TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

19/02/21

Cara Menanam Cabe di Polybag Benih F1 OR Victoria Oriental Seed

cara menanam cabe di polybag, cabe keriting or victoria, benih cabe oriental seed, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hibrida
OR Victoria 
Cara Menanam Cabe di Polybag Benih F1 OR Victoria Oriental Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih F1 cabe keriting OR Victoria dari Oriental Seed. Benih berkualitas syarat cara menanam cabe di polybag. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani secara online segala varietas benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah-buahan. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami melayani pula konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Kami mengajak pula kerja sama menjadi dropship dan reseller Toko Pertanian LMGA Agro. 

Benih berkualitas hibrida cabe keriting OR Victoria produk Oriental Seed. Tanaman tumbuh kuat dan kokoh karena memiliki akar dan cabang kuat. Cabe keriting OR Victoria memiliki adaptasi luas di segala jenis tanah dan segala iklim. 

Cara menanam cabe di polybag menggunakan benih F1 cabe keriting OR Victoria. Cara menanam cabe di polybag dapat dilakukan di pekarangan rumah kita. Sebagai langkah memanfaatkan lahan kosong. Saat panen tiba, kita tinggal memetik cabe keriting dari pekarangan rumah. 

Cara menanam cabe di polybag benih hibrida cabe keriting OR Victoria Oriental Seed. Tanaman adaptasi luas, tahan penyakit dan hasil panen tinggi. Media tanam cara menanam cabe di polybag harus gembur dan kaya unsur hara. 

Polybag berukuran ada kecil hingga besar dengan masing-masing tujuan penggunannya. Polybag kecil dipakai untuk menyemai benih atau pembibitan cara menanam cabe di polybag.

Polybag ukuran besar digunakan untuk membesarkan cabe keriting sampai panen. Pemeliharaan cara menanam cabe di polybag mudah dan lebih efektif tenaga karena tidak ada pengolahan tanah. 


Benih Hibrida Cabe Keriting OR Victoria


Benih hibrida cabe keriting OR Victoria produk Oriental Seed tumbuh kokoh. Tanaman memiliki akar dan cabang sangat kuat. Adaptasinya luas dan tumbuh baik di segala jenis tanah dan iklim. 

Cara menanam cabe di polybag dengan cabe keriting OR Victoria dapat tumbuh optimal meski tidak memakai mulas plastik. Sehingga cara menanam cabe di polybag menggunakan cabe keriting OR Victoria menjadi lebih hemat biaya produksinya. 

Umur tanaman cabe keriting OR Victoria 95 - 100 HST dan mampu berproduksi tinggi dengan kualitas buah yang tinggi. Cabe keriting cocok untuk cara menanam cabe di rumah dan banyak dipasarkan bentuk segar maupun kering. 

Cara menanam cabe di polybag dengan benih cabe keriting OR Victoria direkomedasikan untuk dataran rendah hingga sedang. Cabe keriting OR Victoria panjang 12 - 14 cm dan diameter buah 1 - 1,2 cm. Berat buah 6 - 8 gram per buah. Potensi panen sekitar 10 - 20 ton/ha. 

Cara menanam cabe di polybag berlaku untuk semua jenis cabe. Cara menanam cabe di polybag biasanya bertujuan untuk dipakai sendiri. Namun juga bisa sebagai usaha kecil-kecilan di rumah dan  sebagai usaha mikro menengah modal kecil. 

Umumnya menanam cabe di rumah awalnya adalah merupakan kegiatan hobi berkebun. Namun bila dikelola dengan baik dan serius dapat menjadi sumber penghasilan. Karena harga cabe juga bila naik dapat menghasilkan keuntungan yang besar. 




Cara Menanam Cabe di Polybag 



cara menanam cabe di polybag, cabe keriting OR Victoria, benih oriental seed, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Polybag 
Tanam Cabe

Banyak keuntungan cara menanam cabe di polybag yaitu hemat tempat. Cabe di polybag dapat diletakkan sesuai selera. Cabe di polybag dapat pindah-pindah untuk mendapatkan tanaman tumbuh sehat dan subur. 

Cara menanam cabe di polybag tetap harus dilindungi dari hujan langsung dan terik matahari. Tanaman tetap diamati setiap hari dari serangan hama dan datangnya penyakit. Agar tahan dari tiupan angin, tanaman cabe keriting dipasangkan ajir di dekat tanaman. 

Cara menanam cabe di polybag mudah dan murah serta tidak memerlukan lahan luas. Kegiatan bercocok tanam cabe ini cocok untuk usaha rumahan. Cara menanam cabe di polybag dapat dilakukan bukan petani profesional di halaman rumahnya. 

Cara menanam cabe di polybag cabe keriting OR Victoria di dataran rendah hingga sedang. Polybag bisa digunakan untuk menyemai benih atau pembibitan dan membesarkan tanaman hingga panen. Selain polybag, cara menanam cabe di rumah bisa di pot plastik, kaleng bekas, drum atau ember. 

Untuk pembesaran tanaman hingga panen sebaiknya menggunakan polybag berdiameter 20 - 30 cm. Ukuran polybag besar dapat meningkatkan hasil produksi cara menanam cabe di polybag. Ukuran pot atau polybag besar menghasilkan produksi buah lebih banyak dibandingkan polybag kecil. 

Cara menanam cabe di polybag pada bagian dasar polybag terdapat 4 - 8 lubang untuk menghindari air menggenang. Bila menggunakan kaleng bekas atau ember bekas, harus dibersihkan dari kotoran terlebih dahulu. 


Media Tanam Cara Menanam Cabe di Polybag


Media tanam untuk cara menanam cabe di polybag yaitu campuran tanah, pasir, sekam dan kompos/pupuk kandang. Media tanam harus gembur, subur dan bebas hama dan penyakit. Media juga harus diayak hingga lembut agar gembur.  

Tanah sebagai media tanam biasanya lebih banyakjumlahnya karena tanah bersifat mengikat air. Tambahan pupuk kandang menambah nutrisi dalam tanah dan menggemburkan tanah. Peran pasir membuat air tidak mudah menggenang. 

Media tanam ideal adalah campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Perbandingan bisa sama atau 2 : 2 : 1. Tanah dan pasir banyaknya sama. Tanah, pasir dan pupuk kandang harus diayak hingga halus baru dicampurkan sesuai keinginan. Buang batu kerikil, kotoran potongan ranting dan lain-lain. 

Alternatif lain media tanam cara menanam cabe di polybag adalah campuran tanah, sekam dan pupuk kandang. Perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1. Atau bisa saja sekam diganti cocopeat atau sabut kelapa. 

Cocopeat  mengikat air dengan baik sehingga media cepat lembab dan tidak cepat kering. Cocopeat lambat lapuk, pH netral dan daya serapnya 6 kali lebih besar dari bobot cocopeat sendiri. Cocopeat adalah media yang biasa dipakai menanam secara hidroponik. 

Setelah media tanam dicampur, cek pH menggunakan alat pH meter. Alat juga tersedia di Toko pertanian online LMGA Agro. Idealnya pH tanah adalah 5,5 - 6,8. Bila perlu, tambahkan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram per pot untuk menjaga kesuburan. 

Insektisida sistemik Furadan 3G sebanyak setengah sendok teh untuk mengendalikan hama dalam media. Insektisida bisa dicampur bersama pupuk dan disebarkan di sekitar tanaman. Biarkan dan lihat hasilnya setelah 1 - 2 minggu. 




Cara Pemeliharaan Cabe Keriting OR Victoria di Polybag


cara menanam cabe di polybag, cabe keriting or victoria, benih oriental seed, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Menyemai
Benih Cabe 
Bibit selanjutnya dipindah ke polybag diameter besar yang telah siap ditanami. Setelah pindah tanam, siramkan air hingga lembab dan lakukan 2 - 3 hari sekali tergantung kelembaban media. Air penyiraman harus dapat keluar dari lubang pada polybag baik disamping maupun dasar polybag. 

Air keluar dari lubang pertanda bahwa media tanam sudah jenuh air. Kandungan hara pupuk dapat ikut keluar dan menjadi terbuang. Derajat keasaman tanah stabil. Media terlalu jenuh air dapat meracuni tanaman. Tanaman harus mendapatkan cukup sinar matahari. 

Pemupukan cara menanam cabe di polybag merupakan cara agar tanaman cepat berbuah. Pemupukan cara menanam cabe di polybag cabe keriting OR Victoria dilakukan setiap minggu. Pemberian pupuk meggunakan dosis rendah. Pemberian pupuk dengan dikocor lebih baik dari ditabur. 

Pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk NPK sebanyak 5 sendok makan ditambah 1 sendok makan Gandasil. Jenis pupuk Gandasil ada dua yaitu Gandasil D untuk diberikan di fase Vegetatif. Sedangkan Gandasil B diberikan di fase Generatif. Dosis pemberian dapat dilihat di label kemasan. 

Pupuk cara menanam cabe di polybag dilarutkan dalam air dan dikocorkan 250 ml per tanaman ( 1 gelas aqua ). Pupuk Gandasil D untuk fase vegetatif yaitu saat pertumbuhan daun batang. Pupuk Gandasil B untuk fase generatif yaitu masa tumbuhnya bunga dan buah cabe keriting OR Victoria. 


Syarat Media Tanam Cara Menanam Cabe di Polybag


Media tanam cara menanam cabe di polybag merupakan faktor penting kegiatan bercocok tanam. Media tanam pada polybag menentukan baik tidaknya pertumbuhan tanaman dan hasil panen. 

Banyak jenis media tanam dalam cara menanam cabe di polybag. Syarat media tanam juga harus baik karena mendukung pertumbuhan tanaman. Fungsi media tanam adalah menopang tanaman dan menyediakan nutrisi. 

Media tanam dapat menjadi tempat bagi akar tanaman tumbuh dan berkembang. Media tanam menyediakan nutrisi bagi tanaman. Cara menanam cabe di polybag, peran media tanam adalah sebagai pengganti fungsi tanah. 

Media tanam yang baik memiliki sifat fisik, kima dan biologi. Media tanam cara menanam cabe di polybag menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman. Media tanam harus mampu menopang tanaman. 

Cara menanam cabe di polybag mempunyai media tanam yang gembur dan mampu menggengam akar agar tidak roboh. Bila media terlalu gembur, pertumbuhan akar meningkat dan akar mudah terlepas dari medianya. Nmun bila terlalu padat, akar tidak tumbuh dan berkembang. 

Cara menanam cabe di polybag, media tanam memiliki porositas yang baik. Media tanam bisa menyimpan air dan mampu mengalirkan dengan baik. Harus bisa mempertahankan kelembaban ranah dan membuang kelebihan air. 

Media tanam cara menanam cabe di polybag porous dan berongga kosong antar materialnya. Media berporous baik dapat ditembus air dan air tidak mudah menggenang dalam polybag atau pot. Namun rongga-rongga media tanam juga bisa menyerap air dan menyimpan air agar lembab lebih lama. 

Media tanam cara menanam cabe di polybag mengandung unsur hara baik makro dan mikro. Unsur hara ditambahkan melalui pemupukan. Atau karena proses aktivitas mikroorganisme dalam tanah. 

Media tanam cara menanam cabe di polybag harus bebas dari bibit penyakit. Patogen dalam media tanam dapat menyerang dan mematikan tanaman. Media tanam tidak harus steril karena banyak mikroorganisme tanah menguntungkan bagi tanaman. 


Baca Juga : Cabai F1 Lentur, Tahan Cacar dan Pengangkutan Jarak Jauh


Sifat Media Tanam Cara Menanam Cabe di Polybag


cara menanam cabe di polybag, cabe keriting or victoria, benih oriental seed, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Tanaman Sayuran 

Tanah
sebagai bahan utama media tanam cara menanam cabe di polybag. Tanah untuk media tanam terbaik adalah lapisan paling atas dengan kedalaman 10 - 30 cm. 

Secara umum, terdapat dua tipe tanah yaitu tanah pasir dan tanah lempung. Tanah pasir memiliki kemampuan drainase yang baik. Tanah pasir cepat mengalirkan air namun tidak dapat menyimpan air sebagai cadangan dalam waktu lama. 

Tanah lempung sulit ditembus air sehingga air mudah menggenang di tanah lempung. Media tanam cara menanam cabe di polybag adalah tanah tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu berlempung. Tanah harus gembur. 

Kompos atau humus adalah bahan organik atau pupuk organik sebagai penyedia hara bagi tanaman. Hampir semua kompos padat dapat dipakai sebagai media tanam. Kompos dan pupuk kandang dapat memperbaiki struktur fisik tanah. Kompos dan pupuk kandang dapat meningkatkan kapasitas tukar kation. 

Pupuk organik yang dipakai harus telah matang. Kompos belum matang berpotensi mendatangkan hama dan penyakit. Unsur haranya juga sulit diserap akar tanaman karena belum terurai seluruhnya. 

Selain kompos, ada humus yang bisa sebagai media tanam cara menanam cabe di polybag. Humus didapatkan dari hutan. Kandungan unsur hara humus tinggi. Bila tempat Anda tidak dekat hutan, sekitar tanaman pakis-pakisan mengandung tanah humus.  

Arang sekam sering dipakai media tanam bila disekitar Anda banyak sisa pembakaran padi. Karena arang sekam adalah hasil pembakaran tidak sempurna sekam padi. Fungsinya dapat meningkatkan porositas tanah dan memperbaiki struktur media tanam. 

Arang sekam lebih baik dari sekam padinya karena arang sekam telah mengalami pembakaran, bibit penyakit hilang juga hama. Arang sekam dapat menetralisir keasaman tanah, menetralisir racun dan meningkatkan daya ikat tanah terhadap air. 

Sisa sabut kelapa juga digunakan sebagai media tanam cara menanam cabe di polybag. Juga disebut cocopeat mempunyai sifat seperti arang sekam. Cocopeat cocok dipakai pada daerah kering dan curah hujan rendah. Sabut diambil dari bagian kulit kelapa sudah tua. 


Cara Menanam Cabe di Polybag Usaha Rumahan Menguntungkan


Usaha rumahan sebagai usaha sampingan juga bisa sebagai usaha modal kecil dan dijalankan dengan serius. Cara menanam cabe di polybag biasanya dijalankan di halaman rumah kita. Di halaman rumah, Anda bisa menanam cabe di polybag sebanyak 10 - 20 batang cabe. 

Jika dipelihara dengan baik, satu batang tanaman cabe mampu berproduksi 0,7 - 1,4 kg. Masa panen tanaman cabe 20 kali dan dipanen 2 kali seminggu. 

Syarat tumbuh cara menanam cabe di polybag adalah mampu tumbuh di segala cuaca dan jenis tanah. Tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi ( <1500 m dpl ). Keasaman tanah yang sesuai adalah 5,5 - 6,5. 

Cara menanam cabe di polybag cocok untuk segala jenis tanah. Paling baik adalah tanah humus karena kaya unsur hara, drainase dan aerasi tanah cukup baik. Air cukup tersedia selama pertumbuhan tanaman. 

Cara menanam cabe di polybag juga membutuhkan sinar matahari cukup sepanjang hari. Intensitas penyinaran lebih dari 70%. Kekurangan sinar matahari membuat tanaman terus meninggi namun batangnya lemas. Daun juga lemas, umur panen menjadi lebih lama dan hasil panen rendah.  

Untuk mencegah serangan penyakit dari tanah sebaiknya media semai cabe keriting OR Victoria disterilisasi. Cara sterililsasi media semai yaitu mengukus media atau dijemur di bawah matahari. Biarkan media dingin lalu masukkan wadah semai dan siram. 

Tray semai sebagai persemaian ada di Toko pertanian online LMGA Agro. Benih cabe keriting OR Victoria dibenamkan dalam tray semai satu per satu. Tutup benih dengan media dan siram dengan cara air dipercikkan. 




Pemeliharaan Cara Menanam Cabe di Polybag


cara menanam cabe di polybag, cabe keriting or victoria, benih oriental seed, cara menanam cabe, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Umur 5 - 7 hari benih akan berkecambah menjadi bibit. Bibit umur 20 - 30 hari dan telah muncul daun 4 - 5 helai. Bibit mulai dapat dipindahkan ke polybag besar. Polybag besar dianjurkan ukuran 40 x 50 cm. Pemindahan bibit sebaiknya sore hari agar dapat beradaptasi di malam hari dan tidak ada panas matahari. 

Penyiraman tanaman yang baru dipindahkan penting sekali karena masih rentan mati bila kekurangan air. Bila cuaca panas dan tidak hujan, penyiraman dilakukan setiap hari, 1 - 2 kali sehari. Penyiangan gulma dilakukan tergantung dari kondisi tanaman. Gulma jangan dibiarkan tumbuh subur dan mengganggu tanaman. 

Cara menanam cabe di polybag akan tumbuh tunas samping dan beberapa daun sampai mencapai tinggi 15 - 25 cm. Tunas dan daun-daun lebat harus dipangkas guna mencegah ada percikan air menempel. 

Pemangkasan dapat memperkokoh batang dan pertumbuhan bagian atas lebih baik. Pemangkasan dapat mengurangi kelembaban sehingga penetrasi sinar matahari dapat merata ke seluruh tanaman. 

Jangan lupa untuk memasang ajir saat tanaman masih muda. Ajir ditancapkan disamping tanaman panjangnya sekitar 170 - 200 cm. 

Pupuk susulan umur 1 bulan mengguakan pupuk NPK 16-16-16. Sebanyak 10 gram NPK dilarutkan dalam 1 liter air lalu kocor ke tanaman sebanyak 200 ml per polybag. Lakukan lagi sepuluh hari ke depan. Kocor pupuk sebanyak 200 ml sama dengan 1 gelas aqua. 


Baca Juga : Tanam Cabai Rawit Tanjung Dijamin Untung


Cara Menanam Cabe di Polybag Mudah


Budidaya cabe sering dihadapkan pada serangan hama dan penyakit karena cukup banyak jenisnya. Hama utama cabe biasanya adalah ulat tanah, ulat grayak, ulat buah, kutu, thrips dan tungau. Sedangkan penyakitnya seperti busuk buah, layu, bercak daun dan virus. 

Cara menanam cabe di polybag lebih mudah dalam pengendalian hama dan penyakitnya. Asalkan budidaya dilakukan secara sehat, pemilihan dan perlakuan benih dengan benar dan pemeliharaan lainnya. 

Pengamatan setiap hari juga penting dalam cara menanam cabe di ploybag. Hama dan penyakit bergerak setiap hari hingga malam hari. Bila tampak hama, segera hama diambil dan langsung dimatikan. Sebelum hama berkembang menjadi banyak. 

Demikian artikel Kami judul : Cara Menanam Cabe di Polybag Benih F1 OR Victoria Oriental Seed. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih berkualitas tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami melayani konsultasi pertanian gratis. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller toko pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menanmbah wawasan tentang cara menanam cabe di polybag dan cabe keriting OR Victoria. Benih berkualitas produk Oriental Seed tahan penyakit. Cara menanam cabe di polybag bila dikelola dengan baik menjadi usaha pertanian menguntungkan. Salam sukses..... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.