TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/02/22

Jual Benih Bara Harga Murah Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa

jual benih cabe, cabe rawit, bara, benih cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bara
Cabe Rawit

Benih Bara Harga Murah Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih Bara Cap Panah Merah harga murah. 

Dapatkan benih terbaik harga murah terdekat di Toko pertanian LMGA Agro. Kami menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Benih berkualitas harga promo menarik. 

Kami menerima juga layanan konsultasi gratis seputar permasalahan bercocok tanam. Toko pertanian LMGA Agro tersedia juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian sarana prasarana. 

Harga diskon untuk produk-produk tertentu. Kami mengajak Anda dalam usaha dropship dan reseller pertanian. Seluruh produk Kami dari pabrik pertanian terpercaya mitra petani. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa benih Bara dari cap Panah Merah. Benih Bara produk East West Seed Indonesia ( EWINDO ) rekomendasi untuk dataran rendah hingga dataran tinggi. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa benih Bara Panah Merah panen setelah umur 90 - 105 hari. Bobot buah saat panen rata-rata 1 -2 gram per buah. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa benih Bara berpotensi panen sebesar 9 - 10 ton/ha. Cabe rawit Bara tipe benih lokal non hibrida berpotensi tinggi antara 0,4 - 0,6 kg per tanaman. 

Cabe rawit merupakan sayuran favorit untuk masakan sehari-hari. Cabe rawit juga sebagai pendamping seru menikmati jajanan gorengan favorit orang Indonesia.  

Selain nikmat untuk memakan gorengan ternyata cabe rawit juga kaya manfaat. Kandungan capsaicin paling mendominasi dalam cabe mampu berperan sebagai antioksidan tubuh. 


Cabe Rawit Bara Benih Cap Panah Merah


Bara varietas cabai rawit tahan antraknosa cap Panah Merah cabe lokal untuk di dataran rendah hingga tinggi. Tanaman tipe pertumbuhan tegak yang memiliki adaptasi tinggi. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa yang memiliki ketahananan dari hama dan penyakit tanaman cabe. Budidaya cabe Bara cap Panah Merah panen umur 90 - 105 hari setelah tanam. 

Bobot cabe saat panen rata-rata 1 - 2 gram per buah. Budidaya cabe Bara varietas cabai rawit tahan antraknosa berpotensi hasil panen sebesar 9 - 10 ton/ha. 

Bara merupakan varietas cabai rawit tahan antraknosa tipe lokal dan non hibrida. Tipe pertumbuhannya tegak dengan hasil sebanyak 0,4 - 0,6 kg per tanaman.

Hasil panen dalam satu kilogram menghasilkan sebanyak 500 - 6000 buah. Ukuran cabe rawit Bara rata-rata panjangnya 3 - 4 cm dan diameter 0,5 - 0,6 cm. 

Umur panen cabe rawit Bara tergantung dimana penanamannya. Biasanya panen pada dataran rendah lebih lama 10 hari dibandingkan menanam di dataran rendah. 

Tanaman cabe Bara mempunyai ketahanan medium terhadap layu bakteri Pseudomonas solanacearum. Untuk penanaman di dataran tinggi, tambahkan pupuk Kalsium ( Ca ) untuk mengurangi antocyan. 

Penyakit antraknosa memang sering menggagalkan panen terutama bila musim hujan yang panjang. Varietas cabai rawit tahan antraknosa juga tahan cuaca ekstrem seperti yang sering terjadi di Indonesia. 

Antraknosa adalah penyakit patek tanaman cabe. Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum yang mengakibatkan kerugian panen hingga 90%. 

Jamur antraknosa berkembang cepat bila tiba musim hujan. Cendawan penyebab antraknosa menyukai hidup pada kondisi kelembaban di suhu 32 derajat Celcius.  


Baca Juga : Timun Metavy Semakin Mantap Pilihan Petani


Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa Hasil Menguntungkan


jual benih cabe, cabe rawit, bara, benih cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Cabe Rawit 

Cabai rawit memiliki rasa pedas yang melebihi jenis cabe besar dan keriting. Varietas cabai rawit tahan antraknosa tumbuh baik untuk penanaman di dua musim yaitu kemarau dan hujan. 

Meski ditanam pada musim kemarau basah dengan kondisi cuaca ekstrem, varietas cabai rawit tahan antraknosa tetap menguntungkan hasil panennya. 

Produktivitas hasil panen varietas cabai rawit tahan antraknosa rata-rata sekitar 10 ton per hektar dan akan berbeda-beda di setiap daerah. Varietas cabai rawit tahan antraknosa mampu menekan ongkos produksi. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa dapat membantu petani menekan atau mengurangi penggunaan pestisida. Produksi cabai dapat maksimal dengan meninggikan bedengan. 

Bentuk bedengan tinggi membuat drainase air semakin baik. Air yang diserap tanaman mudah dan cepat terserap tanah dan tidak ada genangan air. Ketersediaan air tidak berlebihan. 

Gunakan lahan kering dan bukan lahan sawah. Karena menanam cabai berbeda dengan menanam tanaman sawah seperti padi. 

Penyakit antraknosa merupakan penyakit utama tanaman cabe rawit. Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum seperti C.gloeosporioides, C.acutatum dan C.capsici. 

Gejala serangan cendawan ini adalah munculnya bercak kecil berwarna hitam. Bercak akan meluas menjadi coklat kehitaman dan membusuk. 

Cendawan cepat berkembang pada kondisi lembab sampai 80%. Bila serangan sangat parah mengakibatkan kerugian hasil panen. 

Pengendalian cendawan antraknosa menggunaka fungisida sintetik kurang efisien dan hanya bersifat sementara. Penyemprotan fungisida sintetik terus menerus membuat cendawan menjadi resisten/kebal. 


Baca Juga : Fungisida Nativo Produk Bayer Bekerja Sistemik Melindungi Tanaman


Tanaman Cabe Rawit Bara Toleran Penyakit


jual benih cabe, cabe rawit, bara, benih cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Hasil Panen Cabe
Menguntungkan

Bara benih cabe lokal unggulan merupakan varietas tahan penyakit yang bersifat ramah lingkungan dan lebih murah dalam perawatannya. 

Tanaman cabe rawit Bara varietas cabai rawit tahan antraknosa tumbuh tegak setinggi 55 cm. Buah mudanya berwarna hijau muda. rasa buah sangat pedas. Panjang buah 4 cm dan diameter 0,7 cm. 

Potensi produktivitas varietas cabai rawit tahan antraknosa ini sekitar 0,5 kg/tanaman. Benih Bara tanaman cabe toleran penyakit layu bakteri. 

Tanaman varietas cabai rawit tahan antraknosa menghasilkan buah cabe berbentuk kecil dan biasanya digunakan untuk membuat sambal. Terutama pilih cabe yang sudah matang dan berwarna merah. 

Buah variaetas cabai rawit tahan antraknosa muda berwarna hijau meski masih muda juga banyak yang suka. Biasanya cabe rawit muda dipakai sebagai teman menikmati jajanan gorengan. 

Buah cabe rawit awalnya berwarna hijau kemudian berubah menjadi merah ketika sudah matang. Jenis cabe ceplik, cabe kecil paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. 

Cabe rawit ceplik ujungnya tumpul dan montok. Ada juga jenis paling pedas yaitu cabe rawit jemprit. Cabe rawit ini berbentuk kecil pendek, ujung runcing dan warna hijau gelap. 

Varietas cabai rawit tahan antraknosa berasal dari menanam benih cabe pada tanah bercampur pupuk kandang. Biasanya benih cabe rawit ditanam pada polybag, tray semai atau bedengan semai. 

Pembibitan benih harus rutin disiram secara menyeluruh dan merata. Pot pembibitan harus diletakkan pada tempat teduh sebagian. 

Bisa juga diletakkan pada tempat khusus yang diberi jaring net dan kena sinar matahari tidak langsung selama 8 - 12 hari masa benih berkecambah. 


Baca Juga : Terong Yufita F1 Panah Merah Ungu Tahan Virus


Jarak Tanam Cabe Rawit Mempengaruhi Hasil Panen


Jarak tanam cabe rawit umumnya petani menggunakan jarak 50 - 60 cm untuk antar lubang tanam dan 60 - 70 cm antar baris. Cabe rawit merupakan salah satu sayuran penting banyak dibeli masyarakat. 

Karenanya untuk hasil terbaik dan maksimal, jarak tanam sangat penting diperhatikan. Penentuan jarak tanam cabe rawit sesuai dengan kondisi cuaca saat penanaman berlangsung. 

Jarak tanam cabe rawit musim kemarau tidak sama saat penanaman musim hujan. Bila pemilihan jarak tanamnya tepat, akan banyak memberikan keuntungan bagi petani penanamnya. 

Pertumbuhan tanaman menjadi semakin baik, hasil panen maksimal dan kondisi kesehatan tanaman juga baik. Jarak tanam cabe rawit terlalu rapat menyebabkan kebun menjadi sangat lembab.

Kelembaban tinggi menyebabkan hama dan penyakit tumbuh lebih cepat. Karena hama patogen kutu dan cendawan menyukai tempat-tempat lembab. 

Kondisi tanaman berhimpitan karena jarak terlalu dekat menyebabkan pertumbuhan cabang dan ranting terganggu. Sehingga pertumbuhan tanaman terganggu dan produksi buah terhambat. 

Masih banyak ditemui petani menggunakan jarak tanam tidak sesuai anjuran. Sehingga tanaman cabe menjadi mudah terserang penyakit layu dan busuk buah. 

Bahkan beberapa tanaman dengan jarak tanam sempit di beberapa tempat mengalami keriting daun cabai. Oleh karena itu, Petani kadang memilih menanam dengan jarak tanam 100 x 100 cm. 

Semakin lebar jarak tanam cabe rawit maka tanaman tidak akan saling berhimpitan dan tidak saling berebut makanan. Pertumbuhan tanaman lebih optimal dan pertumbuhan seragam.   


Baca Juga : Jagung Manis Bonanza F1 Panah Merah


Pemupukan Cabe Berimbang Pertumbuhan Tanaman Baik


jual benih cabe, cabe rawit, bara, benih cap panah merah, cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Pupuk berkualitas
LMGA Agro

Persaingan tanaman dalam satu lahan memperebutkan air, cahaya matahari dan unsur hara. Jarak tanam rapat akan memperbesar besarnya persaingan karena tanaman berebut air dan cahaya matahari. 

Jarak tanam rapat tanaman berdempetan saling menaungi dan berebut cahaya matahari. Akar tanaman saling menumpuk berebut unsur hara dalam tanah. 

Tanaman tidak bisa tumbuh dengan seragam karena terjadi persaingan. Tanaman sulit mendapatkan sinar matahari. Sehingga akan tumbuh lambat dan kurang optimal. 

Pupuk juga sangat penting untuk dapat memperkecil persaingan. Sehingga pemberian pupuk harus mencukupi kebutuhan seluruh tanaman dan sama banyak. Semua unsur juga tersedia berimbang. 

Pemberian pupuk dengan cara kocor ke tanah dan sekitar tanaman. Pemupukan susulan menggunakan larutan pupuk NPK dan berikan rutin setiap minggu mulai umur 7 HST.

Pemupukan dilanjutkan setiap 2 minggu sekali. Cabe rawit atau cabe kecil ( Capsicum frutescens ) termasuk famili Solanaceae. Tanaman cabe jenis tanaman berumur panjang dan menahun. 

Tanaman cabe mampu hidup selama 2 - 3 tahun apabila dengan baik dan kebutuhan haranya tercukupi. Tanaman cabe lebih cocok tumbuh di ketinggian tempat 0 - 500 m dpl. 

Penanaman pada ketinggian >500 m dpl tidak berbeda namun waktu panennya lebih lama. Tanaman cabe menyukai tanah gembur, kaya bahan organik dan pH tanah netral ( 6 - 7 ). 

Kebutuhan pupuk cabai antara lain, pupuk kandang ( organik ), Urea, TSP/SP-36 dan KCl. Pupuk dasar diberikan sesuai kondisi lahan. 

Pemberian pupuk kandang dan kapur Dolomit saat pembuatan bedengan. Pemupukan dasar sebelum pemasangan mulsa plastik hitam perak. Pemupukan dasar sebanyak 1/2 dosis pemupukan cabe. 

Tujuan pemupukan susulan/tambahan untuk memenuhi unsur hara mulai fase vegetatif sampai fase generatif. Pemupuak susulan pertama menggunakan sistem kocor atau dalam bentuk cair. 

Pupuk cair membuat pupuk cepat tersedia bagi tanaman dan cepat diserap tanaman. Pertumbuhan tanaman menjadi baik dan sehat. 


Pupuk NPK Untuk Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa


Pupuk NPK menjadi pilihan terbaik untuk varietas cabai rawit tahan antraknosa dan berikan pupuk saat umur cabai 1 - 4 minggu. Dosis pupuk susulan 1/2 dari sisa pupuk dasar. 

Pemupukan susulan menggunakan sistem kocor yaitu larutkan pupuk dalam air sesuai anjuran. Aduk pupuk hingga larut lalu siram ke pangkal batang tanaman cabai sebanyak 200 - 250 ml larutan pupuk. 

Caranya : masukkan 1,5 - 3 kg pupuk NPK dalam 100 liter air. Atau sebanyak 15 - 30 gram per 1 liter air.  Setelah pupuk larut, kocorkan ke tanaman dan jangan langsung menyiramnya pada bagian daunnya. 

Siramkan di pangkal batang atau sekitar tanaman. Pemupukan pupuk NPK setiap 2 minggu sekali dan mulai umur 7 HST. 

Pupuk NPK merupakan singkatan dari formula penyusunnya yaitu N ( Nitrogen ), P ( Phosfor ) dan K ( Kalium ). Setiap pupuk NPK menyertakan 3 angka pada label pupuk. 

Misal NPK 15-30-15 menunjukkan jumlah relatif nitrogen, fosfor dan kalium. Yaitu memiliki rasio 1 : 2 :1 = N : P : K. 

NPK rasio 1 : 2 : 1 baik untuk tanaman bunga agar tumbuh subur. Pupuk dengan rasio seimbang dianggap paling serbaguna. 

Unsur Nitrogen sangat penting untuk fungsi tanaman dan merupakan salah satu komponen klorofil ( zat hijau daun ). Nitrogen berperan memacu pertumbuhan vegetatif yaitu daun, batang dan akar. 

Tanaman menyerap Nitrogen dalam tanah dan melepaskan dari tanah lebih cepat daripada unsur lainnya. Daun menguning atau kerdil menandakan tanaman kekurangan Nitrogen.  

Fosfor merupakan stimulan untuk pertumbuhan akar, benih dan pembentukan bunga. Fosfor akan tersedia banyak utuk tanaman bila pH tanah antara 5,5 - 7. 

Unsur Kalium untuk meningkatkan pertumbuhan akar dan kuncup serta pematangan buah. 

Kalium meningkatkan ketahanan penyakit dan kemampuan tanaman terhadap kekeringan, panas dan pembekuan. Kalium penting untuk kesuburan tanaman terutama saat cuaca ekstrem. 


Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa


Varietas cabai rawit tahan antraknosa membantu petani untuk meminimalisir serangan penyakit antraknosa cabai. Penyebab antraknosa adalah cendawan Colletotrichum spp. atau Colletotrichum capsici.

Antraknosa merupakan penyakit paling serius pada cabai karena mampu menurunkan hasil panen hingga kegagalan panen. Penyakit ini menyebabkan buah membusuk sebelum dan sesudah panen. 

Gejala serangan antraknosa yaitu munculnya bintik-bintik hitam kecil melingkar pada kulit buah. Bintik lalu menyebar ke arah sumbu panjang sehingga hampir membentuk elips. 

Saat infeksi berlanjut, bintik menyebar dan ada abu-abu hitam atau kehijauan. Penampilan buah tampak kotor, terdapat batas mencolok garis luar hitam yang tebal dan tajam. 

Penyakit antraknosa berkembang cepat bila kondisi kingkungan sangat lembab karena curah hujan tinggi atau penyiraman berlebihan. Terutama kelembaban tersebut saat buah mulai matang. 

Cara mencegah penyakit antraknosa adalah menggunaka benih varietas bibit cabai rawit tahan antraknosa. Buang tanaman segera bila menunujukkan tanaman sakit atau layu. 

Bersihkan kebun dengan rajin mencabut gulma. Perbaiki drainase air agar air dapat mengalir dengan baik dan tidak menyebabkan genangan air. 

Lakukan penyemprotan fungisida bila serangan semakin parah dengan dosis sesuai anjuran kemasan. Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis seputar mengatasi gangguan patogen. 

Kami siap memberikan solusi terbaik dan menguntungkan bagi petani dan aman bagi lingkungan. Karena pemakaian pestisida harus secara bijak dan aman bagi manusia. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Bara Harga Murah Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Dapatkan harga murah jual benih Bara varietas cabai rawit tahan antraknosa cap Panah Merah. Kami juga menyediakan beragam benih varietas terbaik tanaman sayur dan buah. 

Toko Pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis. Silahkan beli produk Kami lainnya ada promo menarik harga diskon jual pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang varietas cabai rawit tahan antraknosa. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.