TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/01/22

Jarak Tanam Pepaya California Jual Benih Inti Unggul Harga Murah

jual benih, pepaya california, benih inti, benih unggul, harga murah, tanaman pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Inti
Pepaya California

Jarak Tanam Pepaya California Benih Inti Unggul Jual Harga Murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih pepaya California unggul dari Benih Inti. Benih terbaik harga murah tersedia lengkap.

Toko pertanian LMGA Agro melayani beli online kebutuhan bercocok tanam lengkap. Tersedia mulai benih terbaik berkualitas hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. 

Dapatkan promo menarik harga diskon produk di Toko Pertanian LMGA Agro. tersedia pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian untuk sarana dan prasarana berkebun. 

Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian seputar permasalahan bercocok tanam, juga tentang jarak tanam pepaya California. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Jual benih Inti pepaya California Unggul harga murah. Jarak tanam pepaya California penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi hasil panen nanti. 

Jarak tanam pepaya California menggunakan benih Inti Unggul sesuai rekomendasi ahli pertanian untuk hasil terbaik. Pepaya California benih Inti unggul merupakan jenis pepaya unggulan. 

Jarak tanam pepaya California mempengaruhi hasil panen budidaya pepaya California. Beli benih Inti unggul pepaya harga murah. Buah sangat manis dan tumbuh lebat dengan umur panen yang cepat. 

Benih unggul Inti pepaya California rekomendasi untuk tanam pada dataran rendah dan menengah. karakteristik tanaman ini memiliki batang yang kokoh. 

Buahnya lebat dan bila jarak tanam pepaya California benar maka dapat menghasilkan panen melimpah. Yaitu panen sekitar 65 - 80 ton/ha dalam empat bulan saja.

Bentuk buah pepaya California benih Inti Unggul silindris dengan daging buah yang tebal. Daging buah padat berwarna oranye dan teksturnya lembut. Rasa sangat manis dan tidak banyak biji di dalam buah. 


Pepaya California dari Benih Inti Unggul


Pepaya california memiliki nama ilmiah yaitu Carica papaya L.adalah buah asli lokal dari Indonesia dengan nama Callina. 

Meski jenis pepaya California namun varietas pepaya ini merupakan hasil pemuliaan oleh tim Pusat Kajian Hortikutura Tropika Universitas IPB. 

Sebelumnya banyak orang mengira pepaya California merupakan pepaya impor dari Amerika. Namun nama California ini berasal dari petani pepaya agar tetap dianggap pepaya impor. 

Karena pepaya impor bila dijual harga buahnya bisa tinggi dan menguntungkan bagi petani. Pepaya california varietas yang unggul karena buahnya lebat dan panen relatif cepat. 

Pepaya California banyak disukai oleh masyarakat pecinta buah pepaya. Tekstur buah pepaya California bisa menjadi hidangan buah meja karena mudah dipotong kotak-kotak. 

Benih Inti Unggul pepaya California direkomendasikan untuk dataran rendah dan menengah. Cara tanam menggunakan jarak tanam pepaya California yang tepat, hasil buahnya istimewa. 

Daging buahnya berwarna kuning, kulit buah hijau, tebal, mulus dan rasanya sangat manis. Dengan keunggulannya tersebut, pepaya California menjadi primadona pecinta buah. 

Budidaya dengan jarak tanam pepaya California yang tepat berpotensi menghasilkan panen melimpah. Yaitu sekitar 65 - 80 ton/ha dalam waktu empat bulan. 

Buah pepaya California benih Inti tidak banyak bijinya. Buah sudah matang enak dimakan langsung maupun dibuat jus. Sedangkan buahnya yang setengah matang atau mengkal sangat enak bila dirujak. 

Jarak tanam pepaya California benih Inti tepat menghasilkan ukuran rata-rata buah yaitu 23 - 25 cm x 9,2 - 9,5 cm. Daging buahnya tebal yaitu sekitar 2 - 5 cm. 

Budidaya menggunakan jarak tanam pepaya California baik dan benar menghasilkan buah yang paling banyak dicari. Pertumbuhannya cepat dan cepat berbuah. 


Baca Juga : Pepaya Orange Lady Rasa Manis Andalan Petani


Buah Pepaya Istimewa Tanam Benih Inti Unggul


jual benih, pepaya california, benih inti, benih unggul, harga murah, tanaman pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Pepaya
Buah pepaya istimewa paling digemari dan dicari adalah jenis pepaya California. Dengan menerapkan jarak tanam pepaya California yang tepat, tanaman cepat tumbuh dan cepat berbuah. 

Jarak tanam pepaya California tepat, buahnya dapat panen dalam 7 - 8 bulan setelah tanam. Jarak tanam pepaya California tepat pada tiap tanaman akan menghasilkan 45 - 50 buah per tanaman. 

Menggunakan pula jarak tanam pepaya California rekomendasi yaitu 2,5 x 2,5 meter. Pohon pepaya California juga cocok untuk tanaman buah dalam pot ( tabulampot ). 

Budidaya pepaya California sebaiknya menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Umur panen biasanya 7 - 8 bulan setelah tanam. 

Jarak tanam pepaya California tepat membuat tanaman pepaya California berbunga pada umur 3 bulan setelah tanam. Sedangkan buah akan dapat dipetik pada umur 7 - 9 bulan setelah tanam. 

Buah pepaya merupakan jenis buah-buahan tropis. Asal buah pepaya adalah daerah tropis di benua Amerika dan selanjutnya menyebar ke berbagai belahan dunia. 

Jarak tanam pepaya California cocok untuk ketinggian daratan rendah hingga 1000 m dpl dan pertumbuhan optimalnya berkisar pada 50 - 700 m dpl. 

Tanaman pepaya California menghendaki curah hujan sekitar 1000 - 2000 mm/tahun dan merata sepanjang tahun. 

Pada daerah kering, pohon pepaya masih dapat tumbuh dan berbuah asalkan penyiramannya teratur. Tanaman pepaya jenis perdu dan mampu tumbuh hingga tinggi 3 meter. 

Karakter batangnya berongga dengan jaringan lunak dan berair. Akarnya tunggang dan memiliki akar samping lunak. Pertumbuhan akarnya dangkal dan agak lemah. 

Bunga pepaya tumbuh pada ketiak daun, baik berupa bunga tuggal maupun bentuk rangkaian. Tanaman pepaya memiliki 3 jenis bunga yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna ( hermaprodit ). 

Pohon pepaya jantan tidak menghasilkan buah dan pohon bunga betina menghasilkan buah berbentuk bulat dan daging buahnya tipis. Buah pepaya sesuai harapan diperoleh dari pohon pepaya hermaprodit. 


Baca Juga : Budidaya Pepaya Hasil Tinggi Bebas Hama Penyakit


Budidaya Pepaya Benih Inti Unggul


jual benih, pepaya california, benih inti, benih unggul, harga murah, tanaman pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kebutuhan Budidaya Pepaya Lengkap | LMGA Agro 
Jarak tanam pepaya California mempengaruhi hasil dan penampilan buah. Berat buah pepaya rata-rata sekitar 1,2 - 2 kg per buah dan sekitar 50 - 60 kg hasil panen per tanaman. 

Untuk luasan satu hektar, jarak tanam pepaya California jumlah populasinya sebanyak 1200 tanaman. 

Tanaman pepaya california akan terus berbuah selama 4 tahun dengan jarak tanam pepaya california yang benar. Dan dalam waktu satu tahun dapat panen hingga 4 kali. 

Pemupukan menggunakan jarak tanam pepaya California tepat sebaiknya menggunakan pupuk organik. Tambahkan pupuk NPK dan pemupukan susulan diulang setiap 3 bulan sekali. 

Dosis pemupukan untuk jarak tanam pepaya California yaitu 500 gram pupuk NPK per pohon ditambah 40 kg pupuk kandang per pohon pepaya. 

Setelah tanaman muncul buah, tambahkan pupuk KCl agar meningkat daya tahan tanaman dan kemanisan buahnya. Biasanya buah pepaya panen setelah umur 9 - 14 bulan dan interval panen setiap 10 hari sekali. 

Pengairan dan drainase tanah penting bagi pohon pepaya. Air menggenang dapat menyebabkan busuknya akar tanaman. 

Jarak tanam pepaya California menghendaki tanah gembur dan tingkat porositas tanahnya baik. Tanah memiliki pH antara 6 - 7. 

Benih Inti Unggul pepaya California sebaiknya dikecambahkan dulu sebelum proses penyemaian. Cara ini dapat mempersingkat waktu budidaya pepaya. 

Lakukan perendaman benih dalam air hangat kuku semalaman. Pilih benih tenggelam untuk penyemaian nanti. Gunakan kertas tisu untuk membungkus benih dan basahi kertas tisu secukupnya. 

Proses kecambah benih dengan meletakkan benih setelah perendaman ke kertas tisu basah. Lalu masukkan ke besek atau wadah dan usahakan air bisa mengalir keluar. 

Letakkan wadah benih berkecambah terkena sinar matahari. Benih berkecambah perlu suhu sekitar 30 derajat Celcius. Perkecambahan akan berlangsung selama 7 - 10 hari atau lebih. 


Baca Juga : Cara Menanam Pepaya California, Buah dan Daunnya Kaya Manfaat


Pembibitan Jarak Tanam Pepaya California


Sebelumnya benih menjadi kecambah dulu baru kemudian melalui proses pembibitan. Pembibitan menggunakan wadah polybag dan satu tanaman per polybag. 

Gunakan polybag kecil berukuran 9 x 10 cm dan tata rapi polybag dalam jarak tanam pepaya California. Media polybag menggunakan tanah, kompos dan arang sekam yang sudah diayak. 

Perbandingan semuanya sama. Setelah siap, tanam benih yang sudah berkecambah ke polybag lalu beri air secukupnya. Polybag diletakkan pada tempat semacam bilik dan ada atapnya. 

Atap berupa naungan dari plastik bening atau paranet. Fungsi naungan tutup ini yaitu melindungi polybag bibit dari air hujan, sinar matahari dan angin. 

Pembibitan pepaya California ini selama 2 - 2,5 bulan kemudian bibit sudah siap pindah tanam ke lahan tetap. Kebutuhan benih untuk 1 hektar lahan yaitu sebanyak 60 gram. 

Persiapan lahan untuk menanam pepaya di tegalan atau hamparan bukan bentuk terasering yaitu dengan mencangkul. Cara lainnya yaitu pembajakan tanah agar tanah menjadi gembur. 

Buatlah bedengan dengan lebar 2 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Panjang bedengan sesuai bentuk lahan. Jarak antar bedengan digunakan sebagai saluran air yaitu 50 cm. 

Jarak tanam pepaya California sesuai luas lahan Anda. Bila luas lahan kurang dari 0,2 hektar, gunakan jarak tanam pepaya California 2 x 2 meter. 

Luas lahan budidaya pepaya 1 - 5 hektar, jarak tanam pepaya California yaitu 2 x 2,5 meter. Dan bila luas lahan lebih dari 1 hektar maka jarak tanam pepaya California yaitu 3 x 3 meter. 

Ukuran lubang tanam sesuai dengan jarak tanam pepaya California yaitu sisinya 50 cm dan dalamnya 40 cm. Sebaiknya pembuatan lubang tanam tidak saat musim hujan. 


Baca Juga : Olahan Buncis Kaya Manfaat Benih Unggul Lebat 3 


Cara Persiapan Lubang Untuk Jarak Tanam Pepaya California


jual benih, pepaya california, benih inti, benih unggul, harga murah, tanaman pepaya, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Penggalian lubang tanam harus memisahkan tanah bagian atas dan bagian bawahnya dan biarkan lubang tanam selama 1 - 2 minggu. 

Selanjutnya tanah bagaian atas tadi campurkan dengan pupuk dasar kompos/pupuk kandang. Campurkan 20 kg pupuk untuk satu lubang tanam. 

Masukkan dulu tanah bagian bawah ke lubang tanam selanjutnya tanah bagian atas yang sudah bercampur pupuk. Biarkan kembali lubang tanah tadi selama 1 - 2 minggu. 

Bersamaan dengan pupuk dasar, cek pH tanah menggunakan alat pH-meter. Bila kurang dari 5, netralkan pH menggunakan kpaur pertanian Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/hektar atau 1 kg per lubang tanam. 

Pemberian Dolomit juga 2 minggu sebelum penanaman bibit. Setelah 2 minggu kemudian, bibit sudah siap pindah tanam ke lubang tanam yang juga telah siap. Umur bibit minimal 2,5 bulan setelah semai. 

Setelah pindah tanam, lakukan penyiraman rutin setidaknya sampai 1,5 bulan sejak pemindahan ke lahan. Biasanya dalam satu lubang, tanam satu atau dua bibit pepaya California.

Untuk penanaman 2 bibit untuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan dan pepaya betina sekaligus memudahkan proses penyulaman nanti. 

Lakukan pemeliharaan rutin terutama penyiraman. Memasuki bulan ke-4, pohon pepaya akan muncul bunga pertama. Saat tersebut juga saatnya melakukan seleksi tanaman.

Cabut tanaman yang tidak dikehendaki bila ada 2 tanaman dalam satu lubang. Biarkan tanaman yang Anda pilih tumbuh hingga berbuah nanti. 

Bunga pepaya tumbuh pada ketiak daun. Bila muncul bunga tunggal maka bunga tersebut betina atau bunga sempurna ( jantan dan betina dalam satu bunga ). 

Namun bila yang muncul adalah bentuk kelompok atau rangakaian berarti bunga jantan dan tidak akan menjadi buah. Dan Anda harus membuang tanaman tersebut. 


Pemeliharaan Pohon Pepaya Setelah Muncul Bunga


Proses pemeliharaan tanaman pepaya meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pembumbunan. Penyiraman dilakukan sekali sehari yaitu pada pagi hari dan sesuaikan bila cuaca sedang hujan. 

Penyiangan yaitu membersihkan rumput liar sekitar tanaman. Adanya gulma menyebabkan terjadinya persaingan terhadap unsur hara. Gulma juga menjadi tanaman inang hama dan penyakit.

Pemupukan setelah tanam yaitu pupuk susulan tanaman pepaya mulai umur 1 minggu setelah tanam. Kemudian umur 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya sampai panen. Interval pemupukan 3 bulan sekali. 

Jarak tanam pepaya california tepat memudahkan dalam pemupukan susulan. Pertama umur satu minggu setelah tanam, berikan pupuk NPK sebanyak 200 gram/pohon. 

Umur 3 bulan, berikan pupuk NPK sebanyak 300 gram/pohon. 

Umur 6, 9 dan 12 bulan, berikan 500 gr/pohon pupuk NPK juga tambahkan 40 kg/pohon pupuk kandang. Saat tanaman sudah berbuah tambahkan juga pupuk KCl. 

Tujuan memberikan pupuk KCl adalah untuk ketahanan tanaman dan menambah rasa manis pada buah pepaya. 

Pemupukan susulan yaitu dengan cara membuat parit melingkari tanaman pepaya. Kedalaman parit kurang lebih 5-10 cm. 

Berikan pupuk sepanjang lingkaran tadi dan tutup dengan tanah. Biasanya pohon pepaya dibumbun dulu lalu membuat lubang pupuk. 

Pembumbunan setelah penyiangan dan bersama pemupukan susulan. Pembumbunan berguna untuk memperkuat akar dan merangsang pertumbuhan akar baru. 

Hama utama tanama pepaya biasanya yaitu kutu putih, aphid dan tungau. Pengendaliannya, semprotkan pestisida yang sesuai dan dosis sesui anjuran. 

Penyakit utama tanaman pepaya biasanya busuk phytopthora, rebah semai dan antraknosa. Pengendaliannya menyemprotkan fungisida. 


Hasil Panen Maksimal Karena Jarak Tanam Pepaya California yang Tepat


Panen tanaman pepaya biasanya mulai umur 9 - 14 bulan setelah tanam. Interval pemanenan setiap 10 hari sekali. 

Dengan jarak tanam pepaya California yang tepat maka produktivitas pepaya berkisar antara 20 - 35 ton/hektar. Hasil panen tergantung kondisi iklim, varietas dan teknik budidaya. 

Pemetikan buah pepaya sebaiknya mendekati stadium matang. Ciri-cirinya yaitu ada semburat kuning berupa garis pada kulit buahnya. Untuk buah pepaya distrisbusi jarak jauh, pemetikan dilakukan lebih awal. 

Tanaman pepaya merupakan jenis tanaman mudah tumbuh sehingga resiko kegagalan panen terbilang kecil. Waktu mulai pemetikan buah panen juga tidak terlalu lama. 

Dalam satu bulan, panen buah pepaya dapar terjadi hingga 4 kali. Jarak tanam pepaya california yang tepat, setiap panen dapat menghasilkan hingga 12 ton/hektar atau lebih. 

Sekali panen mencapai 2 - 3 ton buah pepaya. Budidaya pepaya California prospek menguntungkan. Tanaman ini mudah tumbuh mulai dataran rendah hingga menengah yaitu 0 - 700 m dpl. 

Suhu yang cocok untuk pertumbuhan pepaya berkisar 25 - 30 derajat Celcius. Curah hujan ideal yaitu 1000 - 2000 mm per tahun. 

Cara memetik buah yaitu potong tangkai buahnya lalu simpan pada wadah yang sudah diberi alas koran atau jerami. Tujuannya untuk mengurangi gesekan antar buah dan mencegah buah rusak. 

Demikian artikel Kami semoga bermanfaat. Gunakan jarak tanam pepaya California sesui anjuran agar hasil panen menguntungkan. Dapatkan harga murah benih Inti pepaya California pada Kami. 

Toko pertanian LMGA Agro kontak HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Jual kebutuhan bercocok tanam terbaik dengan harga promo dan diskon menarik. 

Kami menyediakan benih berkualitas hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda beli kebutuhan pertanian lengkap secara online. 

Pengiriman barang bersama JNE, KI8 dan PT Pos Indonesia ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Salam sukses...

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.