TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/09/21

Fungsi Zinc Nutrisi Mikro Ada di Pupuk NPK Cap Tawon 16-16-16

fungsi zinc, pupuk NPK, Pupuk cap Tawon, Pupuk 16, pemupukan, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Tawon 16
Plus Fungsi Zinc

Fungsi Zinc Nutrisi Mikro Ada di Pupuk NPK Cap Tawon 16-16-16. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual pupuk NPK 16-16-16 + ZN dari Cap Tawon. Pupuk Cap Tawon 16 ini diperkaya fungsi zinc yaitu nutrisi mikro penting.  

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan lengkap keperluan Anda bercocok tanam. Tersedia mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia sesuai alamat Anda. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta menjadi dropship dan reseller Pertanian. 

Pupuk NPK 16-16-16 diperkaya fungsi Zinc produk Cap Tawon. Komposisi lebih lengkap dengan kandungan Nitrogen, Fosfor, Kalium dan ditambah nutrisi mikro zinc. Sebagai unsur mikro, fungsi zinc penting bagi tanaman. 

Fungsi zinc diperkaya dalam pupuk NPK Tawon 16. Kandungan unsur hara lengkap ada N, P dan K ditambah unsur mikro zinc. Fungsi zinc mendukung kerja unsur makro juga menambah hasil panen tanaman. 

Tanaman membutuhkan nutrisi makanan berupa unsur makro dan mikro. Pupuk NPK mengandung unsur makro primer yang dibutuhkan tanaman selama pertumbuhannya. Sedangkan meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, fungsi zinc segera cepat menunjukkan gejala kekurangan pada tanaman. 

Fungsi zinc sangat penting untuk mendukung penyerapan N, P dan K tanaman menjadi lebih maksimal sehingga tanaman dapat tumbuh baik. Keberadaan unsur mikro zinc mendukung pertumbuhan bunga, buah dan biji sekaligus meningkatkan hasil panen. 


Pupuk NPK 16-16-16 Plus Zinc Cap Tawon


Pupuk NPK Plus Zinc mengandung 16% Nitrogen, 16% Fosfor dalam bentuk Fosfat ( P2O5 ) dan 16% Kalium ( K2O ). Keistimewaan dari pupuk NPK 16 Cap Tawon ini adalah diperkaya nutrisi mikro zinc. 

Fungsi pupuk NPK untuk memaksimalkan hasil tanaman. Pupuk NPK mengandung unsur hara makro lengkap dan lebih praktis penggunaannya. 

Pemupukan NPK lebih efektif, hemat biaya dan waktu karena dalam sekali pemupukan, Anda memberikan 3 unsur makro primer ke tanaman. Setiap butiran pupuk NPK mengandung 3 unsur makro penting yaitu Nitrogen, Fosfor dan Kalium. Ketiga unsur tersebut menjamin keseragaman penyebaran semua hara untuk pertumbuhan dan hasil maksimal. 

Unsur nitogen membuat tanaman tumbuh lebih cepat, daun tampak hijau dan hasil panen lebih banyak. Adanya sumebr Nitrogen yang lebih efisien ini membuat rendahnya kehilanngan hara dalam tanah. 

Kandungan unsur Fosfat ( P ) dalam pupuk NPK akan mendukung metabolisme energi untuk pertumbuhan. Unsur P meningkatkan pembelahan sel, pertumbuhan akar, pembungaan dan pembentukan umbi. 

Fungsi Zinc akan semakin maksimal dengan adanya kandungan unsur Fosfor. Fungsi zinc semakin efisien juga unsur mikro lainnya seperti Tembaga ( Cu ) dan Mangan ( Mn ) bagi tanaman. 

Kandungan Kalium seimbang akan berperan mengatur keseimbangan air dalam sel, turgor sel dan mengatur kehilangan air akibat proses transpirasi. Fungsi kalium yaitu bertanggung jawab dalam produksi dan transportasi gula, kerja enzim dan pembentukan protein. 

Unsur Kalium cukup membuat tanaman tahan terhadap stres kekeringan atau dinginnya cuaca. Juga tanaman dapat tahan dari serangan hama dan penyakit. Kalium dari pupuk NPK bermanfaat meningkatkan kualitas hasil produksi baik warna, rasa dan daya simpannya. 


Baca Juga : Nama Pemikat Itu Red Lady dan Orange Lady Pepaya


Fungsi Zinc Dalam Pupuk NPK 16 Cap Tawon


fungsi zinc, pupuk NPK, Pupuk cap Tawon, Pupuk 16, pemupukan, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH meter tanah
Fungsi Zinc ditambahkan dalam pupuk NPK 16-16-16 yang membuatnya berbeda dengan merk pupuk lain. Fungsi zinc membuat pupuk tidak bersifat masam dan pH-nya 6,5 ( netral ). Fungsi zinc meningkatkan kemampuan pupuk terhadap tanah, tidak merusak tanah dan hasil panen terjaga. 

Hasil penelitian mengatakan bahwa 50% kondisi lahan pertanian seluruh dunia mengalami defisiensi fungsi zinc yang cukup signifikan. Fungsi zinc di Indonesia tergolong dalam defisiensi yang parah. 

Asupan fungsi zinc untuk manusia diperoleh dari asupan pangan. Sehingga fungsi zinc akan disimpan oleh tanaman baik sayur dan buahnya. Kemudian sayur dan buah tersebut dikonsumsi manusia. 

Fungsi zinc berkhasiat memaksimalkan penyerapan unsur hara makro ( N, P dan K ). Selain itu fungsi zinc juga mendukung pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan biji dan buah. Fungsi zink menambah daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit termasuk kekeringan dan cuaca ekstrem. 

Fungsi zinc dalam kondisi kurang menyebabkan pertumbuhan kedil tanaman. Daun mengecil, tanaman mudah roboh dan ukuran bulir atau hasil buah kecil/sedikit. Pertumbuhan vegetatif pada awal pertumbuhan akan terganggu. 

Pupuk NPK Tawon 16-16-16 Plus fungsi zinc ini dapat diaplikasikan untuk banyak tanaman. Cara aplikasi pupuk sebaiknya harus tepat agar pemberian pupuk tidak sia-sia. 

Pemberian pupuk NPK sangat fleksibel yakni dengan ditaburkan ke tanaman atau dikocorkan dalam air. Pupuk ditaburkan lalu ditutup oleh tanah. Pupuk ditaburkan dengan jarak 10 cm dari pangkal batang tanaman.

Dengan cara kocor yaitu disiramkan ke akar tanaman sebanyak 10 gram untuk 1 liter air dan diberikan sebanyak 200 ml per tanaman. Fungsi zinc merupakan unsur hara mikro penting untuk tanaman. Fungsi zinc berfungsi sebagai katalis dan untuk perkembangan kloroplas. 

Rendahnya kadar unsur ini menyebabkan tingkat daya tahan tanaman menurun. Dan hasil panen juga baik kualitas dan kuantitasnya akan tidak bagus. 


Baca Juga : Trik Mencegah dan Mengatasi Kekurangan Kalsium Tomat


Fungsi Zinc di Pupuk NPK 16 Cap Tawon Cocok Untuk Banyak Tanaman


Di bawah ini cara aplikasi pupuk NPK 16-16-16 + Zinc Cap Tawon. 

- Untuk tanaman cabai, tomat, semangka, wortel, melon dan kubis sebanyak 200 - 300 kg/ha. Pemberian mulai hari ke-0, umur 25 hst, ke-30 hst, 36 hst dan 45 hst. 

- Untuk tanaman bawang merah dan bawang putih sebanyak 350 - 400 kg/ha pada umur 25 hst dan 45 hst. 

- Tanaman buah rambutan sebanyak 500 gr/pohon sebagai pupuk susulan setiap 6 bulan sekali. 

- Tanaman buah apel dan mangga pemakaian pupuk NPK Cap Tawon sebanyak 700 - 750 gram/pohon. Pemupukan diberikan awal dan akhir musim hujan. 

- Tanaman pohon kelapa diberi pupuk sebanyak 750 gram/pohon. Pemupukan susulan diberikan 4 bulan sekali. 

Fungsi zinc yaitu turut mengaktifkan beberapa enzim pada tanaman. Ikut berperan dalam biosintesis auksin, pemanjangan sel dan ruas batang. 

Gejala tanaman kekurangan fungsi zinc adalah daun menjadi kekuningan dan kemerahan terutama pada daun tua. Daun berlubang, mengering lalu mati. Tanaman menjadi kerdil, ruas batang pendek, daun tumbuh kecil dan mengumpul. 

Klorosis ( berwarna pucat ) pada daun muda dan intermedier serta timbulnya nekrosis. Toleransi tanaman terhadap serangan hama dan penyakit menjadi berkurang. Tahapan sangat kritis kekurangan fungsi zinc yaitu daun berwarna hijau kekuningan. Juga adanya bercak jaringan mati mengelilingi daun dan daun cenderung menjadi kecil.  


Peran Unsur Makro Untuk Tanaman 


fungsi zinc, pupuk NPK, Pupuk cap Tawon, Pupuk 16, pemupukan, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK menyuburkan
Tanaman

Cap Tawon mengeluarkan pupuk NPK 16 diperkaya fungsi zinc didalam pupuk. Pupuk NPK mengandung 3 unsur makro primer untuk tanaman. Ditambah adanya kandungan zinc semakin memperkaya keunggulan dari pupuk NPK cap Tawon ini. 

Unsur hara makro utama pertama yaitu Nitrogen yang mutlak dibutuhkan tanaman. Peran fungsi Nitrogen adalah untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman secara keseluruhan. Terutama penting untuk pertumbuhan akar, batang dan daun tanaman. 

Peran Nitrogen adalah dalam pembentukan zat hijau daun ( klorofil ) dimana klorofil ini bahan penting dalam proses fotosintesi tanaman. Nitrogen juga berperan dalam pembentukan protein, lemak dan berbagai persenyawaan organil lainnya. 

Gejala tanaman kekurangan Nitrogen yaitu tanaman kurus dan kerdil, daun hijau kekuningan, pendek, kecil dan tegak. Daun tua akan berwarna hijau muda lalu menguning dan layu. Bila sampai muncul buah, buahnya kecil, cepat masak lalu rontok. 

Bila kekurangan ada gejalanya, maka kelebihan Nitrogen juga memiliki gejala. Antara lain : tumbuh tunas muda namun lemah, produksi biji berkurang, proses pemasakan/penuaan buah menjadi lambat. Pemberian unsur Nitrogen berlebihan dapat menurunkan nilai pH atau tanah menjadi bersifat asam.  

Niilai pH rendah mengakibatkan Nitrogen sulit diserap tanaman. Pemupukan NPK menjadi sia-sia dan tidak efektif. 


Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Air oleh Tanaman


Unsur Fosfor ( P )

Fungsi Fosfor adalah meragsang pertumbuhan akar khususnya pada proses persemaian benih dan bibit. Fosfor merupakan bahan mentah untuk pembentukan sejumlah protein tertentu. 

Selain itu ikut membantu proses asimilasi dan pernapasan tanaman. Peran fosfor adalah untuk mempercepat pembungaan, pemasakan biji dan buah. 

Gejala bila kekurangan unsur Fosfor adalah seluruh daun menjadi lebih tua dan tampak mengkilap kemerahan. Tepi daun, cabang dan batangnya akan berwarna merah keunguan. Dan lama kelamaan perlahan akan berubah menjadi warna kuning kemudian layu. Buah berumuran kecil, tidak bagus dan cepat masak.    

Kalium 

Peranan kalium adalah turut membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Kalium dapat memperkuat daun, bunga dan buah tanaman agar tidak mudah rontok. Meningkatkan ketahanan tanaman dari kekeringan, cuaca ekstrem dan penyakit.  

Gejala kekurangan Kalium yaitu daun tua mengkerut dan mengeriting. Timbul bercak pada daun berwarna merah kecoklatan, daun mengering dan mati. Buah tumbuh tidak sempurna, jelek, tidak lebat dan mudah busuk. 


Pupuk NPK Plus Fungsi Zinc dan Cara Aplikasinya


Fungsi zinc adalah sebagai katalis pada tanaman dan ikut terlibat dalam pembentukan kloroplas. Bila kadar unsur zinc kurang maka tingkat toleransi terhadap penyakit akan berkurang. 

Namun dalam jumlah sangat sedikit, fungsi zinc ini masih mampu mendorong pembungaan dan pertumbuhan tanaman. Fungsi zinc turut serta dalam pembentukan hormon tumbuh auksin yang penting bagi keseimbangan fisiologis. 

Fungsi zinc berperan dalam pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan biji juga buah. Berperan sebagai katalisator pembentukan protein. Ikut mengatur pembentukan asam indoleasetik yaitu asam yang berperan sebagai zat pengatur tumbuh. Fungsi zinc berperan aktif dalam transformasi kabohidrat. 

Aplikasi pupuk NPK 16-16-16 Plus fungsi zinc cap Tawon mudah karena setiap butirannya mudah larut dalam air. Untuk cara kocor, larutkan sebanyak 10 gram  setiap 1 liter air. Gunakan wadah ember agar mudah Anda mengaduknya.  

Banyaknya pupuk 10 gram adalah setara 1/2 sendok makan lalu larutkan dalam air. Anda bisa mengocorkan ke tanaman seperti menyiram tanaman. Kocorkan sebanyak 1 gelas aqua tiap tanaman dan dibagian akar. Hindari disiramkan ke batang atau daunnya. 

Pengocoran melihat besar kecil tanaman. Untuk bibit berikan 1/2 gelas aqua. Terutama untuk bibit dalam polybag kecil, agar media tidak terlalu lembab. Penyiraman pupuk NPK ini tidak setiap hari namun 1 minggu sekali. 

Bila pemberian Anda benar sesuai takaran yang dianjurkan dan rutin dilakukan, niscaya tanaman akan tumbuh subur dan aman. 

Pupuk NPK 16-16-16 merupakan pupuk dengan kandungan unsur hara seimbang yaitu 16% Nitrogen, 16% Fosfor dan 16% Kalium. Cara aplikasi pupuk NPK sama dengan jenis pupuk lain, ditaburkan langsung ke tanaman atau dilarutkan dulu dalam air lalu disiramkan ke tanaman. 

Pemupukan menggunakanpupuk NPK plus fungsi zinc tidak boleh sembarangan. Pemberian pupuk harus sangat hati-hati, tidak boleh berlebihan apalagi kekurangan. Baik kurang maupun lebih akan berdampak tidak baik bagi tanaman Anda. 


Pemupukan Susulan Menggunakan Pupuk NPK Plus Fungsi Zinc


fungsi zinc, pupuk NPK, Pupuk cap Tawon, Pupuk 16, pemupukan, jual pupuk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Merangsang
Pembungaan

Bagaimanapun pupuk NPK 16-16-16 plus fungsi zinc adalah pupuk kimia. Pupuk kimia dapat membahayakan bila diberikan terus menerus. Pemberian pupuk NPK juga harus diselingi pemupukan organik seperti kompos atau pupuk kandang.

Pemupukan pupuk an-organik sebaiknya minimal paling cepat 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali. Tanaman budidaya kita jangan diberi pupuk an-organik saja, namun berikan juga pupuk organik. Pupuk organik diberikan mulai persiapan tanam sebagai pemupukan dasar.

Pupuk organik juga berikan setelah tanam sebagai pemupukan lanjutan atau susulan. Karena kebutuhan tanaman semakin dewasa terus bertambah dan pupuk organik tidak mencukupi unsur haranya. Maka untuk menghemat biaya, waktu dan tenaga, pupuk kimia ditambahkan selain pupuk organik. 

Pupuk NPK cap Tawon selain dilengkapi fungsi zinc juga dapat menghemat biaya karena tanaman mendapatkan 3 unsur hara utama sekaligus. Dosis komposisi unsur hara pupuk NPK 16-16-16 seimbang sehingga tepat untuk tanaman dan aman bagi lingkungan. 

Cara pemberian pupuk NPK sangat mudah baik cara ditabur maupun cara dilarutkan atau dikocor. Untuk cara ditabur langsung ke tanaman sesuai anjuran pada kemasan. Ditaburkan di sekeliling batang tanaman berjarak 10 cm dari pangkal batang.

Cara melarutkan pupuk NPK plus fungsi zinc yaitu di dalam wadah air, pupuk diaduk sampai tercampur merata. Pupuk harus benar-benar larut tanpa tersisa ada butiran yang belum larut. Biasaya waspadalah..pupuk NPK palsu sulit sekali untuk larut atau tidak dapat larut. 

Bagaimana takaran untuk melarutkan pupuk NPK. Biasanya sudah tertera dalam kemasan pupuk atau Anda dapat bertanya dan berkonsultasi kepada Kami, Toko pertanian LMGA Agro. Siap memberikan Anda yang terbaik. 


Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Tomat yang Benar


Cara Tabur dan Cara Kocor Pupuk NPK 


Pemberian pupuk NPK plus fungsi zinc biasanya diberikan dalam bentuk larutan. Sebanyak 1 sendok makan pupuk dapat Anda larutkan dalam 3 liter. Dan Anda kocorkan ke tanaman sebanyak 250 ml bisa menggunakan gelas aqua. 

Jadi 3 liter ini dapat Anda kocorkan 6 tanaman saja sehingga dapat dihitung sesuai jumlah tanaman yang ada. Dan tambahkan dosis pupuk sesuai banyaknya air yang dipakai. Jangan lupa untuk mengaduknya hinga larut merata.

Interval pemberian pupuk sebaiknya 1 - 2 minggu sekali sesuai dengan cuaca. Jangan melakukan pemupukan saat langit gelap atau akan turun hujan. Juga tidak memupuk saat turun hujan.  

Untuk pemupukan cara ditaburkan, interval waktu juga 2 minggu sekali. Pemupukan cara kocor atau bentuk larutan membuat pupuk cepat diserap tanaman. Namun pupuk juga cepat menghilang sehingga waktu pemupukan harus tepat. 

Pupuk NPK cara kocor cepat hilang tererosi bila terkena air hujan atau disiram pagi hari. Bila dirasa biasanya hujan turun sore hari maka Anda sebaiknya memupuk pagi sekali sekitar pukul 5 sebelum matahari terbit.  

Demikian artikel Kami judul : Fungsi Zinc Nutrisi Mikro Ada di Pupuk NPK Cap Tawon 16-16-16. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual pupuk NPK 16-16-16 cap Tawon diperkaya fungsi zinc. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami mengajak serta sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang fungsi zinc untuk tanaman. Serta adanya pupuk terbaik merk cap Tawon diperkaya kandungan fungsi zinc. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.