TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/07/22

Jual Benih Harga Murah Bibit Jagung Tahan Musim Hujan - LMGA Agro

jual benih, jagung, bibit jagung terbaik, jagung BISI, toko pertanian, yoko online, lmga agro
Benih BISI 18

Jual Benih Harga Murah Bibit Jagung Tahan Musim Hujan - LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih harga murah bibit jagung terbaik. 

Jual bibit jagung tahan musim hujan berkualitas produktivitas tinggi. Beli produk pertanian berkualitas terbaik lengkap. Tersedia benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana. 

Harga murah dan grosir beli benih terdekat di Toko Pertanian LMGA Agro. Promo menarik produk pertanian terbaik. Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis. 

Beli sekarang belanja online di Toko Pertanian LMGA Agro produk pertanian. Kami siap kirim lewat jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Bibit jagung tahan musim hujan sangat penting dan banyak membantu Petani untuk meningkatkan kesejaheraan petani. Tanaman jagung favorit Petani karena kemudahan cara menanam jagung.

Menanam jagung pada lahan dengan sedikit ketersediaan air maka air hujan menjadi sangat penting. Penyiraman menjadi lebih ringan karena penyiraman tanaman sudah oleh turunnya hujan. 

Bibit jagung tahan musim hujan benih terbaik menghasilkan produktivitas panen maksimal. Bibit tahan penyakit bulai dan karat daun. Benih BISI terbaik hasil tongkol besar dan bobot tongkol memuaskan. 

Bibit jagung tahan musim hujan toleran penyakit yang biasanya berkembang cepat saat musim hujan. 

Penggunaan benih jagung berkualitas yaitu benih hibrida terbaik untuk menanam jagung di musim hujan. Benih berkualitas andalan petani produk dari BISI, Pertiwi, Syngenta dan banyak lagi. 

Benih berkualitas menjamin hasil panen akan melimpah dan maksimal. Sistem penanaman benar dan aplikasi pupuk berimbang pada budidaya jagung musim hujan akan mendapatkan hasil terbaik. 

Jagung Komoditi Penting Petani Indonesia

Jagung merupakan tanaman pangan di Indonesia. Hasil panen jagung turut membangun pertanian dan perekonomian bangsa. 

Hal ini tampak semakin meningkatnya permintaan jagung pada pasar domestik. Peningkatan permintaan jagung seiring semakin berkembangnya industri pakan dan pangan. 

Harga jagung dan harga pupuk naik pasti menjadi berita besar di Indonesia karena begitu besarnya komoditi pangan ini. 

Jagung salah satu tanaman serealia penting. Jagung merupakan tanaman bahan pangan pokok pengganti beras. Jagung juga menjadi bahan untuk pembuatan pakan ternak. 

Jagung cocok tumbuh dan hidup pada iklim tropis Indonesia. Kini selain sebagai bahan pangan, jagung menjadi bahan bakar alternatif. 

Jagung menjadi tanaman pangan Nasional dan makanan pokok utama setelah padi penghasil beras. Sehingga tanaman jagung turut menyangga ketahanan pangan Nasional. 

Proporsi hasil jagung sebagai bahan pangan kini bergeser menjadi bahan baku utama industri pangan ternak. Hasil panen jagung 60% untuk pakan ternak. 

Sedangkan untuk konsumsi pangan sebesar 30% dan 15% untuk kebutuhan industri lainnya. Permintaan jagung terus mengalami peningkatan sebagai dampak berkembangnya industri peternakan. 

Terutama industri peternakan ayam petelur. Jagung mengandung energi, protein dan gizi lainnya sesuai kebutuhan ternak seperti unggas. 

Bibit jagung tahan musim hujan memberikan harapan untuk terus menanam jagung sepanjang tahun dengan memperhatikan lingkungan. Mengharap bahwa musim hujan pun dapat menanam jagung.

Karena ketersediaan sedikit di musim hujan, maka harga barang akan semakin mahal. Aplikasi pupuk berimbang dan pemakaian pupuk organik untuk mempertahankan kesuburan tanah. 

Baca Juga : Cara Berbelanja di Toko Pertanian LMGA Agro

Menanam Jagung Peluang Usaha Menguntungkan 


jual benih, jagung, bibit jagung terbaik, jagung BISI, toko pertanian, yoko online, lmga agro
Menanam Jagung
Peluang Usaha 

Bibit jagung tahan musim hujan peluang usaha menguntungkan untuk mendapatkan hasil panen maksimal. Menanam jagung menjadi kebutuhan penting industri olahan makanan dan pakan ternak. 

Kebutuhan akan jagung kini semakin meningkat. Cara menanam jagung berhasil menguntungkan dengan menerapkan sistem penanaman tepat dan aplikasi pupuk berimbang. 

Bahkan menanam jagung di musim hujan kini dapat menghasilkan panenan melimpah. Salah satu usaha pertama yaitu menggunakan bibit jagung tahan musim hujan. 

Terhitung sejak 2014, produktivitas tanaman jagung mengalami peningkatan menggembirakan. Bahkan Pemerintah melakukan ekspor jagung. 

Hal ini menunjukkan potensi menanam jagung masih sangat terbuka lebar. Menanam jagung dapat menjadi peluang usaha menjanjikan untuk masa depan. 

Tanaman jagung memiliki nama ilmiah Zea mays merupakan jenis tanaman serealia dan mempunyai perakaran serabut. Agar tanaman jagung tumbuh optimal maka membutuhkan tanah yang gembur. 

Selain itu tanah juga harus mengandung unsur hara tinggi. Budidaya jagung cocok bila penerapannya pada musim hujan terutama bila kebun tidak memiliki cukup ketersediaan air. 

Tanaman jagung muda membutuhkan kelembaban tanah tinggi. Namun juga tidak boleh terlalu lama tanaman tergenang air. Air harus cepat meresap dalam tanah dan drainase air yang baik. 

Pengolahan tanah menanam jagung memiliki dua metode. Yaitu metode sistem tanpa olah tanah ( TOT ), ini cocok untuk lahan bekas padi atau tanah sawah. 

Metode kedua yaitu sistem olah tanah sempurna ( OTS ) cocok bagi lahan kering atau tegalan. Gunakan sesuai kondisi lahan Anda untuk menanam jagung. 

Menanam jagung saat musim hujan sebaiknya pilih metode olah tanah sempurna ( OTS ). Karena ada  drainase untuk saluran air hujan. Drainase akan mencegah tanaman terendam air. 

Baca Juga : Fungsi Pupuk NPK 15-10-20 

Tanaman Jagung Cocok Iklim Tropis Indonesia

jual benih, jagung, bibit jagung terbaik, jagung BISI, toko pertanian, yoko online, lmga agro
Tanaman Jagung Palawija Indonesia

Tanaman jagung cocok untuk tumbuh di iklim tropis Indonesia. Tanaman jagung sebenarnya dapat tunbuh pada segala jenis tanah. 

Yaitu mulai tanah andosol, latosol, grumosol hingga jenis tanah kering. Hal ini berbeda dengan pohon sawit yaitu ada beberapa jenis tanah agar tanaman sawit tumbuh optimal. 

Bila tidak ada irigasi maka tanaman jagung membutuhkan curah hujan curah hujan ideal sebesar 85 - 200 mm per bulan. 

Proses perawatan bibit jagung tahan musim hujan berbeda denga cara menanam jagung di musim kemarau. Namun tidak ada hal yang menjadi kendala bila di musim hujan. 

Bila cara pemeliharaan tanaman jagung musim hujan tepat maka petani bisa menghasilkan panen berlimpah. 

Hasil maksimal cara menanam jagung baik musim kemarau maupun musim hujan terletak pada ketekunan dan kejelian dalam memilih bibit. Tentunya bibit jagung tahan musim hujan adalah tepat. 

Proses pengolahan tanah harus sesuai untuk tanaman jagug juga pengendalian hama dan penyakitnya. 

Bibit jagung tahan musim hujan cocok untuk menanam di musim hujan karena keunggulan benih yang tahan jamur. Karena saat musim hujan, kelembaban akan meningkat.

Dan penyakit cepat menyebar bila kondisi lingkungan sedang lembab. Bibit jagung tahan musim hujan adalah tahan penyakit karat daun dan bulai jagung. 

Benih BISI 816 salah satu solusi tepat menanam bibit jagung tahan musim hujan. Bibit lebih unggul dan kebal serangan hama dan penyakit. 

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Melayani dan Menjangkau Seluruh Indonesia

Bibit Jagung Tahan Musim Hujan Terbaik Tahan Penyakit

1. BISI 816 Cap Kapal Terbang

Jagung BISI 816 bibit jagung tahan musim hujan benih super hibrida terbaik Cap Kapal Terbang. Benih terbaik produk PT BISI International.

Jagung BISI 816 memiliki keunggulan tinggi yang seragam yaitu sekitar 203 cm, batang besar, kokoh dan tegak. Warna batang hijau dan ada strip ungu. 

Perakaran tanaman BISI 816 baik dengan keunggulannya tidak mudah rebah. Daun warna hijau gelap. Benih BISI 816 telah teruji keunggulannya mulai dataran rendah hingga ketinggian tempat 700 m dpl. 

BISI 816 bibit jagung tahan musim hujan paling tahan penyakit bulai. Hasil tongkolnya berukuran besar dan seragam. Produktivitasnya tinggi, cocok untuk lahan sawah maupun kebun tegalan. 

2. Jagung Pertiwi 3

Bibit jagung tahan musim hujan benih F1 Pertiwi 3 merupakan jagung hibrida super. Benih Pertiwi 3 hasil persilangan dua jenis jagung unggul. 

Benih Pertiwi 3 tahan serangan jamur yang biasa juga terjadi pada musim hujan. Pertiwi 3 bibit jagung tahan musim hujan tinggi tingkat ketahanan dari penyakit bulai. 

Hasil panennya berkualitas dan memuaskan. Cocok sebagai peluang usaha pertanian menjanjikan untuk masa depan. Karakter tanaman jagung Pertiwi 3 khas. 

Tongkol tampak besar dan gemuk karena jumlah barisan bijinya termasuk super. Yaitu jumlah bulirnya 16 - 18 baris. Potensi hasil benih Pertiwi 3 sekitar 13,73 ton/hektar. 

Umur panen sekitar 103 HST dengan tinggi tanaman sampai 196 cm. Tanaman tahan penyakit bulai, hawar dan karat daun. Kondisi daun tetap berwarna hijau meski tongkol siap panen ( tebonan hijau ). 

3. Benih Jagung BISI 18

Bibit jagung tahan musim hujan hibrida BISI 18 tahan penyakit karat daun dan hawar daun jagung. Benih hibrida BISI 18 memiliki keunggulan yaitu biji jagung terisi penuh hingga bagian ujungnya. 

Tingkat pengisian pucuk tongkolnya ( tip filling )mencapai hingga 97%. Paling sedikit produktivitas BISI 18 adalah sebesar 10 ton per hektar pipilan kering. Umur panen mulai 107 HST. 

4. Benih Jagung BISI 2

Umur panen jagung BISI 2 masak yaitu 103 HST dan umur 56 HST tanaman keluar rambut 50%. Tinggi tanaman mencapai 232 cm dengan batang tinggi dan tegak. 

Daun jagung BISI 2 berwarna hijau cerah, panjang, lebar dan terkulai. Potensi unggulan mampu menghasilkan 2 tongkol sama besar setiap tanaman. 

Letak tongkol pada tengah-tengan batang, berukuran sedang, silindris dan seragam. Janggelnya kecil dan dapat dipipil langsung menggunakan mesin saat kering sawah. Janggel tidak ikut hancur. 

Klobot dapat membungkus jagung denga baik, warna bijinya kuning oranye dengan bentuk semi mutoara. Berat 100 butir sebanyak 265 gram. Rata-rata hasil sebesar 8,9 ton/hektar kering. 

Bibit jagung tahan musim hujan BISI 2 toleran penyakit bulai dan karat daun. Kadar air rendah saat panen sehingga harga jual akan tinggi dan tahan penyimpanan. 

Bibit jagung tahan musim hujan BISI 2 memiliki daya adaptasi baik sehingga penanaman pada lahan sawah atau tegalan. Jagung BISI 2 andalan petani lebih dari 10 tahun. 

Benih favorit Petani seluruh Indonesia dan beradaptasi baik dengan berbagai jenis lahan. 

5. Benih Jagung NK Perkasa

Bibit jagung tahan musim hujan NK Perkasa tahan penyakit bulai Perenosclerospora maydis dan selama ini penyebab penurunan hasil produksi jagung. 

Kehilangan hasil akibat bulai mencapai 25 - 40% dan setiap tahun serangan bulai semakin mengingkat. Terutama budidaya jagung pada lahan sawan dan lembab selama April hingga Juni. 

Benih jagung NK Perkasa pertumbuhan awal seragam hingga munculnya jagung dapat serentak. Baris bulir padat yaitu 16 - 18 baris sehingga rendemen dan hasil produski tinggi. 

Potensi hasil 13,3 ton/hektar dengan rata-rata hasil 9,7 ton/hektar. Warna bulir jagung oranye cerah, menjadi favorit Petani. Juga favorit pedagang jagung pipilan hingga pabrik pakan ternak. 

Bibit jagung tahan musim hujan yang tahan kekeringan juga dan pertumbuhan stabil pada setiap kondisi tanah. Umur panen relatif lebih cepat yaitu 101 HST dataran rendah. 

Tongkol berisi penuh dan tanaman tahan penyakit busuk tongkol. Tanaman jagung NK Perkasa juga tahan serangan bulai dan kresek . 

Baca Juga : Pestisida Pertanian Lengkap di Toko Pertanian LMGA Agro

Cara Menanam Jagung 

jual benih, jagung, bibit jagung terbaik, jagung BISI, toko pertanian, yoko online, lmga agro
Benih pertiwi
Jagung

Jarak tanam cara menanam jagung yaitu 80 x 20 cm dengan satu bibit jagung tahan musim hujan per lubangnya. Jarak tanam ideal ini dapat memberikan cukup untuk tanaman menerima sinar matahari. 

Jarak tanam tepat akan memberikan ruang tumbuh cukup untuk tanaman jagung agar dapat tumbuh dua tongkol dengan tampilan yang baik. 

Drainase cara menanam jagung sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Keluar masuknya air pada lahan jagung dengan membuat minimal 3 saluran air pada tengah-tengah lahan. 

Buatlah bedengan lebih tinggi lagi agar
saat volume air meningkat, tanama jagung tetap tidak tergenang air. Bibit jagung tahan musim hujan akan menghadapi kelembaban tinggi.

Pengaturan jarak tanam lebar dapat mengurangi kelembaban saat musim hujan. Jarak tanam terlalu rapat membuat sinar matahari tidak sampai hingga bagian bawah tanaman. 

Kelembaban tinggi akibat jarak tanam rapat atau tanah terlalu basah menyebabkan serangan jamur meningkat. Gunakan jarak tanam lebar untuk bibit jagung tahan musim hujan 70 - 80 cm x 20 cm. 

Berikan pupuk tepat dosis terutama pupuk dengan kandungan N tinggi. Perhatikan dosis untuk tidak berlebihan pada pupuk Nitrogen karena dapat menyebabkan keracunan pada tanaman. 

Petani seringkali memberikan pupuk Nitrogen berlebihan karena menganggap bahwa pupuk dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Pupuk N terlalu tinggi tidak bagus untuk jagung. 

Pupuk Nitrogen tinggi justru membuat daya tahan tanaman terhadap hama semakin menurun. Terlebih bila musim hujan, karena air hujan mengandung Nitrogen tinggi. 

Tanam Jagung Saat Musim Hujan 

jual benih, jagung, bibit jagung terbaik, jagung BISI, toko pertanian, yoko online, lmga agro
Budidaya Jagung 

Tanam jagung musim hujan berbeda dengan saat musim kemarau. Tanam jagung musim hujan, anda harus teratur memeriksa lahan minimal satu minggu sekali.

Rutin selalau mengamati pertumbuhan tanaman jagung saat musim hujan mencegah serangan hama penyakit lebih dini. Pengamatan terhadap kondisi kebun dan tanaman setelah terguyur hujan deras. 

Usahakan segera tangani bila tampak air masih menggenang dan belum keluar dari lahan. Bersihkan daun-daun yang rusak, buat bumbunan sekitar tanaman agar tidak roboh bila terguyur hujan. 

Hujan deras beserta angin kencang dapat membuat beberapa tanaman mungkin roboh. Tegakkan kembali tanaman bila rebah dan naikkan tanah untuk menahan pohon jagung. 

Bersihkan lahan jagung dari gulma, sampah daun dan bebatuan. Gulma tumbuh lebar menjadi tempat bermukimnya hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman jagung. 

Pengamatan rutin seminggu sekali memungkinkan menemukan organisme pengganggu sedini mungkin. Dan kita bisa melakukan penanganan lebih cepat. 

Persiapan pertama tanam jagung yaitu pengolahan lahan untuk mendapatkan tanah yang gembur. Bersihkan sisa tanaman, rumput atau benda lainnya yang dapat menggangu penanaman, 

Cek pH menggunakan alat pH meter dan pH sesuai untuk tanam jagung yaitu 5,6 - 7,7. Bedengan tanam jagung yaitu lebar 70 - 100 cm. Tinggi bedengan 10 - 20 cm. 

Panjang bedengan sesuaikan dengan kondisi dan kontur tanah. Tanam jagung musim hujan, bedengan harus lebih tinggi. Taburkan insektisida pada permukaan bedengan untuk membunuh hama tanah. 

Bila lebar bedengan 2 meter maka bisa ada 3 baris tanaman jagung dalam satu bedeng. Masukkan 2 benih jagung dalam satu lubang tanam. Berikan pupuk saat pengolahan tanah dan penanaman. 

Produk Pertanian Terbaik dan Lengkap Toko Pertanian LMGA Agro Online

Gunakan pupuk kandang dan pupuk NPK. Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis mengenani pemupukan jagung dan cara pemeliharaan lainnya. 

Demikian cara tanam bibit jagung tahan musim hujan benih terbaik. Beli benih terbaik bibit jagung tahan musim hujan di Toko Pertanian LMGA Agro.

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dalam menanam bibit jagung tahan musim hujan. Beli sekarang produk pertanian terbaik harga murah dan grosir. Salam sukses....

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.