SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Senin, 16 Maret 2015

TIMUN HARMONY TAHAN VIRUS, BUAH HIJAU DAN TIDAK PAHIT

Benih, Bibit, Timun, Tanaman, tahan Virus, Toko Pertanian, LMGA AGRO, online
TIMUN HARMONY
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Tanaman timun saat ini sudah menjadi komoditi hortikultura andalan bagi petani di Indonesia. Hal ini karena permintaan konsumsi timun terus meningkat dan cenderung stabil dari tahun ke tahun dan tata niaganya pun relatif  mudah karena panen dari buah timun ini sudah bisa di terima pasar Induk sayur di seluruh Indonesia. Timun secara umum di bagi menjadi beberapa kriteria yaitu : Timun Lalap, Timun Rujak dan Timun Sayur. 


Namun secara umum dari semua kriteria timun tersebut secara umum konsumen menghendaki buah timun yang rasanya tidak pahit dan renyah kalau di konsumsi. Seiring dengan tingkat kebutuhan dan konsumsi buah timun yang terus meningkat maka memacu pula intesifikasi Budidaya Tanaman timun di tingkat petani. Hal ini tentunya akan memacu dan meninbulkan permasalahan baru terutama berkaitan dengan perkembangan Hama dan Penyakit tanaman yang menyerang timun. 

Kendala dalam Budidaya Tanaman timun kalau 5 tahun silam mungkin hanya ulat dan jamur, namun seiring makin kompleknya  dan Intensitas Budidaya Timun oleh petani serta tidak putusnya Budidaya Timun atau tanaman yang masih 1 famili menyebabkan tambah lagi tantangan petani dalam kendala di lapang yaitu munculnya Virus daun kuning dan keriting. Vektor Virus di tanaman timun ini sebenarnya adalah dari kutu Gemini Virus ( White Fly / Kutu Kebul ). Sebenarnya Gemini Virus ini banyak menyebabkan kerugian di berbagai tanaman hortikultura lain seperti : Kacang Panjang, Melon, Semangka, Cabai, Tomat, Kacang Panjang DLL. Saking ganasnya sebaran Virus yang di bawa oleh Kutu Kebul ini maka kalau daerah yang sudah endemik serangan Virus  susah untuk di kendalikan. Bahkan sampai dengan sekarang belum ada satupun pestisida yang di keluarkan oleh pabrikan mampu mengatasi Vektor Virus ini. 

Namun saat ini kabar mengembirakan yang berasal dari perusahaan benih yang ada di Indonesia karena sudah berhasil menciptakan Benih Timun Hibrida yang sesuai dengan pasar petani dan tahan terhadap serangan Virus. Serangan Virus yang sudah parah dan endemik di sentra Budidaya tanaman timun menyebabkan petani rugi karena tanaman timun yang di Budidayakan sudah terserang Virus saat tanaman berumur 15 HST. Hal ini menyebabkan timun yang mereka tanam tidak bisa menghasilkan ( Mati ). 

Beberapa timun yang di hasikan perusahaan benih yang sudah tahan virus antara lain adalah : PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) mengeluarkan Benih Timun Tahan Virus F1 Harmony Plus dan Benih  timun hibrida ( F1 ) Pesona 20, sedangkan PT. East West Seed Indonesia ( Cap Panah Merah ) juga sudah merilis timun yang tahan Virus yaitu benih timun hibrida ( F1 ) Metavy ( Mentimun tahan virus ), selain itu Trail timun tahan Virus yang lain juga terus di lakukan. Perusahaan lain seperti Diamond Seed juga mengeluarkan benih timun kebal virus yaitu benih Hibrida Tirta dan Timun Hibrida Bhakti yang sudah terbukti tahan virus dan sudah banyak di tanam oleh petani, sedangkan untuk perusahaan PT. Bintang Citra Asia mengeluarkan Benih Timun F1 Menggala dan F1 Monas.

Saat ini hanya benih ketimun yang tahan terhadap serangan Virus saja yang bisa panen kalau di tanam di daerah sentra serangan Virus. Dengan dasar  itu maka hanya benih yang tahan Virus saja yang bisa merebut hati petani selaku konsumen akhir.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang Timun Tahan Virus Hibrida ( F1 ) HARMONY PLUS yang di produksi oleh perusahaan benih PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ). Informasi ini saya dapatkan setelah melakukan pengamatan terhadap Tanaman Ketimun F1 Harmony yang sudah banyak di tanam oleh petani di daerah serangan Virus Gemini dan sekaligus mengumpulkan data dari pedagang selaku perantara pasar Induk Sayur.

Dari hasil pengamatan tersebut maka kami dapat mengambil dan bebagi pengamatan dan pengalaman tentang benih Hibrida Ketimun tahan Virus HARMONY PLUS sebagai berikut :

  1. Benih timun F1 Harmony tahan virus akan mempuyai hasil yang Optimal bila di tanam di dataran rendah sampai dataran menengah
  2. Tanaman Harmony tahan virus mempunyai vigor pertumbuhan yang kuat dan seragam sehingga akan sangat mudah dalam pemeliharaan
  3. Buah timun Harmony tahan Virus berwarna hijau gelap, tahan simpan serta tidak mudah berubah warna setelah panen
  4. Rasa timun Hibrida Harmony Plus tahan virus tidak pahit  dari pangkal sampai ujung
  5. Buah ketimun Harmony tahan Virus mempuanyai pundak datar dan rata serta panjang 24 cm dengan diameter 5 Cm dengan umur panen perdana 35 HST, dengan potensi hasil mencapai 5 Kg / Batang
  6. Benih timun F1 Harmony tahan virus tersedia dalam kemasan 20 Gram / Sachet, dimana kebutuhan benih 800 Gram / Ha
Demikian sekilas informasi tentang benih Timun tahan Virus Harmony yang saat ini sudah banyak di tanam oleh petani dan hasil panennya sangat di gemari oleh pedagang sayur di pasar Induk tersebut. Apabila ada petani yang berminat untuk Budidaya tanaman timun Harmony Plus tersebut silakan menghubungi toko pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117. Kami juga menyediakan layanan Gratis berupa konsultasi Budidaya tanaman anda. Terimakasih




1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...