BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/04/2022

Read

Harga Benih Jagung Manis Paragon Murah dan Terbaik - LMGA Agro

jual benih, jagung manis, jagung hibrida, paragon, benih pertiwi, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Paragon

Harga Benih Jagung Manis Paragon Murah dan Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih jagung manis Paragon murah dan terbaik. 

Harga benih jagung manis Paragon produk benih Pertiwi yang sudah menjadi andalan petani bertahun-tahun. Benih Pertiwi pembuat benih sayuran, buah dan benih jagung kepercayaan Petani. 

Dapatkan lengkap kebutuhan bercocok tanam mulai dari benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana budidaya tanaman. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis seputar pertanian dan permasalahannya. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. 

Toko pertanian LMGA Agro juga mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. Belanja online produk pertanian lengkap harga diskon di Toko pertanian LMGA Agro.

Harga benih jagung manis Paragon murah dan terbaik kualitasnya. Tongkol jagung besar dan manis serta tahan penyimpanan.   

Harga benih jagung manis Paragon murah terbaik dari benih Pertiwi andalan petani. Tongkol buah besar, rasa manis dan tahan penyimpanan. Tanaman tumbuh seragam, tongkol besar dengan bobot 300 gram. 

Harga benih jagung manis Paragon murah dan terbaik dengan biji lebih besar dari jenis jagung lainnya. Tahan penyimpanan hingga 5 hari setelah panen. 

Harga benih jagung manis Paragon terbaik dengan berat tongkol yang seragam yaitu sekitar 300 - 400 gram per tongkol. 

Budidaya benih jagung manis Paragon berhasil merebut hati petani. Cocok untuk penanaman pada ketinggian 700 - 900 m dpl dan potensi hasil tinggi. 


Benih Jagung Manis Paragon Andalan Petani


Harga benih jagung manis Paragon terbaik tongkol besar. Rasa sangat manis dan tahan penyimpanan sampai 5 hari setelah panen. Berat tongkol 400 - 800 gram. 

Produktivitas panen benih jagung manis Paragon sebesar 700 - 800 kg jagung super. Harga benih jagung manis Paragon terbaik sesuai selera konsumen. 

Petani tertarik dengan jagung manis Paragon Benih Pertiwi. Banyak mayoritas petani dan pengepul beralih ke jenis jagung manis Paragon.

Keunggulan benih jagung manis Paragon yaitu umur panennya lebih genjah yaitu 75 HST. Sedangkan jenis jagung manis lainnya baru dapat panen umur 80 HST. 

Harga benih jagung manis Paragon terbaik memiliki tinggi pohon jagung yang ideal sehingga memudahkan pemetikan saat panen. Pohon tanaman jagung tidak terlalu tinggi.

Harga benih jagung manis Paragon terbaik memiliki perakaran yang kuat, batang yang besar sehingga akan tidak mudah rebah oleh angin kencang. 

Tinggi tanaman 1,85 - 2,1 meter dengan bentuk penampang batang bulat dan berdiameter 2 cm lebih. Warna batang hijau, bentuk daun panjang agak melengkung panjang 87 - 88 cm. 

Warna rambut tongkol benih jagung manis Paragon yaitu hijau kekuningan dan mulai berbunga umur 53 - 55 hari setelah tanam. Umur panen benih Paragon adalah 67 HST. 

Bentuk tongkol silindris deng ujung tumpul berukuran panjang 16, 18 - 20,17 cm. Tongkol berdiameter 5 cm lebih. Warna tongkol berklobot yaitu hijau dengan bentuk biji seperti gigi. 

Warna biji kuning muda dengan biji yang lurus dan rapat. Kadar kemanisan bulir biji jagung manis Paragon yaitu 11% Brix lebih. Hasil panen tongkol per hektar yaitu sebesar 19 - 23 ton/ha. 

Populasi tanaman luas satu hektar yaitu 66.666 tanaman. Terdapat daun tongkol, warna rambutnya hijau kekuningan dan warna klobot hijau tua. 

Harga benih jagung manis Paragon terbaik dengan hasil panen tinggi, diameter tongkol besar dan ukuran bijinya juga besar. Adaptasi tanaman yaitu pada dataran rendah. 


Baca Juga : Benih Pertanian dan Distribusinya oleh LMGA Agro


Peluang Usaha Jagung Manis Paragon


harga benih, jagung manis, paragon, benih pertiwi, budidaya jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Online Shop Pertanian

Benih jagung manis Paragon dari Benih Pertiwi cocok untuk dataran rendah. Cara menanam jagung yaitu buatlah lubang sedalam 2 - 3 cm dan masukkan 2 butir benih jagung. 

Selanjutnya tutup lubang menggunakan tanah dan beri kompos. Lakukan penyiraman pada benih yang baru ditanam sehingga kelembaban tanah tetap terjaga. 

Kebutuhan benih jagung untuk penanaman satu hektar yaitu sebanyak 8 kg. Gunakan jarak tanam budidaya jagung manis yaitu 60 - 75 cm. 

Jagung manis bernama ilmiah Zea mays saccharata merupakan salah satu jenis makanan pokok pengganti beras. Jagung manis banyak dikonsumsi masyarakat. 

Budidaya jagung manis favorit petani untuk budidaya setelah menanam padi. Tanaman jagung mempunyai nilai komersil cukup tinggi dan peminat jagung manis cukup banyak. 

Hal ini karena sifat jagung manis yang berasa renyah dan manis serta mudah pengelolaannya dibandingkan bila mengkonsumsi jagung biasa. 

Cukup dijadikan jagung rebus saja, jagung manis sudah nikmat. Selain itu juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan air. 

Maka tidak heran permintaan akan jagung manis terus bertambah dan cukup laris di pasaran. Keberadaan jagung manis selalu habis di pasar tradisional.

Budidaya jagung manis membuat peluang usahanya menguntungkan dan menjanjikan. Prospek usaha menanam jagung secara luas cukup baik dan prospek cerah. 

Agar mendapatkan hasil maksimal, perawatan jagung manis juga harus diperhatikan. Jagung manis sangat rentan hama penyakit dibandingkan tanaman jagung biasa. 

Budidaya jagung manis juga harus memperhatikan kebutuhan unsur hara yang harus seimbang antara unsur Nitrogen, Phosphat dan Kalium. 


Baca Juga : Toko Pertanian Bisnis Online Cara Belanja Jadi Mudah


Persiapan Lahan Budidaya Benih Jagung Manis Paragon


harga benih, jagung manis, paragon, benih pertiwi, budidaya jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
pH meter untuk mengecek pH

Persiapan lahan menanam jagung manis dengan membersihkan terlebih dahulu kebun dari sisa-sisa tanaman. Tebas tanaman dan pohon-pohon pengganggu lalu biarkan kering selama 1 bulan. 

Lamanya dibiarkan tersebut tergantung cuaca, jika tanaman bekas sudah kering lalu lakukan pembakaran. 

Biasanya pembakaran pohon pengganggu dilakukan malam hari karena angin malam tidak terlalu kencang. 

Selanjutnya lakukan pengolahan tanah dengan cara mencangkul atau membajak tanah hingga tanah gembur. Tujuannya untuk memperbaiki kondisi tanah.

Bila tanah gembur akan mudah akar tumbuh dan bergerak menyerap unsur hara. Tanah dibolak-balik dan memecah bongkahan tanah hingga menjadi lebih kecil dan tanah menjadi gembur. 

Setelah tanah menjadi gembur maka buatlah bedengan menanam jagung manis dan ratakan tanah bagian atas. Jika menggunakan lahan bekas penanaman padi maka keringkan dulu tanahnya. 

Bedengan berfungsi juga untuk mengatur saluran air. Tinggi bedengan 20 - 30 cm dan jarak antar bedengan yaitu 30 cm sebagai saluran drainase. 

Tiap bedengan akan ditanam satu baris tanaman jagung manis. Bila tanah masih masam dengan pH kurang dari 5 maka harus menjalani proses pengapuran. Gunakan alat pH meter untuk mengecek pH.

Jumlah kapur pertanian/Dolomit yang diberikan kurang dari 1 ton/ha. Cara pemberiannya dengan cara tebar merata di atas permukaan bedengan. 

Namun bila tidak membuat bedengan, kapur cukup dimasukkan dalam lubang tanam saja. Selanjutnya biarkan selama 2 - 4 minggu tergantung dari cuaca saat itu. Bila cuaca panas maka cukup 1 - 2 minggu.

Berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang ayam, kambing atau sapi. Pupuk kandang ayam lebih banyak kandungan Nitrogennya. 

Pupuk kandang sapi atau kambing lebih banyak kadar Kalium dan Phosphatnya.  


Baca Juga : Budidaya Cabe Merah Mudah dan Cocok sebagai Usaha Kecil-Kecilan


Cara Menanam Jagung Manis


harga benih, jagung manis, paragon, benih pertiwi, budidaya jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat siram kocor
Proses cara menanam jagung manis biasanya menggunakan cara tugal atau gejik. Tanah ditugal sampai kedalaman 2 - 3 cm. 

Masukkan 1 - 2 butir benih jagung manis Paragon dalam lubang. Tutup lubang menggunakan pupuk kandang lalu siramkan air hingga lembab. 

Biasanya satu bedengan satu baris dengan jarak antar tanaman 20 - 25 cm. Namun bila tidak membuat bedengan maka jarak tanamnya yaitu 50 x 20 cm. 

Satu bedengan 2 baris maka lebar bedeng adalah 1 meter. Lakukan pengendalian hama dan penyakit secara berkala saat tampak ada serangan hama dan penyakit. 

Berikan pestisida sesuai dosis anjuran. Tanaman jagung manis akan mulai berbunga pada umur 50 hari setelah tanam. Petik dahulu jagung manis yang masih muda yaitu jagung yang berada paling pangkal. 

Tujuan cara panen tersebut untuk mendapatkan hasil panen maksimal.  

Pemupukan tanaman jagung bermaksud untuk menyediakan nutrisi yang siap untuk diserap akar tanaman. Sekaligus menambah kesuburan tanah. 

Dosis pemupukan tanaman jagung per hektarnya yaitu campuran Urea 300 kg, TSP 200 kg, KCl 50 kg dan pupuk kandang 2 ton per hektar. 

Pupuk kandang digunakan sebagai pupuk kandang dan berikan saat pengolahan tanah. Untuk aplikasi pupuk kimia diberikan menjadi 3 tahap. 

Yaitu pada umur 7, 30 dan 45 HST. Estimasi hasil panen jagung dapat diperoleh sampai 9,2 - 13 ton/hektar. 


Baca Juga : Jual Benih Cabe Rawit Halbanero Shypoon Murah


Harga Benih Jagung Manis Paragon Hasil Panen Terbaik


Jagung manis panen setelah masuk umur 2 bulan atau 60 hari. Dan panen jagung manis setelah hari ke-63 agar tongkol jagung bisa terisi penuh. 

Sebaiknya jangan memanen jagung manis melebihi umur 67 HST karena bulir jagung tidak manis lagi. Tanda jagung manis siap panen yaitu rambut luar jagung yang tampak menguning. 

Tongkol jagung terasa mengeras saat dipegang dan ketatnya klobot jagung. Panen jagung manis saat jagung masih muda. 

Untuk tanaman jagung biasa, petani memetiknya saat tanaman umur 80 - 110 HST. Saat tersebut umur tanaman sudah maksimal dan panen biji kering untuk pakan ternak.  

Musim kemarau cocok untuk menanam tanaman palawija yang tahan kering. Saat musim kering, pasokan air irigasi sudah mulai berkurang dan tanah menjadi kering. 

Perawatan cara menanam jagung manis meliputi penyulaman pada minggu pertama. Lakukan penyiangan untuk membersihkan rumput di sekitar tanaman. 

Saat musim kemarau, sebaiknya pemberian pupuk dengan cara dikocor ke tanaman. Jadi melakukan dua pekerjaan sekaligus, yaitu pemupukan dan penyiraman. 

Umur panen jagung manis tergolong sangat cepat. Jangka waktu panen sekitar 2 bulan dari mulai tanamnya. 

Bila tampak tanaman mulai berbunga dan tongkol jagung mulai melakukan pengisian biji maka pertanda waktu panen tidak lama lagi. 

Akan muncul bunga setelah memasuki umur sekitar 42 hari setelah tanam. Setelah pembungaan akan menyusul pengisian biji secara penuh. 

Panen jagung manis saat ujung tongkol tamapak terisi penuh. Warna biji jagung juga sudah mulai kuning. Pemetikan jagung manis saat rambut jagung manis berwarna coklat. 


Baca Juga : Fungisida Tahan Hujan Folicur 25 WP Bayer Sebagai Pengendali Jamur


Manfaat Jagung Rebus Bagi Kesehatan


harga benih, jagung manis, paragon, benih pertiwi, budidaya jagung manis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Manfaat jagung rebus diketahui kaya antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan mampu mencegah datangnya radikal bebas ke dalam tubuh. 

Antioksidan dalam manfaat jagung rebus juga membantu melindungi mata dari kerusakan sel sekaligus dapat meningkatkan kesehatan mata. 

Manfaat jagung rebus kaya serat, asam folat, vitamin C, karbohidrat, kalium, protein dan zat cryptoxanthin. Antioksidan dalam jagung rebus dapat menambah kekebalan tubuh kita. 

Jagung mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat jagung rebus juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti yang juga dialami anak hingga ibu hamil. 

Kandungan serat dalam jagung manis cukup tinggi. Dan serat akan membuat makanan bergerak lancar dalam saluran pencernaan. Khasiat jagung manis mengatasi sembelit dan susah buang air besar. 

Manfaat jagung manis sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat tinggi. Jagung manis dikonsumsi sebagai pengganti makan nasi. 

Jagung manis rebus sumber vitamin B kompleks antara lain vitamin B3, B5, B6 dan B9. Vitamin B cocok untuk anak-anak hingga dewasa dan ibu hamil. 

Vitamin B3 untuk menjaga sistem saraf dan kulit sehat. Vitamin B5 membantu mendapatkan energi dari makanan. Vitamin B6 membantu mengatasi morning sick ibu hamil dan pembentuk sel darah merah. 

Manfaat jagung manis sumber asam folat yang berkhasiat menjaga kesehatan janin dan kandungan ibu. Jagung rebus baik untuk kesehatan jantung kita. 


Harga Jagung Manis Paragon Murah Bijinya Menyehatkan Kaya Nutrisi


Kandungan jagung rebus kaya vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid. Kandungan nutrisi ini mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam darah. 

Sehingga kesehatan kardiovaskuler lebih mudah terkontrol. Vitamin C-nya membantu menurunkan asam amino dalam pembuluh darah. Bila asam amino naik menyebabkan masalah pada pembuluh darah. 

Otomatis menyebabkan gangguan pada organ jantung kita. Jagung rebus sumber antioksidan. Diketahui bahwa ternyata jumlah antioksidan lebih tinggi dari produk biji-bijan lainnya. 

Lutein dalam jagung rebus merupakan salah satu antioksidan yang sangat penting terutama dalam melindungi mata dari kerusakan sel. 

Zeaxanthin merupakan karotenoid paling umum pada tumbuhan. Fungsinya untuk meningkatkan kesehatan mata. 

Kandungan jagung rebus kaya protein di dalamnya. Peran protein bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi bagi anak-anak, dewasa, lansia dan ibu hamil. 

Protein sangat dibutuhkan terutama bagi ibu hamil. Protein berperan sebagai batu bata penyusun sel-sel tubuh janin untuk tumbuh kembang bayi. 

Manfaat jagung rebus mengandung kalium yang merupakan zat penting untuk bantu otot berkontraksi. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit-elektrolit yang ada dalam sel tubuh. 

Kalium berkhasiat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan turut serta menjaga kestabilan metabolisme tubuh manusia. 

Jagung manis mengandung vitamin B1 atau Thiamin yang berfungsi meningkatkan daya ingat. Selain itu juga dapatmencegah penyakit Alzheimer. 

Alzheimer atau pikun kerap terjadi pada orang lanjut usia. Yaitu suatu kondisi saat sebagian sel-sel otak sudah tidak berfungsi lagi. Sehingga kemampuan otak menurun drastis. 


Hama dan Penyakit Jagung Manis

Hama dan penyakit merupakan masalah penting bagi produktivitas tanaman. Terutama bila menanam jagung manis di lahan basah/sawah. 

Kondisi lingkungan akan cenderung lembab dan mudah sekali timbul serangan penyakit. Serangan lalat bibit harga benih jagung manis Paragon terbaik ini merusak tanaman sebesar 80 - 100%

Penggerek batang dapat menyerang seluruh fase perkembangan tanaman dan sseluruh bagian tanaman jagung. 

Hama dan penyakit akan semakin merusak bila kondisi lingkungan sesuai dengan kebutuhan hama.  

Kondisi lembab atau kondisi kering dan teknik budidaya yang kurang tepat turut memperparah serangan. 

Hama belalang semakin parah bila lokasi cenderung lembab karena dekat sumber air yang cukup dan mengalir terus. 

Gejala serangan hama belalang yaitu terdapat robekan pada daun dan semakin parah hingga tinggal tulang-tulang daun saja. 

Populasi belalang banyak kemungkinan disebabkan oleh lingkungan di sekitar lahan yang banyak tumbuh rerumputan liar. Berbagai jenis rumput ditengarai merupakan inang utama belalang. 

Hama lalat bibit benih jagung manis biasanya muncul pada umur 1 - 5 minggu setelah tanam. Biasanya pada lahan yang cukup kering. 

Sehingga perlunya penambahan mulsa jerami untuk menjaga keseimbangan suhu tanaman. Tanaman umur 2 minggu mempunyai organ tanaman yang sangat sesuai bagi lalat bibit. 

Karena tersedia makanan sekaligus habitat hidup yang cocok bagi hama. Lalat bibit menyerang tanaman mulai sejak pertumbuhan hingga umur 1 bulan. 

Lalat bibit menyukai tanaman muda umur 6 - 9 hari setelah tanam sebagai tempat meletakkan telurnya. 

Demikian artikel Kami tentang harga benih jagung manis Paragon terbaik dari benih Pertiwi. Hubungi kontak Kami 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Semoga artikel Kami menambah wawasan tentang benih jagung manis Paragon dan budidaya jagung manis. Dapatkan harga benih jagung manis Paragon terbaik di toko pertanian LMGA Agro. 

Promo menarik harga diskon produk pertanian lengkap di kios pertanian LMGA Agro terdekat melayani belanja online cepat. Kami menerima konsultasi gratis pertanian. Salam sukses...


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.