai di pasaran. Misalnya saja ada saus cabai, bubuk cabai, cabai kering, sambal, dan bumbu instans. Olahan industri dari cabai ini tidak perlu diragukan lagi. Dibandingkan cabai yang masih dalam bentuk utuh, masyarakat lebih menyukai olahan dari cabai ini karena kepraktisan dan keawetannya saat disimpan. Selain itu olahan cabai ini bukan hanya laku di pasar lokal saja tetapi juga di pasar internasional. Ya.. beberapa olahan dari cabai telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara di Benua Asia seperti Brunei Darussalam, Singapura, India, Hongkong, dan Saudi Arabia.

Peluang berbisnis cabai sangat menguntungkan. Potensi pasarnya cukup luas dan nilai ekonomisnya sangat tinggi. Permintaannya terus bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk dan jumlah kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan industri. Namun sayangnya harga cabai masih fluktuatif dimana harga akan turun pada saat tiba panen raya dan harga akan naik dratis saat mendekati hari raya atau tahun baru seperti tahun ini. Hal ini mungkin akan menjadi masalah bagi petani jika panen terjadi pada saat harga turun tapi akan menjadi untung besar jika panen pada saat harga sedang naik. Maka dari itu petani perlu menerapkan sistem yang tepat agar panen mendapat harga yang menguntungkan.

Tanaman cabai yang dibudidayakan telah banyak jenisnya. Jenisnya cukup bervariasi, beberapa jenis dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, rasa pedas dan warna. Diperkirakan ada sekitar 20 spesies yang sebagian besar hidup di negara asalnya, Benua Amerika. Namun, masyarakat Indonesia umumnya hanya mengenal 3 jenis saja yaitu cabai rawit, cabai keriting dan cabai merah besar. Cabai merah besar menjadi salah satu yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan harganya jauh lebih mahal dibandingkan cabai lainnya. Cabai merah besar (Capsicum annum L.) memiliki bentuk yang panjang lurus, berwarna merah, dan kulit yang halus. Cabai ini lebih sering digunakan untuk keperluan industri terutama untuk olahan saus cabai dan juga sebagai pewarna masakan.

Budidaya cabai merah sangat menjanjikan dalam nilai ekonomi sehingga menarik minat petani di manapun di dataran tinggi, dataran rendah, maupun di pesisir pantai. Prospek keuntungannya sangat besar. Untuk memulai budidaya cabai, kini pun telah muncul berbagai macam varietas benih cabai yang bisa menjadi pilihan petani. Banyak benih-benih cabai hibrida produksi dari berbagai produsen benih yang telah beredar di pasaran dan memiliki keunggulan masing-masing. Pilihan benih cabai merah besar hibrida tersebut antara lain cabai F1 Imperial dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Imola dari Eston Seed, cabai F1 TM Scarlet dari TM Seeds, cabai F1 Gada dari Cap Panah Merah, cabai F1 Profit dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Elegance dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Gada MK dari Cap Panah Merah, Cabai F1 Baja dari Cap Panah Merah, Cabai F1 Gandewa Cap Panah Merah, cabai F1 Hot Beauty dari Known You Seed, cabai F1 Horison dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Arimbi dari Cap Kapal Terbang, cabai F1 Pilar dari Cap Panah Merah, dan cabai F1 Panex dari Cap Panah Merah.

Bisa kita lihat, tidak hanya petani saja yang memanfaatkan keuntungan dari cabai tetapi juga para produsen benih yang mengambil bagian dalam rantai pasar cabai. Produsen benih berlomba-lomba untuk memproduksi benih cabai unggulan yang mampu menjawab tantangan yang ada di lapangan, baik tantangan dari selama proses budidaya, pasca panen hingga penerimaan konsumen akhir terhadap hasil panen.

Salah satu benih cabai besar unggulan adalah cabai Panex 100 F1. Cabai Panex merupakan cabai besar hibrida yang diproduksi oleh produsen benih PT East West Seed Indonesia Cap Panah Merah. Cabai Panex F1 dari Panah Merah ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Cabai Panex F1 direkomendasikan untuk dataran tinggi
  2. Toleran terhadap suhu yang panas 
  3. Tanaman tahan layu bakteri dan tahan terhadap serangan Phytopthora Capsici 
  4. Buah Cabai Panex memiliki bentuk agak gepeng
  5. Ukuran buah sekitar 17 cm x 2 cm
  6. Warna buah merah mengkilat
  7. Toleran terhadap pecah buah dan toleran ujung buah kuning 
  8. Tanaman cabai F1 Panex memiliki tipe tanaman melebar
  9. Umur tanaman genjah 
  10. Tanaman dapat dipanen saat berumur 80-105 HST
  11. Potensi hasil 1-1,5 kg/tanaman atau 16-25 ton/ha
Cabai Penex 100 F1 dari Panah Merah cocok menjadi pilihan petani untuk memulai budidaya cabai merah besar. Dengan pemilihan benih yang tepat dan cara pembudidayaan yang benar, budidaya cabai akan menghasilkan keuntungan yang sangat menjanjikan dengan hasil panen yang sesuai harapan.

Apabila berminat benih Cabai Panex 100 F1 Cap Panah Merah bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...