Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/12/2021

Read

Jual Benih Merek Bibit Kacang Panjang yang Bagus Parade Tavi

jual benih, merek bibit kacang panjang, kacang panjang, parade tavi, benih cap panah Merah, tanaman kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kacang Panjang
Parade Tavi

Jual Benih Merek Bibit Kacang Panjang yang Bagus Parade Tavi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih merek bibit kacang panjang yang bagus Parade Tavi. Benih cap Panah Merah kacang panjang terbaik harga murah. 

Toko pertanian LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap dan dapatkan harga promo. Tersedia benih hibrida berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian harga diskon produk tertentu. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak sebagai dropship dan reseller toko pertanian LMGA Agro terdekat.

Merek bibit kacang panjang yang bagus jual benih Parade Tavi dari Panah Merah direkomendasikan ditanam di dataran rendah hingga menengah. Benih Parade Tavi merek bibit kacang panjang yang bagus tahan penyakit. 

Umur panen 48 - 55 hari setelah tanaman. Benih Parade Tavi merek bibit kacang panjang yang bagus. Potensi hasilnya menguntungkan petani dengan jumlah sebanyak 25 - 35 ton/ha. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus tahan virus mosaic kuning ( MYMIV ) dan tahan penyakit layu Fusarium dan layu bakteri. Merek bibit kacang panjang yang bagus menghasilkan polong yang silindris. Polong bagus warna hijau dengan panjang 70 cm.

Merek bibit kacang panjang yang bagus terbaik benih Parade Tavi cap Panah Merah produktifitas tinggi. Tanaman aktif berbuah sampai berat 1 kg per polong. Panen lebih dari 20 kali, polong keras dan tidak mudah patah. 

Kacang panjang benih Parade Tavi cap Panah Merah merupakan sayuran favorit. Kacang panjang sayuran yang memiliki varian olahan cukup banyak juga dapat dimakan langsung sebagai sayuran lalapan. 

Benih kacang panjang Parade Tavi tumbuh merambat dan melilit pada ajir atau lanjaran. Cara dirambatkan ini memudahkan dalam memeliharanya. 


Kacang Panjang Terbaik Benih Parade Tavi Panah Merah


Parade Tavi merek bibit kacang panjang yang bagus dari Panah Merah direkomendasikan untuk dataran rendah hingga menengah. Merek bibit kacang panjang yang bagus memiliki polong silindris dan berwarna hijau juga pada ujung hijau. Panjang polong mencapai 70 cm. 

Parade Tavi merek bibit kacang panjang yang bagus karena sangat toleran ujung mecut. Umur panen 44 hari setelah semai. Potensi hasil merek bibit kacang panjang yang bagus yaitu sebesar 1 kg/tanaman. 

Kacang panjang Parade Tavi sayuran favorit dan banyak dipakai menjadi bahan masakan di Indonesia. Kacang panjang memiliki nama ilmiah Vigna unguiculata tumbuh memanjat dan melilit pada ajir/lanjaran.

Merek bibit kacang panajang yang bagus Parade Tavi menghasilkan polong panjang. Bagian yang dimanfaatkan dari sayuran kacang panjang ini dipanen saat masih muda dan serat masih lunak. 

Tanaman kacang panjang banyak ditemui di daerah tropis seperti di Indonesia dan negara-negara lain di Asia. Daun kacang panjang bernama lembayung dapat juga dimasak sebagai sayuran. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus benih Parade Tani terbaik penting sekali sebab dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Cara menanam kacang panjang mudah diikuti dan dipraktekkan. 

Syarat tumbuh kacang panjang yaitu menyukai tanah latosol atau lempung berpasir. Merek bibit kacang panjang yang bagus menghendaki tanah subur, gembur, banyak mengandung unsur hara organik dan memiliki drainase yang baik. 

Keasaman tanah pH-nya sekitar 5,5 - 6,5. Suhu optimal budidaya kacang panjang adalah 20 - 30 derajat Celcius. Merek bibit kacang panjang yang bagus sangat cocok pada iklin kering, tropis dengan curah hujan antara 600 - 1500 mm/tahun. Ketinggian optimal kurang dari 800 m dpl. 


Baca Juga : Pengaruh Keasaman ( pH ) tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman


Tanaman Kacang Panjang Mudah Tumbuh


jual benih, merek bibit kacang panjang, kacang panjang, parade tavi, benih cap panah Merah, tanaman kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Kacang Panjang Menguntungkan 

Tanaman kacang panjang Vigna sinensis L tergolong dalam Famili Papilionaceae. Merupakan jenis tanaman perdu semusim dan banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia sebagai sayuran maupun lalapan. 

Kacang panjang kaya gizi dan sumber vitamin A, B, C dan mineral. Bijinya kaya kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Sayur kacang panjang merupakan sumber nabati yang potensial. Nutrisi buah kacang panjang berperan sebagai penguat jaringan tubuh. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus merupakan tanaman kaya antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat kacang panjang sebagai antikanker, antioksidan, antivirus, antibakteri. Peran lainnya yaitu mencegah gangguan saluran kencing, meningkatkan fungsi limpa dan meningkatkan fungsi sel darah.

Jenis kacang panjang ada dua yaitu merambat dan tidak merambat. Dan jenis merambat paling sering ditanam karena lebih tinggi hasilnya. Merek bibit kacang panjang yang bagus tumbuh merambat dengan membelit pada turus/ajir. Hasil polong merek bibit kacang panjang yang bagus panjang dan berwarna hijau.

Merek bibit kacang panjang yang bagus merupakan tanaman semak, menjalar dan semusim dengan tinggi kurang lebih 2,5 cm. Merek bibit kacang panjang yang bagus batang tanaman tegak, silindris dan lunak. Polong berwarna hijau dan permukaannya licin. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus tumbuh optimal ditanam di musim kemarau. Tingkat keasaman kurang dari 5,5 menyebabkan tanaman kerdil karena teracuni garam Aluminium ( Al ) yang larut dalam tanah. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus menyukai lahan yang banyak kena sinar matahari. Lahan yang teduh ada naungan dari pohon besar mengakibatkan pertumbuhannya agak lambat, tanaman kurus dan buah jarang atau sedikit. Curah hujan optimal merek bibit kacang panjang yang bagus yaitu 600 - 1500 mm/tahun. 


Baca Juga : Peluang dan Budidaya Bawang Daun dari Biji


Persiapan Menanam Merek Bibit Kacang Panjang yang Bagus


Tanah lahan menanam kacang panjang harus diolah sampai mendapatkan tanah yang gembur. Tanah diolah dulu dengan cara dicangkul hingga gembur dan kedalamannya 20 - 30 cm. 

Buat bedengan berukuran lebar 1 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjangnya sesuai lahan yang tersedia. Antar bedengan dibuat saluran drainase dengan lebar 30 cm. Bila pH tanah kurang dari 5,5 maka berikan kapur Dolomit sebanyak 1 - 1,5 ton/ha. 

Biarkan lahan tanam merek bibit kacang panjang yang bagus selama 2 - 3 hari dan kena hujan. Setelah selesai 3 hari, berikan pupuk kandang sebanyak 10 - 15 ton/ha dan biarkan 1 minggu sebelum tanam. 

Merek bibit kacang panjang yang bagus ditanam di musim kemarau namun tetap perhatikan kebutuhan airnya. Sebelum merek benih kacang panjang yang bagus ditanam, sebaiknya direndam dalam air selama 2 - 4 jam. 

Lubang tanam merek bibit kacang panjang yang bagus dibuat menggunakan tugal sampai kedalaman 4 - 5 cm. Jarak tanam 25 - 30 cm antar lubang dan 60 - 75 cm jarak antar barisan. Setiap lubang tanam merek bibit kacang panjang yang bagus masukkan 2 benih Parade Tavi cap Panah Merah. 

Tutup dengan tanah secukupnya tanpa dipadatkan dan siram dengan air. Merek bibit kacang panjang yang bagus akan berkecambah setelah 5 hari tanam.

Umumnya cara menanam kacang panjang menggunakan lahan bekas terutama dari rotasi ketiga bila lahan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Penanaman merek bibit kacang panjang yang bagus rotasi pertama masih menerapkan cara konvensional. 

Bersihkan lahan dari gulma menggunakan herbisida kontak. Lalu setelah 1 minggu gulma dibabat atau dibakar. Lubang tanam benih merek bibit kacang panjang yang bagus diberi pupuk kandang sebanyak 1 genggam tangan.  


Pohon Kacang Panjang Parade Tavi Mudah Perawatannya


jual benih, merek bibit kacang panjang, kacang panjang, parade tavi, benih cap panah Merah, tanaman kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Tanaman
Setelah tanam merek bibit kacang panjang yang bagus sampai hari ke-7 harus rutin melakukan kontrol tanaman. Penyulaman dilakukan yaitu mengganti tanaman yang mati atau tidak tumbuh. Penyulaman dibatasi sampai 7 hari setelah tanam. 

Perawatan berikutnya yaitu penyiraman merek bibit kacang panjang yang bagus dilakukan rutin meski sebenarnya dapat tumbuh di lahan kering. Pemberian air tanaman kacang panjang agar pertumbuhannya tidak terhambat. 

Pemberian air harus selalu tercukupi untuk tanaman setiap hari pagi dan sore. Selesai penanaman benih merek bibit kacang panjang yang bagus, lakukan penyiraman. Penyiraman air bisa menggunakan gembor atau air dialirkan lewai saluran sekitar bedengan. Perhatikan bahwa air jangan sampai menggenang di sekitar tanaman. 

Pemasangan ajir pada pohon kacang panjang saat tingginya sudah mencapai 25 cm. Ajir atau turus dibuat dari bilah bambu atau kayu tegak yang panjangnya kurang lebih 2 meter. 

Ajir ini adalah sebagai tempat merambatnya tanaman karena kacang panjang tipe tanaman yang merambat. Pemasangan ajir biasanya setelah hari ke-10 penanaman merek bibit kacang panjang yang bagus. Ditancapkan diantara 2 lubang tanam.

Turus dipasang sebanyak 5 dan kelimanya dipasangi silang lanjaran dan dibuatkan tali sebagai rambatannya. Pemasangan tali untuk mengikat tanaman dilakukan 2 kali yaitu saat tingginya 70 cm dan 150 cm. 

Penyiangan yaitu memberantas gulma liar disekitar tanaman. Gulma berupa rumput-rumputan tumbuh dan merebut nutrisi tanaman utama. Penyiangan dilakukan secara manual karena lebih aman. Rumput dicabut menggunakan tangan. Sekaligus melakukan pembumbunan agar tanaman tumbuh lebih kokoh. 


Baca Juga : Tanaman Kacang Panjang, Sayuran Hijau Mudah Cara Menanamnya


Pemupukan Tanaman Kacang Panjang

Biasanya petani juga melakukan pembumbunan sebelum pemupukan susulan pertama. Tepatnya yaitu umur 15 hari setelah tanam, pembumbunan sebelum pemupukan susulan pertama. 

Pemupukan pertama umur 15 hari setelah tanam yaitu menggunakan Urea dosis 1 sendok makan ( 5 gram ) per lubang tanam. 

Pemupukan susulan kedua diberikan umur 40 hari setelah tanam menggunakan pupuk NPK dosis 2 sendok makan ( 10 gram ) per lubang tanam. 

Pemupukan susulan ketiga diberikan saat panen kelima, menggunakan pupuk NPK 2 sendok makan ( 10 gram ) per lubang tanam. 

Pemupukan susulan juga bisa menggunakan pupuk tunggal yaitu Urea, TSP dan KCl. Pemupukan diberikan 2 kali pada umur 1 minggu dan 3 minggu setelah tanam. Dosis pupuknya yaitu : Urea 100 kg/ha, TSP 200 kg/ha dan KCl 100 kg/ha. 

Dosis pupuk karena diberikan dua kali maka dibagi rata. Pupuk diberikan dalam larikan diantara dua sisi barisan tanaman lalu tutup dengan tanah. Bila perlu semprotkan juga pupuk daun menjelang tanaman berbunga yaitu umur kurang lebih 4 minggu setelah tanaman. 

Pohon merek bibit kacang panjang yang bagus juga perlu pemangkasan. Potong daun-daun bila tumbuh terlalu subur dan lebat. Pangkas juga cabang-cabnag yang kurang produktif. Pemangkasan bertujuan agar pertumbuhan fase generatif berjalan dengan baik.

Pemangkasan pohon merek bibit kacang panjang yang bagus saat bunga belum muncul atau umur sekitar 3 - 4 minggu. Pangkas pucuk tanaman sekitar 2 - 3 ruas dengan menggunakan pisau tajam atau gunting tanaman. 


Baca Juga : Jual Benih Sawi Pahit Morakot Terbaik Cap Panah Merah


Merek Bibit Kacang Panjang yang Bagus Parade Tavi ( Tahan Virus ) 


jual benih, merek bibit kacang panjang, kacang panjang, parade tavi, benih cap panah Merah, tanaman kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Fungisida Octave 

Tanaman kacang panjang memiliki hama dan penyakit yang biasanya menyerangnya. Merek bibit kacang panjang yanag bagus Parade Tavi cap Panah Merah tahan virus Kuning dan penyakit layu baik oleh jamur maupun bakteri. Namun tidak ada salahnya Kita mengenal hama dan penyakit tanaman kacang panjang. 

Hama Thrips, sp menyebabkan daun kacang panjang ada garis kecil berwarna perak. Daun mengeriting dan meggulung. 

Hama ulat tanah Agrotis ipsilon menyebabkan tanaman roboh/terpotong. Larva ulat tanah menyerang batang dan pucuk tanaman terutama di tanaman muda. 

Hama penggerek polong Maruca testualis membuat polong kacang panjang berlubang dan bila dibelah akan tampak ulat didalamnya. Pengendalian hama dengan cara penyemprotan insektisida di pagi hari antara lain menggunakan Marshal, Prevathon dan lain-lain. Interval penyemprotan 5 - 7 hari sekali. 

Penyakit Karat daun ( Bean Rust ) 

Gejala : bintik-bintik cokelat berwarna kuning pada permukaan daun. Bintik/spot tampak menonjol dan cembung. Bintik cokelat tersebut adalah jamur yang sudah matang dan mampu memproduksi spora yang akan menyebar dan menginfeksi tanaman lain. 

Penyebarannya dengan bantuan air, angin, dan alat pertanian serta manusia. Penyakit ini berkembang baik pada kondisi yang lembab. Pengendaliannya yaitu membuang daun yang terinfeksi, hindari penyiraman berlebihan agar kelembaban sekitar tanaman tidak berlebihan. Aplikasikan fungisida bahan aktif Difekonazol, Tebukonazol, Trifloksistrobin.

Penyakit Bercak Daun ( Cercospora Leaf Spot )     

Gejala serangan : daun terdapat bercak bersudut dan bila dilihat dari atas permukaan daun, bercak berwarna cokelat. Pola bercak mengikuti tulang daun. Bagian bawah bercak terdapat koloni jamur berwarna abu-abu kehitaman. 

Penyebaran penyakit dibantu oleh angin dan air. Penyakit dapat berkembang cepat dalam kondisi kelembaban tinggi. Pengendaliannya yaitu hindari lahan tergenang air, kelembaban berlebihan dan buanglah daun-daun terinfeksi. Lakukan aplikasi fungisida berbahan aktif Difekonazol, Benomil, Karbendazim, Klorotalonil.

Penyakit Layu Fusarium ( Fusarium Wilt )

Gejala awal : tanaman tampak layu secara bertahap. Daun bawah menguning, layu mulai tepi daun. Lama kelamaan ( beberapa hari ) tanaman layu total dan mengering. Jaringan batang bawah berwarna kecokelatan. 

Penyebaran penyakit lewat air, udara, organisme, dan alat pertanian. Jamur menyukai pH rendah < 6. Pengendalian yaitu memusnahkan tanaman yang terinfeksi, aplikasi bioagen dan aplikasi fungisida Benomyl dan Dazomet sebagai pengendalian kimia.

Virus Kuning/Bulai ( Mungbean Yellow Mosaic India Virus )

Gejala : daun menguning secara perlahan dalam beberapa minggu. Pertumbuhan terhambat, ruas batang memendek, tidak lurus, melintir seperti spiral dan berwarna kekuningan. Beberapa polong bahkan ada garis putih. Pada  bawah daun dijumpai kutu putih/kutu kebul Bemisia tabaci (white fly).

Kutu kebul merupakan penyebar virus MYMIV. Serangan besar terjadi di musim kemarau dan populasi kutu kebul menjadi berlipat ganda. Pengendalian menggunakan perangkap lengket berwarna kuning untuk menangkap kutu kebul. 

Lakukan pengamatan perkembangan vektor ( kutu kebul ) secara rutin, musnahkan tanaman yang telah terinfeksi dan aplikasikan insektisida berbahan aktif Metidation, Imidakloprid, tiamektosam, Diafentiuron, Lamda Sihalotrin, Abamectin.


Panen Kacang Panjang Hasil Tinggi

Merek bibit kacang panjang yang bagus dapat mulai panen setelah umur 50 - 60 hari tergantung varietas, musim dan ketinggian tempat. Ciri-ciri polong kacang panjang siap panen yaitu telah terisi penuh dan mudah dipatahkan. 

Warna polong matang berwarna hijau merata hingga hijau keputihan. Panen polong merek bibit kacang panjang yang bagus menggunakan cara dipetik, pangkal polong diputar hingga terlepas seluruhnya. 

Pemanenan polong merek bibit kacang panjang yang bagus dilakukan saat masih muda dan jangan sampai terlambat. Terlambat panen menyebabkan polong berserat dan liat, sulit dipetik. 

Panen dilakukan bertahap setiap 2 - 3 hari sekali dan pada pagi hari. Sampai panen berakhir umur 3 bulan. Demikian cara menanam merek bibit kacang panjang yang bagus hingga panen. 

Dapatkan benih Parade Tavi cap Panah Merah jual merek bibit kacang panjang yang bagus di Toko Pertanian LMGA Agro hubungi nomer kontak Kami : 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Semoga artikel Kami judul : Jual Benih Merek Bibit Kacang Panjang yang Bagus Parade Tavi dapat menambah wawasan tentang benih terbaik. Harga murah terbaik dan promo untuk berbagai perlengkapan bercocok tanam. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia cepat dan sampai bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami menerima layanan konsultasi gratis membantu Anda mengatasi permasalahan pertanian. Silahkan hubungi Kami dan dapatkan harga diskon terbaik. Salam sukses....


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.