TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/02/19

SEMANGKA KUNING TAK KALAH DENGAN SEMANGKA MERAH

budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
SEMANGKA KUNING PRIMADONA 
Semangka Kuning Tak Kalah dengan Semangka Merah. HP. 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Online Pertanian LMGA Agro jual benih hibrida F1 semangka baik semangka kuning maupun semangka merah. Baik non biji dan semangka berbiji. Juga tersedia benih hibrida semangka inul.


Toko Online Pertanian LMGA Agro melayani gratis konsultasi pertanian tentang seluk beluk budidaya pertanian termasuk budidaya semangka kuning. Kami juga menyediakan segala keperluan petani tentang berbagai jenis pupuk, pestisida, ZPT dan hormon pertumbuhan. Juga menyediakan berbagai alat-alat pertanian seperti alat kocor, alat pelubang tanam, mulsa plastik, polibag dan lain-lain.

Semangka merupakan buah dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Sehingga mengkonsumsi semangka baik untuk yang sedang program penurunan berat badan.

Dibandingkan dengan penyuka semangka merah, semangka kuning lebih sedikit yang menyukainya. Namun demikian rasa segar dan manisnya tidak kalah dengan semangka merah. Semangka kuning juga memiliki manfaat yang tak kalah penting dibandingkan semangka merah.

MANFAAT SEMANGKA KUNING BAGI KESEHATAN


Beberapa manfaat yang perlu diketahui dari semangka kuning, yaitu antara lain :
  1. Menyehatkan Mata dan Kecantikan Kulit. Mata adalah salah satu organ penting bagi kita yang harus selalu dijaga dan dirawat kesehatannya. Gangguan pada mata seperti mata minus dan masalah lainnya cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Mengkonsumsi wortel dan pepaya biasanya yang sering digunakan untuk kesehatan mata. Dan ternyata sekarang semangka kuning dapat ditambahkan untuk kesehatan mata juga. Semangka kuning juga mengandung beta-carotene dan vitamin A yang saling bersinergi merawat kesehatan mata dan organ mata.
  2. Menyehatkan Jantung. Mengkonsumsi semangka kuning dapat menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan jantung. Karena didalam semangka kuning terkandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Semangka kuning juga dapat melenturkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah naiknya tekanan darah kita.
  3. Menyehatkan saluran Pencernaan. Semangka kuning yang mengandung air baik untuk kesehatan organ pencernaan kita. Masalah pencernaan yang sering terjadi adalah seperti sembelit dan susah buang air besar, dapat teratasi dengan konsumsi semangka kuning. Semangka kuning mengandung vitamin C untuk mengobati sariawan dan panas dalam. Mengatasi gejala maag maupun masalah kesehatan pencernaan lainnya.


ANTARA SEMANGKA KUNING DAN SEMANGKA MERAH


budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
BENIH SEMANGKA KUNING INUL
Antara semangka kuning dan semangka merah memiliki perbedaan dalam kandungan vitamin dan mineralnya. Perbedaan ini berdampak pada manfaat dalam mengkonsumsi semangka kuning dan semangka merah.

Semangka kuning mengandung beberapa vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Vitamin dan mineral tersebut antara lain citruline, asam amino, likopen, kalium, vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Semangka kuning juga mengandung serat dan gula alami yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Semangka merah juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Semangka merah 100 gram sajian mengandung fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat, vitamin B6, C, E dan K. Semangka merah juga mengandung protein, niasin dan serat yang tinggi juga.

Antara semangka kuning dan semangka merah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Namun, bila keduanya dikonsumsi secara tepat, manfaatnya bagi tubuh berbeda.

Beberapa manfaat semangka kuning antara lain untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Mencegah serangan stroke dan tekanan darah tinggi dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, semangka kuning dapat mencegah datangnya sariawan.

Semangka merah bermanfaat untuk menangkal kanker, mengatasi sembelit, mencegah dehidrasi, mengatasi nyeri otot dan mencegah peradangan. Manfaat lainnya, semangka merah merupakan sumber kolagen alami, sangat tepat dikonsumsi bagi yang ingin diet. Semangka merah dapat membantu meringankan sistem kerja ginjal sehingga melancarkan aliran urine dalam tubuh.

Meskipun antara semangka kuning dan semangka merah memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda, namun keduanya sama nikmatnya dikonsumsi. Sama-sama berasa manis dan menyegarkan terutama bila dikonsumsi dingin.


SEMANGKA KUNING DAN JENIS SEMANGKA


SemangkaCitrullus lanatus termasuk dalam suku timun-timunan, Cucurbitaceae. Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian Selatan. Semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon ( Cucumis melo ) dan ketimun ( Cucumis sativus ).

Sebagai suku timun-timunan, tanaman semangka adalah merambat namun tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan merambat semangka mencapai belasan meter. Tanaman semangka cukup tahan kekeringan terutama bila memasuki masa pembentukan buah.

Jenis semangka yang ditanam di Indonesia terbagi menjadi semangka lokal dan semangka hibrida.

  • Semangka lokal dari daerah Sengkaling, Malang Jawa Timur. Berbentuk oval dan memiliki garis tipis memanjang berwarna hijau tua. Daging buah berwarna merah cerah, rasa manis dan berbiji banyak. Termasuk semangka open polineted yaitu semangka yang tidak berubah kualitasnya bila bijinya ditanam kembali.
  • Semangka lokal Bojonegoro, jawa Timur. Kulit buah berwarna hijau tua dan bergaris. Berdaging merah jingga dan rasanya kurang manis. Bijinya banyak, kulitnya tipis dan berdaging tebal. Biasanya digunakan untuk membuat kuaci.

SEMANGKA HIBRIDA


budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
SEMANGKA KUNING INUL
 JAMANIKU F1
a. Sweet beauty
adalah semangka unggulan dari Known-You Seed yang beratnya mencapai 3 - 4 kg/buah. Kulitnya berwarna hijau muda, kulit semngka ini tebal sehingga tahan dalam pengangkutan dan penyimpanan. Daging buah berwarna merah dan memiliki kandungan gula 12 - 14%. Umur panen 80 - 85 hari sejak ditanam di lahan.
b. Golden Crown
Diproduksi Known-You Seed. bentuknya bulat memanjang, kulitnya berwarna kuning cerah dan daging buahnya berwarna merah. Kandungan gula sekitar 12% dan bijinya kecil-kecil.
c. New dragon
Jenis semangka yang berasal dari Taiwan. Berbentuk bulat memanjang dengan ukuran yang besar. Berat buah mencapai 9 kg. Kulit buah tebal dan tahan kerusakan. Daging buah renyah, banyak air dan rasanya sangat manis. Jenis semangka ini mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah. Tahan serangan CMV ( Cucumber Mosaic Virus ).
d. Farmer Giant 
Sesuai namanya yang berarti raksasa, jenis semangka ini dapat mencapai berat sampai 12 kg. Kulit buah tebal dan keras. Daging buah merah menyala, rasanya manis dan teksturnya renyah. Jenis semangka ini relatif tahan dari CMV.
e. Yellow Baby
Jenis semangka yang berbentuk oval, diameter buah sekitar 15 cm dan berat buah mencapai 4 kg. Kulit buah berwarna hijau muda menyala dengan corak memanjang yang berwarna hijau gelap. sesuai namanya yang berarti kuning, daging buahnya berwarna kuning, rasanya manis dan renyah.
f. Quality
Jenis semangka non biji dengan berat mencapai 7,5 kg. Bentuk semangka adalah bulat, warna kulit hijau agak kebiruan dan corak yang berwarna hijau tua. Daging buah berwarna merah, sangat manis dan renyah. Kulit semangka ini tebal sehingga tahan untuk pengiriman jarak jauh dan tahan penyimpanan.


SEMANGKA KUNING HIBRIDA F1 NON BIJI | LMGA AGRO


  1. Semangka F1 PRETTY ORCHID semangka non biji dari Known-You Seed berbentuk bulat. Berat rata-rata 7 kg/buah. Kulit buah tebal dan bergaris sehingga tahan pengangkutan jarak jauh. Kadar gula 14% Brix. Umur petiknya 65 hst.
  2. Semangka F1 JELITA non biji berdaging kuning dari Known-You Seed. cocok ditanam di dataran rendah 50 - 500 meter dpl. Buah berbentuk bulat, warna hijua muda dengan corak hijau kehitaman. Rasa buahnya manis, renyah dan kadar gula 12 - 13% Brix. Bobot semangka 12 - 15 kg/buah. Dapat dipanen umur 82 - 85 hst.
  3. Semangka F1 PRIMADONA non biji daging kuning Cap Kapal Terbang. Tanaman tahan layu dan embun tepung ( Downey Mildew ). Pertumbuhannya seragam, dapat dipanen umur 60 hari setelah pindah tanam. Bobot semangka sekitar 4 - 7 kg/buah.

SEMANGKA KUNING HIBRIDA F1 BERBIJI | LMGA AGRO


budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
SEMANGKA F1 ANGELA 

  1. Semangka F1 ANGELA berbiji daging kuning Cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk dataran rendah. Bentuk buah bulat, warna kulit gelap dengan rata-rata berat 5 - 7 kg/buah. Kadar gula 10,8 - 13,6% Brix. Buah padat dan keras, kuat tahan pengangkutan jarak jauh dan simpan lama.
  2. Semangka F1 MAHESA berbiji daging kuning dari Tunas Seed. Buah bulat, berat mencapai 8 kg/buah. Kulit buah gelap polos, daging buah padat tidak berongga. Umur panen 65 hst. Tanaman tahan penyakit kresek ( Downey Mildew ).
  3. Semangka F1 BLACK ORANGE berbiji daging kuning dari SG Seed. Bentuk buah bulat, berat 9 kg/buah dan dipanen umur 65 hst. Kulit buah gelap polos, kulit keras dan daging buah padat tidak berongga sehingga tahan pengangkutan. Tanaman tahan penyakit kresek ( Downey Mildew ).
  4. Semangka F1 BIG SUGAR berbiji, daging kuning produk Diamond Seed ( Cap Kujang ). Bentuk buah bulat dan beratnya rata-rata 7 kg dan dipanen umur 60 hst. Tahan penyakit kresek ( Downey Mildew ). Kulit gelap polos, kulit keras, daging buah padat tidak berongga sehingga tahan pengangkutan jarak jauh dan tunda panen.
  5. Semangka F1 MASTER berbiji daging kuning Cap Kapal Terbang. Bentuk buah bulat, rata-rata berat 8 kg/buah dan panen umur 60 hst. Tahan penyakit kresek ( Downey Mildew ). Mudah perawatannya dan daging buah padat, tahan pengangkutan jarak jauh.

SEMANGKA KUNING HIBRIDA F1 LONJONG ( INUL ) | LMGA AGRO


  1. Semangka F1 SF-5656 lonjong berbiji daging kuning dari Known-You Seed. Warna kulit hijau tua, rasa manis dan kadar gula 13% Brix. Dapat dipanen umur 70 hst dengan bobot buah 4 - 5 kg/buah. Buah kuat dan tahan penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh.
  2. Semangka F1 LEGYTA bentuk lonjong Cap Panah Merah. Daging buah oranye. Rekomendasi untuk dataran rendah. Pertumbuhan tanaman kuat, seragam, sangat produktif dan mudah perawatannya. Buah kuat dan tahan pecah. Rasa sangat manis.
  3. Semangka F1 JAMANIKU Cap Mutiara Bumi. Bentuk lonjong, warna daging buah kuning tua. Rekomendasi untuk dataran rendah - menengah dan di musim kemarau. Tanaman tahan penyakit Downey Mildew. Rasa sangat manis, kulit buah kuat dan tahan pecah.
  4. Semangka F1 TM GOLDEN dari Tani Murni. Bentuk lonjong, daging buah berwarna kuning emas. Cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Berat buah 3 - 4 kg/buah, rasa manis dan renyah. Toleran terhadap penyakit busuk batang.
  5. Semangka F1 SUN BAO dari Known-You Seed. Bentuk buah oval, daging buah berwarna kuning. Kadar gula 12% Brix. Dapat dibuahkan 2 buah per batang dengan ukuran yang sama. Cocok sebagai sumber bunga jantan untuk semangka non biji. Berat buah 5 kg/buah.
  6. Semangka F1 KIDUNG dari Tunas Seed. Lonjong dan berdaging kuning. Kadar gula 14% Brix. Berat buah 5 kg/buah dan panen umur 60 hst. Buah kuat, tidak mudah pecah.
  7. Semangka F1 INNOLE Kuning 175 dari Agrosid. Bentuk lonjong, renyah dan rasa manis. Kadar gula 13% Brix. Buah tidak mudah pecah dengan berat 3,5 kg/buah. Tanaman tahan layu dan bunga mudah menjadi buah.
  8. Semangka F1 PATAYA dari Diamond Seed ( Cap Kujang ). Bentuk lonjong dan daging buah kuning. Rasa manis, kadar gula 14% Brix dengan berat 4 kg/buah. Buah tidak mudah pecah.
  9. Semangka F1 MADURI dari Bintang Asia. Bentuk lonjong, daging buah kuning dan tidak mudah pecah. Kadar gula 14% Brix dengan berat 5 kg/buah, Umur panen 57 hst.

SEMANGKA KULIT KUNING HIBRIDA F1 | LMGA AGRO


budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
SEMANGKA F1 LEGIMO
Semangka kuning yang dikenal petani umumnya selama ini warna kulitnya adalah hijau. Namun ada juga sebutan semangka kuning adalah semangka yang kulitnya berwarna kuning namun daging buahnya berwarna merah. Untuk jenis semangka terakhir ini, masyarakat tetap menyebutnya semangka merah dan bukan semangka kuning, karena daging buahnya berwarna merah. 

Berikut benih semangka kulit kuning hibrida F1 yang dikenal masyarakat, yaitu :

  • Semangka F1 JENAR dari Tunas Seed. Semangka inul, pertumbuhan dan tanaman seragam. Daging buah merah, renyah dan kadar gula 13% Brix. Tanaman tahan layu, berat buah 4 kg/buah dan tidak mudah pecah.
  • Semangka F1 LEGIMO dari Aura Seed Indonesia. Bentuk buah oval, daging buah berwarna merah. Tanaman memiliki adaptasi yang luas. Kadar gula 14,5 - 15,5% Brix. Berat buah 3 - 5 kg/buah.

BUDIDAYA SEMANGKA DAGING BUAH KUNING


Syarat tumbuh untuk menanam semangka kuning sama dengan semangka lainnya. Idealnya semangka ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian 600 meter dpl. Curah hujan yang diinginkan adalah sekitar 40 - 50 mm/bulan dan suhu sekitar 25 -30 °C. Semangka menyukai jenis tanah yang berpasir dengan pH 6 - 6,7. Jika tanah tidak berpasir, harus gembur dan banyak mengandung unsur hara.

Setelah tanah digemburkan dengan cara dicangkul, buatlah bedengan yang lebarnya sekitar 3 meter untuk sistem tunggal. Jika menggunakan sistem ganda, lebar bedengan dibuat 6 - 7 meter. Tinggi bedengan sekitar 50 cm. Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang agar kesuburan tanah meningkat.

Benih semangka dibasahi dulu lalu diperam menggunakan kertas koran selama 1 - 2 hari hingga benih berkecambah. Setelah 1 - 2 hari benih berkecambah, pindahkan ke media semai polibag. Polibag semai diletakkan dibawah sinar matahari. Perawatan rutin berupa penyiraman 1 - 2 kali sehari sampai berumur 12 - 14 hari dan muncul 2 - 3 helai daun.

Lahan kebun tidak ada peneduh yang menutupi lahan. Lahan langsung terpapar sinar matahri langsung minimal 6 jam sehari. Agar terhindar dari penyakit maka usahakan harus mengetahui riwayat menanam sebelumnya.

Lahan dekat dengan sumber air agar mudah dalam penyiraman nanti. Usahakan tidak terlalu dekat dengan pantai agar tidak terkena dampak dari laut.


MENANAM SEMANGKA KUNING BENIH HIBRIDA F1


budidaya semangka, menanam semangka, buah semangka, jual benih semangka, lmga agro
ALAT KOCOR
BUDIDAYA SEMANGKA
Bibit mulai dipindahkan saat berumur 12 - 14 hari setelah semai dan memiliki 2 - 3 helai daun. bila menggunakan cara tunggal yaitu satu baris lubang tanam dalam satu bedengan, maka jarak tanam semangka kuning yang digunakan adalah 90 - 100 cm x 3 meter. Bila mengguankan cara ganda maka jarak tanamnya adalah 90 - 100 cm x 6 - 7 meter.

Jika bibit telah cukup umur dan lahan bedengan juga sudah siap, maka segera lakukan penanaman. Sebelum ditanam, bibit dikeluarkan dari polibag semai dengan hati-hati. Masukkan bibit kedalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Timbun dan padatkan dengan tanah atau pupuk kandang secukupnya. Penanaman dilakukan selesai dalam satu hari dan dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak panas.

Setelah melakukan penanaman, bedengan disiram bisa dengan mengalirkan air pada saluran drainase antar bedengan. Lalu disiramkan pada bedengan dengan hati-hati, jangan sampai menggenang. Bisa juga menggunakan alat siram gembor yang aliran airnya halus. Alat siram dapat Anda beli di Toko Online Pertanian LMGA Agro.

Penyiraman selanjutnya disesuaikan dengan kondisi lahan dan cuaca. Penyiraman biasanya dilakukan 7 hari sekali, bila sudah muncul buah, penyiraman ditambah intervalnya setiap 5 hari sekali.

Pengontrolan rutin pada kebun untuk mengetahui keadaan kebun dan tanaman yang kita tanam. Penyulaman atau mengganti bibit yang rusak atau mati dilakukan sampai umur 7 hari setelah tanam. Ganti dengan bibit yang masih segar yang sudah disediakan sebelumnya. Penyiangan terhadap gulma dilakukan bersamaan kegiatan lainnya. Kondisi kebun harus bersih agar semangka kuning tidak mudah terinfeksi penyakit yang dibawa oleh gulma sebagai tanaman inang.

PERAWATAN TANAMAN SEMANGKA KUNING AGAR BERBUAH BESAR


Pemberian pupuk susulan yaitu NPK 16-16-16 dilarutkan dengan air. Sebanyak pupuk 1 gelas aqua dilarutkan dalam 40 liter air. Pemupukan pertama pada umur 7 hari setelah tanam.

Pemupukan berikutnya setiap interval 7 hari sekali, berikan pupuk dengan jenis pupuk dan dosis yang sama. Untuk pemupukan ke-3 dan selanjutnya dosis pupuk menjadi 2 - 3 gelas tergantung dari kesuburan tanaman. Pemupukan di atas bila menanam di musim kemarau, bila di musim hujan, interval pemberian pupuk 10 - 14 hari sekali.

Penyiangan juga diperlukan untuk persiapan pemupukan untuk pembesaran semangka. Selanjutnya adalah penataan sulur untuk mempermudah seleksi buah. Pada awal muncul buah, perempelan dilakukan pada buah semangka yang tumbuh di pangkal batang. Sisakan 1 - 4 buah yang berjarak 1 meter dari pangkal batang.

Seleksi buah dilakukan dengan memilih bakal buah yang muncul. Biarkan semua buah muncul baik dari sulur utama maupun sulur cabang. Bakal buah yang dipilih adalah yang jauh dari akar tanaman, pada daun ke 11 - 14 dan letaknya di 3 sulur utama. Pilihlah buah yang bentuknya baik dan sisakan 2 - 3 buah per batang.

Selanjutnya dilakukan pemangkasan sekunder untuk menjaga kesuburan tanaman dan ketersediaan nutrisi yang difokuskan untuk pembesaran buah. Beri alas di bawah buah agar buah tidak langsung menyentuh tanah yang dikuatirkan terkena hama uret. Alas yang dipakai adalah yang berpori atau minimal air bisa keluar meresap ke tanah dan tidak menggenangi buah.

Proses pembalikan buah dilakukan untuk mendapatkan warna kulit buah yang merata. Buah dibalik atau diputar agar semua permuakaan kulit terkena sinar matahari dan dilakukan setiap 7 hari sekali.
Pemupukan khusus untuk membesarkan buah dengan cara menaburkan NPK 16-16-16 bersama saat penyiraman umur tanaman 45 hst. Pemupukan untuk membesarkan buah ini rutin dilakukan selama 10 hari.

HAMA DAN PENYAKIT PADA SEMANGKA


  • Hama Thrips disemprotkan akarisida berbahan aktif abamectin. Seperti Agrimec, Demolish dan Bamex.
  • Hama penggerek daun disemprotkan dengan pestisida yaitu Curacron atau regent.
  • Hama Lalat buah dikendlikan dengan pestisida yang berbau tajam yaitu Curacron atau Santoat.
  • Hama kumbang daun disemprotkan insektisida berbahan aktif diafentiuron, profenofs, tiodikarb atau metidation.
  • Hama Kutu kebul dikendalikan menggunakan akarisida yang berbahan aktif abamectin, seperti Agrimec, Demolish, Bamex dan Alfamex.
  • Hama ulat tanah dikendalikan dengan menyemprotkan Curacron atau Prevathon.
  • Hama Ulat Grayak dikendalikan menggunakan pestisida Regent, Curacron atau Santoat.
  • Hama Jangkrik/Gangsir menggunakan pestisida Curacron, Decis, Santoat atau Regent.
  • Penyakit Layu Fusarium dapat dikendalikan dengan menggunakan mulsa plastik, sistem drainase yang baik, sanitasi lingkungan dan membuang tanaman yang terinfeksi. Kocorkan fungisida atau Trichoderma.
  • Rebah Semai atau dikenal dengan " dumping off " mencegahnya dengan menggunakan aplikasi fungisida karbendazim pada benih dan semprotkan antracol.
  • Antraknosa dikendalikan dengan membuang jauh buah yang terkena. Penyemprotan menggunakan fungisida Antracol, Bion-M atau Dithane.
  • Layu Bakteri dikendalikan dengan mencabut dan membuang tanaman yang terkena. Penyemprotan menggunakan bakterisida seperti Agrimicin.
  • Embun Tepung atau dikenal Powder Mildew dapat dikendalikan dengan memusnahkan tanaman yang sudah terkena. Penyemprotan fungisida berbahan aktif benomyl, pradimefon dan tembaga.
  • Bercak Daun dapat dikendalikan dengan melakukan pergiliran tanam, jaga kondisi lingkungan untuk tidak lembab, Penyemprotan menggunakan fungisida Antracol, Starmyl, Dithane atau Score.
  • Penyakit virus WMV yang vektornya adalah hama Thrips dan Aphids. Dapat dikendalikan dengan melakukan rotasi tanaman, memusnahkan tanaman yang terinfeksi virus. Penyemprotan dilakukan pada hama vektornya menggunakan Demolish, Agrimec, Bamex atau Alfamex.

PANEN SEMANGKA KUNING BUAH SEGAR DAN MANIS


Umur panen rata-rata semangka kuning adalah 60 - 80 hst tergantung dari varietas tanamannya. Ciri-ciri buah yang sudah bisa dipetik adalah adanya perubahan warna pada buah dan batang buah yang mulai mengecil.

Buah semangka kuning mulai dipetik sebaiknya saat cuaca cerah sehingga saat dipetik buah dalam kondisi kering permukaan kulitnya. Waktu pemetikan seperti tersebut dapat membuat buah semangka kuning tahan selama dalam penyimpanan ataupun waktu masih ditangan pengecer. Sebaiknya pemetikan disertakan tangkainya agar kondisi buah semangkakuning tetap segar dan bisa tahan lama.
Kualitas buah yang bagus akan membuat produk semangka diminati pasar ekspor. Kondisi ini akan menguntungkan petani, dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan lahan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Apalagi saat panen semangka kuning tiba, harga semangka tinggi bahkan terus beranjak naik. Diantara jenis semangka lain, harga semangka kuning paling mahal per kilogramnya. Hal ini karena petani belum banyak yang berminat untuk budidaya semangka kuning sehingga semangka kuning di lapangan terbilang langka. Karena langka maka harga jualnya tinggi.


Harga semangka kuning juga bisa menjadi naik bila kebutuhan konsumen akan semangka kuning juga tinggi seperti saat bulan Ramadhan. Sedangkan ketersediaan semangka kuning juga tidak bertambah secara signifikan. Terutama juga cuaca lingkungan yang kurang mendukung seperti tingginya curah hujan.

Demikian artikel Kami tentang Semangka Kuning Tak Kalah Dengan Semangka Merah. Hubungi Toko Online Pertanian LMGA Agro 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Jual benih bibit hibrida F1 semangka kuning juga jenis semangka lainnya.  Menyediakan benih unggul hibrida F1 sayuran dan buah berkualitas.

Toko Online Pertanian LMGA Agro menyediakan berbagai jenis pupuk, pestisida, hormon tumbuh dan ZPT. Juga berbagai macam alat-alat pertanian seperti alat kocor, alat pelubang tanam, mulsa plastik dan lain-lain yang diperlukan untuk budidaya Semangka Kuning. Kami juga menerima layanan konsultasi di nomer yang ada di artikel ini. Silahkan menghubungi Kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































  




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...