Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/06/2022

Read

Harga Benih Tomat Marvel Tani Murni Murah Terbaik - LMGA Agro

jual benih, tomat, TM Marvel, benih Tani Murni, manfaat  tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih TM Marvel
Tomat Tani Murni

Harga Benih Tomat Marvel Tani Murni Murah Terbaik - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko Pertanian LMGA Agro jual benih tomat Marvel harga murah dan terbaik. 

Harga benih tomat Marvel murah dan terbaik produk benih Tani Murni atau sering dikenal dengan tomat TM Marvel. Belanja online lengkap kebutuhan bercocok tanam di kios pertanian andalan Petani. 

Harga benih tomat Marvel terbaik beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami menerima konsultasi gratis tentang budidaya tanaman dan permasalahannya. 

Dapatkan harga promo menarik dan diskon produk di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat seluruh wilayah Indonesia. 

Pelayanan cepat dan barang terjamin aman sampai tempat tujuan bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana pertanian. 

Harga benih tomat Marvel terbaik jenis buah sayuran favorit masyarakat. Bentuk tomat Marvel bulat telur oval dan benih rekomendasi untuk daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Harga benih tomat Marvel murah dan benih terbaik dari Tani Murni. Jenis tomat indeterminate dengan bobot tomat tergolong besar yaitu 120 gram. Benih tahan penyakit dan virus, buah tahan penyimpanan dan distribusi jarak jauh. 

Warna tomat hijau keputihan saat muda dan berat buah 90 - 120 gram per buah. Budidaya tomat Marvel berpotensi panen sebanyak 4 - 6 kg per tanaman. 

Harga benih tomat Marvel terbaik buah tahan simpan lama dan tahan untuk distribusi jarak jauh. Masa panen nudidaya tomat Marvel adalah 85 - 90 hari. 

Tomat Marvel menghasilkan buah dengan bobot besar atau cukup berat. Rerata buah sebanyak 50 tomat per tanaman. Benih tomat Marvel memiliki keunggulan tahan layu bakteri dan virus Gemini. 

Tomat Terbaik Marvel TM Benih Tani Murni

Tomat Marvel dari Tani Murni masuk kategori jenis tomat indeterminate. Harga benih tomat Marvel murah dan terbaik direkomendasikan untuk dataran rendah sampai dataran tinggi. 

Bentuk tomat bulat oval berwarna hijau keputihan saat muda. Berat buah mulai 90 - 130 gram per buah. Tergolong jenis buah jumbo atau buah tomat besar. 

Tiap tanaman tomat Marvel berpotensi menghasilkan buah sebanyak 4 - 6 kg. Harga benih tomat Marvel terbaik menghasilkan buah yang tahan simpan lama dan tahan distribusi jarak jauh. 

Rekomendasi untuk ketinggian tempat 700 - 1500 m dpl. Umur panen yaitu 85 - 90 HST. Rerata banyak buah selama panen adalah 50 buah per tanaman. 

Harga benih tomat Marvel terbaik mampu beradaptasi baik di dataran tinggi dan saat musim hujan. 

Tipe tomat indeterminate yaitu dimana pertumbuhan tanaman tidak terbatas meski sudah berbunga dan buahnya banyak. Tomat indeterminate akan memperoleh manfaat dari pemangkasan tanaman. 

Pertumbuhan menjadi lebih cepat. Mengetahui tipe tomat ini akan bermanfaat apakah perlu pemangkasan atau tidak. 

Tomat Marvel akan semakin tinggi pertumbuhannya setelah perlakuan pemangkasan. Pemangkasan pada tomat indeterminate akan membantu pengontrolan tanaman. 

Dengan pemangkasan tidak ada lagi cabang yang merunduk dan karena terlalu banyak buah. 

Tomat adalah tanaman pertama yang ditemukan di Amerika Selatan. Tomat masih satu kerabat dengan terong, kentang dan paprika. 

Tomat termasuk buah karena struktur buahnya berdaging dan mempunyai biji yang aman ditelan. 

Baca Juga : Tomat Natama Super Unggul di Dataran Tinggi

Manfaat Tomat Benih Marvel

jual benih, tomat, TM Marvel, benih Tani Murni, manfaat  tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Tomat Menyehatkan

Benih Marvel menghasilkan buah tomat dengan segudang manfaat positif. Namun harga benih tomat Marvel terbaik bila buahnya dimakan berlebihan akan memberikan efek kurang baik juga bagi tubuh. 

Buah tomat mengandung lutein dan likopen berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Peran buah tomat juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah. 

Buah tomat dipercaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Efek kurang baik yaitu tomat menimbulkan rasa mulas dan refluks asam jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Beberapa masyarakat juga menyukai makan buah tomat mentah untuk dijadikan minuman jus atau smoothie. Likopen adalah bentuk antioksidan dalam buah tomat dan dapat mencegah penyakit kanker. 

Memakan tomat mentah berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Tomat mentah dalam jumlah banyak sekaligus dapat membentuk batu ginjal dalam tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan tomat kaya akan asam oksalat dan kalsium sehingga tubuh sulit memecah banyaknya nutrisi yang masuk. Sehingga nutrisi akan menumpuk dan membentuk batu ginjal. 

Lebih baik mengkonsumsi buah tomat secukupnya namun rutin setiap hari, Karena satu buah tomat menyediakan vitamin C sebanyak 40% kebutuhan tubuh ( minimum ).

Manfaat tomat baik untuk jantung. Tomat mengandung banyak nutrisi penting untuk jantung, kontraksi otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan kestabilan tekanan darah. 

Manfaat tomat yaitu mengandung vitamin B dan E serta antioksidan flavonoid untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Peran likopen, antioksidan dalam tomat bertugas menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga : Tomat Permata Hasil Tinggi, Tahan Layu Bakteri dan Jamur

Gambar Tomat Benih Marvel Tani Murni

Gambar tomat sebagai tanaman yang mempunyai anatomi daun berbentuk oval. Gambar tomat pada daunnya terdapat gerigi bagian tepinya. 

Bentuk daun gambar tomat cenderung menyirip dan melengkup bagian dalamnya. Tanaman tomat memiliki bunga dengan mahkota berwarna kuning cerah. 

Menurut definisi, tomat merupakan buah. Karena definisi buah adalah sebagai bagian yang berkembang dari ovarium bunga yang dibuahi. 

Sedangkan definisi sayur adalah bagian dari tanaman dan bisa dimakan dan bukan buah. Batang pohon tomat biasanya berwarna hijau dan berbentuk bulat atau segi empat. 

Saat muda, batangnya bertekstur lunak. Seiring bertambahnya umur tanaman, batang menjadi semakin keras. Tinggi mencapai 2 - 3 meter.

Secara ilmu Botani, tomat merupakan buah seperti halnya timun dan labu. Namun menjadi bahasa umum bahwa tomat disebut sayuran yang dapat dimakan mentah maupun matang.

Sama halnya dengan sayuran wortel, lobak, selada dan lain-lain. Famili tomat adalah Solanaceae dan spesiesnya Lycopersicum esculentum Mill.

Dalam buah tomat terdapat biji dan keluar dari bunga tomat. Meski berbentuk buah namun tomat dijadikan bahan pelengkap masakan karena membuat rasa gurih masakan.  

Diameter buah tomat tergantung varietas. Bervariasi mulai 4 - 15 cm dan rasa mulai asam hingga asam kemanisan. 

Buah tomat berdaging dan kaya kandungan air. Di dalam buah terdapat banyak biji berbentuk pipih, berwarna coklat kekuningan. Panjang buah 3 - 5 mm dan lebar 2 - 4 mm. 

Baca Juga : Red Aroma Perintis Melon Daging Orange Tahan Virus

Tomat Buah atau Sayur 

jual benih, tomat, TM Marvel, benih Tani Murni, manfaat  tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Berkebun Menanam Tomat

Terdapat definisi hukum dikatakan bahwa produk hortikultura itu buah atau sayuran. Begitu juga definisi secara ilmiahnya. Tomat buah atau sayur telah menjadi polemik dahulunya. 

Tomat buah atau sayur berdasarkan definisi ilmiah, buah yaitu suatu produk hortikultura yang terbentuk dari bunga dan mempunyai biji. 

Berdasarkan ilmu Botani, tomat adalah buah. Namun orang banyak memakan dan memperlakukan tomat untuk masakan. Dan cara mengolahnya, tomat termasuk kategori sayuran. 

Menurut Merriam-Webster, buah adalah tubuh reproduksi dan dapat dimakan, berasal dari biji serta memiliki daging buah yang manis. 

Tanaman tomat merupakan tanaman berbiji yang menumbuhkan buah tomat berwarna merah, bisa dimakan dan sangat disukai orang. Meski rasanya tidak semanis buah lain juga tidak sepahit sayur. 

Buah tomat sama dengan paprika hingga mentimun yang juga buah. Sedangkan untuk wortel dan kentang bukan buah karena berasal dari perkembangan organ akar/umbi. 

Tomat buah atau sayur secara ilmiah adalah buah. Namun diputuskan secara hukum bahwa tomat diklasifikasikan sebagai sayuan. Sebutan sebagai sayuran cakupannya cukup luas. 

Merriam-Webster menyebutkan bahwa sayuran adalah tanaman yang biasa ditanam, dimakan sebagai bagian dari tanaman tersebut. Ini berarti kategori sayuran adalah mencakup semua bagian tumbuhan. 

Mulai dari akar, batang, daun, buah, bunga sebagai sayuran. Sehingga meski masih berbeda pendapat tapi tomat dinyatakan sebagai buah dan sayuran. 

Buah tomat adalah sayuran dan buah yang mengandung banyak serat esensial, nutrisi, vitamin dan antioksidan. Semua jenis buah dan sayur bila dimakan teratur akan sangat bermanfaat baik untuk tubuh. 

Tomat Mengandung Vitamin Benih Marvel Terbaik

jual benih, tomat, TM Marvel, benih Tani Murni, manfaat  tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanaman Berbuah Lebat
Tomat mengandung vitamin dapatkan untuk harga benih tomat Marvel terbaik. Benih Marvel tomat terbaik tahan penyakit dan kaya vitamin. 

Banyak manfaat terkandung pada buah tomat. Harga buah tomat juga bersahabat dan masih terjangkau meski harga sedang naik. Buah tomat mudah ditemukan di pasar baik pedagang besar maupun kecil. 

Tomat mengandung vitamin dalam 100 gran tomat mengandung 20% vitamin C untuk kebutuhan harian tubuh kita. Selain itu juga menyumbangkan 10 - 20% vitamin A harian. 

Kombinasi vitamin A dan C menjadikan sumber antioksidan penting tubuh kita. Kombinasi keduanya baik untuk kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka dan mencegah pendarahan pembuluh. 

Vitamin A dan C bekerja sama menjaga organ penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi. Tomat mengandung vitamin dan kandungan penting. 

Antara lain ada beta karoten, likopen, enzim fitoena dan fitofluena. Enzim merupakan antioksidan penting dapat mengikat radikal bebas, sebagai tabir surya alami dan mencegah penyakit degeneratif. 

Tomat mengandung vitamin C berperan untuk membantu melindungi sel, memulihkan luka, menjaga fungsi imun dan kesehatan tulang. Vitamin C baik untuk pembuluh darah, sendi, kulit dan tulang rawan. 

Tomat mengandung vitamin A dalam bentuk pro-vitamin A yaitu beta karoten. Dalam bentuk akan menjadi vitamin A yang baik untuk sistem imun, fungsi penglihatan dan pertumbuhan sel dalam tubuh. 

Tomat mengandung vitamin K yang berperan vital untuk proses pembekuan darah dan pemeliharaan kesehatan tulang. Tomat berukuran sedang mengandung vitamin K kadar 9,7 mikrogram. 

Tomat mengandung vitamin B kompleks sebagai sumber energi untuk tubuh kita. Peran vitamin B untuk kesehatan kulit dan sistem saraf. 

Baca Juga : Tanam Kacang Panjang Parade Tavi Panah Merah

Cara Menanam Tomat 

Cara menanam tomat dapat Anda lakukan mulai dataran tinggi > 700 m dpl, dataran menengah 200 - 700 m dpl dan dataran rendah < 200 m dpl. 

Cara menanam tomat membutuhkan tanah gembur, kadar pH 5 - 6, sedikit berpasir, kaya kandungan humus dan pengaturan air yang baik. Suhu udara tinggi > 32 derajat Celcius menyebabkan buah menguning. 

Bila suhu tidak stabil membuat buah tomat berwarna tidak merata. Suhu ideal agar warna merah merata yaitu antara 24 - 28 derajat Celcius. 

Suhu dan kelembaban tinggi kurang baik pengaruhnya bagi tanaman dan kualitas buah tomat. Kelembaban relatif kebutuhan tanaman tomat adalah sebesar 80%. 

Cara menanam tomat juga menginginkan intensitas cahaya matahari sekitar 10 - 12 jam setiap hari. Muali dengan membersihkan lahan dari gulma, sisa tanaman dan kerikil. 

Bajak atau cangkul sampai gembur selanjutnya buat bedengan menanam tomat lebar 1 - 1,2 meter. Panjang sesuai dengan kondisi lahan. Buat tinggi bedengan 20 - 40 cm untuk lahan kering/tegalan. 

Tinggi 50 - 60 cm untuk bedengan lahan sawah sebagai pengendalian air drainase. Buat jarak tanam yaitu 60 - 80 cm antar baris dan 40 - 50 cm jarak dalam baris. 

Gunakan mulsa plastik hitam perak di permukaan bedengan untuk pertumbuhan lebih baik tanaman tomat. Pemeliharaan juga lebih mudah dengan adanya mulsa. 

Gunakan alat pelubang mulsa untuk membuat jarak tanam pada bedengan yang tertutup mulsa plastik hitam perak. Luasan satu hektar mendpatkan sebanyak 25.000 - 30.000 populasi tanaman tomat. 

Persemaian Benih Tomat Marvel 

jual benih, tomat, TM Marvel, benih Tani Murni, manfaat  tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai 
Benih Tomat 

Persemaian cara menanam tomat menggunakan tray semai dan media tanamnya adalah campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang ( 1 : 1 : 1 ). 

Tanam benih tomat Marvel satu per satu. Sebelumnya benih dapat Anda rendam dalam air hangat kuku selama 5 - 6 jam. Tiriskan lalu semai benih. 

Bibit tomat mulai pindah tanam umur 25 - 30 HST dan sebaiknya penanaman pada sore hari. Tujuannya mencegah bibit layu bila penanaman pagi hari dan bertemu dengan paparan sinar matahari. 

Usahakan saat penanaman bibit, daun tomat tidak menyentuh tanah karena menyebabkan daun menjadi busuk dan terkena penyakit. 

Tahapan pemeliharaan cara menanam tomat meliputi penyulaman, penyiangan, penyiangan, pemangkasan, pemasangan ajir, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. 

Lakukan penyulaman bila tampak ada tanaman mati, sakit dan rusak karena serangan hama penyakit. Penyulaman bibit tomat sampai umur 15 HST saja selanjutnya tidak ada penyulaman agar tumbuh seragam. 

Lakukan penyiraman air rutin setiap hari atau sesuai kondisi tanam di lahan. Hindari tanah kering atau tanaman kekeringan karena kekurangan air. 

Budidaya tomat juga memerlukan pemasangan ajir untuk mencegah tanaman roboh. Ajir terbuat dari bambu atau kayu dengan panjang 100 - 175 cm. 

Pemasangan ajir saat tanaman masih kecil dan akar masih pendek sehingga saat ajir ditancapkan tidak mengenai akar. Karena luka pada akar menjadi jalan masuknya penyakit. 

Tancapkan ajir dengan jarak 10 - 20 cm dari pangkal batang. Ajir bisa tegak lurus atau ujung kedua ajir diikat membentuk segitiga. Olesi dengan minyak tanah atau ter pada ajir agar tidak dimakan rayap. 

Ikat tanam ke ajir bila tingginya telah 10 - 15 cm, ikat menggunakan model angka 8 dan jangan terlalu erat karena bisa menimbulkan luka. Gunakan tali salaran khusus untuk mengikat tanaman. 

Pemangkasan Tanaman Tomat

Sebelum melakukan pemangkasan, tentukan dahulu mana batang primer dan batng sekundernya. Pangkas batang sekunder yang menyebabkan tumbuh batang yang merunduk ke tanah. 

Pangkas batang yang tumbuh buah terlalu banyak. Batang sekunder ini muncul dan tumbuh di samping batang primer. 

Memangkas batang sekunder dan membiarkan batang primer tumbuh merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan pada jenis tomat indeterminate. 

Alat pangkas menggunakan gunting tanaman dan selalu lap gunting pangkas menggunakan alkohol setelah selesai pemangkasan lebih dari satu batang. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit. 

Harga benih tomat Marvel murah dan terbaik jenis tomat indeterminate dimana perlu perlakuan pemangkasan untuk hasil panen maksimal. 

Pemangkasan tomat secara berkala untuk menjaga produktivitas tanaman. Tanaman terlalu banyak daun tidak efektif berbuah. 

Karena nutrisi akan tidak fokus untuk membesarkan buah sehingga hasil buah akan berukuran kecil. Jenis tomat indeterminate rimbun dan banyak daun serta cabang sehingga harus dipangkas. 

Daun rimbun menyebabkan kelembaban tinggi karena paparan sinar matahari tidak kena ke seluruh bagian tanaman. Ada tiga jenis pemangkasan tomat Marvel.

Pemangkasan tunas muda yaitu tunas di antara batang sehingga tinggal batang dan daun utama saja. Pemangkasan tunas muda cukup menggunakan tangan. 

Pemangkasan batang yaitu saat ada 2 helai daun di atas tandan buah kelima. Tujuan pemangkasan mempercepat matangnya buah. Lebih baik bila hanya 2 - 3 tunas cabang setiap batangnya. 

Pemangkasan batang menggunakan pisau tajam. Ketiga adalah pemangkasan bunga dan buah karena idealnya setiap periode hanya panen 6 - 8 buah saja. 

Ukuran buah dapat besar bila jumlah buah dikurangi. Namun bila untuk pemasaran lokal biasanya Petani tidak melakukan pemangkasan buah/buah. 

Harga Benih Tomat Marvel Murah Produksi Tinggi

Kualitas buah tomat terbaik dengan melakukan pemupukan yang tepat. Tujuan pemupukan agar tanaman tumbuh subur dan berbuah banyak. 

Bila tanaman tomat menggunakan mulsa maka lebih efektif bila pemupukan menggunakan cara kocor. Gunakan pupuk NPK 2 - 3 kali selama pertumbuhan.  

Panen tanaman tomat interval 3 - 5 hari sekalihingga buah habis. Bila untuk distribusi jarak jauh sebaiknya pemanenan dengan tingat kematangan 75% ( tomat masih hijau ). 

Untuk pemasaran jarak dekat maka panen saat tingkat kematangan 90% atau tomat berwarna kuning kemerahan. 

Demikian artikel kami judul : Harga Benih Tomat Marvel Tani Murni Murah Terbaik - LMGA Agro. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). 

Semoga artikel Kami bermanfaat. Beli harga benih tomat Marvel terbaik di Toko Pertanian LMGA Agro melayani online kebutuhan bercocok tanam lengkap. Salam sukses...

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.