BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/01/2018

Read

Budidaya Cabai Columbus Cap Kapal Terbang Tembus 30 Ton

BUDIDAYA CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG TEMBUS 30 TON
Budidaya Cabai Columbus
Budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang Tembus 30 Ton.  Apa mungkin????? Apabila ingin tanam cabe Columbus benih bisa beli lewat toko pertanian LMGA AGRO Hp. 082141747141 atau SMS / WA : 08125222117 harga murah, aman

Nanti akan kita ulas bagaimana tips serta cara mendapatkan hasil panen 30 Ton / Ha menggunakan bibit cabe Columbus Cap Kapal Terbang. 

Kini Columbus menjadi salah satu bibit cabai besar paling bagus favorit berkebun petani. Jika anda belum pernah tanam bisa sharing info dengan petani yang lain.

Banyak keunggulan cabai Columbus yang bisa petani dapat jika tanam benih cabe ini. Apakah anda masih ragu dengan kualitas bibit cabe Columbus Cap Kapal Terbang ini ??

Cara budidaya cabai Columbus yang benar harus petani kuasai agar mendapatkan hasil memuaskan saat menanam cabe merah produk Bisi ini. 

Menguasai cara menanam cabe Columbus yang benar akan mengantarkan petani sukses memperoleh hasil maksimal dengan tingkat resiko gagal semakin kecil.

Materi cara menanam cabe merah yang benar petani kuasai meliputi : Membuat persemaian cabai, pengolahan lahan. Pembuatan pupuk fermentasi, aplikasi pupuk dasar,  perawatan tanaman, pengendalian hama dan penyakit hingga pemberian pupuk susulan.

Budidaya cabai merah Columbus Cap Kapal Terbang nanti akan kita bahas satu persatu sehingga akan jelas untuk petani praktekkan ini.

Harapannya dengan cara menanam cabe merah yang benar Columbus hasil 30 Ton / Ha menggunakan bibit cabe Columbus bisa petani raih.

Tips budidaya  ini harus petani jalani dan lakukan secara benar karena hanya dengan cara ini kita akan memperoleh dan panen sesuai yang kita targetkan yaitu 30 ton / Ha.

Siapa petani yang tidak mau memperoleh hasil 30 Ton / Ha. Apalagi kalau saat panen harga mencapai  25.000 / Kg pasti banyak bukan hasilnya.

Seperti yang saya sampaikan pada materi tulisan  sebelumnya  salah satu kunci sukses budidaya tanaman cabai adalah faktor pemilihan benih.  

Pada kesempatan ini benih cabe yang akan kita gunakan adalah cabai Columbus Cap Kapal Terbang. Apakah keunggulan cabai Columbus benar - benar belum ada pesaingnya.

Kita akan buktikan bersama - sama bahwa Columbus hingga kini masih layak menyandang sebagai bibit cabai besar yang paling bagus bagi petani.  Rev. 21/09/22.


Cara Budidaya Cabai Columbus Hasil 30 Ton


Benih cabai Columbus produk PT. Bisi International adalah cabe merah besar yang baru Bisi launching ke pasar. Hadir sebagai bibit cabai besar paling bagus siap bersaing dengan benih cabe yang lain.

Benih cabai ini dahulu berkode HP 1072 N saat  pre komersil. Budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini sebagian sudah ada serta pada petani lokasi Jawa Timur.

Walaupun masih hanya daerah sentra utama yang selama ini terkenal jadi penghasil cabe merah besar lokasi Jawa Timur.

Kota lokasi tanam budidaya cabai merah Columbus tersebut seperti kabupaten Banyuwangi, Jember, Situbondo. Bondowoso, Lumajang, Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Bojonegoro, Lamongan dan Tuban.

Budidaya cabai Columbus yang ada serta pada petani di kabupaten daerah sentra penanaman cabai Jawa Timur tersebut tergolong sukses hingga petani puas.

Namun demikian hasil masih bisa kita tingkatkan dengan tips dan trik cara budidaya cabe merah Columbus yang benar. 

Seperti yang saya sampaikan dalam tulisan yang lain bahwa bibit cabe Columbus menghendaki pupuk Phosphat hingga  Kalium tinggi. 

Lebih penting lagi agar pupuk yang petani berikan dapat terserap secara sempurna. Maka kita membutuhkan pupuk kandang yang sudah lewat proses fermentasi dengan jumlah  cukup.

Keunggulan cabai Columbus akan keluar maksimal jika petani memberi unsur hara makro dan mikro yang cukup. Serta cara perawatan cabe Columbus yang baik dan benar.  Nanti akan kita ulas semua.

Tanpa itu semua mustahil akan petani peroleh hasil panen memuaskan saat kita tanam cabe Columbus F1 produk PT Bisi International ini.

Mari kita bahas tips dan cara budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini agar bisa mencapai 30 Ton/ Ha mulai dari awal hingga akhir  :

1. Membuat Persemaian Bibit Cabe Columbus Sendiri


Persemaian cabai yang baik dalam budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang ini perlu petani buat secara baik dan benar. Semai sendiri benih cabe Columbus membuat jaminan kualitas benih lebih baik.

Kita akan memperoleh bibit cabe Columbus yang asli serta original. Peluang tercampur dengan benih cabe yang lain semakin kecil. Hal ini akan sangat mendukung kita bisa sukses saat tanam cabe.

Keunggulan bibit cabe Columbus akan petani dapatkan dengan cara semai sendiri benih yang kita beli. Kita juga bisa merawat dengan cara yang lebih baik, sehingga kualitas bibit cabe Columbus terjamin.

Sehingga tidak akan banyak hama dan penyakit yang menyerang. Media semai bisa anda buat dari campuran antara Tanah : Pupuk Fermentasi dengan perbandingan 5 : 2.

Pemberian pupuk NPK 16  : 16 : 16  sebanyak 250 Gram untuk 20 Kg campuran media tanam dengan cara kita haluskan dahulu baru campur secara merata. 

Jangan lupa buat penutup persemaian dari plastik tranparan sehingga cahaya matahari masih tetap masuk. Cara ini akan mencegah benih megalami etiolasi.

Ketinggian Plastik penutup adalah 1 meter dari permukaan tanah. Plastik harus kita buka tutup. Pembukaan sungkup plastik bisa kita lakukan mulai jam 06 sampai jam 10. Selanjutnya tutup lagi saat jam 10 sampai jam 2.

Pembukaan sungkup kita lakukan lagi saat sore hari hingga malam harus tutup. Jangan lupa siram tanaman dengan bentuk kabut setiap pagi serta sore hari ( Lihat kondisi ).

Budidaya cabe merah Columbus ini benih siap pindah tanam minimal saat umur 18 hari setelah semai. Atau dengan mudah kalau sudah ada 3 - 4 daun sempurna.

2. Pemilihan Dan Pengolahan Lahan Tanaman Cabe Columbus


Cara budidaya cabai Columbus yang penting dan perlu hati - hati adalah  pemilihan dan pengolahan lahan yang akan kita gunakan.

Lokasi tanam sebaiknya adalah lahan yang belum pernah kita gunakan untuk tanam tanaman cabai atau tanaman yang masih satu Famili.

Penggunaan lokasi tanam yang bekas tanaman cabai atau jenis tanaman hortikultura yang masih satu famili akan menyebabkan banyak kendala hama serta penyakit. 

Tanaman cabai Columbus yang akan kita tanam akan banyak kendala. Apalagi kalau tanaman sebelumnya banyak masalah layu karena bakteri dan jamur.

Pengolahan lahan untuk tanam bibit cabe Columbus adalah dengan cara membajak lahan serta membaliknya. Kedalaman olah dan pembalikan tanah adalah 30 cm atau setara dengan kedalaman perakaran cabai.

Setelah lahan kita bajak dan dibalik tanah kita kecroh atau haluskan sehingga nanti penyerapan oksigen dan air akan lancar. Begitu pula perkembangan akar akan tanaman akan bisa normal.

Panjang bedengan  ideal dalam budidaya cabe Columbus  maksimal 20 Meter dengan lebar bedengan 120 Cm.

Lebar saluran air 50 Cm dengan kedalaman saluran air Tengah 40 Cm , saluran air kelililing kedalaman 50 Cm.

Setelah kita olah tanah perlu biarkan selama 2 minggu sehingga terkena panas matahari dan ada proses aerasi dalam tanah.


3. Cara Pembuatan Pupuk Fermentasi Tanaman Cabe Columbus


Kenapa budidaya cabai Columbus kali ini harus pupuk perlu proses fermentasi??. Pertanyaan ini seringkali jadi muncul dari kalangan petani binaan toko pertanian terdekat LMGA AGRO. 

Adanya proses fermentasi pupuk kandang akan siap tanaman gunakan. Lebih penting adalah patogen akan mati hingga tanaman akan sehat. Pupuk menjadi lebih kaya nutrisi bagi tanaman cabe. 

Hasil pupuk kandang sudah proses fermentasi seperti dilakukan oleh LMGA AGRO dengan  pupuk kandang langsung pakai memberi hasil berbeda jauh.

Begitu pula biaya perawatan akan lebih murah hal ini karena masalah hama penyakit akan semakin kecil menggaggu tanaman cabe yang kita tanam.

Maka toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan kepada petani yang menjadi binaannya untuk selalu menggunakan hasil pupuk fermentasi. Siapkan dan buat sendiri sehingga kualitas pupuk terjamin.

Cara membuat pupuk fermentasi bisa anda buka lewat sini ya !!!.  Pupuk ini wajib kita gunakan kalau petani dan pembaca semua ingin mendapatkan hasil 30 Ton / Ha.

Jika petani serta pembaca meliwatkan fase penggunaan pupuk fermentasi ini, team kami berani jamin target produksi anda akan gagal selama tanam cabe Columbus Bisi ini.

LINK PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI PADAT. Cara  LINK CARA PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI CAIR  disini. 

Cara, waktu dan dosis aplikasi akan kami jelaskan di bawah.

Baca Juga : Varietas Cabai Merah Horison 97 Bisi International

3.1 Keuntungan Pupuk Fermentasi Dalam Budidaya Tanaman Cabe


Dengan menggunakan pupuk yang sudah proses fermentasi sesuai cara toko pertanian LMGA AGRO saat budidaya cabai Columbus keunggulan yang petani dapat antara lain :
  • Serangan hama penyakit akan kecil karena kondisi tanaman sehat.
  • Bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida tanaman.
  • Menceggah tanaman cabai Colombus mati mendadak karena bakteri dan jamur.
  • PH Tanah akan Netral sehingga sesuai kebutuhkan tanaman cabai.
  • Tanah akan mempunyai aerasi yang baik sehingga akan sangat muncul makluk hidup lain yang menguntungkan.
  • Media tanam lebih kaya nutrisi baik mikro maupun makro tanaman sehingga akan cocok untuk pertumbuahan cabai.
  • Nutrisi tanaman saat budidaya cabai merah Columbus bisa tersedia dalam jangka panjang, serta aplikasi pupuk kimia akan mudah terserap tanaman cabai.


4. Aplikasi Pupuk Dasar Budidaya Cabai Columbus


Budidaya cabai Columbus yang baik serta hasil sebanyak 30 Ton / Ha tidak akan pernah bisa kita capai kalau aplikasi dan pemberian pupuk  dasarnya tidak tepat.

Bagaimana aplikasi dan jumlah pupuk kandang yang kita berikan itu yang harus petani lakukan dengan takaran tepat.

Kenapa saya memberi syarat pemberian pupuk dasar harus tepat. Permasalahan selama menanam bibit cabe Columbus akan bisa petani hindari kalau petani aplikasinya dengan dosis dan komposisi yang tepat.

Permasalahan yang biasa kita temui saat aplikasi pupuk dasar yang kurang tepat antara lain : kerontokan bunga dan buah, kelayuan pada tanaman, pertumbuhan tanaman yang staknan ( kerdil ), serangan Hama Penyakit yang tinggi.

Budidaya cabai Columbus membutuhkan pupuk dasar antara lain adalah : Za, TSP, KCL, Borat, Pupuk Fermentasi padat  dan Kapur Dolomit. 

Setelah tanah kita olah dan petani bikin bedeng sesuai ukuran serta biarkan selam 2 minggu maka tiba saatnya kita aplikasikan pupuk dasar ke dalam bedengan tanaman cabai.

Dosis pupuk dasar yang kita gunakan dalam budidaya cabe merah Columbus kali ini adalah sebagai berikut :

Untuk luasan 1 Ha kebutuhan pupuk Za = 150 Kg, TSP = 300 Kg, KCL = 250 Kg, Borat 48 = 10 Kg, Pupuk Fermentasi padat 3 Ton, Kapur Dolomit  2 Ton.

Aplikasi dengan cara membagi secara rata sesuai dengan luas dan panjang bedengan. Pemberian pupuk dasar kita lakukan pada kedalaman 15 - 30 Cm dari permukaan tanah.

Letak kedalaman yang ideal kita meletakkan unsur hara makro dan mikro sehingga perakaran tanaman cabe yang kita tanam bisa tumbuh sempurna.

Penaburan pupuk dasar dalam budidaya cabai merah Columbus produk PT. Bisi International ini harus rata sehingga hasil fisik tanaman cabe yang kita tanam akan seragam.

Setelah aplikasi pupuk dasar kita bagi secara rata dan bedengan kita haluskan lagi maka tiba saatnya untuk pemasangan mulsa hitam perak atau pakai mulsa perak perak.

Pemasangan mulsa harus saat cuaca panas terik sehingga akan kita akan peroleh hasil yang kuat dan kencangnya maksimal. Menanam benih cabai Columbus akan lebih berhasil jika menggunakan mulsa.

Baca Juga : Formula Rahasia Petani Dalam Mengatasi Rontok Bunga Dan Buah

5. Cara Perawatan Cabe Columbus


Budidaya cabe Columbus akan mendapatkan hasil 30 Ton / Ha bila mendapat dukungan berupa perawatan tanaman yang tepat dan cepat. Terapkan cara perawatan cabe Columbus yang baik dan benar.

Perawatan tanaman yang kita perlukan antara lain :

5.1 Pembersihan Tunas Air Tanaman Cabe


Tunas air adalah tunas yang tumbuh pada tanaman cabai yang tidak produktif. Tunas air yang kita hilangkan akan menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi maksimal karena nutrisi akan terserap secara sempurna tunas utama.

Pembersihan wiwilan (Tunas air) harus sedini mungkin kita lakukan agar tidak menggaggu pertumbuhan tanaman.

Dalam budidaya cabe Columbus tunas air yang perlu petani hilangkan antara lain adalah tunas air pada bawah cabang Y serta 3 bunga pertama yang tumbuh.

Toko pertanian LMGA AGRO  menganjurkan untuk menghilangkan 3 bunga pertama dengan tujuan agar pertumbuhan tanaman cabai mencapai maksimal.

5.2 Pembersihan Gulma Sekitar Tanaman Cabe Columbus


Budidaya cabai Columbus jangan sampai terganggu oleh Gulma. Gulma yang banyak tumbuh pada sekitar tanaman harus segera kita hilangkan secepat mungkin.

Gulma yang tumbuh dan tidak kita bersihkan berpotensi menjadi inang untuk penyebaran virus dan jamur tanaman cabe.

Selama menanam cabe gulma ( rumput liar ) harus terkontrol dan selalu bersih. Sehingga pemberian pupuk, air hingga nutrisi lain benar - benar terjamin untuk tanaman cabe Columbus.

Baca Juga : Toko Pertanian Terdekat Usaha Yang Menjanjikan

5.3 Hilangkan Cabe Yang Terserang Cacar Buah ( Antraknosa ) 


Budidaya cabe Columbus pasti tidak terhindarkan dari serangan cacar buah ( Antraknose ). Jika kita sudah menerapkan tahapan cara menanam cabe merah yang benar membuat tingkat serangan akan kecil.

Serangan cacar buah atau patek akan meningkat saat kita tanam di musim penghujan. Tindakan terpenting adalah kita segera hilangkan buah cabe yang terserang cacar. Cara dengan petik kemudian menimbun dalam lubang.

Jangan membuang buah cabe yang terserang cacar pada segala tempat. Sediakan tempat khusu berupa lubang sehingga cacar tidak menular ke yang lain. Bila perlu bakar cabe yang terserang patek tersebut.

Serangan cacar  bisa berlangsung secara cepat maka tindakan pencegahan harus kita lakukan secara cepat pula. Bahkan jika kita telat antispasi cacar bisa habiskan tanaman cabe hanya dalam semalam.

5.4 Cegah Serangan Layu Fusarium Dan Bakteri Tanaman Cabe


Walaupun tanaman cabai Columbus terkenal sebagai tanaman yang tahan layu hingga jamur namun kita harus mengetahui dan mengambil tindakan apa bila ada serangan layu.  

Cabe Columbus F1 yang kita tanam bisa saja tiba - tiba terserang layu akibat kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Tanaman cabe yang terserang layu dapat kita atasi dengan menggunakan aplikasi obat anti layu Arashi.

Guna mencegah hingga amankan  budidaya cabai Columbus dari layu aplikasi Arashi dapat kita lakukan saat tanaman masih pada lokasi persemaian. Kemudian kita ulang lagi saat berumur 35 dan 70 hari setelah tanam.

Aplikasi obat anti layu Arashi dengan dosis 0.5 - 1 Gram per liter, cara mengocorkan pada pangkal batang tanaman cabe sebanyak 1 gelas Aqua (200 Ml ). 

Apabila dengan cara itu masih saja mati maka segera ambil tindakan mencabut tanaman biar spora tidak menyebar ke tanaman lain.

5.5 Pengairan Budidaya Cabai Columbus 


Air menjadi kebutuhan utama tanaman cabe. Jaga agar tanaman selalu dalam kecukupan air. Jika kebutuhan air tergganggu maka cabe akan kerdil, bunga rontok hingga mati. 

Maka menjadi syarat wajib saat kita memilih lokasi tanam cabe harus melihat sumber air yang lancar dan mudah. 

Fase kritis kebutuhan air adalah saat tanaman cabai berumur 30 - 45 hari, saat tanaman berumur 65 - 80 hari setelah tanam. Pada umur  yang saya sebutkan tadi tanaman cabe tidak boleh kekurangan air.

Karena itu toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk memberi air secara rutin seminggu 2 kali atau melihat kondisi lingkungan.

Pengairan yang kurang sejak awal menyebabkan tanaman cabai menjadi kerdil sehingga tidak akan memberi hasil yang memuaskan. 

Kekurangan air dalam budidaya cabe Columbus juga menyebabkan gagalnya pembentukan bunga menjadi buah.

Atau kalau kekurangan air terlalu ektrim dan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kematian pada tanaman cabe.

5.6 Kontrol Tanaman Cabai Columbus Secara Rutin 


Kontrol tanaman ini saya masukkan dalam kategori perawatan karena seringkali pada poin ini petani seringkali teledor. Petani seringkali hanya kontrol pada saat awal tanam. 

Yang terjadi pada periode kristis yang membutuhkan pengawasan ketat justru terlewatkan. Akhirnya peertumbuhan tanaman hingga performance hasil tanaman tidak memuaskan.

Kalau ini terjadi saat posisi separuh umur terkadang membuat semangat petani turun akhirnya malas untuk melihat tanaman cabenya lagi. Jangan sampai ini terjadi pada anda.

Serangan hama dan penyakit tanaman cabai seringkali bermula dari  kontrol tanaman yang kurang ketat. Tetaplah cek dan ricek tanaman ada sehingga anda tahu betul apa yang menjadi kebutuhan tanaman.

Segera ambil tindakan sesuai dengan gejala yang anda lihat pada tanaman anda. Jangan sampai teledor yang akan membuat anda gagal.

Kontrol tanaman dalam budidaya cabai Columbus kita mulai dengan cara mengecek setiap tanaman cabai dan identifikasi jenis hama dan penyakit yang mungkin ada.

Dengan mengetahui segera jenis hama dan penyakitnya maka kita bisa dengan segera mengambil tindakan dengan tepat dan cepat. 

Jangan sampai hama penyakit  pada cabai kita sudah menyebar,  kita baru ambil tindakan. Hal inilah yang seringkali menyebabkan kegagalan pada petani cabe Indonesia.


5.7 Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Cabe


Seperti yang saya ulas pada tahapan perawatan tanaman,  saat kontrol tanaman Cabai Columbus harus kita lakukan secara cepat hingga tepat waktu.

Hal ini agar kita bisa segera ambil tindakan. Sebagai petani kita harus paham hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai kita.

Kita akan berhasil dalam budidaya cabe Columbus kalau  mengetahui ciri - ciri dari serangan yang di timbulkan dari masing - masing hama penyakit yang menyerang.

Akhirnya kita akan dengan tepat megambil formula pestisida yang kita gunakan. Ini juga akan menyebabkan penggunaan pestisida menjadi lebih hemat dan tepat sesuai masalah.


5.8 Pupuk Susulan Budidaya Cabai Columbus


Cara menanam cabai besar Columbus yang sudah benar harus mendapat sumber nutrisi yang cukup dengan pemberian pupuk susulan secara tepat.

Tepat yang saya maksud dalam pemberian pupuk ini adalah : Tepat waktu, Tepat Cara hingga Tepat Dosis.

Pupuk akan sangat mempengaruhi hasil dalam budidaya cabe Columbus. Terus pupuk apa dan bagaimana yang jadi kebutuhan saat kita tanam bibit cabe Columbus Bisi ini.

Hasil budidaya cabai Columbus hasil 30 Ton / Ha hanya akan menjadi impian kalau cara yang saya jelaskan, tidak disempurnakan dengan pemberian pupuk yang sesuai.

Berikut ini adalah waktu dan dosis yang tepat saat pemberian pupuk dalam budidaya cabe merah Columbus :

CATATAN PENTING MOHON DI MENGERTI : Perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa pemupukan susulan dalam budidaya cabai Columbus  kita lakukan dengan cara melarutkan pupuk  ke dalam Drum volume 200 liter air

Dimana setiap batang tanaman cabai Columbus  kita beri pupuk 1 gelas Aqua ( 200 Ml ) pada lubang pupuk ( Jarak 20 Cm dari lubang tanam ).
  1. Cara pemupukan kesatu ( 10 HST ) lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus  dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat  dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 1,5  Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum.
  2. Pemupukan kedua ( 20 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai merah Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 300 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum.
  3. Cara pemupukan ketiga ( 30 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi  dengan perbandingan 6 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  4. Pemupukan keempat ( 40 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai merah Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 7 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  5. Cara pemupukan kelima ( 50 HST )  lakukan pengocoran pupuk budidaya cabai Columbus dengan pupuk dosis sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 8 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 500 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  6. Pemupukan selanjutnya bisa kita lakukan interval 7 hari sekali dengan dosis pupuk seperti pemupukan kelima. Pemupukan harus tetap kita lakukan  walau  sudah panen.

Panen Cabe Columbus


Cabe Columbus bisa panen setlah tanaman berumur 75 hingga 80 hari setelah tanam. Namun ini jika dan tanam dengan lokasi dataran rendah. Tanaman akan lebih lama jika anda tanam pada lokasi dataran tinggi.

Aktivitas panen cabe sebaiknya kita lakukan saat cuaca sudah panas sehingga air yang ada pada kulit luar berkurang. Cabe juga akan lebih tahan simpan dan pengangkutan jika kita panen pada siang hari.

Tempatkan buah cabe yang sudah ada tanam dalam hamparan yang sudah ada terpalnya. Lakukan seleksi sesuai grade yang ada.  

Pisahkan buah cabe yang baik dengan yanga ada gejala rusak. Jangan anda tempatkan pada karung wadah yang sama. Ini akan membuat kerusakan buah cabe merah anda semakin tinggi.

Gunakan karung waring dengan kapasitas maksimal 50 kg agar cabe anda aman serta tidak banyak yang patah.

Jual Benih Cabe Columbus Terbaru Harga Murah


Benih  cabe Columbus F1 Bisi terbaru dengan kualitas terbaik bisa anda beli lewat toko pertanian Lmga Agro. Harga benih cabe Columbus yang kami jual murah, konndisi terbaru dan original.

Kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang atau uang anada kembali 100 %. Jadi ini akan buah kelangsungan usaha pertanian anda.

Demikian sekilas informasi tentang cara budidaya cabai Columbus Cap Kapal Terbang biar bisa mencapai 30 Ton / Ha. 

Apabila ada petani dan pembaca semua yang kurang jelas bisa langsung tanyakan ke toko pertanian Lmga Agro.

Toko pertanian terdekat Lmga Agro selain menjual harga benih cabe Columbus Cap Kapal Terbang murah. Toko kami juga menyediakan layanan konsultasi pertanian gratis.

Pastikan jika anda mau tanam cabe Columbus Cap Kapal Terbang memiliki tempat konsultasi pertanian yang bisa membantu kesulitan anda.

Konsultasi budidaya  cabai Columbus Cap Kapal Terbang bisa kita lakukan dengan menghubungi toko pertanian LMGA AGRO CP : Budi Hp. 082 141 747 141 atau khusus layanan SMS / WA Hp. 0812 5222 117.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.