TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/11/20

Cabe Imola, Si Merah dari Eston Seed, Hasil Panen Memuaskan

cabe imola, manfaat cabe, cara menanam cabai, jual benih cabe, eston seed, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Imola 
Eston Seed

Cabe Imola, Si Merah dari Eston Seed, Hasil Panen Memuaskan. HP 082141747141 ( telepon/konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan petani dan toko pertanian lengkap dan berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis. Kami menyediakan beragam varietas benih unggul dan hibrida buah dan sayuran. Kami juga menyediakan pupuk pertanian, ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami telah bertahun-tahun berpengalaman sebagai supplier pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerja sama usaha online sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Cabe Imola produk dari Eston Seed dengan hasil panen 2 kg/tanaman pasti menguntungkan petani. Cabe Imola mudah ditanam asalkan syarat tumbuh terpenuhi, mudah pula perawatannya. Manfaat cabe Imola baik untuk kesehatan. 

Cabe Imola merupakan jenis cabe besar yang berwarna merah saat tua dan matang. Saat muda berwarna hijau juga banyak diminati masyarakat karena dipakai sebagai bumbu masakan. Cabe Imola sangat laku di pasaran karena cabe Imola berwarna merah mengkilat dan buahnya padat. 

Tanaman cabe Imola memiliki adapatasi luas dan kokoh batangnya. Peluang usaha menanam cabe Imola menguntungkan dan menjanjikan. Buah cabe Imola tumbuh lebat dan hasil panen memuaskan. 


Si Merah Cabe Imola dari Eston Seed


Cabe Imola jenis cabe besar berwarna merah saat dipanen. Benih cabe Imola hibrida F1 produk Eston Seed tahan penyakit. Benih memiliki adaptasi luas dapat ditanam baik di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Cabe Imola tumbuh baik pula di musim hujan maupun musim kemarau. Tanaman tumbuh kokoh, kuat dan rimbun melebar. Percabangan tanaman rapat dan banyak. Ruas tanaman pendek dan buah tumbuh sangat lebat. Pertumbuhan tanaman terus menerus. 

Cabe Imola, cabe merah besar berbentuk panjang lurus. Warna buah hijau muda saat muda dan berubah menjadi merah cerah mengkilat saat tua atau matang. Ukuran panjang cabe Imola adalah 17 cm dan diameter 1,5 cm. Buah cabe Imola cukup lentur. 

Budidaya cabe Imola mudah dan panen umur genjah yaitu umur 75 HST. Potensi hasil panen cabe Imola adalah 2 kg per tanaman. 

Benih cabe Imola produk Eston Seed toleran virus Gemini, layu bakteri, layu Fusarium dan Phytopthora. Cara menanam cabe Imola menggunakan jarak tanam 50 x 70 cm di musim hujan. Jarak tanam 40 x 60 cm pada musim kemarau. 



Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan


1. Cabe Imola Penurun Berat Badan 

Selain dapat memanjakan lidah dengan rasa pedasnya juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Cabai mengandung capsaicin, begitu pula dengan cabe Imola. 

Kandungan nutrisi Capsaicin mempu mempercepat metabolisme dan membantu tubuh untuk lebih cepat membakar kalori. Capsaicin begitu masuk ke tubuh akan meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan detak jantung lebih cepat. 


2. Cabe Imola Menyehatkan Jantung

Capsaicin juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Selain itu Capsaicin dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Masalah kesehatan jantung biasanya disebabkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) menyumbat pembuluh darah. Penyumbatan di pembuluh darah berpengaruh pada kesehatan jantung. 


3. Cabe Imola Melancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Capsaicin dalam cabe merah seperti cabe Imola juga bermanfaat melancarkan sirkulasi udara dan menurunkan tekanan daranh. Cabe Imola mengandung vitamin A dan C tinggi terbukti mampu menguatkan dinding pembuluh darah.  


4. Cabe Imola Pencegah Penyakit Kanker

Capsaicin mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan sel kanker ini dapat mati tanpa merusak sel sehat sekitarnya. 


5. Cabe Imola Membantu Meningkatkan Saluran Pencernaan

Cabe Imola membantu meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin mampu mempercepat pembunuhan bakteri merugikan saluran pencernaan yaitu Helicobacter pylori, penyebaba sakit maag. 


6. Cabe Imola Pereda Sakit Flu

Cabe Imola sering kali diolah menjadi makanan pedas. Dan makanan pedas dapat meredakan sakit flu terutama di pergantian musim. Capsaicin membantu mempercepat keluarnya keringat dan menghilangkan gejala flu. Makanan pedas dapat membuka jalan pernapasan, mengurangi sinusitis dan gejala flu lainnya.  


7. Cabe Imola Membuat Tubuh Rileks

Orang dengan kesukaan makanan pedas umumnya memiliki kualitas tidur yang baik. Juga cenderung mudah bangun pagi dengan tubuh lebih segar. Cabe Imola diyakini membuat perasaan gembira ( mood baik ) karena meningkatnya hormon rileks ( endorfin dan serotonin ). Hormon tersebut membantu menghilangkan rasa nyeri dan memberi rasa nyaman. 



Budidaya Cabe Imola Menguntungkan, Peluang Usaha Menjanjikan


cabe imola, manfaat cabe, cara menanam cabai, jual benih cabai, eston seed, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Besar

Cabe
merah merupakan merupakan komoditi sayuran menguntungkan untuk dibudidayakan. Karena cabe merah dibutuhkan masyarakat banyak setiap hari. Hampir semua masakan Indonesia mengguakan cabe merah sebagai bumbunya. 

Cabe merah seperti jenis cabai lainnya juga komoditas pertanian paling atraktif. Karena pada waktu tertentu harga cabai bisa naik berlipat-lipat. Sedangkan pada waktu lain harga cabai bisa turun hingga tak berharga. Hal inilah menjadikan budidaya cabe merah tantangan tersendiri bagi petani. 

Selain fluktuasi harga cabe yang ekstrim, budidaya cabai cukup rentan kondisi cuaca dan serangan hama. Karenanya, perlu menggunakan benih cabai hibrida berkualitas juga tahan penyakit. Cabe Imola, benih cabe merah besar toleran penyakit dan tahan kondisi cuaca ekstrim. Benih cabe Imola produk Eston Seed.

Kenaikan harga cabai secara drastis karena kebutuhan meningkat namun stok di pasaran sedikit. Dan persediaan di pasar sedikit biasanya disebabkan faktor cuaca. Meski menggunakan benih cabe Imola tahan penyakit, perawatan tetap dilakukan dengan baik dan benar.

Pemeliharaan cabe Imola dibutuhkan keuletan dan ketelatenan hingga panen tiba. Keuntungan peluang usaha menanam cabe didapatkan apabila saat panen tiba, harga cabe di pasaran sedang tinggi. Bahkan kadangkala seorang petani cabai bisa mendapatkan untung berkali-kali lipat dari modalnya. 

Harga cabe merah besar biasanya akan naik harganya saat musim hujan. Sedangkan budidaya cabai akhir musim kemarau selalu rentan serangan penyakit dan terancam gagal panen. 

Akhirnya petani hanya berani menanam cabai saat musim kemarau meskipun harga cabai tidak terlalu tinggi. Anda bisa menanam Cabe Imola, benih berkualitas dari Eston Seed  dan tahan serangan hama dan penyakit. Cabe Imola dapat tumbuh baik di musim hujan dan hasil panen memuaskan. 





Syarat Tumbuh Menanam Cabe Imola


Budidaya cabe Imola dari awal harus mengetahui syarat tumbuhnya agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang baik. Cabe Imola memiliki adaptasi luas sehingga budidayanya  dapat dilakukan di dataran rendah hingga tinggi. 

Cabe Imola tahan di musim hujan maupun musim kemarau. Budidaya cabe Imola dapat dilakukan sampai ketinggian tempat 1400 m dpl. Cabe Imola menyukai suhu berkisar antara 24 - 28 derajat Cekcius. 

Suhu udara dibawah 15 derajat Celcius atau lebih dari 32 derajat Celcius dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Curah hujan yang dikehendaki adalah 800 mm/tahun smpai 2000 mm/tahun. 

Kelembaban udara menghendaki sebesar 80% dan nilai pH tanah adalah 6 - 7. Kondisi iklim di Indonesia sangat cocok untuk menanam cabe Imola. Hal ini karena di Indonesia, sinar matahari bersinar penuh. Budidaya cabe Imola diawali dengan pembibitan benihnya. 


Pembibitan atau Menyemai Benih


cabe imola,manfaat cabe merah, cara menanam cabai, jual benih cabai, toko pertanian, toko online, lmga agro
Persemaian Benih Cabai

Cara menyemaikan cabe Imola
sebaiknya menggunakan polybag. Polybag bisa menggunakan polybag plastik atau dari daun-daunan. Dipakai cara menggunakan polybag karena benih cabe Imola harganya sangat mahal. 

Apabila menggunakan cara penyemaian dengan ditabur dikhawatirkan banyak benih saling bertindihan. Bila benih sudah berhimpitan maka tidak bisa tumbuh dan sayang sekali karena benih mahal. 

Penyemaian di polybag, benih dimasukkan ke media tanam di polybag satu benih satu polybag. Sehingga dipastikan semua benih akan tumbuh dan dapat dijadikan bibit. 

Penyemaian benih menggunakan media campuran tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang. Perbandingan 2 : 1 : 1. Atau bila tidak tersedia arang sekam maka cuku tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. 

Jangan lupa, sebelum dipakai sebagai media, tanah dan pupuk kandang atau kompos harus diayak hingga halus dan gembur. Media penyemaian benih harus halus agar akar benih cepat berkecambah dan cepat tinggi. 

Sebaiknya buat naungan untuk tempat penyemaian benih. Naungan berfungsi melindungi bibit dari teriknya matahari dan datangnya hujan. Naungan bisa menggunakan dari plastik bening yang bisa dibuka tutup. 

Bila ada biaya. pasanglah jaring untuk melindungi tempat penyemaian dari datangnya hama dan penyakit. Polybag-polybag yang telah diisi media lalu disusun didalam naungan. 




Persiapan Benih Cabe Imola


Benih cabe Imola dapat direndam dulu dalam air hangat kurang lebih selama 3 jam untuk mempercepat perkecambahan. Pilih benih yang tenggelam untuk dijadikan bibit. Tiriskan benih setelah 3 jam direndam. 

Benih dikeringanginkan. Setelah kering, benih ditanam dalam polybag sampai kedalaman 0,5 cm lalu tutup dengan pupuk/kompos halus. Selanjutnya beri air secukupnya agar kelembaban terjaga. Bila media kering, benih tidak akan berkecambah. 

Siram bibit di polybag setiap hari pagi dan sore atau disesuaikan kondisi tanah. Cara penyiraman bagi benih yang baru ditanam adalah tutup permukaan polybag dengan kertas koran. Siramkan air pelan-pelan di atas kertas koran hingga basah. Air akan menetes ke bawah. 

Setelah 3 hari, buka kertas koran karena benih telah berkecambah. Benih berkecambah perlu mendapatkan udara lebih bebas. Selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin dan dilakukan dengan hati-hati karena bibit masih lemah.  

Bibit cabe Imola siap dipindahkan ke lahan tetap setelah umur 21 - 24 hari setelah tanam. Atau bibit telah muncul 3 - 4 helai daun. Buatlah bibit cabe Imola dengan dilebihkan sebanyak 10% untuk digunakan penyulaman nanti. Penyulaman dilakukan bila ada bibit mati atau abnormal setelah dipindahkan ke lahan tetap. 




Pengolahan Tanah Menanam Cabe Imola


Cabe Imola menyukai tanah gembur dan memiliki porositas yang baik. Persiapan lahan untuk menanam cabe Imola adalah tanah dibajak sedalam 20 - 40 cm. Bersihkan tanah dari batu, kerikil, sampah dan sisa-sisa akar tanaman. Bila gulma cukup banyak dan kesulitan untuk diberantas maka bisa diberantas menggunakan herbisida. 

Setelah tanah gembur, waktunya membuat bedengan berukuran lebar 1 meter, tinggi 30 - 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan kondisi lahan. Namun agar mudah dalam pemeliharaan nanti, panjang bedengan dibuat maksimal 15 meter. 

Saluran drainase dibuat sebaik mungkin karena cabe Imola tidak menyukai genangan air. Cabe Imola menghendaki pH tanah 6 - 7. Bila tanah terlalu masam ( pH tanah rendah ) maka daun cabe Imola akan pucat. Tanaman akan mudah terserang virus. Tanah pH rendah, ilalang mudah tumbuh subur. 

Untuk menetralisir pH tanah rendah, tanah harus diberi kapur Dolomit sebanyak 2 - 4 ton/ha sampai pH normal. Dolomit diberikan saat pembuatan bedengan. Biarkan lahan selama 1 minggu. Kemudian setelah 1 minggu, saatnya pemupukan dasar.

Pupuk dasar diberikan setelah bedengan jadi. Pupuk dasar berupa kompos/pupuk kandang sebanyak 20 ton/hektar. Pupuk diberikan di semua bedengan lalu tanah dibolak balik agar pupuk tercampur tanah. Selain pupuk organik, tambahkan Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha. Biarkan lahan 1 minggu agar pupuk bekerja pada tanah. 


Pembuatan Lubang Tanam Cabe Imola



cabe imola, manfaat cabai, cara menanam cabai, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa

Setelah bedengan diberi pupuk dasar lengkap, agar lebih intensif maka bedengan bisa ditutup mulsa plastik hitam perak. Penggunaan mulsa plastik hitam perak memang membutuhkan biaya tinggi namun manfaat mulsa juga besar. 

Manfaat mulsa plastik adalah untuk menjaga kelembaban, menekan tumbuhnya rumput gulma dan mencegah erosi. Pemakaian mulsa plastik hitam perak membuat kebun tampak selalu bersih.  

Selanjutnya membuat lubang tanam di atas permukaan mulsa. Menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli di Toko pertanian online LMGA Agro. Lubang tanam dibuat sebanyak 2 baris dan berjarak tanam 60 - 70 cm. Lubang tanam dibuat model zig-zag ( tidak sejajar ) agar tidak terlalu lembab antar tanaman. 

Model zig-zag membuat sirkulasi angin merata dan penetrasi sinar mencapai tanaman hingga bagian bawah. Diameter dan dalam lubang tanam adalah 10 cm. atau bisa disesuaikan ukuran polybag semai.  

Pembuatan lubang tanam 1 - 2 hari sebelum penanaman bibit ke lahan. Bibit siap dipindah setelah bibit umur 3 minggu atau telah muncul 3 - 4 helai daun sejati. 

Penanaman bibit dilakukan pagi hari dan dilanjutkan sore hari. Karena penanaman bibit harus selesai dalam satu hari agar dapat tumbuh seragam.

Cara memindahkan bibit yaitu dengan menyobek plastik polybag semai. Sebelumnya polybag harus disiram hingga basah agar mudah untuk dipindahkan. Ambil bibit beserta tanahnya dan masukkan ke lubang tanam. 

Beri tanah dan teka-tekan perlahan hingga bibit kokoh berdiri. Siram kembali bibit yang baru ditanam hingga basah. 




Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Cabe Imola


Penyiraman dilakukan bila kondisi tanah kering terutama diperlukan di musim kemarau. Penyiraman aiar menggunakan alat siram gembor. Lakukan penggenangan 2 minggu sekali. Penyiraman air dilakukan hati-hati terutama bila tanaman masih muda. 

Lakukan pengamatan dan kontrol tanaman pada 1 - 2 minggu awal setelah pemindahan bibit. Bila tampak ada bibit mati atau tumbuh abnormal, harus segera disulam. Tanaman dicabut lalu diganti dengan bibit baru yang sehat. 

Pada budidaya cabai perlunya pemasangan ajir atau lanjaran untuk menopang tegaknya tanaman. Ajir dibuat dari bilah bambu panjang sekitar 150 cm. Bambu harus kuat, tidak mudah patah lalu tancapkan berjarak 4 cm dari pangkal batang. 

Pemasangan ajir yaitu pada hari ke-7 setelah penanaman bibit. Apabila sampai tanaman besar dikhawatirkan, ajir ditancapkan melukai akar tanaman. Pelukaan pada akar menjadi jalan masuk bakteri menyerang tanaman. 

Setelah tanaman cukup tinggi, ikatkan pada ajir menggunakan tali yang lembut. Tali salaran bisa digunakan untuk mengikat batang tanaman ke lanjaran karena tali salaran tidak melukai batang. Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian online LMGA Agro.   

Perempelan yaitu dengan memotong tunas pada tanaman cabe Imola. Perempelan dilakukan setelah umur 3 minggu untuk cabe Imola di dataran rendah. Untuk di dataran tinggi saat umur 1 bulan. 

Perempelan dengan memotong tunas yang tumbuh pada ketiak daun. Perempelan cukup menggunakan tangan asalkan bersih. Perempelan terus dilakukan sampai terbentuk cabang utama yaitu ditandai dengan munculnya bunga ke-1 dan ke-2. 


Pemupukan Susulan Tanaman Cabe Imola

cabe imola, manfaat cabai, cara menanam cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Cabai

Pemupukan susulan cabe Imola
dilakukan mulai umur 2 minggu setelah tanam dan diulang setiap 2 minggu sekali. Minimal pemupukan susulan dilakukan 8 kali hingga panen terakhir. Pupuk susulan diberikan dengan cara dikocorkan ke lubang tanam. 

Lebih praktis bila pupuk susulan menggunakan pupuk organik cair. Pupuk organik cair sebanyak 100 ml telah diencerkan dan siramkan ke tanaman. Bisa juga tambahkan pupuk NPK pada pupuk organik cair. 

Pupuk susulan cabe Imola dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dikocor dan ditabur disesuaikan dengan kondisi. Cara kocor lebih efektif dilakukan bila musim kemarau karena sekaligus melakukan penyiraman. Musim hujan, sebaiknya cara ditabur karena bila cara dikocor, pupuk mudah hilang karena air hujan. 

Cara dikocor, pupuk disiramkan pada lubang di samping tanaman dengan jarak 15 cm. Sedangkan cara ditabur, pupuk ditaburkan mengelilingi tanaman dengan jarak 15 cm dari batang utama. Pupuk susulan cabe Imola pertama pada umur 10 HST setelah tanam. 

1. Pupuk susulan I umur 10 HST. Pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 4 kg dilarutkan ke 250 liter air. Dikocorkan ke tanaman sebanyak 250 ml/tanaman. 

2. Pupuk susulan II umur 17 HST. Pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 6 kg. Cara aplikasi sama dengan pertama. 

3. Pupuk susulan III umur 24 HST. Pupuk Urea 1 kg, NPK 4 kg, KNO Putih 1 kg, TSP 1 kg dan MKP 1 kg. 

4. Pupuk susulan IV umur 30 HST. Pupuk Urea 1 kg, NPK 4 kg, KNO Putih 2 kg, TSP 2 kg dan MKP 1 kg. 

5. Pupuk susulan V (umur 40 HST. Pupuk NPK 6 kg, KNO Putih 2 kg, TSP 2 kg dan MKP 2 kg. 

6. Pupuk susulan VI umur 50 HST. Pupuk NPK 8 kg, KNO Putih 2 kg, TSP 3 kg dan MKP 2 kg. Diulang 10 hari sekali sampai panen ke-7 dan pupuk NPK ditambah dosisnya sesuai kondisi. 



Hama dan Penyakit Cabai


1. Hama Ulat 

Jenis ulat grayak ( Spodoptera litura ) memakan daun hingga berlubang hingga menghabiskan seluruh daun dan menyisakan tulang daunnya saja.  Jenis ulat lain menyerang cabai adalah Helicoverpa sp dan Spodoptera exigua

Ulat menyerang malam hari atau saat matahari teduh. Siang hari ulat bersembunyi di balik mulsa. Penyemprotan efektif dilakukan malam hari. Ulat melubangi baik buah hijau maupun merah. Malam hari lakukan pengambilan ulat menyeluruh dan serentak. Atau bisa juga dipasang perangkap imago hama. 


2. Hama Tungau

Tungau tanaman cabai adalah tungau kuning dan tungau merah. Gejala serangan membuat daun cabai mengeriting, menggulung ke bawah. Daun menjadi tebal dan kaku sehingga pucuk tidak terbentuk. lama kelamaan daun akan coklat dan mati. 

Bila serangan sudah parah, sebaiknya tanaman dicabut. Bila belum parah, pucuk tanaman dipotong. Sehingga kontrol tanaman harus rutin agar penyakit tidak semakin parah. Kabun harus selalu dibersihkan dari gulma. 


3. Hama Kutu Daun

Jenis kutu cabai adalah Myzus persicae menghisap cairan daun. Daun menjadi kering. Kutu daun juga merupakan hama vektor pembawa virus sehingga sangat berbahaya. Kutu menghasilkan cairan kuning kehijauan yang manis sehingga mengundang semut datang. Permukaan daun juga menjadi hitam karena muncul cendawan. 


4. Hama Lalat Buah

Nama latinnya Bactrocera dorsalis dan sering menyebabkan rontoknya buah sebelum sempat dipanen. Apabila cabai dibelah, tampak larva lalat didalamnya. Cabai rontok harus segera disingkirkan agar larva tidak menjadi pupa dan menetap di tanah. Sehingga siklus hidupnya terus berulang. 

Hama lalat buah bisa juga diberantas menggunakan perangkap lalat menggunakan atraktan mengandung methyl eugenol. Pasang perangkap setelah cabai umur 1 bulan. Bila serangan lalat buah hebat, semprotkan insektisida pada pagi hari. 


5. Hama Thrips


Daun terserang akan tampak garis-garis keperakan, ada bercak-bercak kuning hingga kecoklatan. Pertumbuhan cabai menjadi kerdil. Bila dibiarkan, daun akan kering dan mati. Serangan thrips hebat di musim kemarau. Thrips juga hama pembawa virus dan cepat sekali menyebar. 


6. Penyakit Bercak Daun

Disebabkan oleh jamur Cercospora capsici. Gejala ada bercak-bercak bundar berwarna abu-abu dan pinggiran pada daun berwarna coklat. Bila dibiarkan, daun akan berwarna kuning dan rontok. Bercak daun hebat di musim hujan saat kelembaban cukup tinggi. 

Penyebaran penyakit disebabkan oleh spora jamur yang terbawa angin, air hujan, hama vektor dan alat pertanian. Spora jamur juga bisa menularkan lewat biji. Pencegahan dengan benih hibrida, menjaga jarak tanam dan membakar tanaman sakit. 


7. Patek atau Antraknosa

Disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici dan C. gloeospoiroides. Bila menyerang saat pembibitan membuat kecambah mejadi layu. Bila saat dewasa menyebabkan mati pucuk. Daun dan batang diserang menjadi busuk kering. Buah menjadi busuk seperti terbakar. 


8. Penyakit Busuk

Ada 2 macam penyakit busuk pada cabai yaitu busuk cabang dan busuk kuncup. Busuk batang disebabkan Phytopthora capsici yang menyerang di musim hujan dan cepat menyebar. Busuk kuncup jarang terjadi di Indonesia. Gejala kuncup berwarna hitam dan lama kelamaan akan mati. 

Kendalikan dengan mengurangi dosis pemupuak N seperti Urea dan ZA. Atur jarak tanam tidak terlalu rapat. Tanaman terinfeksi harus segera dicabut lalu dibakar. Semprotkan fungisida berperekat agar efektif di musim hujan.  


9. Penyakit Layu

Penyakit layu cukup sulit dikendalikan sehingga harus menggunakan benih cabai berkualitas dan tahan penyakit. Penyakit layu pada cabai disebabkan cendawan atau bakteri.


10. Virus Gemini

Batang dan daunnya tampak menguning. Disebut juga pentakit bule atau bulai. Disebabkan virus bisa terbawa benih/biji atau ditularkan oleh kutu. Virus Gemini sukar dikendalikan sehingga lebih baik melakukan pencegahan sejak dini. Yaitu menggunakan benih hibrida tahan virus.  


Pemanenan Cabe Imola


Cabe Imola dipanen umur 75 HST dan proses pemanenan cabai bisa dilakukan beberapa kali asalkan tanaman dalam kondisi sehat. Produktivitas tanaman mencapai 2 kg per tanaman. Setiap selesai panen, tanaman harus dipupuk lagi dengan interval 10 hari sekali agar panen tetap tinggi. 

Pemetikan cabe Imola biasanya 5 hari sekali tergantung permintaan pasar. Pemetikan disertakan tangkainya agar umur simpan bisa lama. Pemetikan dilakukan pagi hari. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Cabe Imola, Si Merah dari Eston Seed dan Hasil Panen Memuaskan Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon dan konsultasi ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam bagi petai dan toko pertanian. Produk Kami lengkap, berkualitas dan harga bersaing. Kami menyediakan benih hibrida buah dan sayur, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami menerima konsultasi pertanian gratis. Kami juga mengajak kerjasama online sebagai dropship dan reseller pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan pembaca tentang cabe Imola, si merah yang pedas namun penuh manfaat. Cabe Imola jenis cabe besar dengan panen memuaskan dan mudah cara menanamnya. Selamat mencoba salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.