SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Jumat, 08 September 2017

BUTTERNUT SQUASH LABU MADU, DAGING BUAH MANIS DAN LEMBUT


labu madu f1, labu madu, benih labu, benih labu madu
LABU MADU
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Butternut squash merupakan salah satu jenis labu atau waluh yang cukup populer di masyarakat terutama kalangan menengah ke atas. Jenis labu ini dapat dibilang sangat unik. Bentuknya tidak bulat seperti labu-labu pada umumnya melainkan berbentuk seperti kacang tanah. Selain itu, rasanya juga manis dan bertekstur lembut seperti mentega saat sudah dimasak. Labu ini sangat istimewa, keberadaannya masih jarang ditemui di pasaran. Jangkauan pasarnya pun masih sempit dan terkadang hanya tersedia di pasar-pasar buah tertentu saja.
Meskipun begitu labu ini sangat menjanjikan untuk di budidayakan dan peluang budidayanya tentu masih terbuka sangat lebar bagi siapa saja yang berminat. Tak harus petani, siapapun bisa asalkan punya niat sungguh-sungguh dalam membudidayakannya, pasti akan berhasil.

Butternut squash atau labu madu mulai diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2013-an. Jenis labu ini berasal dari daerah Waltham, Amerika Serikat. Labu butternut termasuk golongan tanaman semusim dari keluarga Cucurbitaceae. Tanaman labu madu tumbuh merambat dan menjalar. Namun, tidak seperti keluarga Cucurbitaceae lainnya, budidaya labu ini masih belum banyak dilakukan oleh petani sehingga keberadaannya sangat sulit ditemukan di pasaran. Saat ini, hanya ada beberapa daerah tertentu saja yang telah membudidayakan labu madu secara ekslusif seperti daerah Cianjur (Jabar), Bojonegoro (Jatim), Pekanbaru (Riau), dan Lampung. Sedangkan daerah-daerah lainnya masih dalam tahap perkembangan.

Buah labu Madu (Butternut squash) kaya manfaat dan sumber gizi. Buah labu madu mengandung serat yang tinggi, anti oksidan, beta karoten, kalium, mangan, kalori, karbohidrat, vitamin A, C dan vitamin B kompleks. Manfaat labu madu antara lain menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya penglihatan, memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, menurunkan berat badan (makanan diet) dan dapat juga sebagai MPASI (Makanan Pengganti ASI) bagi bayi.


Budidaya labu madu atau butternut squash memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Harga jual labu butternut sangat tinggi dibanding jenis labu biasa. Di tingkat petani, harga labu ini berkisar Rp 50-70 ribu/kg sedangkan di pasaran dapat mencapai Rp 100-130 ribu/kg. Hal ini juga didukung pula dengan potensi hasil tanaman tinggi sekitar 10 kg/tanaman. Jadi, bisa dibayangkan kan berapa kira-kira keuntungan yang didapat dari budidaya labu butternut ini. Cukup menjanjikan bukan?

Teknik dan budidaya labu madu ini tergolong mudah, tidak rumit dan tidak berbeda dengan labu-labu umumnya. Tanaman labu madu membutuhkan para-para atau tralis sebagai tempat perambatan sekaligus untuk menjaga buahnya agar kualitasnya terjaga. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya labu madu. Salah satunya yaitu pengendalian terhadap hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang sering menganggu tanaman labu adalah kumbang oteng-oteng sedangkan penyakit layu bakteri dan layu fusarium. Maka dari itu, pengecekan rutin selama budidaya harus diperhatikan mulai dari tahap awal sampai akhir proses budidaya. Cara pengendalian hama pada tanaman labu ini cukup mudah, dapat dilakukan dengan memungut hama tersebut dan langsung memusnahkannya atau dapat melalui penyemprotan insektisida pada pagi dan sore hari. Untuk pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan memperhatikan sanitasi lahan dengan baik.

Labu Madu akan memasuki musim panen saat tanaman sudah berusia 75-90 hari setelah tanam. Ciri-ciri labu madu yang siap panen adalah buah dan tangkai pada pangkal buah berubah warna dari hijau menjadi kuning kecoklatan. Pemanenan dapat dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau memetiknya langsung. Buah labu madu memiliki daya simpan cukup lama mencapai 6 bulan dan tingkat kemanisannya akan meningkat setelah buah ini disimpan minimal 2 bulan setelah panen.

Budidaya labu madu atau butternut squash saat ini menjadi trend baru. Labu madu semakin digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang lembut dan manis, bentuk buahnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Masih sedikitnya pembudidaya labu madu, menjadikan komoditas ini masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jenis labu madu yang telah beredar di pasaran pun masih terbatas dan yang terkenal antara lain Labu Madu F1 Peacock dari Known You Seed dan Labu Madu F1 dari Panah Merah. Salah satu butternut squash yang menjadi pembahasan kali ini adalah Labu Madu F1 dari Panah Merah. Labu madu dari Panah Merah termasuk jenis labu hibrida yang memiliki banyak pengemar di kalangan masyarakat. Buah Labu Madu memiliki rasa yang sangat manis dan lembut. Kulit buahnya yang halus dengan bentuk buah yang unik dan seragam menjadikan buah Labu Madu memiliki niai jual yang relatif tinggi. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh Labu Madu dari Panah Merah ini sebagai berikut:
  1. Labu Madu F1 merupakan labu kuning  (butternut pumpkin) yang memiliki tekstur daging lebih lembut (seperti mentega).
  2. Labu Madu memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan varian labu kuning lainnya.
  3. Tingkat kemanisan buah Labu Madu  mencapai 18 brix
  4. Buah Labu Madu berbentuk panjang silindris dengan panjang 18 cm dan diameter 9 cm.
  5. Kulit buahnya berwarna krem kecoklatan dan daging buah berwarna jingga
  6. Tanaman labu madu sangat mudah perawatannya dan direkomendasikan untuk ditanam di daerah dataran rendah sampai menengah
  7. Tanaman dapat dipanen pada umur 75 HST
  8. Potensi hasil Labu Madu Panah Merah mencapai 5 – 5,5 kg/tanaman atau setara 25 ton/ha
Butternut squash Labu Madu daging buah manis dan lembut sangat disukai konsumen. Labu Madu dari Panah Marah cocok menjadi salah satu dari tanaman budidaya kita. Budidaya labu madu sangat menjamin keuntungannya karena harga jualnya yang tinggi dan potensi pasarnya yang ekslusif serta terbuka lebar bagi semua petani.

Apabila berminat benih Labu Madu F1 dari Panah Merah tersedia di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan aneka benih, pestisida, obat pertanian, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap melanyani ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, ALS, dsb. kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...