TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

22/06/22

Jual Benih Anggun F1 Panah Merah Bibit Gambas Panjang Harga Murah

jual benih, gambas, oyong, anggun tavi f1, sayuran oyong, cap panah merah, toko pertanian, toko online,lmga agro
Benih Anggun Tavi F1

Jual Benih Oyong Anggun F1 Bibit Gambas Panjang Harga Murah - LMGA. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih oyong harga murah bibit gambas panjang Anggun Panah Merah. 

Bibit gambas panjang benih Anggun cap Panah Merah terbaik. Benih jual harga murah di toko Pertanian LMGA Agro. 

Beli produk pertanian lengkap berkualitas terbaik di kios pertanian online terdekat LMGA Agro. Harga murah dan grosir tersedia antara lain benih hibrida dan unggul, pupuk, ZPT, pestisida dan alat sarana prasarana. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan permasalahan selama budidaya tanaman. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. 

Belanja online promo menarik harga terjangkau produk pertanian terkemuka dan telah menjadi andalan petani. Produk berkualitas harga diskon benih terbaik produk import. 

Bibit gambas panjang benih Anggun Tavi F1 terbaik berkualitas. Benih gambas panjang hingga 50 cm dan bebas penyakit. Benih mudah tumbuh baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Mudah tumbuh dimana saja. 

Bibit gambas panjang benih Anggun cap Panah Merah hibrida tahan virus. Benih Anggun Tavi F1 bibit gambas panjang cocok untuk dataran rendah sampai menengah. 

Bibit gambas panjang yaitu 40 - 50 cm terbaik ini panen umur 33 - 35 HST. Bobot buah cukup tinggi yaitu 250 - 300 gram per buah. 

Bibit gambas panjang tahan virus dan penyakit utama lainnya benih gambas. Dapat Anda tanam baik musim kemarau maupun musim hujan. 

Gambas Anggun Tavi Hibrida Cap Panah Merah

Benih Anggun F1 bibit gambas panjang andalan Petani dari Panah Merah. Benih East West Seed Indonesia ( EWINDO ) direkomendasikan untuk dataran rendah dan menengah. 

Benih oyong cap Panah Merah tahan penyakit Downy Mildew. Umur panen yaitu 33 - 35 HST.  Sayuran oyong benih Anggun F1 bobot buah yaitu 250 - 300 gram. 

Potensi hasil panen sebesar 40 - 45 ton/hektar. Gambas Anggun Tavi F1 tanaman vigor dan daun lebih hijau. Tanaman tahan serangan bercak mata kodok dan embun bulu. 

Sayuran oyong mudah tumbuh pada segala jenis tanah. Pertumbuhan baik baik saat musim kemarau maupun hujan. 

Warna buah hijau gelap, bentuk buah lurus dan bibit gambas panjang yaitu 40 - 50 cm. Bibit gambas panjang benih Anggun F1 yang sangat produktif. 

Sayuran oyong merupakan komoditas sayuran minor dan tidak banyak ketersediaannya di pasar. Karena tidak tinggi juga permintaan dari masyarakat. 

Menanam sayuran oyong biasanya hanya pada lahan tidak terlalu luas dan pekarangan. Bahkan petani menanamnya pada bagian dari lahan yang masih kosong. 

Tanaman gambas panen saat buah masih muda dan diolah menjadi sayuran benih menyegarkan. Gambas mempunyai nama ilmiah Luffa acutangula.

Gambas merupakan tanaman setahun dan cocok tumbuh pada dataran rendah hingga tinggi. Tanaman gambas dapat tumbuh baik tanah sawah maupun tanah tegalan. 

Tanaman gambas termasuk tanaman memanjat atau merambat sehingga perlu rambatan selama tumbuh. Lebih menyukai tumbuh pada iklim kering namun cukup tersedia air sepanjang musim tanam.

Baca Juga : Jual Bibit Tanaman Tomat Buah Hibrida F1

Gambas atau Oyong Terkandung Zai Gizi Bermanfaat

jual benih, gambas, oyong, anggun tavi f1, sayuran oyong, cap panah merah, toko pertanian, toko online,lmga agro
Tali salaran Menikat Batang
ke Para-Para
Gambas disebut juga dengan sayuran oyong ini mempunyai sederet kandungan gizi juga sebagai sayuran. Terkandung dalam gambas antara lain zat besi, kalsium dan antioksidan. 

Manfaat kandungan gizi tersebut antara lain secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaatnya terasa bila dikonsumsi secara teratur dan rutin. 

Gambas mampu mencegah penyakit anemia. Karena kandungan gizi dalam gambas membantu melancarkan peredaran darah. Membuat tekanan darah menjadi stabil dan mencegah anemia. 

Sayuran oyong ini masuk dalam famili Cucurbiatceae satu famili dengan mentimun. Dikenal juga dengan nama labu punggungan sebutan untuk gambas di wilayah negara-negara Asia. 

Ciri khasnya kulit berwarna hijau gelap dan memiliki bubur putih serta biji berwarna putih juga. Daging buahnya seperti spon. 

Nutrisi gambas banyak sekali mulai dari protein, lemak, karbohidrat hingga serat. Juga mengandung vitamin A, B1, B2, B5, B6 dan C. Mengandung mineral seperti mangan, kalium, magnesium, zat besi dan fosfor. 

Sebelum diolah, sayur oyong harus dikupas lebih dahulu. Sayuran oyong memiliki bagiankulit keras dan tentu tidak enak dikonsumsi. Agar mudah, sebaiknya potong oyong menjadi beberapa bagian. 

Lalu Anda bisa kupas kulitnya yang keras hingga bersih. Biji sayuran oyong juga bermanfaat. Yaitu sebagai obat diabetes dan melancarkan ASI. 

Biji gambas bersifat laksatif yang mampu merangsng produski ASI. Selain itu biji oyong mengandung senyawa cucubitasin yang menurunkan kadar gula darah. 

Oyong yang bagus permukaan kulitnya mulus dan bersih. Jika Anda menemuai sayuran oyong ada bercaknya maka jangan dibeli. Karena rasa oyong tersebut cenderung pahit. 

Gambas atau oyong tidak mudah busuk sehingga tidak perlu menyimpan sayuran oyong dalam kulkas. Cukup pada suhu kamar, teduh dan tidak lembab, oyong akan tahan selama 7 hari. 

Baca Juga : Unsur Hara dan Mikro Kebutuhan Tanaman

Sayur Oyong dari Bibit Gambas Panjang Anggun F1

Sayuran oyong tidak populer seperti jenis sayuran lain. Padahal kandungan gizi sayur oyong ini lengkap dan cukup tinggi. 

Gambas mengandung vitamin dan mineral untuk mengatasi asam urat. Bersifat anti radang dan mampu mengatasi sinusitis. 

Bijinya diyakini mampu mengobati radang alami. Karena biji gambas memiliki kandungan flavonoid dan asam fenolik yang bersifat anti radang. 

Sayur oyong bersifat pereda nyeri. Bijinya yang sudah diekstrak dapat meredakan nyeri karena disebabkan peradangan. 

Sayur oyong mampu melawan segala jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri. Bibit gambas panjang ini satu famili dengan suku labu-labuan. 

Bibit gambas panjang tumbuh merambat sehingga dalam budidayanya perlu menggunakan lanjaran atau para-para. Sayuran gambas memang kalah populer dengan pare dan timun. 

Petani menganggap menanam gambas tidak banyak menghasilkan keuntungan dibandingkan sayuran lain. Sehingga bibit gambas ditanam bila ada bagian lahan yang masih kosong.

Padahal dengan semakin sedikitnya ketersediaan gambas di pasaran maka harga jual gambas bisa tinggi. Namun memang permintaan konsumen terhadap sayuran ini tidak tinggi. 

Harga jual gambas cukup stabil karena pasokan juga sedikit dan permintaan juga tidak banyak. 

Baca Juga : Usaha Sampingan di Rumah Bidang Pertanian

Sayuran Gambas Mudah Tumbuh 

jual benih, gambas, oyong, anggun tavi f1, sayuran oyong, cap panah merah, toko pertanian, toko online,lmga agro
Budidaya Gambas Tanaman Hotikultura

Cara menanam sayuran gambas sangat mudah. Tanaman sayuran gambas ini juga mudah tumbuh. Bibit gambas panjang menjadi pilihan budidaya sayuran gambas tepat.

Gambas atau oyong merupakan salah satu komoditi sayuran dengan adaptasi tinggi terhadap lingkungan berbagai jenis tanah. Gambas menyukai sinar matahari penuh. 

Suhu udara rata-rata ideal gambas yaitu 18 - 24 derajat Celcius. Menanam sayuran gambas menyukai ketersediaan air yang cukup dan sensitif terhadap kekeringan. 

Pengaruh kekeringan air membuat bibis gambas panjang tumbuh kerdil, batangnya kecil hingga bunga dan buahnya rontok. Tentu saja produksi hasil gambasnya tidak maksimal. 

Tanaman gambas akan berproduksi maksimal pada tanah subur, gembur dan tanah memiliki aerasi serta drainase yang baik. Tanah dengan pH ideal yaitu 5,5 - 6,8 dan kelembaban rata-rata 50 - 60%. 

Bibit gambas panjang tidak mengenal musim sehingga Anda bisa menanamnya kapan saja. Baik musim hujan maupun musim kemarau. 

Mulai menanam bibit gambas panjang dengan membersihkan lahan terlebih dahulu. Bersihkan gulma, sisa-sisa tanaman hinga batu-batuan. Lalu gemburkan tanah dengan alat bajak atau cangkul. 

Bedengan untuk bibit gambas panjang yaitu lebar 80 - 100 cm dan tinggi 20 - 30 cm. Panjang tergantung darai luas lahan. 

Sebaiknya buat bedengan agak tinggi bila lahan menanam gambas datar atau tanah sawah. Bedengan tinggi membuat air hujan tidak menggenang lalu air dapar merendam perakaran gambas. 

Tanaman gambas tidak menyukai tanah terlalu basah/becek oleh genangan air. Jarak antar bedengan adalah 2 - 2,5 meter.

Baca Juga : Profesi Menjadi Petani Sukses di Era Digital

Menanam Bibit Gambas Panjang Anggun Tavi

jual benih, gambas, oyong, anggun tavi f1, sayuran oyong, cap panah merah, toko pertanian, toko online,lmga agro
Alat Pelubang
Mulsa

Persiapan lahan menanam bibit gambas panjang dengan cek pH terlebih dahulu menggunakan alat pH meter. Bila pH tanah kurang dari 5,5 maka taburkan kapur Dolomit. 

Lalu biarkan tanah 7 - 10 hari dan nanti bisa lanjutkan dengan pemberian pupuk dasar. Biarkan tanah kena air hujan agar Dolomit dapat bekerja dengan baik. 

Setiap tanah sebenarnya telah tersedia unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Namun kadang jumlahnya tidak mencukupi dengan kebutuhan tanaman. 

Oleh karena itu perlunya pemberian pupuk dasar sebelum penanaman. Pupuk dasar gambas antara lain pupuk kandang/kompos, TSP, KCl dan ZA/Urea. 

Perbandingan TSP : KCl : ZA adalah 2 : 1 : 1. Taburkan pupuk dasar merata pada permukaan bedengan lalu bolak balik tanah agar pupuk tercampur merata. 

Lalu biarkan bedengan selama 7 - 10 hari dan biarkan tersiram air hujan. Dosis pupuk dapat Anda sesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah. 

Setelah tanah didiamkan tadi, lakukan pemasangan mulsa plastik hitam perak pada siang hari, Pemasangan siang hari membuat mulsa mudah ditarik dan dapat menutup rapat bedengan. 

Benih bibit gambas panjang terbaik Anggun Tavi F1 cap Panah Merah. Tanaman benih Anggun F1 terbukti berkualitas dan tahan virus. 

Untuk penanaman skala besar sebaiknya gunakan benih bersertifikat dan terbukti berkualitas produk pabrik benih terpercaya. Benih demikian sudah teruji kualitasnya dan hasil produksinya tinggi. 

Pemasangan mulsa berfungsi untuk menekan tumbuhnya gulma, menjaga kelembaban dan meminimalisir serangan hama. Kelembaban akan tetap stabil terutama di muaim hujan. 

Lalu buat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat Anda beli di Toko Pertanian LMGA Agro. Buat lubang tanam dengan jarak tanam 70 - 80 cm. 

Cara Menanam Bibit Gambas Panjang dan Pemeliharaan Tanaman

Dalam satu bedengan buat satu baris pada tengah bedengan. Kecambahkan benih Anggun F1 bibit gambas panjang. Persemaian bibit gambas panjang bertujuan mendapatkan pertumbuhan serempak. 

Cangkang/kulit benih harus dipecahkan atau diretakkan menggunakan alat pemotong kuku. Yaitu bagian tempat tumbuhnya tunas. Cukup retakkankulit benihnya tapi jangan sampai keping bijinya pecah. 

Lalu rendam benih dalam air hangat kuku selama kurang lebih 10 jam. Tambahkan juga ZPT untuk merangsang perkecambahan bibit gambas panjang Anggun F1. 

Cara mengecambahkan benih gambas sama dengan benih pare. Bila benih sudah berkecambah segera tanam ke lahan. Tanam satu lubang dengan satu bibit gambas dengan posisi tunasnya ke bawah. 

Tutup dengan tanah lalu siramkan air hingga lembab bila kondisi tanahnya kering. Untuk mencegah hama, taburkan nematisida secukupnya ke sekeliling tanaman. 

Tanaman gambas tumbuh merambat dan memiliki banyak cabang dan tunas. Batangnya bisa sampai setinggi 3 - 4 meter. Sehingga tanaman gambas membutuhkan para-para atau lanjaran. 

Buatkan para-para seusai proses penanaman benih gambas. Para-para dibuat agak luas agar cabang dan tunas gambas tidak saling menumpuk. 

Bentuk atau model para-para gambas sama dengan tanaman pare. Lakukan pengontrolan pertumbuhan tanaman setiap hari mulai satu minggu setelah penanaman. 

Segera sulam tanaman yang sakit atau tumbuh tidak normal dengan bibit gambas yang baru dan sehat. Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan tanaman dan jangan sampai tanaman mengalami kekeringan. 

Air sangat penting bagi tanaman terutama pada fase vegetatif hingga masa generatif. Bila kekurangan air, bunga dan buah akan rontok atau buah tumbuh tidak normal. 

Pemupukan Menanam Bibit Gambas Panjang

jual benih, gambas, oyong, anggun tavi f1, sayuran oyong, cap panah merah, toko pertanian, toko online,lmga agro
NPK 16-16-16

Pemupukan susulan bibit gambas panjang mulai tanaman umur 10 HST. Selanjutnya pemupukan setiap satu minggu sekali. 

Pemupukan menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dengan cara kocor. Pastikan tanah dalam keadaan lembab agar pupuk mudah diserap tanam.  

Pemupukan pertama umur 10 HST. Dosis untuk 1000 tanaman sebanyak 2 kg NPK larutkan dalam 250 liter air kemudian kocorkan ke tanaman sebanyak 250 ml. 

Pemupukan kedua umur 17 HST dosis ditambah 3 kg NPK per 1000 tanaman. Larutkan dalam air sebanyak 300 liter dan kocorkan ke tanaman 300 ml. 

Pemupukan ketiga umur 24 HST dosis 5 kg NPK per 1000 tanaman. Larutkan pupuk dalam 500 liter air dan kocorkan sebanyak 500 ml setiap tanaman. 

Pemupukan keempat umur 31 HST dosis 4 kg TSP + 4 kg KCl + 2 kg ZA campur menjadi satu. Berikan dengan cara tabur mengelilingi tanaman atau cara tugal. Jarak 30 cm dari pangkal batang. 

Pemupukan kelima umur 38 HST. Dosis 9 kg TSP + 8 kg KCl +  4 kg ZA taburkan merata dekat tanaman. 

Pemupukan keenam dan tujuh umur 50 dan 60 HST. Dosis pupuk sama dengan pemupukan kelima. Amati pertumbuhan tanaman bila umur 75 HST masih tampak sehat, maka lanjutkan pemberian pupuk. 

Bibit Gambas Panjang Anggun Bebas Penyakit

Benih Anggun Tavi F1 tahan penyakit mata kodok dan embun bulu. Penyakit mata kodok penyebabnya adalah jamur Cercospora sp. 

Penyakit mata kodok berkembang karena kelembban sekitar tanaman terlalu tinggi. Khususnya setelah turun hujan atau penyiraman berlebihan. 

Tanaman yang kebanyakan kadar air dan terdapat air menempel pada daun lebih dari 7 - 8 jam maka daun akan mudah tumbuh jamur Cercospora sp. Daun tanaman akan terkena penyakit mata kodok.

Ciri-ciri terkena penyakit mata kodok yaitu adanya bercak cokelat kehitaman berbentuk bulat. Ukuran bercak lebih dari 0,5 cm. 

Pusat bercak pada daun biasanya berwarna pucat sampai putih dan tepi bercak berwarna lebih tua. Bila serangan parah, tanaman akan mati karena daun mati dan berguguran. 

Cara mengendalikannya : potong daun yang sudah terkena penyakit untuk mencegah penularan ke daun lain yang masih sehat. Musnahkan juga daun tersebut dengan cara dibakar. 

Bersihkan kebun, berantas gulma sekitar tanaman karena menjadi inang pembawa penyakit. Gunakan  jarak tanaman tidak terlalu rapat sebelum menanam gambas. 

Jarak lebar dapat mengurangi kelembaban sekitar tanaman terutama bila menanam di musim hujan. 

Gejala tanaman untuk penyakit embun bulu yaitu :

Adanya bercak kuning pucat pada daun. Lama lama daun akan berubah kuning kecoklatan dan warna agak kekuningan sekeliling bercak. 

Permukaan bawah daun berubah menjadi cokelat. Adanya miselium dan spora menyerupai bulu pada buah atau daun. 

Penyebab embun bulu ( downy mildew ) yaitu jamur Perenospora. Fungisida untuk mengatasi embun bulu dapat menguragi kemungkinan tanaman terserang penyakit. 

Penularan penyakit oleh angin dan kelembaban udara yang tinggi membuat bintik pada daun lalu daun membusuk.   

Benih Anggun Tavi Cap Panah Merah Bibit Gambas Panjang

Umur panen gambas umumnya mulai 40 - 45 HST. Panen buah gambas yaitu saat masih muda dan berwarna hijau segar. Kulit tidak mengkilap dan kulitnya masih lunak. 

Gambas panen juga buah mudah dipatahkan dan belum berserat. Panen gambas setiap 2 hari sekali. 

Dalam satu musim tanam, petani dapat panen sampai 30 kali tergantung varietas, perawatan dan kondisi tanah. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Anggun F1 Panah Merah Bibit Gambas Panjang Harga Murah. 

Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual produk pertanian berkualitas terbaik harga murah dan grosir. 

Beli kebutuhan bercocok tanam di kios pertanian LMGA Agro lengkap. Tersedia benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat sarana prasarana. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang bibit gambas panjang benih Anggun Tavi F1 Cap Panah Merah. Selamat mencoba budidaya gambas dan gunakan benih berkualitas. Salam sukses.... 

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.