TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/01/18

BUDIDAYA CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG TEMBUS 30 TON

BUDIDAYA CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG TEMBUS 30 TON
BUDIDAYA CABAI
 COLUMBUS
Budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang Tembus 30 Ton.  Apa mungkin? Hp. 082141747141 atau SMS / WA : 08125222117 tempat beli benih cabai Columbus di Toko pertanian LMGA AGRO . Apabila ingin menanam harga murah, aman. Nanti akan kita ulas bagaimana Tips untuk mendapatkan hasil panen 30 Ton / Ha dengan budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang. Cara budidaya cabai Columbus  yang benar harus di kuasai oleh petani agar mendapatkan hasil yang memuaskan saat menanam cabai besar. Menguasai cara budidaya cabai Columbus yang benar akan mengantarkan petani sukses memperoleh hasil maksimal dengan tingkat resiko gagal semakin kecil.


Menguasai cara budidaya cabai meliputi : Membuat persemaian cabai, pengolahan lahan, pembuatan pupuk fermentasi, aplikasi pupuk dasar,  perawatan tanaman, pengendalian hama dan penyakit, pemberian pupuk susulan.

Budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang nanti akan kita bahas satu persatu sehingga akan jelas untuk di praktekkan ini.

Harapannya dengan Budidaya  yang baik dan benar  hasil 30 Ton  / Ha bisa di peroleh dalam budidaya cabai Columbus.

Tips budidaya  ini harus di jalani dan di lakukan secara benar karena hanya dengan cara ini kita akan memperoleh dan penen sesuai yang kita targetkan yaitu 30 ton / Ha.

Siapa petani yang tidak mau memperoleh hasil 30 Ton / Ha apalagi kalau saat panen harga mencapai  25.000 / Kg pasti banyak bukan hasilnya.

Seperti yang saya sampaikan di materi tulisan  sebelumnya  salah satu kesuksesan  Budidaya tanaman cabai adalah faktor pemilihan benih.  Dalam hal ini adalah benih cabai Columbus Cap Kapal Terbang.

CARA BUDIDAYA CABAI COLUMBUS HASIL 30 TON


Benih cabai Columbus produk PT. Bisi International ini adalah cabai merah besar yang baru di launching dipasaran.

Benih cabai ini dahulu berkode HP 1072 N saat  pre komersil. Budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini sebagian sudah di lakukan oleh petani di Jawa Timur, terutama adalah daerah sentra penanaman cabai besar.

Kota lokasi tanam budidaya cabai Columbus  seperti kabupaten Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Bojonegoro, Lamongan dan Tuban.

BACA JUGA : CABAI KECIL HIBRIDA DEWATA 43

Budidaya cabai Columbus yang di lakukan oleh petani di kabupaten daerah sentra penanaman cabai di Jawa Timur tersebut tergolong sukses dan petani puas.

Namun demikian hasil masih bisa di tingkatkan dengan tips dan trik cara budidaya cabai Columbus yang benar. 

Seperti yang saya sampaikan dalam tulisan yang lain bahwa menanam cabai Columbus menghendaki pupuk Phosphat dan  Kalium yang tinggi.

Serta agar pupuk yang di berikan dapat di serap, di butuhkan pupuk kandang yang sudah di fermentasi dengan jumlah  cukup.

Tanpa itu semua mustahil akan di peroleh hasil panen yang memuaskan dalam budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang.

Mari kita bahas tips dan cara budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini agar bisa mencapai 30 Ton/ Ha mulai dari awal sampai akhir  :

  • MEMBUAT PERSEMAIN  BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Persemaian cabai yang baik dalam Budidaya Cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini perlu di buat secara baik dan benar.

Sehingga tidak akan banyak Hama dan Penyakit yang menyerang. Media persemaian merupakan campuran antara Tanah : Pupuk Fermentasi dengan perbandingan 5 : 2.

Pemberian pupuk NPK 16  : 16 : 16  sebanyak 250 Gram untuk 20 Kg campuran media tanam dengan cara di haluskan dan di campur secara merata.

Jangan lupa buat penutup persemaian dari plastik tranparan sehingga cahaya matahari masi tetap masuk.

PENUTUP PERSEMAIAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS


Ketinggian Plastik penutup adalah 1 Meter dari permukaan tanah. Plastik harus di buka tutup. Pembukaan sungkup plastik dilakukan mulai jam 06 sampai jam 10 selanjutnya di tutup lagi saat jam 10 sampai jam 2.

Pembukaan sungkup di lakukan lagi saat sore hari dan malam harus di tutup. Dalam Budidaya cabai Columbus ini benih siap pindah tanam minimal saat umur 18 hari setelah semai. Atau dengan mudah kalau sudah ada 3 - 4 daun sempurna.

  • PEMILIHAN DAN PENGOLAHAN  LAHAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Cara budidaya cabai Columbus yang penting dan perlu hati - hati adalah  pemilihan dan pengolahan lahan yang akan di gunakan.

Lokasi tanam sebaiknya adalah lahan yang belum pernah di gunakan untuk tanam tanaman cabai atau tanaman yang masih satu Famili.

Penggunaan lokasi tanam yang bekas tanaman cabai atau jenis tanaman hortikultura yang masih satu famili akan menyebabkan banyak kendala hama serta penyakit.

Tanaman cabai Columbus yang akan kita tanam akan banyak kendala. Apalagi kalau tanaman sebelumnya banyak masalah layu karena bakteri dan jamur.

BACA JUGA : CABAI BESAR PILAR RAJA CABAI DATARAN TINGGI

Pengolahan lahan untuk budidaya cabai Columbus adalah dengan cara membajak lahan serta membaliknya. Kedalaman olah dan pembalikan tanah adalah 30 cm atau setara dengan kedalaman perakaran cabai.

Setelah di bajak dan di balik tanah di kecroh atau di haluskan sehingga nanti penyerapan oksigen dan air akan lancar. Begitu pula perkembangan akar akan tanaman akan bisa normal.

PENGOLAHAN LAHAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS


Panjang bedengan  ideal dalam budidaya cabai Columbus  maksimal 20 Meter dengan lebar bedengan 120 Cm.

Lebar saluran air 50 Cm dengan kedalaman saluran air Tengah 40 Cm , saluran air kelililing kedalaman 50 Cm.

Setelah diolah tanah perlu di biarkan selama 2 minggu sehingga terkena panas matahari dan ada proses aerasi dalam tanah.

  • CARA PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Kenapa pupuk perlu di fermentasi????. Pertanyaan ini seringkali di tanyakan oleh petani  yang menjadi binaan toko Pertanian LMGA AGRO.

Dengan di fermentasi pupuk kandang akan siap di gunakan oleh tanaman dan yang lebih penting adalah patogen akan mati. Pupuk menjadi lebih kaya nutrisi bagi tanaman cabai.

Hasil pupuk kandang  sudah di fermentasi seperti  dilakukan oleh LMGA AGRO dengan  pupuk kandang langsung pakai memberi hasil berbeda jauh.

Begitu pula biaya perawatan akan lebih murah dan permasalahan hama penyakit akan semakin kecil.

Maka Toko Pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan kepada petani binaannya untuk selalu menggunakan hasil pupuk Fermentasi.

BACA JUGA : HASIL TINGGI DENGAN CABAI ARIMBI 85

Cara membuat pupuk FERMENTASI bisa anda buka di sini ya !!!.  Pupuk ini WAJIB di gunakan kalau petani dan pembaca semua ingin mendapatkan hasil 30 Ton / Ha dalam Budidaya cabai Columbus Cap kapal Terbang.

LINK PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI PADAT. Cara  LINK CARA PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI CAIR  disini.

Cara, waktu dan dosis aplikasi akan di jelaskan di bawah.

KEUNTUNGAN PUPUK FERMENTASI DALAM BUDIDAYA CABAI COLUMBUS


Dengan menggunakan pupuk yang sudah di fermentasi ala toko pertanian LMGA AGRO saat budidaya cabai Columbus keunggulan yang di dapat  petani antara lain :

  • Serangan hama penyakit akan kecil karena kondisi tanaman sehat
  • Bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida tanaman
  • Menceggah tanaman cabai Colombus mati mendadak karena bakteri dan jamur
  • PH Tanah akan Netral sehingga sesuai yang di butuhkan tanaman cabai
  • Tanah akan mempunyai aerasi yang baik sehingga akan sangat di sukai oleh makluk hidup lai yang menguntungkan
  • Media tanam lebih kaya nutrisi baik mikro maupun makro tanaman sehingga akan cocok untuk pertumbuahan cabai
  • Nutrisi tanaman saat budidaya cabai Columbus bisa tersedia dalam jangka panjang, serta aplikasi pupuk kimia akan mudah di serap tanaman cabai

  • APLIKASI PUPUK DASAR DALAM BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Budidaya cabai Columbus yang baik serta hasil sebanyak 30 Ton / Ha tidak akan pernah bisa di capai kalau aplikasi dan pemberian pupuk  dasarnya tidak tepat.

Bagaimana aplikasi dan jumlah pupuk kandang yang di berikan itu yang harus di lakukan dan di takar secara tepat.

Kenapa saya mensyaratkan pemberian pupuk dasar harus tepat. Permasalahan selama budidaya cabai Columbus akan bisa di hindari kalau petani aplikasinya dengan dosis dan komposisi yang tepat.

Permasalahan yang biasa kita temui saat aplikasi pupuk dasar yang kurang tepat antara lain : kerontokan bunga dan buah, kelayuan pada tanaman, pertumbuhan tanaman yang staknan ( kerdil ), serangan Hama Penyakit yang tinggi.

Budidaya cabai Columbus membutuhkan pupuk dasar antara lain adalah : Za, TSP, KCL, Borat, Pupuk Fermentasi padat  dan Kapur Dolomit.

Setelah tanah di olah dan di bikin bedeng sesuai ukuran serta di biarkan selam 2 minggu maka tiba saatnya kita aplikasikan pupuk dasar ke dalam bedengan tanaman cabai.

DOSIS PUPUK DASAR BUDIDAYA CABAI COLUMBUS


Untuk luasan 1 Ha di butuhkan Za = 150 Kg, TSP = 300 Kg, KCL = 250 Kg, Borat 48 = 10 Kg, Pupuk Fermentasi padat 3 Ton, Kapur Dolomit  2 Ton.

Aplikasi dengan cara membagi secara rata sesuai dengan luas dan panjang bedengan. Pemberian pupuk dasar dilakukan di kedalaman 15 - 30 Cm dari permukaan tanah atau sedalam kemampuan akar cabai.

Penaburan pupuk dasar dalam budidaya cabai Columbus produk PT. Bisi International ini harus rata sehingga hasil tanaman cabainya juga seragam.

BACA JUGA : FORMULA RAHASIA PETANI DALAM MENGATASI RONTOK BUNGA DAN BUAH

Setelah aplikasi pupuk dasar di berikan secara rata dan bedengan di haluskan lagi maka tiba saatnya untuk pemasangan mulsa hitam perak atau pakai mulsa perak perak.

Pemasangan mulsa harus saat cuaca panas terik sehingga akan di peroleh hasil yang kuat dan kencangnya maksimal. Menanam benih cabai Columbus akan lebih berhasil jika menggunakan mulsa.

  • PERAWATAN TANAMAN DALAM BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Budidaya cabai Columbus akan mendapatkan hasil 30 Ton / Ha bila di tunjang dengan perwatan tanaman yang tepat dan cepat. Perawatan tanaman yang di perlukan antara lain adalah :

1. Pembersihan tunas air Cabai Columbus

Tunas air adalah tunas yang tumbuh di tanaman cabai yang tidak produktif. Tunas air yang di hilangkan akan menyebabkan pertumbuhan tanaman manjadi maksimal karena nutrisi akan di serap secara sempurna oleh tunas utama.

Pembersihan wiwilan (Tunas air) harus sedini mungkin di lakukan agar tidak menggaggu pertumbuhan tanaman.

Dalam budidaya cabai Columbus tunas air yang perlu di hilangkan antara lain adalah tunas air di bawah cabang Y serta 3 bunga pertama yang tumbuh.

TIPS PERAWATAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS

Toko pertanian LMGA AGRO  menganjurkan untuk menghilangkan 3 bunga pertama dengan tujuan agar pertumbuhan tanaman cabai mencapai maksimal.

2. Pembersihan Gulma yang ada di sekitar tanaman cabai Columbus

Budidaya cabai Columbus jangan sampai terganggu oleh Gulma. Gulma yang banyak tumbuh di sekitar tanaman harus segera di hilangkan secepat mungkin.

Gulma yang tumbuh dan tidak di bersihkan berpotensi menjadi inang untuk penyebaran virus dan jamur di tanaman cabai.

Selama menanam cabai Gulma harus terkontrol dan selalu bersih. Sehingga pemberian pupuk, air dan nutrisi lain benar - benar terjamin untuk tanaman cabai Columbus.

BACA JUGA : TOKO PERTANIAN USAHA YANG TIDAK PERNAH MATI

3. Pembuangan Cabai yang terserang cacar

Budidaya cabai Columbus pasti tidak terhindarkan dari serangan cacar buah ( Antraknose ).

Apalagi kalau kita menanam tanaman cabai di musim penghujan. Tindakan terpenting adalah kita segera menghilangkan buah cabai yang terserang cacar dengan cara memetiknya kemudian menimbun dalam lubang.

Jangan di buang sembarang tempat cabai yang terkena cacar karena akan cepat menular ke yang lain.

Karena serangan cacar  bisa berlangsung secara cepat maka tindakan pencegahan harus di lakukan secara cepat pula.

4. Pencegahan  tananam dari serangan layu dan bakteri cabai Columbus

Walaupun tanaman cabai Columbus di kenal sebagai tanaman yang tahan layu dan jamur namun kita harus mengetahui dan mengambil tindakan apa bila ada serangan layu.  Tanaman cabai yang terserang layu dapat di atasi dengan menggunakan aplikasi obat anti layu Arashi.

ARASHI MENCEGAH LAYU BUDIDAYA CABAI COLUMBUS


Guna mencegah dan mengamankan  Budidaya cabai Columbus maka aplikasi Arashi dapat di lakukan saat tanaman di persemaian, saat tanaman berumur 35 Hari setelah tanam dan 70 Hari setelah tanam.

Aplikasi obat anti layu Arashi dengan dosis 0.5 - 1 Gram per liter, cara mengocorkan di pangkal batang tanaman cabai sebanyak 1 gelas Aqua (200 Ml ).

Apabila dengan cara itu masih saja mati maka segera ambil tindakan mencabut tanaman biar spora tidak menyebar ke tanaman lain.

5. Budidaya cabai Columbus membutuhkan pengairan yang cukup

Pengairan tanaman cabai sangat di butuhkan pada saat menanam tanaman cabai.

Fase kritis kebutuhan air adalah saat tanaman cabai berumur 30 - 45 hari, saat tanaman berumur 65 - 80 hari setelah tanam. Pada umur  yang saya sebutkan di atas cabai tidak boleh kekurangan air.

Karena itu Toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk memberi air secara rutin seminggu 2 kali atau melihat kondisi lingkungan.

Pengairan yang kurang sejak awal menyebabkan tanaman cabai menjadi kerdil sehingga tidak akan memberi hasil yang memuaskan.

Kekurangan air dalam budidaya cabai Columbus juga menyebabkan gagalnya pembentukan bunga menjadi buah.

Atau kalau kekurangan air terlalu ektrim dan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kematian pada tanaman cabai.

BACA JUGA : DIMANA JUAL PRODUK PANAH MERAH LENGKAP

6. Kontrol tanaman  cabai Columbus setiap hari

Kontrol tanaman ini saya masukkan dalam kategori perawatan karena seringkali di poin ini petani seringkali teledor.

Serangan Hama dan Penyakit tanaman cabai seringkali bermula dari  kontrol tanaman yang kurang ketat.

Kontrol tanaman dalam budidaya cabai Columbus di mulai dengan cara mengecek setiap tanaman cabai dan identifikasi jenis Hama dan Penyakitnya.

KONTROL HAMA PENYAKIT BUDIDAYA CABAI COLUMBUS

Dengan mengetahui segera jenis hama dan penyakitnya maka kita bisa dengan segera mengambil tindakan dengan tepat dan cepat. Jangan sampai hama penyakit  di cabai kita sudah menyebar kita baru ambil tindakan. Hal inilah yang seringkali menyebabkan kegagalan pada petani cabai di Indonesia.

  • PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT SAAT BUDIDAYA CABAI COLUMBUS
Seperti yang saya ulas di perawatan tanaman di  saat Kontrol tanaman Cabai Columbus harus di lakukan secara cepat dan tepat waktu.

Hal ini agar kita bisa segera ambil tindakan. Sebagai petani kita harus paham Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman cabai kita.

Kita akan berhasil dalam budidaya cabai Columbus kalau  mengetahui ciri - ciri dari serangan yang di timbulkan dari masing - masing hama penyakit yang menyerang.

Akhirnya kita akan dengan tepat megambil formula pestisida yang kita gunakan.

BACA JUGA :  MENANAM CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG

  •  BUDIDAYA CABAI COLUMBUS MEMBUTUHKAN PUPUK SUSULAN YANG TEPAT
Cara menanam cabai besar Columbus yang sudah benar harus di dukung dengan pemberian pupuk susulan secara tepat.

Tepat yang saya maksud dalam pemberian pupuk ini adalah : Tepat waktu, Tepat Cara dan Tepat Dosis.

Pupuk akan sangat mempengaruhi hasil dalam Budidaya cabai Columbus. Hasil budidaya cabai Columbus hasil 30 Ton / Ha hanya akan menjadi impian kalau cara yang saya jelaskan di atas tidak di sempurnakan dengan pemberian pupuk yang sesuai.

Berikut ini adalah waktu dan dosis yang tepat saat pemberian pupuk dalam Budidaya cabai Columbus :

DOSIS PUPUK SUSULAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS

CATATAN PENTING MOHON DI MENGERTI : Perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa pemupukan susulan dalam budidaya cabai Columbus  di lakukan dengan cara melarutkan pupuk  ke dalam Drum volume 200 liter air. Dimana setiap batang tanaman cabai Columbus  diberi pupuk 1 gelas Aqua ( 200 Ml ) di lubang pupuk ( Jarak 20 Cm dari lubang tanam ).

  1. Cara pemupukan kesatu ( 10 HST ) lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus  dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat  dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 1,5  Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum
  2. Cara pemupukan kedua ( 20 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 300 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum
  3. Cara pemupukan ketiga ( 30 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi  dengan perbandingan 6 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum
  4. Cara pemupukan keempat ( 40 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 7 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum
  5. Cara pemupukan kelima ( 50 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 8 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 500 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum

CARA PEMUPUKAN BUDIDAYA CABAI COLUMBUS

   6. Cara pemupukan selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali dengan dosis        pupuk seperti pemupukan kelima . Pemupukan harus tetap di lakukan                walau   sudah panen.

BACA JUGA :  CARA PEMBUATAN PUPUK CAIR  FERMENTASI LMGA AGRO

Demikian sekilas informasi tentang cara budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang biar bisa mencapai 30 Ton / Ha.

Apabila ada petani dan pembaca semua yang kurang jelas bisa di tanyakan secara langsung ke Toko pertanian LMGA AGRO.

Toko pertanian LMGA AGRO selain menjual benih cabai Columbus Cap Kapal Terbang dengan harga murah juga menyediakan layanan Konsultasi.

Konsultasi Budidaya cabai Columbus secara Gratis.  Konsultasi Budidaya cabai Columbus bisa di lakukan dengan menghubungi Toko pertanian LMGA AGRO di CP : Budi Hp. 082 141 747 141 atau khusus layanan SMS / WA di Hp. 0812 5222 117.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...