TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/01/14

Benih Cabai Langka Hibrida TM 999 Diburu Petani

Cabai TM 999, Cabe TM 999, Cabe TM 999 Seminis, Cabe Keriting TM 999, Cabe Merah Keriting TM 999, Toko Pertanian, Lmga Agro
Tanaman cabai sudah menjadi sumber pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Jadi kita tahu bahwa menanam cabe bagi petani hortikutura sangat penting. Cabai TM 999 hingga kini masih jadi favorit petani.

Bahkan bisa kita ibaratkan tanaman yang tidak bisa ditinggalkan oleh penduduk dan petani Indonesia.

Maka tidak perlu heran jika pada setiap jengkal tanah pasti kita jumpai tanaman cabai. Baik tanaman cabe sifatnya yang tidak petani budidaya dengan baik ( Lokal ) hingga  cabai yang sifatnya produktif.

Tanaman cabe kini sanggup menjadi komoditas tanaman yang bisa menberi keuntungan besar bagi petani yang tanam. 

Budidayakan dengan cara menanam cabe yang benar dari awal hingga panen kini menjadi kewajiban petani. Kebutuhan konsumsi akan bumbu cabe ini terus meningkat dari masyarakat.

Selera masyarakat Indonesia yang senang dengan menu dengan taste pedas membuat permintaan buah cabe terus meningkat. 

Hotel, rumah makan, supermarket, perusahaan makanan hingga pasar induk hingga masyarakat sekitar kita menjadi penyumbang permintaan tertinggi buah cabe.

Hal ini bisa kita lihat sehari - hari masyarakat Indonesia cabai akan selalu menghiasi bumbu penyedap masakan. Tanpa cabe ibaratnya kurang " Hot ".

Bahkan jika pasokan hasil panen buah cabe petani terlambat atau berkurang. Harga cabai hari ini langsung melambung  tinggi tidak terkontrol. 

Terutama untuk jenis cabe rawit merah, harga cabai rawit hari ini bisa beda dalam waktu jam. Kalau sudah satu jenis cabe naik maka harga cabai merah hari ini juga akan ikut bergejolak. 

Lalu akan diikuti oleh harga cabai keriting hari ini langsung menyusul dalam hitungan jam. Maka jangan heran bila cabe dari tahun ke tahun selalu menjadi penyumbang inflasi di Indonesia.  

Hal ini bisa terjadi karena cabe merah, cabe rawit hingga cabe keriting sifatnya adalah produk substitusi. Apalagi masyarakat kita selalu menghendaki buah cabe segar, ini akan jadi masalah tersendiri.

Kejadian harga cabe bergejolak seperti ini hampir setiap tahun terjadi saat produksi sulit. Terutama saat curah hujan tinggi. Rev. 20/09/22.

Hasil Panen Produk Cabe Petani Indonesia

Data statistik selalu menunjukkan kejadian cabe mengalami gejolak harga cabe saat musim hujan tiba dengan curah hujan tinggi.

Oleh karena itu begitu stok panenan petani rendah dan stock cabai langka dan harga cabai di pasaran melonjak sampai Rp. 100.000/Kg. Bahkan jika parah harga bisa mendekati Rp. 200.000 / Kg cabe.

Khasus keluhan seperti ini pernah terjadi tahun 2011 banyak rumah makan dan ibu rumah tanggga yang harus pandai - pandai mengatur pengeluaran belanja akibat harga cabe tinggi

Bahkan sampai cabai ini menyubang penyebab inflasi yang paling tinggi di antara yang lain. Maka siapa pun pemerintahnya harus selalu memperhatikan keseimbangan stok cabe ini.

Cabai dan beras langka. Hal yang sulit untuk kita telaah dan gambarkan. Walaupun gejala - gejala itu setiap tahun seringkali ada hanya jenis komodoti  pangannya saja yang berbeda setiap tahunnya. 

Kelangkaan pangan di Indonesia sudah banyak menyebabkan pejabat di Republik ini harus berakhir tidur sendiri di hotel prodeo. 

Contoh kasus daging sapi kejadi pada tahun 2013 ini menyeret nama besar pejabat dan politikus yang harus berakhir di hotel prodeo. 

Benih cabai untuk jenis keriting hibida saat ini sudah banyak diproduksi oleh perusahaan nasional besar baik yang sifatnya masih import maupun yang sudah produksi dalam negeri. 

Benih cabe yang sudah hasil produksi dalam negeri semoga saja bisa semakin memiliki daya adaptasi yang lebih baik. Sehingga tingkat kerusakan hingga gagal panen dari petani makin rendah.

Beberapa perusahaan benih seperti PT East West Seed, Bisi International hingga Bintang Citra Asia menjadi salah satu produsen benih yang produktif hasilkan benih cabe terbaru dengan kualitas terbaik.

Diantara benih cabai keriting hibrida itu antara lain : Cabai keriting F1 TM 999, Cabai Flash 750, Cabai IGGO, Cabai Helix, Cabai Rimbun, Cabai Lado, Cabai Kiyo, Cabai MB 333, Cabai New Rodeo, Cabai King Chilli, Cabai Inko 99 serta yang lain.

Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila pemerintah mulai sekarang harus memperhatikan gejala dan sinyal dari bidang pangan ( Pertanian 

Apabila kesalahan dalam penanganan pertanian Indonesia akan menyebabkan resiko dan efek domino yang akan menakutkan hingga membahayakan bagi kestabilan sebuah negara. 

Cabe Sebagai Komoditas Penting Bagi Indonesia

Ketahanan pangan harus menjadi prioritas utama. Hal ini menjadi dasar utama sebelum pemerintah membangun yang lain. Karena akan terjadi gejolak jika pangan yang menjadi masalah.

Bisa kita bayangkan apabila Indonesia yang berpenduduk 210 Juta ini mengalami krisis bahan makanan 2 komoditi saja akan seperti apa.

Tadi hanya sekilas cerita bagaimana bangsa ini harus dibangun dengan landasan ketahanan pangan yang kuat dan stabil.

Berdasarkan narasi sekelumit cerita tadi saya jadi kembali teringat akan nama besar Cabai Keriting Hibrida ( F1 ) TM 999. Benih cabai yang menjadi salah satu pelopor di Indonesia untuk jenis cabai keriting.

Benih cabai TM 999 sudah mengalami banyak metamorfosis dari pemilik satu ke yang lain. Berpindah ke berbagai pengelola hingga kini jadi milik PT East West Seed Indonesia.

Benih cabe TM 999 F1 awal muncul dipegang oleh Hung Nong Korea dengan kemasan merah dan Pink. 

Selang beberapa tahun berganti lagi dipegang oleh Seminis Amerika dengan warna kemasan hijau dan garis silver.

Kini cabe merah keriting cabe TM 999 mengalami metamorfosis menjadi Cabai PM 999 yang dipegang hak pemasarannya oleh PT East West Seed Indonesia.
       
Namun demikian petani Indonesia adalah petani yang belum sepenuhnya belum bisa beralih dan percaya begitu saja.  Bahwa cabai hibrida ( F1 ) PM 999 adalah sama persis hasilnya dengan TM 999 yang diproduksi Seminis

Guna membangun kepercayaan itu dibutuhkan proses pengenalan, sosialisai hingga pembuktian diri pada masyarakat petani.

Kualitas Benih Cabai TM 999 Tidak Ada Lawan

Cabe Keriting, Cabe Merah Keriting, Cabai TM 999, Seminis, Tani Murni, Toko Pertanian, Lmga Agro
Jika hasil produksi PM 999 ini nyata setelah petani tanam hasilnya minimal sama atau justru lebih bagus dari nama besar sebelumya yaitu TM 999. Baru petani  bisa beralih menggunkan produk ini.

Hal ini bisa terjadi karena banyak sekali pembatas dari tanaman cabai itu saat kita coba tanam. Faktor cara budidaya cabai, pemupukan cabai  sampai hama dan penyakit cabai. 

Ini akan menjadi tantangan bagi seorang marketing perusahaan benih dalam mengenalkan produk baru ke petani.

Bahkan sampai saat ini benih cabai TM 999 masih banyak dicari oleh petani terutama pada daerah sentra penaman cabai Keriting TM 999

Sifat petani yang seperti ini tak lepas dari modal dalam biaya budidaya tanaman cabe yang semakin mahal dalam satuan luas. Bahkan dalam setiap tahunnya mengalami kenaikan yang tinggi  sekitar 10 % per tahun. 

Apalagi pada tahun 2013 ditutup dengan nilai tukar rupiah Rp. 12.500/Dollar US yang membikin barang - barang sarana produksi pertanian menjadi semakin mahal. Dampaknya harga pupuk, pestisida, benih hingga sarana pertanian naik.

Semakin tingginya biaya tanam tersebut maka petani akan semakin selektif dalam menggunakan dan memilih benih yang digunakan. Karena resiko gagal panen menjadi lebih kecil.

Itu tadi adalah beberapa alasan kenapa cabai keriting hibrida TM 999 masih banyak digunakan dan dicari oleh petani Indonesia. 

Selain itu nama besar cabai TM 999 sudah sanggup menjadi jaminan petani Indonesia. Kepercayaan ini terhadap produk cabe TM 999 ini yang akan susah kita geser.

Kualitas barangnya stabil hingga dapat beradaptasi pada segala musim dan tempat di area sentra produksi tanaman cabe Indonesia.    

Apabila ada petani hingga pembaca yang berminat terhadap benih cabai kerting hibrida ( F1 ) TM 999 dapat menghubungi Toko online LMGA AGRO dengan CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. 

Kami siap melayani dan mengirim pesanan keseluruh Indonesia dengan aman dan harga terjangkau.  Kami meberi jaminan belanja online anda pasti datang hingga uang anda kembali 100 %.

Segera hubungi team mandiri online toko pertanian Lmga Agro jika ingin pesan benih cabai TM 999 karena stok terbatas.    


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.