TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

21/09/22

Rahasia Pemberian Pupuk Terong yang Bagus Berkualitas | LMGA Agro

jual produk pertanian, benih terong, pupuk terong, pemupukan, npk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Terong
Antaboga F1
 
Rahasia Pemberian Pupuk Terong yang Bagus Berkualitas | LMGA Agro. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih berkualitas dan pupuk terong yang bagus. 

Jual kebutuhan bercocok tanam harga murah dan grosir produk terbaik. Belanja online terdekat di kios pertanian LMGA Agro. 

Produk pertanian lengkap antara lain ada benih beragam varietas dan berkualitas, pupuk, pestisida, ZPT sampai alat pertanian sarana dan prasarana. 

Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis seputar pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. 

Beli sekarang produk pertanian harga murah berkualitas di Toko Pertanian LMGA Agro. Harga murah pupuk terong yang bagus hasil panen melimpah. 

Hasil panen menguntungkan berkat pupuk terong yang bagus. Benih berkualitas beserta cara pemupukan tepat akan mendapatkan hasil maksimal. 

Pupuk terong yang bagus dan dengan cara memupuk yang benar akan meningkatkan produktivitas budidaya terong. Pupuk terong dapat menggunakan pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk organik penting untuk meningkatkan kesuburan tanah. 

Pemberian pupuk terong yang bagus sesuai takaran anjuran pada kemasan dan tidak berlebih maupun berkurang. Cara pemupukan juga harus tepat dan benar baik cara kocor maupun tabur. 

Tanaman terong berbuah lebat dengan jenis pupuk untuk terong yang bagus berkualitas. Buah tumbuh lebat, tanpa cacat dan permukaan kulitnya halus. 

Buah terong sehat mengandung sejumlah nutrisi baik untuk kesehatan. Sejumlah nutrisi lengkap dalam terong mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Manfaat Terong Bagi Kesehatan 

jual produk pertanian, benih terong, pupuk terong, pemupukan, npk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Terong Ungu

Terong sebagai sayuran dengan cara pengolahan yang cukup beragam dan rasa olahan terong sangat enak. Olahan terong yang menyehatkan adalah jangan menggoreng. 

Dengan menggoreng terong banyak nutrisi rusak sehingga tidak menyehatkan bagi tubuh. Jenis terong cukup banyak, ada terong warna ungu, hijau hitam, putih dan jingga. 

Dalam sayuran terong dari benih terbaik berkualitas mengandung nutrisi yaitu kalori, protein, serat dan lemak. Terong mengandung beragam vitamin dan mineral. 

Terong mengandung asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, zat besi dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi lengkap tersebut, manfaat terong sangat baik untuk tubuh kita. 

1. Manfaat Terong Mencegah Penyakit Jantung

Kulit terong ungu mengandung pigmen warna sekaligus bersifat sebagai antioksidan, yaitu nasunin, Salah satu manfaat dari antioksidan yaitu mencegah resiko penyakit jantung. 

Sebuah studi menyebutkan bahwa antioksidan dalam sayuran terong mempu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Resiko serangan jantung pun semakin kecil. 

2. Manfaat Terong Mencegah Diabetes

Karena terong kaya kandungan serat dan polifenol bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Terong mampu mengurangi penyerapan gula sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah. 

3. Manfaat Terong Untuk Menurunkan Berat Badan 

Terong mengandung rendah kalori tetapi kaya kandungan serat. Mengkonsumsi terong sehari-hari dapat menurunkan dan menjaga berat badan selalu ideal. Serat membuat perut kenyang lebih lama. 

Baca Juga : Resep Rahasia Benih Terong Hijau Milano Panah Merah

4. Terong Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Serat selain baik untuk menjaga berat badan juga untuk melancarkan sistem pencernaan. Peran serat terong mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan penyerapan makanan di usus. 

5. Manfaat Terong Baik Untuk Kesehatan Tulang

Sayuran terong mengandung mangan tinggi berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Mangan biasanya akan membantu proses pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. 

6. Terong Melindungi Tubuh dari Infeksi Bakteri

Terong mempunyai antioksidan yang bersifat sebagai anti bakteri yaitu nasunin dan asam klorogenat. Sifat antibakteri ini dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri seperti Escherichia coli. 

7. Manfaat Terong Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan dalam sayuran terong mampu menangkal radikal bebas di udara penyebab dari penyakit kanker. Asam klorogenat juga bersifat antibakteri dan antivirus. 

Baca Juga : Terong Ungu Yumi Panah Merah Favorit Petani Pedagang

Terong Ungu Berbuah Lebat

Terong ungu jenis terong paling banyak diolah dan selalu laris di pasar. Ukuran dan panjang terong ungu bermacam-macam tergantung dari varietasnya. 

Toko pertanian LMGA Agro jual benih terong ungu berkualitas. Budidaya terong ungu hasil panen tinggi juga dukungan dari pemupukan. 

Pupuk terong yang bagus susulan yaitu mulai tanaman umur 2 minggu setelah menanam bibit. Budidaya terong non organik menggunaka pupuk terong yang bagus dan tepat. 

Antara lain pupuk Urea dosis 80 kg/hektar dan KCl dosis 45 kg/hektar. Sedangkan untuk budidaya terong organik berikan pupuk terong yang bagus adalah menggunakan kompos atau pupuk kandang. 

Pupuk organik sebanyak satu genggam tangan atau sekitar 1/2 kg untuk satu tanaman. Berikan pupuk  terong yang bagus tadi mengelilingi tanaman dari jarak 5 cm dari pangkal batang. 

Pupuk terong yang bagus yaitu pupuk NPK berikan mulai umur 30 HST. Pupuk NPK sebanyak 280 kg/hektar. Atau cara lain yaitu Anda campurkan Phonska dan ZA dosis 300 kg/hektar. 

Rahasia pemupukan cara menanam terong yaitu tugal dahulu tanah sedalam 5 cm. Masukkan pupuk terong yang bagus dalam lubang lalu tutup dengan pupuk kandang. 

Rahasia pemupukan terong yaitu lakukan penyiraman selesai memupuk. Siram teratur sebanyak dua kali pagi dan sore hari. 

Ulangi pupuk terong yang bagus umur minggu ke-5 dan minggu ke-7 setelah tanam bibit terong. Rahasia keberhasilan pemupukan, setelah memupuk yaitu bersihkan gulma. 

Bersihkan semak belukar bedengan tanam terong terutama pada sisi pinggir dan saluran air agar air dapat mengalir lancar. 

Baca Juga : Belanja Pertanian Harga Grosir Cepat dan Tepat

Pemeliharaan Tanaman Terong Meningkatkan Hasil

jual produk pertanian, benih terong, pupuk terong, pemupukan, npk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Cap Pak Tani

Pemeliharaan tanaman terong juga dengan memotong daun-daun terong yang menguning, sakit atau sudah tua. Bersihkan juga daun-daun yang rontok dan buang keluar kebun. 

Baik menanam terong pada tanah lahan/kebun maupun dalam pot seringkali tumbuh rumput-rumput liar. Bersihkan rumput-rumput tersebut karena mengganggu pertumbuhan. 

Gulma dapat bersaing dalam menyerap unsur hara dan tanaman tidak mendapatkan unsur hara dengan baik dan jumlah cukup. Gulma memiliki sifat tumbuh yang mampu kuat bersaing dengan tanaman. 

Gulma juga cenderung lebih cepat tumbuh sehingga perlu penyiangan secara berkala. Pasang juga lanjaran untuk menyangga tegaknya tanaman. 

Pohon terong berbentuk perdu dengan percabangan banyak. Saat pohon terong sudah berbuah, batang terong tidak mampu menahan berat buah. 

Batang pohon lalu diikatkan ke lanjaran menggunakan tali salaran. Tekstur tali harus lembut dan tidak melukai batang tanaman.  

Pemupukan sebagai usaha meningkatkan produksi hasil panen terong. Tanaman terong bermanfaat sebagai sumber gizi dalam menunjang kesehatan. 

Pemupukan tepat dapat meningkatkan hasil panen sehingga pendapatan dan kesejahteraan Petani juga meningkat. Karena peningkatan produski pertanian bergantung pada cara bercocok tanam. 

Pemupukan menggunakan pupuk anorganik atau kimia tidak tepat dan dalam jangka waktu lama berakibat buruk untuk pertanian. Tanah sebagai lahan pertanian tidak lagi tempat aman bagi tanaman. 

Fungsi pupuk adalah bahan untuk memperbaiki kesuburan tanah dan menyediakan unsur hara bagi tanaman. Pemupukan merupakan jalan untuk memaksimalkan hasil tanaman. 

Pemberian pupuk sebagai upaya mencukupi kebutuhan hara tanaman agar tercapai hasil panen tanaman. Namun seringkali Petani memberikan pupuk tanpa ada perhitungan dan cenderung berlebihan. 

Pemupukan Mencukupi Kebutuhan Hara Tanaman

jual produk pertanian, benih terong, pupuk terong, pemupukan, npk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 16-16-16

Pemupukan merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan hara tanaman agar tercapai produksi maksimal. 

Pemberian pupuk berlebihan dan tanpa perhitungan dapat menimbulkan masalah pada tanama budidaya. Antara lain menimbulkan keracunan tanaman dan rentah hama penyakit. 

Kualitas produksi hasil panen juga rendah dan pemupukan berlebih menyebabkan pencemaran lingkungan. Pemberian pupuk dapat melalui tanah dan daun. 

Petani memilih pemupukan lewat daun karena lebih efektif untuk menyuburkan tanaman. Pemupukan daun biasanya pupuk dalam bentuk cair atau larutan. 

Pemberian pupuk menggunakan alat sprayer dan menyemprotkan pada permukaan bawah daun. Pemupukan lewat tanah yaitu dengan cara tabur atau tugal. 

Resiko cara pemupukan tabur ini, unsur hara yang tercuci atau mengalami leaching. Unsur hara lewat tanah terjadi interaksi tanah dengan unsur hara sehingga unsur hara tidak cepat tersedia bagi tanaman. 

Waktu aplikasi pupuk juga memberikan pengaruh berbeda terhadap pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk dengan interval terlalu sering justru merupakan pemborosan pemupukan. 

Namun bila jarak pemberian pupuk terlalu jarang maka kebutuhan unsur hara tanaman tidak terpenuhi dengan baik. Saat tanaman membutuhkan, keberadaan unsur hara tidak tersedia. 

Baca Juga : Mengenal Pupuk Nitrogen

Cara Pemberian Pupuk Terong yang Bagus Tepat Dosis

Metode pemberian pupuk berefek langsung pada tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan atau penyerapan pupuk oleh tanaman. 

Bentuk dan tekstur pupuk di pasaran sangat beragam. Ada yang bentuk granular atau butiran, tepung dan bentuk cair. Cara aplikasi tiap bentuk pupuk berbeda begitu juga waktu pemberian pupuknya. 

Cara pemberian pupuk terdapat beberapa metode andalan Petani, yaitu antara lain : 

1. Pemupukan Lewat Akar Tanaman

Pemupukan lewat akar yaitu menggunakan cara sebar ( broadcasting ). Penyebaran pupuk secara merata pada tanah sekutra tanaman. 

Penyebaran pupuk bersamaan proses terakhir pengolahan tanah atau pembuatan bedengan. Kemudian aduk pupuk secara merata hingga pupuk tercampur rata. 

Cara penyebaran pupuk lewat akar atau tanah ini sehari sebelum tanam bibit atau benih. Biasanya Petani menginjak-injak tanah agar pupuk masuk ke tanah. 

Petani menggunakan cara pemupukan sebar ini untuk budidaya padi, kacang tanah atau jenis kacang-kacangan yang menggunakan jarak tanam rapat. 

2. Cara Pemupukan Dalam Larikan atau Barisan ( ring placement )

Yaitu pemberian pupuk terong yang bagus dalam larikan. Cara ini juga untuk tanaman tahunan. Yaitu pupuk terong yang bagus Anda taburkan mengelilingi tanaman. 

Jarak pemberian tegak lurus dengan daun terjauh ( tajuk daun ). Pemilihan cara ini sangar efektif karena penggunaan pupuk relatif sedikit. 

Jarak antar tanaman cukup lebar sehingga pemberian pupuk lewat larikan dapat efektif. Saat kesuburan tanah lokasi penanaman kuran subur maka pemupukan lewat larikan akan efektif. 

Gunakan juga saat penanaman tanaman dengan sedikit perkembangan akarnya. Cocok untuk tanah tegalan atau kebun. 

 3. Pemupukan Dalam Lubang/Tugal ( spot placement )

Cara pemupukan dengan membenamkan pupuk dalam lubang pupuk. Letak lubang samping tanaman dan sedalam 10 cm lalu tutup lubang dengan tanah. 

Memasukkan pupuk dalam lubang juga dapat dalam bentuk cairan atau larutan. Yaitu kocorkan pupuk dalam lubang yang berjarak 5 - 10 cm dari pangkal batang tanaman. 

Pupuk terong  yang bagus efektif  menggunakan cara ini terutama bila penanaman saat musim kemarau. Sehingga pengocoran pupuk sekaligus penyiraman. Dapat hemat waktu dan tenaga. 

Baca Juga : Toko Benih Sayuran Online Indonesia

4. Pemupukan Melalui Daun Tanaman ( Spraying )

Cara pemupukan melalui daun yaitu dengan melarutkan pupuk dengan air dan dengan konsentrasi sangat rendah. Kemudian lakukan penyemprotan pupuk ke daun menggunakan alat semprot sprayer. 

Cara pupuk terong yang bagus menggunakan hand sprayer harus memperhatikal hal berikut ini, yaitu : 

- Konsentrasi pupuk harus sangat rendahatau ikuti petunjuk dalam kemasan pupuk. 

Bila konsentrasi lebih rendah dari anjuran maka cara mengimbanginya dengan menambah intensitas pemupukan. Misal dari 10 hari sekali menjadi 7 hari sekali. 

- Semprotkan pupuk daun pada bagian bawah daun.

Permukaan bawah daun merupakan mulut daun ( stomata ) sehingga pupuk dapat langsung masuk ke jaringan daun dan siap beredar ke seluruh dalam tanaman. 

- Semprotkan pupuk saat matahari belum terik, yaitu pagi hari atau sore hari sebelum matahari panas. 

- Jangan menyemprotkan pupuk daun saat sedang hujan. Karena penuh resiko menyebabkan pupuk tercuci oleh air hujan dan pupuk terbuang sia-sia. 

- Pupuk daun boleh bersamaan dengan penyemprotan pestisida bila perlu. Juga bisa bersama zat perangsang tumbuh. Beli pestisida dan Zat perangsang tumbuh di Toko pertanian LMGA Agro

Beberapa hal menjadi larangan dalam menyemprotkan pupuk cair lewat daun. Saat tunas muncul, hentikan penyemprotan pupuk. 

Hal tersebut karena tunas muda amat peka dengan pupuk. Terutama bila dosis pupuk melebihi dosis anjuran, tunas muda akan mati. 

Saat bunga mulai mekar, hentikan juga penyemprotan pupuk agar bunga tidak gugur karena kena semprotan pupuk. 

Tanaman yang baru pindah tanam juga rentan dengan penyemprotan lewat daun. Karena tanaman baru pindah masih lemas dan muda juga masih dalam masa adaptasi dengan tempat baru. 

NPK, Pupuk Terong yang Bagus

jual produk pertanian, benih terong, pupuk terong, pemupukan, npk, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK
Cap Tawon

NPK merupakan salah satu pupuk terong yang bagus dan petani banyak menggunakannya sebagai pupuk tanaman. Pupuk NPK mengandung unsur makro dan mikro. 

NPK merupakan singkatan dari kandungan dalam pupuk yaitu Nitrogen ( N ), Phosphat ( P ) dan Kalim ( K ). Ketiga unsur makro tersebut membuat jenis pupuk NPK bekerja optimal. 

Peran unsur N yaitu Nitrogen baik untuk pertumbuhan vegetatif terutama daun tanaman. Unsur P atau Fosfor membantu pertumbuhan akar dan tunas tanaman. 

Unsur K atau Kalium membantu pembungaan dan pembuahan. Selain unsur makro N, P dan K, pupuk NPK juga biasanya pembuatannya juga mengandung 2 unsur hara mikro. 

Terdapat banyak merk pupuk NPK di pasaran dengan harga pupuk berbeda-beda. Antara lain NPK Mutiara 16-16-16 berbentuk butiran atau granular berwarna biru. 

NPK Mutiara mengandung 5 unsur hara yaitu 16% Nitrogen, 16% P2O5 atau fosfat dan 16% K2O atau Kalium. Selain itu terdapat juga kandungan Magnesium ( 0,5% MgO ) dan Kalsium ( 6% CaO ). 

NPK Mutiara sudah akrab untuk kalangan Petani dan lebih praktis pemakaiannya daripada pupuk tunggal. Petani mengakui NPK Mutiara dapat mempercepat pertumbuhan tanaman.

NPK Pak Tani 16-16-16 produk dari Rusia berkualitas tinggi dan berguna untuk meningkatkan pertumbuhan tunas, menghijaukan daun dan meningkatkan hasil panen. 

NPK Pelangi pupuk majemuk dengan banyak varian berdasarkan permintaan adan kebutuhan tanaman. NPK Pelangi salah satu produk pupuk Kaltim dan prioritas untuk segmen tanaman sayuran. 

NPK Phonska 15-15-15 harga pupuk lebih terjangkau dari jenis lainnya karenanya pupuk ini sudah subsidi pemerintah untuk para petani. 

Phonska 15-15-15 tidak untuk jual bebas tetap lewat kelompok tani dan sudah mendaftar pada koperasi. Mengandung selain N, P dan K juga ada 15% Sulfur berbentuk butiran warna merah dan mudah larut. 

Produk Pertanian Berkualitas - Toko Pertanian LMGA Agro

Toko Pertanian LMGA Agro jual produk pertanian lengkap dan berkualitas. Produk pertanian produk terbaik antara lain benih hibrida dan unggulan tanaman sayuran dan buah. 

Tersedia juga pupuk berkualitas jjuga pupuk terong yang bagus. Menyediakan beragam benih terong baik terong hijau, ungu hingga terong lalap. 

Pertumbuhan benih terong semakin baik dengan pupuk terong yang bagus. Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Harga murah produk pertanian beli secara online praktis dan cepat. 

Kami siap kirim barang pesanan Anda bersama mitra Kami JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia. Belanja online produk pertanian cepat dan mudah. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan membantu Anda tentang pupuk terong yang bagus. Salam sukses..

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.